Enggak Pernah Basi, Yuk Cicipi Harumnya Bisnis Wewangian dengan Maklon Parfum

Tahukah kamu kalau Indonesia jadi salah satu pengekspor minyak atsiri terbesar di dunia?

Minyak atsiri merupakan minyak esensial yang didapat dari tumbuhan, baik dari bagian akar, kulit batang, daun, bunga, bahkan bijinya.

Nah atsiri ini digunakan sebagai bahan baku untuk industri parfum, bahan pewangi, aroma, kosmetika, hingga farmasi.

Jenis minyak atsiri yang digunakan untuk bahan wewangian biasanya diambil dari bunga dan jenis hewan tertentu.

Dari sekian jenis minyak atsiri yang telah dikenal dunia, Indonesia menghasilkan 40 jenis minyak atsiri. Yang keduabelasnya telah diekspor ke pasar Internasional.

Sayangnya meski negara kita bisa menghasilkan minyak atsiri dalam jumlah besar. Namun hingga kini kita masih belum dapat memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

Misalnya dalam industri kosmetika dan parfum, masyarakat masih sangat tergantung dengan merk-merk luar. Dan banyak industri parfum rumahan yang tak bisa bertahan lama dan berkembang baik.

Sebagai pelaku bisnis kosmetik yang andal, kamu bisa nih memanfaatkan kesempatan ini. Indonesia memiliki banyak tumbuhan penghasil minyak atsiri dan bisa dikembangkan jadi produk wewangian, seperti parfum.

Kamu tidak perlu khawatir karena tidak menguasai teknik-teknik pembuatan parfum atau sejenisnya. Sekarang kamu bisa membuat brand parfummu dengan mudah, bersama penyedia jasa maklon kosmetik.

Misalnya bersama dengan PT Mash Moshem Indonesia, kamu bisa maklon parfum dengan berbagai jenis wewangian dan minyak esensial sesuai dnegan keinginanmu.

Apalagi bisnis parfum tidak pernah mengalami kesurutan, bahkan makin diminati dari tahun ke tahun. Sehingga yang kamu butuhkan adalah rekan dan tim yang handal, seperti PT. Mash Moshem Indonesia.

Minyak Atsiri Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan dalam Industri Parfum

maklon parfum

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, minyak atsiri dihasilkan dari berbagai macam tumbuhan. Secara umum, minyak atsiri dihasilkan oleh 160-200 aneka ragam tanaman aromatik yang sebagian besar ada di Indonesia.

Di bawah ini ada beberapa jenis minyak atsiri yang dihasilkan oleh Indonesia dan sangat umum digunakan dalam bahan industri parfum atau berbagai jenis wewangian yang lain.

Minyak Esensial Lavender

minyak lavender

Tak hanya baik utnuk merawat kulit dan rambut kita, minyak esensial lavender juga sangat cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Enggak cuma aromanya yang menyenangkan, minyak ini juga memiliki efek antidepresan dan dapat mengatasi bau banda tak sedap.

Kamu bisa menggunakan dan mengembangkan jenis minyak esensial ini dengan maklon parfum bersama PT. Mash Moshem Indonesia, lho.

Minyak Esensial Lemon

lemon essential oil

Minyak esensial lemon dapat memberikan aroma segar citrus, penggunaannya dalam parfum terbilang cukup umum. Berbagai merk dan jenis pewangi badan telah cukup sering menggunakan ekstrak atau minyak esensial oil sebagai salah satu formulanya.

Selain beraroma menyengarkan, minyak esensial lemon juga bisa memberikan efek menenangkan. Dengan menghirup aroma ini, pikiran yang gelisah dan resah akan jadi lebih rileks.

Minyak Esensial Mawar

minyak esensial mawar

Minyak esensial yang satu ini memang sudah sangat umum digunakan sebagai bahan baku dalam industri kosmetik dan parfum. Berbagai jenis kosmetik dan parfum sering mengadopsi serta menggunakan ekstrak mawar dalam formulanya.

Hal ini karena minyak esensial mawar memiliki aroma yang lembut dan feminin yang berguna untuk memberikan efek menenangkan dan rasa nyaman ketika memakainya.

Minyak Esensial Kenanga

minyak esensial kenanga

Bunga khas Indonesia satu ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan parfum, lho. Wanginya yang menarik ternyata memiliki sifat antidepresan yang paling ampuh dibanding minyak esensial lainnya.

Minyak Esensial Melati

minyak esensial melati

Memang sih, rata-rata minyak esensial yang digunakan dalam parfum adalah yang berasal dari tumbuhan, khususnya bunga-bungaan. Nah, salah satu ekstrak bunga yang umumnya digunakan dalam industri wewangian lainnya adalah melati.

Minyak esensial melati memiliki aroma lembut, feminin dan menenangkan. Selain aroma yang cocok digunakan dalam parfum, minyak ini juga memiliki efek anti depresan dan dapat mengatasi stres.

Minyak Esensial Kayu Manis

minyak esensial kayu manis

Minyak yang satu ini enggak cuma digunakan dalam produk perasa makanan, ya. Justru karena aromanya yang manis dan lembut, minyak esensial kayu manis cocok digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan parfum.

Minyak esensial kayu manis juga membantu menghilangkan bau tida sedap secara alami, dan dapat menjadi anti stres yang baik.

Serai Wangi

Minyak serai wangi merupakan minyak nabati yangd igunakan sebagai bahan dasar kosmetik atau parfum. Dalam minyak serai wangi terdapat senyawa geraniol dan sitronelal yang dapat dijadikan dalam formula kosmetik dan parfum.

Sitronelal dan graniol dapat pula diisolasi untuk dijadikan hidroksi sitronelal, geraniol asetat dan mentol yang membpunya sifat lebih stabil dan digunakan dalm industri wewangian.

Hidrosi sitronelal dapat digunakan sebagai zat pewangi sabun dan parfum yang bernilai tinggi.

Patchouli Oil atau Minyak Nilam

Minyak yang juga dikenal sebagai minyak nilam ini memiliki banyak manfaat dalam produksi kosmetik dan parfum. Dalam industri wewangian minyak patchouli berguna untuk jadi zat pengikat dalam parfum. Aromanya yang khas juga menjadi daya Tarik tersendiri jika digunakan dalam berbagai produk wewangian.

Ketika mencampur minyak patchouli ke dalam parfum dengan aroma lembut, maka akan menimbulkan efek menenangkan yang dapat berguna sebagai aroma terapi. Dan jika dicampurkan dengan aroma-aroma menyegarkan, minyak esensial ini dapat memberikan suntikan semangat pada penggunanya.

Jenis Produk Wewangian yang Dibuat dengan Maklon Parfum

jenis pewangi badan

Ketika berkerja sama dengan PT. Mash Moshem Indonesia kamu bisa memilih jenis-jenis parfum atau wewangian apapun yang ingin kamu buat. Juga mengatur bagaimana kadar minyak esensial yang kamu gunakan dan formulasikan di dalamnya.

Nah di bawah ini ada beberapa jenis wewangian yang bisa kamu produksi bersama PT. Mash Moshem Indonesia. Simak sama-sama yuk, Guys!

Parfum

Merupakan jenis pewangi badan yang memiliki kadar minyak esensial yang paling tinggi. Minyak wangi yang satu ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama, aromanya juga lebih kuat dibanding dengan jenis lainnya.

Dengan maklon parfum bersama kami kamu bisa memilih berbagai jenis minyak esensial yang ada untuk menciptakan wangi yang khas. Kamu juga bahkan bisa menginovasikan parfum yang ingin kamu buat dengan mengombinasikan berbagai bahan atau minyak esensial sekaligus.

Eau de Parfum

Meski tak sekuat parfum, Eau de Parfum (EDP) memiliki aroma yang cukup kuat dan dapat bertahan di kulit seharian. Kadar minyak esensial yang digunakan dalam minyak wangi jenis ini tidaklah sebesar yang digunakan dalam parfum.

Oleh sebab itu, daya tahannya juga lebih rendah. Yakni dapat bertahan selama 6 hingga 8 jam sehari. Parfum ini cocok digunakan untuk orang-orang yang bekerja di luar ruangan dan bertempat tinggal di daerah tropis.

Eau de Toillete (EDT)

parfum

Memiliki kadar minyak esensial yang lebih rendah dibanding dua jenis sebelumnya, daya tahan Eau de Toilette (EDT) tergolong tidak terlalu kuat. Jenis pewangi badan yang satu ini hanya dapat bertahan dalam waktu 3-4 jam sehari.

EDT cenderung menggunakan aroma yang ringan dan menyegarkan. Karenanya, EDT memang dikhususkan untuk digunakan oleh orang-orang yang lebih suka aroma yang tidak terlalu kuat dan terkesan santai.

Eau de Cologne (EDC)

fragrance-product

Jenis pewangi badan lain yang bisa kamu ciptakan bersama tim kami adalah Eau de Cologne (EDC). Wewangian jenis ini biasanya didominasi oleh air dan alkohol, sementara kandungan minyak esensialnya cukup kecil.

Oleh sebab itu pewangi ini tidak dapat bertahan lebih lama dari EDT. EDC hanya dapat bertahan paling lama sekitar 2 jam sehari.

Perfumed Hair Mist

Enggak hanya bikin pewangi badan, kamu juga bisa memproduksi berbagai wewangian untuk rambut. PT. Mash Moshem Indonesia akan membantumu membuat produk hair mist sesuai dengan keinginanmu.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan dari minyak esensial sesuai dengan selera dan manfaat yang kamu inginkan. Atau barang kali mengombinasikan berbagai bahan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan cenderung bersifat inovatif.

Perfumed Body Mist

parfum edf (2)

Nah jenis yang terakhir adalah perfumed body mist. Enggak hanya untuk memberikan keharuman untuk badanmu, body mist juga berguna untuk melembabkan dan menutrisi kulitmu.

Manfaatkan Potensi Bisnis Wewangian dengan Maklon Parfum Lisensi BPOM

maklon kosmetik lisensi bpom

Nah, kamu telah mengetahui seberapa besar potensi berbisnis parfum dan kosmetik di Indonesia. Termasuk juga berbagai kemudahan untuk memulai bisnis di bidang ini dengan menggunakan jasa maklon kosmetik, seperti PT. Mash Moshem Indonesia.

Parfum menjadi salah satu jenis kosmetik yang bisa dibilang cukup dibutuhkan oleh masyarakat. Meski begitu industri parfum di Tanah Air tergolong rendah dan tak memiliki cukup daya saing di pasaran.

Nah kamu bisa memanfaatkan celah ini untuk berbisnis di industri parfum. Kamu bisa  menggali potensi ini dengan memberikan trobosan-trobosan baru melalui brand parfum yang akan kamu buat. Usahakan agar brand dan produkmu dapat menyentuh kebutuhan dari target pasarmu di Indonesia.

Kini membuat brand kosmetik atau parfum sendiri tidaklah susah. Kamu dapat bekerja sama dengan penyedia jas maklon parfum, seperti PT. Mash Moshem Indonesia.

Dengan banyaknya pengalaman dan tenaga tim ahli yang dimiliki PT Mash Moshem Indonesia, kamu dapat menciptakan parfum yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran. Enggak hanya di pasar lokal, brandmu juga bisa disesajarkan dengan produk luar.

Kamu juga enggak perlu mengkhawatirkan modal usaha yang besar. Karena kamu dapat menggunakan jasa maklon parfum lewat PT Mash Moshem Indonesia.

Kamu enggak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendirikan pabrik, merekrut karyawan atau repot-repot mengurus perizinan Badan POM demi membuat kosmetik sendiri.

Kami bisa melakukan hal itu untukmu, dan kamu hanya tinggal duduk diam dan menunggu produk dari brand parfum milikmu jadi. Kamu juga enggak perlu khawatir soal pemasaran produk tersebut, karena kami juga akan membantu mendistribusikan dan memasarkan produk parfum milikmu.

Kamu juga enggak perlu mengkhawatirkan keamanan dan lisensi dari produk parfum yang akan kamu buat bersama kami. Karena pabrik produksi kami telah sesuai dengan standar Badan POM. Enggak hanya itu, kamu juga bisa memproduksi kosmetik halal untukmu.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment