Cara Membuat Serum Bulu Mata dengan Bahan Organik Terbaik!

cara membuat serum bulu mata

Serum bulu mata menjadi salah satu tren kosmetik yang sedang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Makin banyak orang yang ingin memiliki bulu mata yang panjang, tebal, dan sehat membuat permintaan terhadap produk ini pun makin tinggi. 

Serum bulu mata merupakan produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk merawat dan memperkuat bulu mata, serta membantu merangsang pertumbuhan bulu mata yang lebih sehat dan indah.

Bisnis serum bulu mata bisa menjadi peluang bisnis yang menarik, terutama bagi kamu yang memiliki minat dan pengetahuan dalam industri kosmetik.

 Untuk memulai bisnis serum bulu mata, ada beberapa hal penting yang harus perhatikan, mulai dari perencanaan konsep produk, pembuatan formula, pengurusan legalitas, produksi massal, hingga pemasaran dan branding produk.

Dengan pemahaman yang baik tentang seluruh proses bisnis serum bulu mata, kamu bisa mempersiapkan langkah-langkah yang tepat untuk memulai dan mengelola bisnis yang sukses dalam industri kosmetik ini. 

Tapi, gimana kalau pengalaman dan pemahaman kamu belum cukup? Eits, tenang aja karena kamu bisa menggunakan jasa maklon serum bulu mata Mash Moshem Indonesia.

Penasaran bagaimana cara membuat serum bulu mata dengan jasa maklon? Juga bagaimana peluang usaha dan besaran modalnya? Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

Potensi Serum Bulu Mata di Pasar Kosmetik

Serum bulu mata telah menjadi produk populer di pasar kosmetik karena banyak orang menginginkan bulu mata yang lebih panjang, tebal, dan sehat. 

Menurut Allied Market Research, ukuran pasar eyelash serum global bernilai $752,10 juta pada tahun 2020, dan diproyeksikan mencapai $1,3 miliar pada tahun 2031, tumbuh pada CAGR sebesar 5,7% dari tahun 2022 hingga 2031. Ini menandakan bahwa potensi eyelash serum di pasar kosmetik sangat besar.

Dengan makin meningkatnya kebutuhan konsumen akan serum bulu mata, nyatanya belum banyak merek yang memproduksi dan menjual produk tersebut di Indonesia. Hal ini bisa menjadi dorongan buat kamu jika ingin memasuki bisnis ini. Apalagi, pesaing bisnis ini belum banyak di Indonesia.

Kamu bisa menciptakan produk tersebut dan mempromosikannya secara gencar. Untuk menarik minat konsumen, kamu perlu memberikan edukasi tentang pentingnya merawat bulu mata. Kamu juga harus bisa menyuarakan bahwa penggunaan ekstensi bulu mata tidak selamanya bagus karena bisa membuat bulu mata asli rusak dan rontok.

Dengan menggunakan serum bulu mata, tampilan bulu mata yang cantik, indah, dan lentik bisa didapatkan dengan permanen. Jadi, kini semua orang bisa segera mengucapkan selamat tinggal pada ekstensi bulu mata.

Alasan Serum Bulu Mata Populer

Seperti yang udah dijelasin di atas kalau serum bulu mata ini lagi naik daun karena peminatnya terus meningkat. Kira-kira kenapa ya produk ini bisa populer banget? Nih simak jawabannya!

kenapa serum bulu mata populer

Tetap Cantik ‘tanpa’ atau ‘dengan’ Maskara

Dengan rajin menggunakan serum bulu mata, mata akan terlihat lebih cantik, sehat, dan indah meskipun tanpa menggunakan maskara. Beberapa eyelash serum juga bisa membuat tampilan lebih subur dan gelap layaknya menggunakan maskara.

Mudah Diaplikasikan

Serum bulu mata sangat mudah diaplikasikan pada bulu mata atas dan bawah. Kebanyakan orang menggunakan serum bulu mata di malam hari sebelum tidur sebagai salah satu rangkaian night skincare routine. Beda banget sama maskara yang harus diaplikasikan dengan benar agar tidak menggumpal, aplikasi eyelash serum lebih simpel dan cepat.

Keajaiban Bahan Alami

Tren kosmetik berbahan alami makin diminati oleh hampir semua kalangan masyarakat. Maka dari itu, tidak heran jika saat ini para produsen kosmetik berlomba-lomba untuk meluncur suatu produk kosmetik dengan kandungan bahan alami yang beragam. Bahan alami dipercaya lebih aman digunakan dibanding dengan bahan kimia.

Ucapkan Selamat Tinggal pada Bulu Mata Palsu

Sering kali kita membutuhkan bulu mata palsu untuk membuat tampilan mata kita lebih on point. Tapi, dengan rajin menggunakan serum bulu mata, tidak diperlukan lagi pemasangan bulu mata palsu. Apalagi, penggunaan bulu mata palsu bisa membuat mata menjadi tidak nyaman dan bisa menyebabkan iritasi serta kemerahan.

Bisa Menyembuhkan Bulu Mata yang Rusak

Sebagian dari mereka yang rajin melakukan ekstensi bulu mata mengalami kerusakan bulu mata. Bulu mata yang telah rusak masih bisa dirawat kembali agar cantik seperti semula. Salah satunya dengan menggunakan treatment serum bulu mata. 

Aman di Kantong

Menggunakan serum bulu mata menjadi solusi yang murah untuk siapa pun yang ingin memanjangkan bulu mata. Harga ini tentu saja lebih murah dibanding dengan ekstensi bulu mata. Terlebih lagi, ekstensi bulu mata tidak memberikan hasil bulu mata indah yang permanen.

Pilihan Bahan untuk Serum Bulu Mata

Berikut ini ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat serum bulu mata.

bahan untuk membuat serum bulu mata

Botanical Oil

Minyak botani atau minyak herbal adalah bahan alami yang sering digunakan dalam serum bulu mata untuk memberikan manfaat perawatan dan pengondisian pada bulu mata. Botanical oil yang banyak terdapat dalam produk tersebut seperti minyak biji anggur, minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak almond, minyak castor, dan minyak lavender.

Kandungan botanical oil pada produk ini tersebut bisa memberikan hidrasi dan nutrisi pada bulu mata. Dengan begitu, botanical oil dipercaya mampu membantu menjaga kelembutan, menghaluskan, dan melembapkan bulu mata, serta mencegah kerusakan dan kerontokan bulu mata.

Pro-vitamin

Pro-vitamin merupakan senyawa yang bisa diubah menjadi vitamin aktif dalam tubuh. Dalam serum bulu mata, bahan pro-vitamin biasanya ditambahkan untuk memberikan manfaat perawatan pada bulu mata. 

Jenis Provitamin banyak ada dalam formula eyelash serum misalnya B5 (D-Panthenol), Pro-vitamin B7 (Biotin), Pro-vitamin B3 (Niacinamide), Pro-vitamin A (Retinyl Palmitate), dan Pro-vitamin E (Tocopheryl Acetate).

Kandungan-kandungan di dalamnya dipercaya bisa membantu meningkatkan kekuatan bulu mata dan mencegah kerontokan.  Ini karena pro-vitamin bisa memberikan nutrisi pada folikel bulu mata dan merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjaga kelembutan bulu mata.

Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan bulu mata. Dalam produk perawatan ini, vitamin E sering digunakan sebagai bahan aktif untuk memberikan manfaat perawatan pada bulu mata.

Kandungan antioksidan yang di dalamnya mampu membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada bulu mata.

Vitamin E juga bisa membantu melembapkan bulu mata dan memperbaiki kondisi bulu mata yang kering dan rapuh. Di dalam serum bulumata ini, vitamin E tersedia dalam bentuk Tocopheryl Acetate, Tocopherol, dan Tocotrienols. Ketiganya berperan sebagai penangkal radikal bebas sekaligus bisa merawat bulu mata kering dan rusak.

Peptide Aktif

Peptida aktif adalah bahan yang digunakan dalam banyak produk perawatan kulit dan rambut, termasuk serum bulu mata. 

Bahan ini termasuk sekelompok asam amino yang berfungsi sebagai “building block” atau bahan dasar dalam pembentukan protein, termasuk protein yang ditemukan dalam bulu mata. 

Peptida aktif mampu membantu merangsang pertumbuhan bulu mata, memperkuat akar bulu mata, dan mencegah kerontokan bulu mata. Beberapa jenis peptide aktif yang banyak digunakan dalam serum bulu mata antara lain Myristoyl Pentapeptide-17, Biotinoyl Tripeptide-1, dan Acetyl Tetrapeptide-3.

Hyaluronic Acid

Asam hialuronat atau hyaluronic acid adalah bahan yang dapat membantu menjaga kelembapan bulu mata sehingga bulu mata terhidrasi dengan baik dan terlihat lebih sehat.

Hyaluronic acid juga bisa membantu meningkatkan elastisitas bulu mata serta memperbaiki kerusakan sehingga bulu mata lebih kuat dan tidak mudah patah.

Kandungan hyaluronic acid dalam serum bulu mata juga bisa meningkatkan penyerapan bahan aktif lainnya. Jadi, hyaluronic acid ini akan bertindak sebagai “pengantar” untuk membantu penyerapan bahan aktif lainnya dalam eyelash serum tersebut. 

Dengan meningkatkan penetrasi bahan-bahan aktif ke dalam bulu mata, hyaluronic acid bisa meningkatkan efektivitas produk tersebut secara keseluruhan.

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membuat Serum Bulu Mata

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat serum bulu mata. Penasaran apa aja?

Modal

Pada dasarnya, jumlah modal yang diperlukan untuk memproduksi eyelash serum bisa bervariasi bergantung pada berbagai faktor, termasuk skala produksi, kompleksitas formula, sumber bahan baku, fasilitas produksi, dan peraturan lokal yang berlaku. 

Yang jelas, saat memproduksi serum bulu mata sendiri kamu memerlukan modal yang banyak untuk biaya penelitian dan pengembangan, bahan baku, fasilitas produksi, peralatan produksi, tenaga kerja, pengemasan dan labeling, serta pengurusan legalitas.

Tapi tenang aja, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mempersiapkan itu semua karena kamu bisa memproduksi eyelash serum dengan lebih murah, cepat, dan berkualitas. 

Caranya adalah dengan menggunakan jasa maklon Mash Moshem Indonesia. Dengan menggunakan jasa maklon kami, kamu tidak memerlukan banyak biaya. Apalagi, minimal MOQ kami hanya 1000 buah.

Artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk banyak hal karena semua akan ditangani oleh tim kami sehingga kamu hanya perlu menunggu proses produksi selesai. Kamu bisa mendiskusikan dengan tim kami terkait jumlah produk yang akan diproduksi dan berapa nominal yang harus kamu persiapkan.  

Mau buat produk kosmetik dengan MOQ 100 Pcs saja? Klik infonya di sini.

Syarat

Selain modal yang tidak memberatkanmu, persyaratan yang dibutuhkan juga tidak memberatkan sama sekali. Di sini kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri berupa KTP dan nama merek yang akan kamu gunakan nanti. Nama merek akan menjadi identitas bisnis yang kami perlukan untuk pengurusan legalitas.

Jika kamu belum menyiapkan nama merek, kami akan membantu kamu mencari nama merek yang tepat untuk produk yang akan kamu jual. Tentunya, nama merek tersebut akan kami sesuaikan dengan tren yang ada tanpa harus terlihat sama dengan nama merek lain yang telah ada.

Identitas Merek

Sebagai produsen eyelash serum, penting untuk memiliki identitas merek yang jelas. Ini termasuk pemilihan nama merek, desain kemasan, logo, dan identitas visual lainnya yang akan membedakan produkmu dengan produk lain di pasaran. 

Pastikan kamu sudah merencanakan dan menyiapkan identitas merekmu dengan baik sebelum memulai produksi eyelash serum.

Tapi misalnya belum, kamu bisa berdiskusi dan berkonsultasi dengan tim kami untuk menentukan identitas merek yang tepat untuk bisnismu. Tentunya, hal ini membutuhkan riset pasar yang cukup mendalam. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena tim kami sudah berpengalaman di bidang kosmetik jadi sudah sangat memahami kondisi pasar kosmetik saat ini.

Cara Membuat Serum Bulu Mata dengan Jasa Maklon

Nah, karena tadi sudah sering disinggung soal memproduksi eyelash serum dengan jasa maklon, kamu pasti penasaran gimana sih cara dan langkah-langkah yang harus ditempuh? Nih, ada beberapa cara membuat serum bulu mata dengan jasa maklon.

Perencanaan Konsep Produk dengan Tim Ahli

Pertama-tama, kamu perlu berkolaborasi dengan tim ahli kami untuk merencanakan konsep produk. Ini termasuk pemilihan bahan aktif, pemilihan bahan pengemas, pengaturan kebutuhan produksi, dan pengembangan formula yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Nah, kalau semuanya sudah ready dan konsep produk sudah disepakati langkah selanjutnya adalah pembuatan formula dan sampel bulu mata.

Pembuatan Formula dan Sampel Eyelash Serum

Pembuatan formula dan sampel eyelash serum akan dibuat oleh tim research and development yang telah berpengalaman dan tersertifikasi. Dalam proses ini, kamu hanya perlu menunggu sampel produk jadi dan bersiap untuk mengujinya. 

Jika sampel produk yang dibuat sudah sesuai dengan konsep yang disepakati, tim produksi kami akan segera melakukan produksi massal. Tapi, jika sampel produk belum sesuai dengan konsepnya, kami akan segera melakukan revisi dan mengirimkannya kembali.

Pengurusan Legalitas Eyelash Serum

Seperti sempat disinggung di atas, salah satu keunggulan memproduksi produk dengan jasa maklon adalah adanya layanan pengurusan legalitas produk. 

Legalitas di sini bisa berupa sertifikat BPOM, HAKI, Halal, HAS, Izin Edar, Vegan, dan lain-lain. Yang jelas, kamu tidak perlu repot-repot mengurusnya sendiri karena semua akan ditangani oleh tim kami.

Pembuatan Desain Kemasan dan Produksi Massal

Produksi massal dilakukan oleh tim produksi yang ahli dan berpengalaman menggunakan peralatan teknologi canggih. 

Dengan begitu, produk yang dihasilkan pun sudah pasti aman dan berkualitas. Bersamaan dengan produksi massal, tim desainer kami akan membantu kamu untuk membuat desain kemasan yang unik dan menarik untuk meningkatkan minat konsumen.

Promosikan Serum Bulu Mata Milikmu!

Setelah semua tahapan telah dilalui, kini saatnya kamu siap mempromosikan eyelash serum dengan merekmu sendiri. Untuk menarik minat konsumen targetmu, kamu memerlukan strategi pemasaran dan media promosi yang jitu. Nah, di sini kami juga akan membantumu mempromosikan produkmu pada saluran pemasaran kami.

Selain itu, kami juga akan membuatkan beberapa media promosi, seperti foto produk, katalog, brosur, video company profile, dan lain-lain. Kami juga menyediakan seminar bisnis gratis yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan bisnismu.

Nah, itu adalah penjelasan mengenai cara membuat serum bulu mata dan memasarkannya dengan merekmu sendiri?

Apakah kamu tertarik? Langsung klik tombol di bawah untuk mendiskusikan ide bisnis kosmetikmu bersama tim pemasaran kami, ya!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts