Ketahui Manfaat Ekstrak Artichoke untuk Kulit dan Penggunaannya dalam Skincare

manfaat Ekstrak Artichoke untuk Kulit

Saat ini penggunaan bahan alami dalam produk perawatan kulit mulai diperhatikan lagi. Bahan-bahan alami dalam produk perawatan kulit adalah bahan-bahan yang berasal dari sumber alam, seperti tumbuhan, buah-buahan, bunga, dan sebagainya. Bahan ini tidak mengandung bahan kimia sintetis sehingga aman digunakan. 

Penggunaan bahan-bahan alami dalam produk perawatan kulit telah menjadi tren yang semakin populer. Hal ini karena kekhawatiran konsumen tentang keamanan, keberlanjutan, dan dampak lingkungan. Kali ini kita akan membahas salah satu bahan alami yang berasal dari tumbuhan yaitu artichoke. 

Artichoke ini merupakan jenis tanaman sayuran. Namun, konon katanya bagus untuk kesehatan kulit. Apa itu artichoke? Apa saja manfaat artichoke untuk kulit? Yuk, cari tau penjelasannya di bawah ini. 

cta benzoyl peroxide

Apa Itu Artichoke?

Bahan perawatan kulit yang satu ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Artichoke merupakan ekstrak Cynara Scolymus yang dikenal dengan sebutan ekstrak artichoke. Tanaman ini merupakan tunas tanaman thistle yang termasuk dalam keluarga bunga matahari yang dapat dimakan.

Tanaman artichoke ini berasal dari Mediterania dan pertama kali muncul pada zaman Yunani modern. Salah satu pemanfaatan pertama tanaman ini tercatat lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Sejak penemuannya pertama kali, tanaman ini telah digunakan untuk khasiat obat dan dikonsumsi. Artichoke memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah, mencegah batu empedu, serta merangsang aliran empedu dari hati. Selain itu, artichoke juga memiliki kandungan mineral dan serat yang tinggi.

Artichoke adalah sayuran bergizi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, artichoke semakin populer di industri perawatan kulit karena banyaknya manfaat yang dimilikinya untuk kulit. Ekstrak artichoke digunakan sebagai bahan populer di banyak produk perawatan kulit.

Beberapa ahli menyatakan bahwa artichoke ini sangat cocok untuk tubuh dan kulit. Untuk perawatan kulit, setiap bagian tanaman, seperti daun, batang dan akar, digunakan untuk membuat ekstrak artichoke.

Kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan membuat ekstrak tanaman artichoke ini sangat tepat untuk menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulitmu.  Itu hanya salah satu alasan, masih banyak alasan lain mengapa tanaman ini sangat mujarab untuk kesehatan kulit.

Penggunaan Ekstrak Artichoke dalam Produk Perawatan Kulit

manfaat artichoke untuk kulit dan kecantikan (1)

Sebenarnya, belum banyak pelaku usaha bidang kecantikan dan perawatan kulit yang menggunakan ekstrak artichoke dalam produknya. Jadi, saat ini produk perawatan kulit dengan kandungan ekstrak artichoke memang belum banyak tersedia.

Namun, hal ini seharusnya menjadi kabar gembira untukmu yang yang baru akan memulai usaha di bidang kecantikan atau kamu yang sedang mencari formulasi bahan skincare baru. Jadi, hal ini menjadi peluang usaha untukmu. 

Umumnya, ekstrak artichoke terdapat dalam beberapa produk perawatan kulit berikut ini. 

Serum Wajah

Serum wajah seringkali mengandung ekstrak artichoke. Artichoke dalam serum wajah berfungsi untuk memberikan manfaat antioksidan, detoksifikasi, dan merangsang regenerasi sel kulit.

Krim dan Losyen

Krim dan losyen perawatan kulit yang mengandung ekstrak artichoke dapat memberikan manfaat pelembap dan anti inflamasi. Selain itu, krim dan losyen yang mengandung ekstrak artichoke juga mampu membantu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Ampoule

Ampoule dengan kandungan ekstrak artichoke tentu mengandung antioksidan, dan nutrisi. Sehingga ampoule ini mampu menghidrasi serta menyembuhkan skin barrier yang rusak dan kulit yang iritasi.

Essence

Essence dengan kandungan ekstrak artichoke mampu mengendangkan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Selain itu, essence dengan ekstrak artichoke ini mampu menjadi pelembap alami untuk menghaluskan permukaan kulit wajah. 

Face Mask

Masker wajah dengan ekstrak artichoke dapat memberikan efek detoksifikasi dan membersihkan pori-pori. Selain itu, masker wajah dengan ekstrak artichoke juga mampu memberikan kelembapan tambahan pada kulit.

Tabir Surya

Tabir surya yang mengandung ekstrak artichoke mampu membantu melindungi kulit dari sinar matahari dan cahaya biru yang dipancarkan layar. Selain itu, tabir surya ini juga membantu kulitmu tampak segar dan lembap.

Ekstrak artichoke merupakan bahan serbaguna yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya menjadikannya tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit berjenis apa pun. Selain itu, ekstrak artichoke juga dapat membantu meningkatkan kualitas kulit, kesehatan, dan penampilan kulit secara keseluruhan.

Manfaat Artichoke untuk Kecantikan Kulit

mystiric acid untuk kecantikan kulit (2)

Dari banyaknya bahan alami yang dimanfaatkan sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit, mungkin ekstrak artichoke masih jarang digunakan. Padahal, tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Eropa ini dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi, lho.

Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa merek produk perawatan kulit yang telah memanfaatkan ekstrak artichoke ini ke dalam produknya. Jadi, apa saja manfaat yang terkandung dalam tanaman artichoke untuk kulit?

Mengatasi Masalah Pori-pori Besar

Elastisitas kulit yang menurun dapat menyebabkan tampilan pori-pori menjadi tampak besar. Ekstrak artichoke dipuji karena sifatnya yang mampu mengencangkan pori-pori. Hal ini karena tingkat retensi kelembapan ekstrak yang tinggi dan kepadatan dinding sel yang kuat oleh tanaman artichoke. 

Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap orang memiliki pori-pori kulit dan pori-pori ini tidak mungkin bisa dihilangkan. Namun, ekstrak artichoke ini mempunyai kekuatan untuk membuat pori-porimu tampak lebih kecil. 

Merawat Jerawat di Kulit

Memiliki kandungan antioksidan yang kaya, artichoke mampu membantu menghilangkan semua kotoran dan racun dari kulit. Hal ini tentu menghasilkan kulit yang bersih. Artichoke juga memiliki kandungan niacin yang dipercaya mampu untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. 

Artichoke memiliki kandungan protein tinggi yang berfungsi untuk regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga menghasilkan kulit bebas jerawat. Jadi, ekstrak artichoke pada produk perawatan kulit cocok untuk kamu yang memiliki tipe kulit berjerawat.

Mengurangi Inflamasi

Kulit selalu terpapar polusi dan radiasi sinar UV sehingga menimbulkan ruam, kemerahan, dan bengkak. Sehingga kita sulit melindungi kulit dalam kurun waktu 24/7. Ekstrak daun artichoke memiliki sifat anti-inflamasi alami yang mampu meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, memilih produk perawatan kulit dengan ekstrak artichoke adalah suatu keharusan. Hal ini karena ekstrak artichoke memiliki sifat anti penuaan yang luar biasa untuk kulit yang rusak akibat paparan radiasi UV dalam waktu lama. 

Selain itu, ekstrak artichoke juga mampu memperbaiki dan menyembuhkan sel-sel kulit serta membuka pori-pori yang tersumbat sehingga menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Mengatasi Masalah Penuaan Kulit

Memiliki kulit awet muda yang sempurna adalah dambaan setiap wanita. Bahan alami ini kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic. Kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas merupakan penyebab utama penuaan dini. Artichoke juga mengandung polifenol (senyawa tumbuhan) yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kolagen. Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. 

Jadi, ekstrak artichoke mampu memperlambat proses penuaan dini dan mempercepat proses pembaharuan sel kulit baru. Sehingga kulit tampak segar dan awet muda.

Melindungi Skin Barrier dari Radikal Bebas

Salah satu antioksidan yang paling menonjol dalam ekstrak artichoke adalah Vitamin C. Vitamin C sangat populer dengan keahliannya memperbaiki sel kulit yang rusak, meratakan warna kulit, dan mencerahkan kulit.

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, ekstrak artichoke juga dipercaya mampu mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan. Hal ini dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Selain itu, ekstrak daun artichoke mengandung cyrano pirin, bahan kimia yang dikenal dapat mengurangi kerusakan sinar UV dan selanjutnya melindungi serta memperkuat perlindungan pada kulit.

Menghidrasi Kulit

Asupan nutrisi yang baik dari artichoke juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik terlihat lebih sehat dan lebih muda.

Artichoke adalah sumber potassium (mineral yang membantu menjaga tingkat hidrasi kulit). Hidrasi yang cukup penting untuk kulit tampak sehat, dan ekstrak artichoke dapat membantu mengunci kelembapan dan mencegah kekeringan. Selain itu, artichoke mengandung squalene (pelembab alami) yang mudah diserap kulit sehingga menjadikannya lembut dan kenyal.

Membantu Mencerahkan Kulit

Artichoke mengandung vitamin C yang sangat terkenal untuk mencerahkan kulit. Antioksidan kuat pada vitamin C dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam dan hiperpigmentasi. 

Ekstrak artichoke juga mengandung niacinamide yang merupakan suatu bentuk vitamin B3 yang mampu membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit. Niacinamide juga dapat mengurangi kemerahan dan bercak, sehingga membuat kulit tampak lebih merata.

Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak artichoke diklaim dapat membantu memutihkan atau meratakan warna kulit. Ini mungkin terkait dengan efek detoksifikasi dan perlindungan antioksidan yang artichoke berikan.

Ingin coba buat skincare dengan ekstrak artichoke sendiri? Ajukan sampel produknya sekarang!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Adakah Efek Samping Penggunaan Ekstrak Artichoke pada Kulit?

    Secara umum, ekstrak artichoke terbilang aman untuk merawat kulit dan efek sampingnya jarang terjadi. Artichoke memiliki sejumlah komponen yang dapat memberikan manfaat untuk kulit, termasuk antioksidan dan sifat antiinflamasi. Namun, seperti halnya dengan penggunaan bahan alami lainnya, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

    Beberapa individu mungkin memiliki alergi terhadap artichoke atau komponen tertentu dalam ekstraknya. Jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap tanaman atau bahan-bahan tertentu, disarankan untuk melakukan uji coba kecil terlebih dahulu atau berkonsultasi dengan ahli dermatologi.

    Meskipun jarang terjadi, beberapa individu mungkin mengalami iritasi kulit sebagai respons terhadap penggunaan ekstrak artichoke, terutama jika memiliki kulit sensitif. 

    Jika kamu mengalami kemerahan, gatal, atau iritasi lainnya, segera hentikan penggunaannya. Konsultasikan dengan profesional kesehatan kulit.

    Saat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak artichoke, penting untuk memeriksa apakah ada bahan lain dalam formulasi tersebut. 

    Hal ini mungkin menyebabkan reaksi kulit yang tidak diinginkan. Bahan-bahan lain dalam produk tersebut juga dapat memainkan peran dalam potensi iritasi atau alergi.

    Mau Membuat Skincare dengan Ekstrak Artichoke?

    jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

    Setelah memahami dengan seksama tentang manfaat tanaman artichoke untuk kesehatan kulit, apakah kamu tertarik untuk memanfaatkan peluang bisnis di industri kecantikan dan perawatan kulit? Apakah kamu tertarik mengembangkan produk perawatan kulit yang memanfaatkan ekstrak tanaman artichoke di dalamnya?

    Peluang ini tentunya terbuka luas bagi kamu yang baru memulai bisnis atau yang tengah mencari ide segar untuk bisnismu di bidang kecantikan dan perawatan kulit. Bagaimana caranya? 

    Kamu dapat menggunakan layanan dari Mash Moshem Indonesia, perusahaan maklon yang menyediakan berbagai solusi dalam pengembangan produk.

    Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa maklon produk perawatan kulit (skincare) dengan memberikan kebebasan kepada klien untuk memilih bahan-bahan yang akan digunakan dalam formula produk mereka. 

    Kami berkomitmen untuk menyediakan layanan maklon yang personal dan terpercaya. Kami juga memastikan bahwa setiap produk skincare yang kami produksi sesuai dengan kebutuhan unik dan preferensi klien. 

    Dengan beragam pilihan bahan berkualitas tinggi, kami siap membantu kamu mewujudkan produk perawatan kulit yang sesuai dengan visi dan standar kualitas tertinggimu. 

    Keamanan dan kualitas produkmu adalah prioritas utama kami. Mash Moshem Indonesia memastikan bahwa setiap produk yang kami hasilkan adalah cerminan dari standar kualitas tertinggi yang kami junjung.

    Kami percaya bahwa setiap kerjasama adalah investasi jangka panjang. Kami tidak hanya menawarkan layanan maklon, tetapi juga membentuk kemitraan yang berkelanjutan. Dengan dukungan penuh dari tim Mash Moshem Indonesia, klien kami dapat tumbuh dan berkembang bersama.

    Mash Moshem Indonesia berkomitmen untuk menjadikan perjalananmu dalam industri perawatan kulit sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Segera jadikan kami mitra pilihanmu dalam mewujudkan skincare berkualitas tinggi yang sesuai dengan preferensimu dan memukau pasar.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts