Maklon Deodorant: Jenis Produk, Modal, Syarat dan Prosedur

maklon deodorant

Meski memiliki jumlah permintaan yang tinggi dan mengalami peningkatan yang konstan dari waktu ke waktu, segmentasi deodorant dalam pasar kosmetik Indonesia selalu didominasi oleh brand Luar Negeri. Namun, dengan jasa maklon deodorant, kamu bisa memanfaatkan celah kesenjangan antara brand besar dan baru ini dengan cukup mudah, loh.

Produk-produk kosmetik yang tergolong dalam kategori personal care memiliki peluang yang cenderung lebih besar di pasaran. Begitu pun dengan deodorant yang tak hanya jadi bagain pelengkap perawatan tubuh, namun telah menjelma sebagai kebutuhan utama masyarakat.

Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pengguna dan permintaan deodorant yang menjangkau semua segmentasi konsumen, dari remaja hingga dewasa, baik perempuan maupun laki-laki.

Karena itulah, Beautypreneurs, tak ada salahnya untukmu melirik dan mengambil peluang bisnis sebagai brand owner lewat jasa maklon deodorant.

Terlebih dalam proses maklon deodorant di Mash Moshem Indonesia kamu tak perlu merekrut sumber daya manusia yang besar, kemudian ada perbantuan pengurusan legalitas produk, hingga biaya yang cenderung lebih murah daripada kamu membangun pabrik produksi sendiri.

Nah, lantas seperti apa cara maklon deodorant untuk pemula, peluang usahanya, dan tips memaksimalkannya? Simak ulasan yang sudah Mash Moshem Indonesia buat untukmu berikut ini, ya!

Peluang Bisnis Deodorant dengan Brand Sendiri

Peluang berbisnis deodorant dengan brand kosmetik milikmu sendiri terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dapat kita lihat dari permintaan pasar yang tinggi, serta banyaknya produk-produk baru yang bermunculan di pasaran.

Melansir dari wawancara CNBC Indonesia dengan salah satu perusahaan ternama FMCG, mengatakan bahwa produk-produk Personal Care tercatat mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan pada pertengahan tahun 2022 kemarin. Sebesar 10,7% peningkatan pertumbuhan pasar ini didominasi oleh segmen produk Oral Care dan Deodorant.

Sejalan dengan hal ini, Data Bridge Market Research menganalisis dan memperkirakan bahwa pasar deodorant di seluruh dunia akan mencapai USD 119,24 miliar pada tahun 2030, yaitu USD 77,23 miliar pada tahun 2022, mencatat CAGR sebesar 5,58% selama periode perkiraan 2023 hingga 2030.

DeodorantsMarket
data pertumbuhan segmen deodorant di pasar kosmetik

Peningkatan penggunaan dan permintaan akan deodorant ini dipengaruhi oleh berbagai factor. Mulai dari perubahan nilai fungsi deodorant tersebut, misalnya dengan menambah fungsi pencerah dan perawatan kulit ketiak, lebih dari penghilang bau badan saja.

Selain itu, perubahan perilaku konsumen dan tren kecantikan juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Masyarakat yang kian sadar akan pentingnya kebugaran tubuh, juga pandemic panjang yang mendorong orang untuk hidup lebih sehat, juga membuat mereka termotivasi untuk melakukan olahraga secara rutin.

Produksi keringat secara berlebihan akibat olahraga, plus panasnya lingkungan kita akhir-akhir ini juga akhirnya meningkatkan kebutuhan akan deodorant tersebut.

Nah, selain demand product yang tinggi ini, competitive gap yang tak seimbang juga memberikan celah besar untuk brand owner baru ikut berkompetisi dalam pasar deodorant di Indonesia.

Jenis Produk Maklon Deodorant di Mash Moshem Indonesia

Meningkatnya permintaan akan deodorant ini juga akhirnya mendorong para pelaku bisnis untuk dapat memberikan inovasi dan nilai fungsi tambahan pada produk yang mereka ciptakan.

Menyadari hal ini, formulator Mash Moshem Indonesia selalu melakukan riset untuk menemukan inovasi-inovasi deodorant terbaik bagi brand kosmetikmu. Nah, berikut ini berbagai jenis produk maklon deodorant yang dapat kamu buat bersama Mash Moshem Indonesia.

Deodorant Roll-on

deodorant roll on

Jenis deodorant ini merupakan produk yang sangat populer dan jadi favorit penduduk Indonesia. Sebab, selain dengan harganya yang murah, penggunaan produk ini praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Deodorant Spray

Kedua ada jenis deodorant spray, yang juga tak kalah populernya dengan roll on. Di Mash Moshem Indonesia, produk ini termasuk yang cukup laris dan paling banyak klien kami minta.

deodorant spray

Sebab, deodorant spray terbilang cukup mudah untuk konsumen gunakan, bernilai praktis, juga tidak akan menimbulkan bercak kuning di pakaian. Selain itu, karena formulanya yang cenderung lebih ringan, juga akan memberikan sensasi nyaman di kulit pengguna.

Deodorant Lotion

Selanjutnya adalah deodorant lotion, yang tak hanya mampu mengurangi atau menutupi bau badan. Tapi juga mampu membantu melembutkan kulit ketiak dan umumnya mengandung whitening agent, sehingga dapat mencerahkan kulit ketiak.

deodorant lotion

Meski tak begitu populer jika kita bandingkan dengan dua jenis pertama, deodorant ini umumnya hadir dengan nilai yang lebih personal. Seperti menyertakan klaim cruelty free, environmentally friendly, serta bebas bahan yang mampu mengiritasi kulit.

Deodorant Stick

Selanjutnya adalah deodorant stik, yang kemasannya bisa mirip dengan roll on namun dengan sediaan padat ataupun gel. Produk ini juga terbilang memiliki pengguna yang cukup besar. Deodorant ini memiliki sifat yang lebih lama kering, namun tetap praktis digunakan dan travel friendly.

deodorant stick

Deodorant Powder

Bisa dibilang deodorant powder ini adalah leluhurnya para deodorant. Karena sejak lama telah digunakan oleh masyakat Indonesia, dan dapat kita golongkan sebagai deodorant generasi pertama.

Meski terbilang ‘jadul’, tapi tak sedikit juga masyarakat yang masih bertahan menggunakan deodorant powder hingga kini. Sebab, karena bentuknya yang bubuk deodorant ini terbilang cukup ringan, tak meninggalkan sensasi lengket di kulit, dan minim iritasi.

resep masker kunyit (2)

Nilai minusnya, deodorant bubuk tak bisa bertahan lama seperti jenis deodorant lainnya. Sehingga, konsumen dengan tingkat aktivitas yang tinggi tak akan cocok menggunakan jenis deodorant tersebut.

Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Maklon Deodorant

Setelah mengetahu berbagai jenis deodorant yang bisa kamu buat bersama tim Mash Moshem Indonesia di atas, apakah kamu sudah menentukan mana yang kamu inginkan?

Namun sebelum benar-benar maklon, enggak ada salahnya untukmu mempersiapkan beberapa hal berikut ini. Yuk, simak dan catat baik-baik ya, Beautypreneurs!

Buat Rencana Bisnis yang Matang

Hal pertama yang perlu kamu siapkan sebelum maklon deodorant adalah dengan membuat rancangan bisnis secara matang. Dalam rancangan ini, kamu harus mengatur timeline dari persiapan hingga produksi, kemudian buat alur budgeting, serta siapkan strategi marketing yang akan kamu gunakan nantinya.

Adanya rancangan usaha ini akan mempermudah kamu untuk menentukan target-target bisnis tersebut nantinya. Kamu juga bisa tahu bagaimana cara mengelola budget dengan tepat, serta dapat siap menghadapi ancaman-ancaman bisnis di masa mendatang.

Sebagai gambaran, kamu bisa cek Cara Membuat Rencana Bisnis Kosmetik Berikut Ini

Bentuk Konsep Produk Deodorant

Setelah menciptakan rancangan bisnis, maka selanjutnya kamu bisa menciptakan konsep produkmu. Misalnya, dengan mempertimbangkan keinginan dan minat dari target pasarmu. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan produk yang tepat dan dapat menarik perhatian konsumenmu  secara efektif.

Konsep produk ini terdiri dari tujuan atau nilai utama dari produk tersebut, misalnya selain menutupi bau badan, kamu ingin menambah manfaat mencerahkan, melembutkan, dan menutrisi kulit. Selain itu, kamu bisa menambah value lain, seperti vegan, organic, dan banyak lainnya.

Lalu bagaimana kalau kita tidak punya gambaran yang matang untuk konsep produk?

Tenang, Mash Moshem Indonesia memiliki tim Business Development (BD) yang sangat peka terhadap tren dan kebutuhan pasar kosmetik Indonesia. Kamu bisa mendiskusikan ide mentah produk yang ingin kamu buat bersama tim kami. Selanjutnya tim kami akan membantu memberikan ide dan masukan untuk menyempurnakan ide tersebut.

Modal Maklon Deodorant

Modal adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam memulai usaha, termasuk ketika akan maklon deodorant. Lantas apakah modal maklon ini besar?

Nope. Justru ketika menggunakan jasa maklon terbilang lebih hemat, karena kamu tidak perlu merekrut karyawan, ahli formulasi, ataupun tim legal khusus untuk mengurus keperluan pembuatan produk kosmetikmu. Selain itu kamu juga bisa menghemat biaya operasional untuk membeli bahan baku, hingga membangun pabrik produksi.

Selain itu, dengan maklon deodorant di Mash Moshem Indonesia kamu juga bisa menyesuaikan harga produksi dengan budget yang kamu miliki, loh. Jadi kamu enggak perlu khawatir jika memiliki modal yang tak terlalu besar sekali pun.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 11 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Ribet!

Siapkan Syarat yang Diperlukan

Selain modal maklon yang bisa kita sesuaikan dengan budgetmu, maklon di Mash Moshem Indonesia juga tak perlu syarat ruwet. Kamu hanya perlu membawa KTP, atau NPWP, juga menyertakan nama merek kosmetik yang kamu miliki.

Bila kamu tidak memiliki merek sebelumnya, kami juga bisa membantumu mengurus merek tersebut dan mendaftarkannya secara resmi pada Dirjen HKI, loh. Intinya, kamu hanya perlu membawa data diri saat berkonsultasi secara langsung dengan tim pemasaran kami!

4 Step Sederhana Maklon Deodorant Mash Moshem Indonesia

Maklon kosmetik bersama mash moshem indonesia

Selain syaratnya yang mudah, memulai maklon deodorant di Mash Moshem Indonesia juga cukup mudah, loh. Kamu hanya perlu melewati empat langkah sederhananya berikut ini, Beautypreneurs!

Perencanaan Ide/Konsep Deodorant

Langkah pertama adalah melakukan brainstorming ide dan konsep produk. Bersama tim pemasaran kami, kamu bisa berdiskusi secara aktif untuk membahas beberapa hal berikut ini:

  1. Jenis deodorant yang akan kamu ciptakan
  2. Bahan-bahan yang akan kamu gunakan dalam formulasi deodorant
  3. Spesifikasi dan fungsi produk deodorant tersebut, seperti aroma, warna, dan manfaat utama dari deodorant tersebut.
  4. Pemilihan kemasan
  5. Pengurusan legalitas dan sertifikasi produk
  6. Penyesuaian harga maklon dengan budget yang kamu miliki.

Pembuatan Sample Deodorant

Dalam langkah ini tim formulator kami yang akan membantumu menciptakan formulasi deodorant sesuai dengan hasil kesepakatan pada langkah pertama. Proses pembuatan sample deodorant ini dapat memakan waktu dari 2-4 minggu lamanya.

Setelah sampel selesai, kami akan mendiskusikannya kembali bersamamu. Kamu bisa menilai apakah sample ini sudah cocok dan sesuai dengan yang kamu harapkan.

Bila cocok, proses akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya. Namun, bila masih ada hal yang ingin kamu ubah atau tingkatkan, kamu bisa mengajukan revisi produk. Mash Moshem Indonesia sendiri memberikan kesempatan revisi sample sampai tiga kali.

Pengurusan Legalitas Deodorant, Pembuatan Desain Kemasan, dan Produksi Massal

Sample selesai, kamu bisa langsung beralih pada langkah selanjutnya, meliputi pengurusan legalitas deodorant, pembuatan desain kemasan dan logo brand, hingga produksi massal di pabrik kami.

Tim regulasi kami akan membantu mengurus semua kebutuhan legalitas dan administrasi produk, seperti pengurusan nomor edar BPOM, serta sertifikasi tambahan lainnya. Hingga kini Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menguruskan sertifikasi HAKI, Halal, Vegan, dan HSA Singapura.

Setelah nomor notifikasi BPOM didapat, pembuatan desain dan produksi massal akan dilakukan secara bersamaan. Dengan begitu, dalam kurun waktu tak lebih dari satu bulan setelah proses dimulai, produkmu sudah jadi.

Distribusikan Produkmu!

Finally, the last step: pasarkan deodorantmu! Tak hanya produksi massal, kami juga menyediakan layanan pembuatan media promosi kreatif untuk produk deodorantmu. Misalnya dengan membuat product knowledge berupa Frequently Asked Questions (FAQ), brosur atau katalog produk, hingga foto produk, video produksi.

Semua media ini dapat kamu gunakan sebagai bahan promosi di berbagai channel marketing yang kamu punya, baik secara online maupun offline. Sst… Kami juga memiliki program Webinar eksklusif soal digital marketing yang berisi pelatihan promosi dan branding online untuk produk maupun merek kosmetikmu.

Menarik, kan? Langsung klik Contact Us untuk lanjut berdiskusi dengan tim pemasaran kami ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment