10+ Manfaat Minyak Alma Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Apa Saja?

manfaat minyak alma untuk kecantikan

Belakangan ini minyak alma menjadi bahan pilihan yang digandrungi para pecinta produk kecantikan. Karena minyak yang satu ini diklaim memiliki beragam manfaat. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Tak heran jika para produsen kosmetik mengincar minyak alma sebagai bahan alami untuk produk.

Sebagian besar minyak yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai sampo dan berbagai produk perawatan rambut. Kandungannya dinilai sangat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di kepala. Jadi nggak heran bila saat ini kamu sering menjumpai produk perawatan rambut dengan bahan minyak alma.

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan minyak alma. Namanya tidak biasa disebutkan di Indonesia. Oleh karena itu, kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai untuk penjelasan tentang minyak alma. Selamat membaca. 

Apa Itu Minyak Alma?

Namanya mungkin baru terdengar akhir-akhir ini. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya minyak alma sudah ada sejak lama. Bahkan masyarakat tradisional jaman dulu sudah memanfaatkan minyak yang satu ini untuk berbagai macam pengobatan. Seperti sembelit, pijat terapi hingga untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut.

Minyak alma merupakan minyak alami yang dihasilkan dari pohon gooseberry. Pohon tersebut banyak tumbuh di India. Namun karena manfaatnya yang segudang, banyak yang membudidayakan pohon ini diberbagai belahan dunia. Mulai dari Timur Tengah hingga Asia.

Pohon alma juga dijuluki sebagai pohon dengan seribu manfaat. Bagaimana tidak, hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Mulai dari akar, batang, daun hingga buah. Kandungannya yang kaya akan antioksidan membuat minyak yang satu ini dapat menyembuhkan berbagai permasalahan tubuh.

Nah, sebenarnya apa saja sih kandungan yang terdapat dalam minyak alma. Mengapa minyak yang satu ini dijuluki dengan seribu manfaat? Well,berikut kandungan dalam minyak alma yang wajib kamu ketahui.

Kandungan Minyak Alma yang Baik untuk Kecantikan

Tak hanya masyarakat modern saja yang memanfaatkan minyak alma sebagai bahan utama untuk produk kecantikan. Bahkan sejak dulu, masyarakat tradisional sudah memanfaatkan minyak yang satu ini perawatan tubuh mereka.

Apa saja sih kandungan yang terdapat dalam minyak alma yang dipercaya dapat membantu mempercantik tubuh? Berikut daftarnya:

Vitamin C

Kandungan pertama yang terdapat pada minyak alma adalah vitamin C. Kandungan yang satu ini memang mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan. Apalagi untuk kecantikan kulit dan rambut.

Vitamin C bersifat antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai permasalahan. Dengan adanya antioksidan ini tubuhmu akan lebih terlindungi.

Bahkan menurut beberapa penelitian mengklaim bahwa antioksidan yang terdapat pada pohon alma ini dua kali lebih tinggi dari buah berry dan  sebelas kali lipat lebih tinggi dari buah delima. Wow!

Pantas saja pohon alma sekarang banyak dibudidayakan di mana-mana. Nggak cuma itu, berbagai produk kecantikan modern seperti serum, lotion hingga moisturizer sekarang juga sudah mengusung bahan yang satu ini.

Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin E bersifat antiokasidan yang tinggi. Sehingga sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan kolagen pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kolagen memiliki peranan yang cukup penting.

Yakni untuk menyehatkan kulit dan membuatnya tetap ternutrisi. Produksi kolagen yang teratut juga dapat membuat kulit dan rambut terhindar dari permasalahan yang lain. Sehingga akan tetap tampak sehat secara alami.

Serat

Tak hanya terdapat pada buah dan sayur. Namun minyak alma juga mengandung serat yang cukup baik bagi kecantikan.

Seperti yang diketahui bahwa keberadaan serat dalam tubuh dapat mengatasi berbagai macam permasalahan. Mulai dari mengatasi kulit berjerawat hingga melembapkan dan mengenyalkan kulit.

Nah, itulah beberapa kandungan yang terdapat pada minyak alma. Semua kandungan yang memiliki sifat antiokasidan itulah yang membuat minyak yang satu ini banyak diincar banyak orang. Apalagi untuk digunakan sebagai perawatan rambut.

Sebenarnya seberapa besar sih manfaat minyak alma untuk rambut? Well, nggak perlu bingung. Berikut sudah kami rangkum tentang minyak alma untuk kecantikan rambut. Apa saja?

Manfaat Minyak Alma untuk Kecantikan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi siapa saja. Oleh karena itu penting sekali untuk merawatnya. Salah satu cara untuk merawat rambut agar terlihat berkilau dan sehat adalah dengan menggunakan minyak alma. Bahan yang satu ini memang diklaim banyak sekali manfaatnya untuk rambut. Berikut daftarnya:

Mencegah dan Mengatasi Kerontokan

Manfaat minyak alma untuk kecantikan rambut yang pertama adalah dapat mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Permasalahan yang satu ini hampir dialami oleh sebagian besar manusia.

Salah satu penyebabnya adalah stress dan penggunaan produk-produk yang dapat merusak rambut. Selain itu paparan sinar matahari yang membawa radikal bebas juga dapat menyebabkan kerontokan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada minyak alma dapat mengatasi permasalahan yang satu ini. Sebab vitamin C bersifat antioksidan yang tinggi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab permasalah rambut itu muncul.

Tak hanya demikian, kandungan vitamin C ini juga berkhasiat menguatkan akar rambut. Sehingga kerontokan pun akan berkurang.

Mencegah Timbulnya Uban

Semakin bertambah usia, pigmen premature dari rambut akan semakin berkurang. Sehingga warna rambut akan semakin memutih. Inilah yang biasa disebut dengan uban. Semakin banyak uban di rambut, akan semakin terlihat tua pula.

Namun tahukah kamu bahwa bukan hanya usia saja yang membuat rambut cepat beruban. Banyaknya radikal bebas dan stres yang menumpuk pada tubuh juga menyebabkan hal yang satu ini cepat muncul. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut dengan bahan minyak alma.

Kandungan antioksidannya yang 11 kali lebih tinggi dari buah delima dapat membantu mengurangi rambut kehilangan pigmennya. Sehingga rambut akan terlihat lebih hitam dan kamu akan tampak lebih muda.

Mengatasi Ketombe

Ketombe memang sering membuat kita nggak percaya diri. Apalagi kalau mau bertemu dengan doi. Pasti sangat mengganggu sekali. Kehadiran minyak alma sebagai produk kecantikan rambut diklaim dapat membantu mengatasi permasalahan yang satu ini.

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering. Minyak alama mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk melembapkan kulit. Termasuk kulit kepala. Dengan menggunakan minyak alma, kulit kepala akan lebih lembap. Sehingga ketombe pun akan hilang.

Tak hanya mengatasinya saja, dengan menggunakan minyak alma secara rutin juga dapat mencegah timbuhnya ketombe itu muncl. So, tunggu apa lagi?

Mengatasi Kebotakan

Manfaat minyak alma untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah dapat mengatasi kebotakan. Bahkan cara ini sudah digunakan masyarakat tradisional pada zaman dahulu. Mereka sering menggunakan minyak alma untuk menumbuhkan rambut, terutama pada laki-laki dan anak-anak.

Perpaduan kandungan vitamin C dan E membantu merangsang pertumbuha rambut secara alami. Tak hanya itu, akar rambut juga menjadi lebih kuat. Sehingga sangat efektif untuk membantu memperkuat rambut.

Mengobati Infeksi Pada Kulit Kepala

Tak hanya dapat mengatasi kebotakan, manfaat minyak alma untuk kecantikan rambut berikutnya adalah mengobati infeksi pada kulit kepala dan rambur. Kulit kepala yang tidak sehat sering menjadi sasaran empuk bagi jamur dan bakteri.

Nggak cuma meninggalkan rasa gatal tidak nyaman saja, namun jamur dan bakteri tersebut juga dapat membuat infeksi pada rambut dan kulit kepala. Dengan menggunakan produk yang mengandung minyak alma, perlahan infeksi tersebut dapat tersembuhkan dan hilang.

Selain dapat menghilangkan infeksi akibat bakteri dan jamur, kehadiran minyak alma juga mampu mencegah bakteri dan parasit lainnya muncul. Sehingga kulit kepala dan rambut akan menjadi lebih sehat dan bernutrisi.

Itulah beberaoa manfaat minyak alma untuk kecantikan rambut. Tapi tunggu dulu! Minyak alma ternyata tidak hanya berkhasiat bagi kecantikan rambut saja. Namun juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut daftar selengkapnya.

Manfaat Minyak Alma untuk Kecantikan Kulit

Julukan pohon seribu manfaat memang sangat tepat untuk pohon alma. Karena ngga hanya dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan rambut, namun juga sangat berguna untuk kecantikan kulit.

Jadi buat kamu yang ingin mendapatkan dua perawatan sekaligus dengan satu bahan saja. Well, simak artikel ini hingga selesai.

Mencerahkan Kulit

Siapa sih yang nggak mau kulit cerah? Hal ini menjadi dambaan bagi setiap orang. Sebab dengan memiliki kulit yang cerah menandakan bahwa kulit tersebut sehat. Kamu bisa mendapatkan kulit cerah dambaan dengan menggunakan minyak alma pada produk kecantikanmu.

Minyak alma megandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui bahwa vitamin C ini sangat efektif untuk mencerahkan kulit. Vitamin C membantu merangsang pertubuhan kolagen pada kulit. Kolagen sendiri berfungsi untuk membantu menutrisi kulit dan mencerahkannya.

Selain itu vitamin C mengandung antoksidan yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa radikal bebas inilah yang menjadi salah satu penyebab kulit kusam. Sehingga dengan menangkalnya, kulitmu bisa lebih cerah dan tidak kusam lagi.

Mengurangi Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Manfaat minyak alma untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengurangi penuaan dini. Salah satu penyebab penuaan dini itu muncul adalah faktor usia.

Produksi kolagen yang berkurang akan membuat kulit lebih cepat mengalami kerutan. Selain itu banyaknya radikal bebas yang mengendap dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebabnya.

Perpaduan vitamin C dan E yang terdapat pada minyak alma menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Vitamin C dan E sangat efektif dan cepat membantu merangsang pertumbuhan kolagen.

Selain itu, vitamin E juga berfungsi untuk melembapkan kulit. Kulit yang lembap dapat menurunkan resiko kulit kering yang membuat cepat berkerut. Sehingga sangat efektif untuk menghalau kerutan dan penuaan dini itu muncul.

Mengatasi Kulit Kering

Jika kamu sering berada di ruangan ber-AC ataupun berada langsung di bawah terik sinar matahari, pasti tidak luput dengan permasalahan kulit yang satu ini. Kulit kering menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai permasalahan kulit yang lain. Seperti iritasi, bersisik hingga penuaan dini.

Salah satu penyebab kulit kering adalah kurangnya nutrisi, mineral dan air di dalamnya. Sehingga kulit akan menyerap air yang ada pada tubuh. Jika tidak ada air yang diserap maka kulit pun akan tampak lebih kering.

Minyak alma dapat membantu kulitmu untuk mengunci mineral dan air yang ada pada tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi membantu kulit untuk menyerap nutrisi. Sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan lembap serta terhidrasi.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Tak hanya bisa mengatasi kulit kering saja, namun minyak alma juga dapat memudarkan bekas jerawat. Mulai dari dark spot hingga bekas merah. Kamu cukup memakainya rutin setiap hari. Baik produk yang berupa serum maupun pelembap lainnya.

Bekas jerawat memang sangat menganggu sekali. Apalagi saat kamu sering tampil di depan kamera. Pasti kamu sering menutupinya dengan berbagai macam make up. Nah, dengan menggunakan produk yang mengandung minyak alma, bekas jewaratmu akan semakin memudar.

Karena kandungan vitamin C-nya sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati dan meregenerasinya kembali. Sehingga bekas jerawat akan mudah hilang.

Meratakan Warna Kulit

Jika kamu sering berada di bawah sinar matahari, warna kulit yang tidak merata pasti menjadi permasalahan tersendiri. Hal ini tentu akan sangat menganggu penampilan. Apalagi buat kamu yang sering menggunakan pakaian terbuka.

Minyak alma dapat mengatasi permasalahanmu yang satu ini. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati penyebab warna kulit tidak merata.

Tak hanya itu, perpaduan antara vitamin C dan E di dalam minyak alma juga sangat efektif mengatasi masalah kulit yang diakibatkan dari paparan sinar matahari. Sehingga warna kulit yang tidak merata bisa diatasi dengan bahan yang satu ini.

Itulah beberapa manfaat dari minyak alma yang wajib kamu ketahui. Eits, tapi jangan senang dulu.

Sebab meskipun mempunyai beragam manfaat, nyatanya minyak alma juga mempunyai beberapa efek samping dalam penggunaannya, lho. Berikut penjelasan selengkapnya.

Efek Samping Penggunaan Minyak Alma dalam Kosmetik

Penggunaan minyak alma untuk kecantikan pada umum tidak memiliki efek samping. Namun beberapa penelitian mengklaim bahwa penggunaan minyak alma yang langsung berpaparan dengan sinar matahari dapat memberikan dampak yang cukup buruk.

Misalnya terjadinya Lichen planus pigmentosus (LPP), yakni peradangan pada kulit. Kondisi ini juga sangat rentan dialami oleh orang yang memiliki kulit cenderung gelap.

Jadi sebelum menggunakan minyak yang satu ini, pastikan kondisi kulit kamu terlebih dahulu. Jika dirasa tidak cocok, segera hentikan pemakaian dan periksa ke dokter.

Memanfaatkan Minyak Alma Sebagai Formula Kosmetika

bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Sebab pada umumnya minyak alma cenderung cocok digunakan untuk semua orang. Apalagi yang mempunyai masalah pada rambut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa minyak alma sudah dipakai sejak puluhan tahun yang lalu sebagai minyak yang dapat mengatasi berbagai permasalah kulit kepala dan rambut.

Jadi tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk ragu menggunakan minyak alma sebagai bahan baku untuk hair care dan skincare dari brand kosmetikmu.

Lantas bagaimana sih cara membuat produk perawatan rambut menggunakan minyak alma?

Well, kamu nggak perlu khawatir dan bingung. Sebab kamu dapat mempercayakan itu semua kepada kami, PT. Mash Moshem Indonesia.

Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan maklon kosmetik yang siap membantu mewujudkan mimpimu untuk mempunyai kosmetik impian. Mulai dari konsep perumusan formula, bahan-bahan yang kamu inginkan, hingga bentuk produk apa saja yang kamu idamkan.

Selain itu, Mash Moshem Indonesia juga akan membantumu membuat desain produk sesuai impian. Bahkan kami juga siap mengurus legalitas hingga produksi massal. Begitu pun dengan proses pemasarannya.

Mash Moshem Indonesia juga menyediakan jasa aftersales dan promosi untuk brand kosmetikmu. Mulai dari pembuatan foto produk, company profile atau profil perusahaan, FAQ (Frequently Ask Question), katalog dan brosur.

Bahkan yang nggak kalah menarik, kami juga akan memberikan pelatihan Webinar Digital Marketing ekslusif guna untuk menunjang skill pemasaranmu.

So, tunggu apa lagi? Segera bikin kosmetik impianmu bersama Mash Moshem Indonesia dan menjadi Beauty Entrepreneur.

About Author

Related posts

Leave a Comment