11 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Menjual dan Menarik, Cobain Yuk!
Ketika membicarakan promosi digital, banyak pebisnis yang hanya berfokus pada media sosial. Padahal, dengan membuat artikel bisnis di Website maupun toko online-mu, bisa memberikan domplengan besar pada keuntungan perusahaan, lho. Apalagi kalau kamu tahu bagaimana cara membuat artikel bisnis yang menjual.
Di era sekarang ini, dunia teknologi telah berkembang sangat pesat, dimana hampir semua elemen masyarakat dapat mengaksesnya. Hal ini akan sangat mendukung para pelaku bisnis untuk meningkatkan angka penjualan terhadap produk dan brand yang mereka tawarkan.
Salah satu caranya adalah menggunakan platfrom website atau blog untuk memposting artikel bisnis yang mengulas seputar brand dan produk yang akan kamu pasarkan.
Proses pembuatan artikel yang menarik dan baik tidaklah sulit. Akan tetapi disini kamu memerlukan banyak proses latihan menulis, agar artikel yang akan kamu buat bisa lebih optimal.
Hadirnya artikel bisnis untuk meningkatkan penjualan harus dibuat semenarik mungkin, hal ini untuk mempengaruhi para pengunjung website dan blog kamu agar tertarik untuk membeli produk.
Maka dari itu, kamu wajib banget mengetahui beberapa tips dan trik untuk menyusun artikel bisnis agar penjualan brand dan produk bisa meningkat.
Bagaimana Konten yang Menarik Berpengaruh Kepada Penjualan?
Hingga kini banyak pebisnis yang beranggapan bahwa artikel hanyalah pelengkap Website, cara untuk memperkenalkan produk dan fungsinya pada konsumen.
Well, padahal ada banyak manfaat membuat konten artikel bisnis. Salah satunya dapat menjaring leads atau calon pembeli baru untuk berkunjung, serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian.
Karenanya, sebelum terlalu jauh membahas bagaimana cara membuat artikel bisnis yang menjual dan menarik tersebut. Sebaiknya pahami alur artikel Website dalam membawa konsumen potensial pada bisnis online-mu berikut ini.
- Audience menemukan artikel penjualan dan Website-mu pada halaman utama. Dalam fase ini, audience akan tertarik untuk mengunjungi artikel karena kebutuhan mereka.
- Setelah mengetahui artikel tersebut dan tertarik dengan penawaranmu, mereka akan melakukan invesigasi dan menggali informasi lebih dalam tentang produkmu.
- Dari investigasi tersebut, kemudian akan tumbuh rasa kepercayaan pada audience sehingga mereka akan tertarik untuk mencoba melakukan transaksi.
Tentu dalam prosesnya pasti tak sesederhana tersebut, pembeli juga pasti melakukan perbandingan harga dari penawaran yang kamu berikan. Namun, adanya konten artikel yang terstruktur, menjual dan menarik bisa memberikan kesempatan lebih besar untukmu menjaring konsumen baru.
Cara Membuat Artikel Bisnis yang Menjual
Kemudian bagaimana sih cara membuat artikel bisnis yang menjual? Serta bisa mempengaruhi daya beli audiens terhadap produk?
Berikut ini adalah beberapa cara membuat artikel bisnis yang dapat membantu peningkatan penjual brand dan juga produk, seperti;
Kenali Audiens
Langkah pertama untuk membuat artikel bisnis adalah mengenali siapa target dan calon audiens kamu, serta apa saja yang dibutuhkan oleh audiens.
Untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dan juga apa yang mereka inginkan, kamu bisa memulainya dengan melakukan riset pasar, seperti melakukan analisis dengan pesaing bisnis kamu.
Jika kamu sudah bisa mengenali siapa calon audiens kamu, akan lebih mudah untuk kamu menentukan tujuan dan isi dari konten bisnis tersebut.
Tentukan Tujuan Konten Artikel
Salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan penjualan melalui artikel bisnis adalah menentukan judul konten.
Membuat judul untuk konten artikel bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, dari judul yang kamu buat kamu harus bisa memikat perhatian audiens untuk membaca artikel kamu.
Saran agar judul yang kamu buat bisa terlihat menarik perhatian audiens, kamu bisa menggunakan kalimat tanya, cara atau list (daftar) seperti berikut;
- Dapatkah mencerahkan kulit tanpa menggunakan xxx?
- 6 Strategi Promosi untuk Meningkatkan penjualan produk
- 8 Cara Menjaga Kepercayaan Pelanggan Terhadap Produk
Harus kamu ingat ya beautypreneurs, sebagus apa pun judul yang dibuat, kamu harus memastikan bahwa judul yang dibuat telah mencakup keseimbangan kata yang tepat, serta pemilihan kata yang baik dan benar.
Lakukan Riset
Riset adalah salah satu cara terpenting agar artikel bisnis kamu memiliki isi yang kuat dan menarik, apalagi ketika akan mengulas sebuah informasi yang akurat dengan fenomena.
Dengan keakuratan data yang kamu hadirkan di dalam artikel, bukan tidak mungkin pembaca akan tertarik untuk membaca dan memahaminya.
Akan tetapi, kamu jangan terlalu berpikir sulit saat menjalani proses riset. Kamu bisa memulai proses riset ini dari mana pun, baik secara lapangan maupun online. Namun untuk menghemat waktu, kamu bisa melakukan riset dengan cara online, dengan membaca beberapa jurnal dan juga artikel-artikel lainnya.
Susun Struktur Konten
Proses membuat artikel tidak hanya berhenti pada persoalan bisa menulis saja, akan tetapi juga perlu memperhatikan dengan betul perihal struktur tulisan yang akan dibuat. Hal ini agar tulisan bisa menjadi lebih mudah untuk dipahami oleh audiens.
Kamu juga harus mengetahui, bahwa pembaca artikel bisnis online biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari lima belas detik. Inilah yang membuat kamu wajib menyusun struktur konten.
Ciptakan Judul yang Memikat dan Relevan
Usahakan kamu menghindari judul yang clickbait atau judul yang tidak sesuai dengan isi artikel. Yang paling penting dari judul adalah dapat mengarahkann konversi dan sesuai dengan isi tulisan.
Hal ini untuk menghindarkan lebel omong kosong dari artikel bisnis yang anda buat. Selain itu juga bisa membuat audiens menjadi tidak tertarik untuk membeli produk yang anda tawarkan.
Jangan sampai pembaca artikel bisnis kamu kecewa dengan artikel yang kamu buat hanya karena tidak relevan dengan judul.
Usahakan membuat judul yang menarik, dan juga bisa sesuai dengan isi konten yang akan membuat pembaca menjadi segan untuk membacanya.
Optimalkan SEO
Cara membuat artikel bisnis yang menjual selanjutnya adalah dengan melakukan pengoptimalan pada SEO. Kamu pasti sudah tak asing dengan yang namanya SEO, bukan?
Mengoptimalkan SEO akan membuat website kamu menjadi lebih mudah dicari melalui search enggine. Kamu bisa menggunakan keyword yang sedang hangat diperbincangkan, seperti berita mengenai kesehatan, kecantikan, teknologi dan sebagainya. Semua itu bisa menyesuaikan dengan brand dan produk yang akan kamu tawarkan.
Kemudian ada beberapa poin yang wajib kamu perhatikan saat menyusun artikel SEO di website, seperti berikut ini;
- Menggunakan Judul dengan Teknik SEO, dan mengandung usur kata kunci utama
- Jangan lupa menambahkan Meta Deskripsi
- Fokuskan penulisan artikel sesuai dengan Kata Kunci Utama
- Gunakan juga Kata Kunci Tambahan
- Tambahkan atribut ALT Gambar
- Kamu bisa menautkan konten (baik link internal maupun link eksternal)
- Selipkan juga CTA
Pastkan kamu tetap menggunakan kalimat bujukan ya, yang halus dan mudah dipahami. Hal ini untuk membangkitkan minat audiens untuk membeli produk yang ditawarkan.
Sematkan Kata Kunci yang Sesuai
Saat menyusun artikel bisnis, usahakan kamu menyematkan keyword atau kata kunci yang selaras dengan artikel bisnis yang kamu tulis. Ini juga termasuk dalam cara memaksimalkan SEO yang ada dalam artikelmu, lho.
Dengan adanya keyword yang disematkan di dalam judul dan deskripsi artikel akan membuat artikel bisnis kamu lebih mudah dicari di search enggine. Audiens akan menjadi lebih efisien dan mudah untuk mendapatkan referensi yang mereka inginkan.
Tambahkan Tautan ke Halaman Produk
Artikel bisnis disusun untuk mendukung laman produk kamu, maka dari itu artikel bisnis yang kamu susun harus mengandung konten informasi yang detail mengenai produk yang akan dipasarkan.
Untuk menunjang laman produk kamu, usahakan kamu menambahkan tautan link yang menuju halaman produk yang dijual. Hal ini merupakan salah satu cara terpenting untuk menyusun artikekl bisnis.
Gunakan Subjudul
Untuk membangkitkan rasa penasaran pembaca, kamu bisa menambahkan subjudul yang menarik. hal ini untuk membuat tulisan artikel bisnis kamu menjadi lebih ringkas dan detail mengenai poin-poin yang menyesuaikan pada keywords.
Tambahkan Aspek Visual
Agar artikelmu menjadi lebih menarik dan informatif, kamu bisa memasukan gambar kedalam artikel bisnis yang disusun.
Dengan adanya gambar, audiens akan menjadi lebih mudah untuk memahami isi konten bisnis. Gambar tersebut bisa bermacam-macam, seperti gambar infografis, table, grafik, foto dan lain sebagainya yang masih terkait dengan keyword.
Menambahkan aspek visual akan sangat mempengaruhi kualitas artikel bisnis kamu. Selain itu juga bisa membuat audiens menjadi tidak bosan dan semakin tertarik untuk membacanya.
Baca Juga: 13+ Rekomendasi Keyword Tools untuk Cari Kata Kunci Website Terbaik, Apa saja?
Tutup dengan CTA
CTA memiliki kepanjang Call To Action, yang berisi kalimat ajakan kepada audiens agar tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
Kalimat CTA ini biasa digunakan diakhir paragraf artikel bisnis yang bertujuan untuk membangkitkan minat pembeli dengan cara membujuk mereka dengan kalimat yang halus dan mudah dicerna, contohnya seperti;
- Mulai sekarang ayo jaga kesehatan kulit kamu dengan menggunakan produk herbal XXX! Kamu bisa mendapatkan produknya dengan mudah di sini!
- Apa lagi yang kamu tunggu? Segera dapatkan produk herbal XXX dengan harga spesial! Kamu bisa mendapatkan diskon 20% untuk 50 pembeli pertama, yuk serbu sekarang sebelum kehabisan!
Lantas bagaimana cara membuat CTA yang memikat dan menjual untuk brand kosmetik? Baca di sini!
Tips Memaksimalkan Jangkauan Konten Artikel Penjualan
Membuat artikel bisnis sebenarnya hampir sama dengan membuat artikel lainnya. Bedanya di dalam artikel bisnis kamu diarahkan untuk mempromosikan brand atau produk yang akan kamu tawarkan kepada audiens.
Dengan pembuatan artikel ini, kamu juga harus memikirkan pendekatan apa yang bisa kamu masukan di dalam tulisan artikel, agar pembaca bisa tertarik dengan produk.
Sangat disarankan untuk kamu melakukan riset dan juga mengetahui apa yang sedang dibicarakan masyarakat hari ini.
Berikut ini adalah beberapa tips agar konten yang kamu buat bisa mempengaruhi peningkatan penjualan seperti;
Sesuaikan Konten dengan Tren
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memulainya dengan cara membuat konten yang menyesuaikan dengan tren yang sedang terjadi saat ini.
Tren yang sedang terjadi saat ini akan sangat mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap produk atau brand yang berkaitan dengan tren.
Pada poin ini tentunya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu, baik dari riset secara langsung dan juga secara online.
Kamu juga bisa menggunakan Google Trends yang dapat kamu jadikan acuan mengenai isu yang sedang menarik diperbincangkan masyarakat saat ini.
Jika kamu sudah mengetahui tren apa yang sedang terjadi di masyarakat, kamu bisa memilah dan memilih tren apa yang akan kamu jadikan isu di artikel kamu. Tentunya tren tersebut bisa berkaitan dengan brand dan produk yang akan kamu pasarkan.
Memahami Keinginan Audiens
Selanjutnya kamu juga bisa melakukan riset perihal siapa calon dan target audiens kamu. Hal ini untuk memperkuat isi konten artikel bisnis kamu agar bisa audience merasa bahwa mereka membutuhkan produk yang kamu tawarkan di dalam konten artikel bisnis.
Jika kamu dapat memenuhi beberapa masukan tersebut, bukan tidak mungkin penjualan kamu bisa meningkat. Karena konten-konten yang kamu tulis di dalan artikel dapat memahami apa yang sedang audience butuhkan untuk membeli produk.
Repurpose Konten
Agar kontenmu bisa mempengaruhi penjualan produk yang kamu tawarkan, kamu tidak harus membuat konten yang original, namun tidak plagiat sepenuhnya ya!
Seperti halnya kamu bisa melakukan repurpose terhadap konten yang pernah dibuat sebelumnya, kemudian kamu olah kembali dan sesuaikan dengan tren atau hal-hal yang sedang diinginkan audiens saat ini.
Kamu harus bisa mengembangkan konten-konten lama menjadi lebih menarik, dengan bahasa yang lebih menarik dan juga pengembangan isi konten yang lebih menarik lagi.
Dengan melakukan repurpose konten, kamu akan dapat menghemat banyak sekali waktu.
Melakukan Distribusi Konten
Setelah selesai membuat artikel bisnis tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi dan distribusi konten.
Kamu bisa membuat platfrom di luar website dan blog untuk mempromosikannya, seperti Instagram, Twitter dan juga Facebook.
Kamu bisa membuat postingan kemudian mencantumkan link ke website atau blog kamu agar mereka bisa membaca artikelmu lebih lanjut. Hadirnya platfrom sosial media akan sangat membantu kamu untuk mendistribusikan konten-konten artikel bisnis yang ada di website milikmu.
Nah, Beautypreneurs, memahami bagaimana artikel bisnis yang menarik bisa menjaring pembeli baru ke tokomu, apakah kamu tertarik untuk mencoba tips dan cara membuat artikel bisnis yang menjual di atas?
Untuk membuat audience kian betah dan nyaman membaca artikel yang kamu buat, sisipkan juga video dan foto produk jualanmu dalam artikel tersebut. Namun, jangan sembarangan mengambil gambar dan video, ya. Karena semakin baik kualitasnya, maka akan semakin baik juga tanggapan audience pada konten yang kamu buat.
Ngomongin, soal foto dan video produk yang oke punya, salah satu layanan aftersales service dari Mash Moshem Indonesia juga berkaitan dengan media promosi satu ini, lho.
Yap! Tak hanya membantumu menciptakan produk sampai jadi dan siap untuk kamu pasarkan. Kami juga menyediakan jasa pembuatan foto produk dan video produksi, keduanya dapat kamu gunakan dalam berbagai konten pemasaran dari brandmu. Termasuk untuk konten artikel jualanmu di Website.
Menarik, kan? Cus, diskusikan produk impianmu bersama jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia via Contact Us!