Jasa Maklon: Solusi Paling Mudah dan Terpercaya Bagi Bisnis Pemula

maklon kosmetik lisensi bpom

Tahukah kamu, kini memulai bisnis sebagai brand owner terbilang lebih mudah dan tak membutuhkan modal begitu besar. Yap! Ini karena keberadaan perusahaan maklon yang jadi solusi mudah dan terpercaya bagi pebisnis pemula.

Ada saja hal-hal yang terkadang menghambat seseorang untuk memulai bisnisnya. Mulai dari bingung memikirkan modal untuk membangun pabrik atau membeli alat produksi, belum lagi harus membayar upah tenaga kerja.

Padahal seseorang itu, termasuk kamu, bisa saja menjadi pengusaha sepatu, tas, makanan, minuman, atau bahkan kosmetik dan skincare yang sedang booming.

Tapi jangan khawatir, tanpa harus pusing memikirkan hal-hal di atas, kamu tetap bisa memulai untuk merealisasikan bisnismu. Bagaimana caranya? Tentunya dengan menggunakan jasa maklon.

Penasaran apa itu jasa maklon? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Apa Itu Jasa Maklon?

Pernahkah kamu mendengar perusahaan yang menawarkan jasa maklon? Atau malah kamu sama sekali belum tahu apa itu jasa maklon?

Istilah maklon sendiri berasal dari bahasa Belanda, yakni “maakloon” yang berarti biaya produksi. Kata maakloon kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia dan berubah menjadi maklon.

Sebenarnya istilah maklon sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis, terutama di bidang pakaian dan kosmetik. Dengan kata lain, maklon diartikan sebagai jasa pengolahan produk yang dilakukan oleh pihak lain alias Perusahaan Maklon.

Misalnya kamu ingin menjalankan bisnis skincare dengan merek atau brand sendiri, tapi terkendala modal. Nah, ini saatnya kamu menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan maklon.

Perusahaan maklon memang memiliki misi untuk menghasilkan produk sesuai dengan ide yang ingin kamu wujudkan.

Dasar Hukum Perusahaan Jasa Maklon

Ketentuan terkait jasa maklon diantaranya tercantum dalam Undang-Undang (UU) Pajak Pertambahan Nilai (PPN), UU Pajak Penghasilan (PPh), Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 32/PMK.010/2019, dan PMK Nomor 141/PMK.03/2015.

Sama halnya seperti bisnis jasa lain, dalam pelaksanaannya perusahaan ini pun terkena pajak juga. Yang artinya, atas penyerahannya dikenakan pungutan PPN. Selain itu, penyedia jasa pembuatan produk ini juga tidak luput dari kewajiban membayar PPh Pasal 23.

Aspek PPN

Jika mengacu pada aturan baru perpajakan, yakni UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, maka tariff PPN yang berlaku adala 11%. Namun, pemerintah memberikan perlakuan khusus bagi jasa maklon yang hasil produksinya digunakan untuk kepentingan ekspor.

Fasilitas PPN yang diberikan oleh pemerintah sebesar 0%, dengan syarat perusahaan jasa tersebut harus memenuhi berbagai ketentuan diantaranya:

  1. Perincian dan bahan baku atau setengah jadi disediakan oleh penerima barang/pengguna jasa.
  2. Bahan baku atau setengah jadi diproses untuk menghasilkan BKP (Barang Kena Pajak).
  3. Kepemilikan atas BKP terletak pada pengguna jasa.
  4. Pengiriman BKP yang dihasilkan oleh pengusaha jasa maklon dilakukan ke luar daerah pabean (instansi yang mengawasi).
  5. Khusus untuk penerima produk ekspor atau yang dikenakan pajak luar negeri.

Aspek PPh

Atas pembayaran jasa maklon tersebut oleh pihak pengguna jasa kepada pihak pemberi jasa akan di potong PPh 23 sebesar 2% dari jumlah bruto, tidak termasuk PPN.

Dalam hal ini, jumlah bruto yang dimaksud adalah total keseluruhan barang produksi dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang dibayarkan serta disediakan untuk dibayarkan atau sudah masuk jatuh tempo pembayarannya.

Lebih lanjut, perusahaan penyedia jasa juga membutuhkan kontrak atau perjanjian antara pengguna layanan dan pemilik perusahaan jasa. Dengan adanya kontran berbayara ini, kedua belah pihak akan melakukan tugasnya masing-masing dengan baik dan maksimal.

Soal biaya, biasanya sangat bergantung pada jenis produk yang akan diproduksi. Termasuk memperhitungkan komposisi bahan yang diperlukan, dan jumlah produk.

5 Jenis Jasa Maklon yang Perlu Kamu Tahu

Ada banyak jenis jasa maklon yang ditawarkan dalam dunia bisnis. Pada umumnya, jasa maklon dibedakan berdasarkan barang atau produk yang akan dihasilkan.

Melansir dari berbagai sumber, kiranya ada 5 jenis jasa maklon yang mendapat perhatian lebih dari para pelaku bisnis. Hal itu dikarenakan enam produk inilah yang cukup banyak diminati oleh pasar, bermanfaat, dan berkonstribusi baik untuk perekonomian.

Jasa Maklon Kosmetik

Jasa maklon kosmetik bisa kamu manfaatkan ketika ingin membuat brand kosmetik sendiri tapi bingung mulai dari mana.

Kamu hanya perlu mendiskusikan spesifikasi produk ingin dihasilkan, kemudian penyedia jasa maklon akan merangkai formula dan melakukan produksi massal kosmetik yang kamu inginkan.

Tenang saja, soal kepemilikan brand kosmetik akan tetap menjadi hak milikmu. Karena pada dasarnya penyedia jasa maklon memang hanya membantu untuk mewujudkan bisnis yang terhalang kamu ciptakan karena satu dan lain hal.

Di Mash Moshem Indonesia, misalnya. Kami memberikan layanan terlengkap untuk para pebisnis pemula dalam membuat dan mengembangkan produk dari brand kosmetik mereka sendiri.

Selain itu, kami pun memberikan penawaran maklon kosmetik dengan harga bersaing dan jumlah MOQ (Minimum Order Quantity) yang cukup rendah. Sehingga para pengusaha baru dan muda, bisa dengan mudah mewujudkan impian mereka sebagai brand owner kosmetik.

Jasa Maklon Makanan dan Minuman Instan

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri makanan dan minuman memegang peran penting bagi perekonomian nasional. Sebagian besar makanan dan minuman yang banyak digemari pun yang berbentuk instan. Karenanya, kamu bisa mengandalkan jasa makanan dan minuman instan untuk membantu memproduksi barang instan yang diinginkan.

Bukan hanya itu, penyedia jasa ini juga bisa diandalkan untuk mengurus pengemasannya. Perlu diperhatikan juga untuk memilih jasa maklon makanan dan minuman instan yang sudah mengantongi izin.

Agar kamu tidak perlu repot untuk mengurus izin memproduksi barang seperti BPOM, legalitas produk, atau sertifikasi halal MUI.

Jasa Maklon Konveksi

Konveksi adalah jasa maklon yang menghasilkan produk berupa pakaian. Proses produksi biasanya menggunakan metode cut make trim (CMT).

Proses tersebut meliputi cutting atau memotong bahan baku sesuai dengan pola baju, making alias proses menjahit, dan yang terakhir adalah trimming atau tahap merapikan pakaian yang sudah jadi.

Dalam jasa maklon konveksi, desain baju biasanya dibuat oleh pengorder bukan penyedia jasa. Setelah sampel disetujui, barulah pemilik jasa maklon mengeksekusinya.

Beberapa perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa konveksi ini biasanya menghasilkan produk seperti garmen, jaket, seragam, dan sprei.

Jasa Maklon Herbal

Produk lainnya yang saat ini merajalela di pasar adalah berbahan dasar herbal. Semakin banyak orang beralih menggunakan produk herbal, sehingga semakin banyak pula perusahaan yang menyediakan jasa maklon ini.

Alur yang dilewati hampir sama seperti maklon kosmetik atau makanan dan minuman instan. Yakni melakukan spesifikasi produk terlebih dahulu oleh pemilik bisnis, kemudian berlanjut pada proses produksi dan yang terakhir kamu bisa memasarkannya secara pribadi.

Lantaran ini produk herbal, tentunya penyedia jasa ini adalah para tenaga profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Jadi, kamu tidak perlu khawatir karena produk yang nantinya dihasilkan sudah pasti berkualitas di kelasnya dan terjangkau.

Jasa Maklon Sepatu

Maklon sepatu ini hampir sama dengan konveksi, karena keduanya menggunakan metode cut make trim (CMT). Bisnis pembuatan sepatu tentunya bukanlah hal mudah yang bisa dikerjakan oleh perorangan. Jika sudah begini, maka jasa maklon sepatu adalah solusinya.

Serahkan tugas memproduksi sepatu pada jasa maklon ini. Kamu pun tidak perlu lagi pusing memikirkan ribetnya produksi sepatu. Tapi, kamu tetap bisa ikut berkontribusi dengan memberikan desain sesuai dengan yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa ikut terlibat dalam memilih bahan sepatu yang seperti apa yang cocok untuk produkmu.

Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Dengan Jasa Maklon

Sebelum memulai sebuah bisnis, penting bagimu untuk mengetahui keuntungan dan kerugian apa yang akan kamu dapat. Sama halnya ketika kamu memutuskan menggunakan jasa maklon untuk memulai bisnismu.

Namun, jangan sampai hal ini membuat kamu ragu untuk memulai langkah berbisnis. Apalagi saat ini kamu bisa merancang dan menjual produk dengan lebih mudah, salah satunya karena bekerja sama dengan perusahaan makloon terpercaya.

Kelebihan Menggunakan Jasa Maklon

Salah satu kelebihan menggunakan jasa maklon di awal bisnis tentunya kamu akan dimudahkan dalam proses produksi barang.

Biasanya dalam proses produksi dibutuhkan peralatan sekaligus tenaga kerja yang kompeten, apalagi jika kamu berencana membuat produk dalam jumlah besar. Tentu kamu tidak akan bisa menanganinya sendiri, dan solusinya adalah meminta bantuan jasa ini.

Selain efisien, keuntungan lain yang bisa kamu dapat adalah kepemilikan atas merek atau brand. Kamu bisa mewujudkan bisnismu dengan mudah tanpa perlu terjun langsung dalam proses produksi, tapi kamu tetap akan mendapat hak atas merek dagang yang telah dihasilkan.

Kelebihan bisnis maklon inilah yang membuat banyak orang tertarik. Terlebih kamu tak perlu menyediakan sarana dan alat dalam pembuatan produk yang kamu inginkan tersebut.

Kekurangan Menggunakan Jasa Maklon

Meski terlihat menguntungkan, namun jasa maklon juga punya kekurangan. Karena proses produksi dilakukan oleh penyedia jasa, otomatis kamu tidak bisa memantau produksinya secara langsung.

Itu mengapa penting bagi kamu menjaga komunikasi yang baik dengan pihak penyedia jasa untuk meminimalisir terjadinya kesalahan.

Selain itu proses produksi bisa saja mundur tidak sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati awal antara kamu dan penyedia jasa maklon.

Keadaan ini tentu buruk karena memengaruhi jadwal launching produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menerapkan sistem purchasing order (PO) dari jasa maklon.

Tips Memilih Jasa Maklon Terpercaya

Adanya penyedia jasa ini memang terbukti dapat mendukung proses produksi pada sebuah bisnis. Sebab, perusahaan ini mampu memangkas proses produksi dan registrasi sebuah produk.

Namun, dalam memilih jasa maklon tidak boleh asal karena akan menimbulkan kerugian yang lebih besar. Berikut tips memilih perusahaan jasa yang tepat dan terpercaya:

Legalitas

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah mengetahui terlebih dulu legalitas perusahaan penyedia jasa makloon tersebut. Pasalnya, kamu nanti akan menyerahkan kegiatan produksi secara keseluruhan pada penyedia jasa makloon.

Perusahaan makloon dengan legalitas yang meragukan dikhawatirkan akan bermasalah di kemudian hari dan bisa saja menghentikan kegiatan produksi di tengah jalan.

Portofolio Perusahaan

Selanjutnya adalah mengetahui portofolio perusahaan ini untuk melihat rekam jejak maupun pencapaian tertinggi dalam hal memberikan jasa kepada para klien.

Portofolio ini bisa kamu jadikan bukti autentik terkait perusahaan apa saja yang telah menggunakan jasa pembuatan produk tersebut. Dengan demikian kamu dapat mengetahui kualitas produk yang ditawarkan ke pasar.

Bahan Produksi

Bahan menjadi hal yang paling mendasar dari sebuah produk untuk kemudian bisa menentukan kualitas perusahaan jasa pembuatan produk tersebut. Kamu harus mencari tahu mengenai bahan seperti apa yang biasanya digunakan oleh perusahaan tersebut.

Pastikan bahan yang digunakan selalu memiliki kualitas tinggi, sehingga kamu juga bisa memastikan kepada konsumen bahwa produk bisnismu memanglah berkualitas tinggi.

Sumber Daya Manusia

Setelah selesai meneliti bahan yang akan diproduksi, maka hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan dan cari tahu adalah mengenai sumber daya manusia (SDM).

Bukan apa-apa, pasalnya mereka yang akan turun tangan mengerjakan barang produksi. Oleh karena itu, kamu perlu tahu kemampuan yang mereka miliki.

Cara paling mudah untuk mengetahui kinerja dan kualitas SDM adalah dengan mengunjungi rumah atau pabrik produksi secara langsung. Perhatikan sistem kerja yang berlaku seperti kerapihan dan kebersihan, kemudian kondisi pabrik dan peralatan produksi yang digunakan.

Harga

Langkah terakhir untuk memilih jasa makloon terpercaya tentunya bisa dilihat dari harga yang mereka tawarkan. Perusahaan jasa ini yang memiliki konsumen dan permintaan tinggi di pasaran, pastinya akan berimbas pada harga yang ditawarkan.

Selain itu, jenis barang dan kuantitas yang akan diproduksi juga sangat memengaruhi harga. Misalnya, harga dan fasilitas yang mereka pun akan berbeda nantinya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga pembuatan kosmetik, termasuk jenis bahan yang kamu gunakan, kemasan, hingga jumlah MOQ produk kosmetik yang akan kamu buat.

Meski begitu tim Mash Moshem Indonesia bisa menyesuaikan harga produksi kosmetik dengan budget yang klien miliki. Menarik, bukan?

Segera buat kosmetik dengan brandmu sendiri bersama Mash Moshem Indonesia, yuk!

About Author

Related posts

Leave a Comment