Pentingnya Customer Service untuk Bisnis

Taukah kamu bahwa customer service memiliki peranan yang sangat penting terhadap kemajuan bisnis. Dalam hal ini customer service memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan dari suatu perusahaan untuk para pelanggan. Layanan ini berlaku sebelum maupun sesudah melakukan transaksi pembelian terhadap layanan atau produk yang ditawarkan si perusahaan.

Tujuan dari diadakannya customer service pada sebuah perusahaan adalah untuk memberikan interaksi dan komunikasi kepada para pelanggan, agar mendapatkan kenyamanan transaksi. Agar dapat pengalaman saat bertransaksi memiliki pengalaman yang baik.

Selain menjadi penghubung untuk kenyamanan transaksi, customer service juga memiliki dua fungsi utama, yaitu menjadi humas terdepan di dalam perusahaan dan menciptakan kultur suasana perusahaan yang lebih positif.

Perlu kamu ingat, bahwa customer service memiliki peranan yang sangat penting sekali untuk menciptakan image bisnis yang baik bagi perusahaannya.

Apa sih Customer Service Itu?

Customer service adalah sebuah layanan yang dimiliki perusahaan untuk sarana pusat informasi, sarana konsultasi serta juga membantu memecahkan masalah untuk para pelanggan. Dalam hal ini customer service merupakan divisi yang memiliki peranan penting.

Adapun beberapa jenis customer service, dimana setiap jenis tersebut memiliki bagian tanggung-jawab yang berbeda-beda, tugasnya pun juga berbeda. Akan tetapi, pada intinya divisi customer service ini memiliki fungsi untuk mengutamakan pemberian bantuan kepada para pelanggan yang membutuhkan informasi, baik itu untuk menemukan produk atau mengatasi masalah terkait dengan produk.

Beautypreneurs, perusahaan sangatlah membutuhkan customer service, selain bertugas untuk membuat perusahaan memiliki beragam pelanggan yang setia dan juga loyal, customer service juga akan menjadi salah satu entitas yang dapat melengkapi setiap aspek lain di dalam perusahaan. Keramahan yang dimiliki customer service menjadi salah satu kunci setiap perusahaan untuk meraih kesuksesan.

Tugas customer service yang paling utama adalah melakukan aktivitas promosi dan juga brand image. Tugas tersebut adalah untuk menjangkau para pelanggan, agar perusahaan dapat menghasilkan net promoter score dari hasil layanan yang baik.

Perlu kamu ketahui, net promoter score merupakan sebuah indikator guna mencapai kemampuan saling berbagi, rekomendasi dan pengkomunikasian terhadap setiap brand yang ditawarkan agar terlihat lebih unggul dan istimewa.

Definisi Customer Service Menurut Pemaparan Ahli

Peran seorang customer service memliki tanggung-jawab yang sangat penting dan krusial pada sebuah perusahaan. Perannya tidak hanya dalam bentuk pemberian pelayanan saja, akan tetapi juga membangun serta membina sebuah hubungan yang baik dengan publik realtion, klien, dan masyarakat secara luas.

Berikut adalah definisi customer service berdasarkan pemaparan ahli sebagai berikut;

  • Pemaparan Bussines Case Studies

Customer service adalah sebuah layanan yang diperuntukan untuk para pelanggan suatu perusahaan, baik itu sebelum maupun setelah melakukan transaksi produk, jasa atau pembelian layanan.

  • Pemaparan Institute Of Customer Service

Sosok customer service adalah penotalan atas jumlah dari kegiatan yang perusahaan laksanakan agar dapat memenuhi harapan setiap klien dan pelanggan agar mendapatkan kepuasaan atas setiap layanan yang diberikan perusahaan.

  • Pemapanran turban

Customer service merupakan pekerjaan yang menyediakan layanan untuk para klien dan pelangan selama melakukan transaksi maupun sebelum melakukan transaksi.

  • Pemaparan Philip Kotler, 2002

Customer service adalah pelayanan yang berisi kegiatan yang memberikan manfaat untuk pihak satu dengan pihak lainnya. Dalam hal ini customer service tidak memiliki wujud serta tidak memiliki akibat dari sebuah kepemilikan transaksi.

  • Pemaparan Kasmir, 2005

Kasmir me aparkan bahwa customer service adalah sebuah bentuk kegiatan yang diperuntukan untuk para nasabah, agar nasabah mendapatkan kepuasan dalam hal pelayanan yang nantinya akan membantunya untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan.

  • Pemaparan Moenir

Berdasarkan pemaparan Moenir, customer service adalah jenis pekerjaan yang berkegiatan untuk memenuhi kebutuhan orang lain sesuai dengan hak-hak para pelanggan.

Diskripsi Pekerjaan Customer Service

Customer service akan lebih banyak bekerja secara langsung untuk menghadapi pelanggan serta klien dari segala bentuk bisnis. Berikut diskripsi gambaran pekerjaan dari seorang customer service antara lain;

  • Melayani setiap kekawatiran, keluhan dan kesulitan yang dialami oleh pelanggan ketika mereka mengalami kesulitan atau masalah terhadap hal yang ditawarkan perusahaan.
  • Menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan terkait dengan produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan si customer service.
  • Memberi masukan dan saran ketika ada pelanggan akan membelis sebuah jasa ataupun produk.
  • Membantu pelanggan untuk memesankan jasa atau produk yang diminta pelanggan.
  • Melakukan komunikasi dengan para pelanggan terkait pengalaman mereka ketika menggunakan jasa atau produk dari sebuah perusahaan.

Skill Yang Harus Dikuasi Oleh Cutomer Service

Agar setiap layanan yang diberikan sesuai prosedur, dan dapat memberikan kinerja yang cukup baik, seorang customer service harus sudah menguasai skill agar bisnis perusahaan dapat berjalan lancar. Seperti apa aja sih? Yuk simak!

Skill Berkomunikasi

Berkomunikasi adalah salah satu skill yang akan membengaruhi kemampuan baik pada saat bekerja dengan para pelanggan. Perlu diketahui Beautypreneurs, miskomunikasi sekecil apapun kedepannya akan dapat membuat pelanggan kecewa dan tidak percaya terhadap setiap layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Skill Mengetahui Setiap Produk Perusahaan

Bagian poin ini adalah poin yang sangat penting. Pasalnya customer service yang sukses dan berhasil adalah customer service yang memiliki pengetahuan mendalam perihal setiap jasa dan produk yang dijual oleh perusahaan.

  • Skill Time Management

Dapat mengatur efisensi waktu adalah salah satu contoh bentuk skill dari customer service. Skill ini akan membantu para pelanggan untuk memecahkan masalah dengan cepat dan memuaskan, untuk mencapai hal tersebut customer service haru bisa melakukan pengelolaan waktu dengan bagus.

Ketika memiliki kemampuan time management yang baik, customer service kedepannya akan dapat mengenali dan paham disaat customer service bisa atau tidaknya mengatasi masalah yang dialami pelanggan dengan respon yang cepat.

  • Skill Persuasi

Pada skill ini, customer service harus juga memahami untuk berhadapan dengan sebuah situasi yang mana harus menawarkan jasa atu produk kepada pelanggan. Pada sitausi tersebut, kemampuan persuasi yang bagus akan sangat membantu untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk atau jasa dari perusahaannya karena memang layak dibeli.

  • Empati

Beatuyprenaurs, kemampuan berempati adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh customer service. Kemampuan tersebut ini nantinya akan berfungsi untuk memahami kebutuhan dan perasaan para pelanggan dengan sesuai sasaran. Kemampuan ini bsa ditunjukan ketika customer service dapat menysusun pesan serta respon yang tepat dan sesuai dengan masalah si pelanggan.

Pentingnya Customer Service dalam Dunia Bisnis

Agar bisnis disebuah perusahaan dapat berjalan lancar dan menguntungkan, perusahaan harus memiliki divisi kerja bagian customer service, hal ini disebabkan karena nantinya customer service lah yang akan berhadapan langswung dengan para pelanggan. Maka dari itu, pentingnya peran customer service membuat banyak perusahaan menempatkan customer service berada pada bagian paling depan agar bisnis berjalan lancar.

Beautypreneurs, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa customer service sangat penting banget untuk dunia bisnis, seperti berikut;

Sebagai Konsultan

Disaat terjadinya sebuah masalah yang berhubungan dengan produk atau jasa, dalam hal ini pelanggan akan mengajukan complain dan melakukan konsultasi terhadap setiap pihak di dalam organisasi perusahaan, dengan cara melewati customer service. Persoalan ini yang menjadikan peran customer service menjadi krusial keberadaannya.

Dalam hal ini, customer service akan berposisi sebagai konsultan untuk para pelanggannya. Pihak customer service nantinya akan membantu mencarikan jalan keluar berupa solusi yang terbaik. Semua bentuk keluhan serta kebutuhan pelanggan bisa diigali melalui jasa customer service.

Menciptakan Customer Loyalty

Beautypreneurs tau ngga sih, apa alasan para pelanggan bisa ketagihan membeli produk sebuah perusahaan kembali?

Yups! Penyebabnya adalah pelayanan yang diberikan pihak perusahaan kepada pelanggan. Disini peran customer service dituntut untuk selalu responsif dan juga solutif lho!

Sebagai Presentasi Brand Bisnis

Ketika seorang pelanggan akan membeli sebuah produk, tentunya mereka menginginkan untuk ngepoin dari produk atau layanan tersebut secara detail. Nah, untuk mendapatkan hal tersebut, pelanggan harus menghubungi dahulu tim customer service.

Kenapa begitu? Karena peran customer service disini sangatlah penting, terutama untuk menjadi gambaran brand usaha si perusahaan.

Dari sini perusahaan akan dapat mengetahui setiap kebutuhan dari para pelanggan serta ekspetasi para pelanggan terhadap sebuah brand.

Membuat Kepuasan Pelanggan Menjadi Meningkat

Tugas dari customer service itu cukup berat, loh, Beautypreneurs Kok bisa gitu ya?

Sebabnya begini, customer service tidak hanya melayani pelanggan saja. Tetapi mereka juga melakukan tugas untuk membantu jawaban atas segala bentuk permasalahan yang setiap pelanggan alami. Baik yang berkaitan dengan layanan pembelian produk, transaksi pembayaran, pengiriman, hingga kualitas produk.

Ketika seorang pelanggan dapat menyukai dari kualitas pelayanan yang kamu berikan, kedepannya pelanggan tersebut akan puas. Serta memungkina si pelanggan untuk menyebar luaskan pelayanan brand perusahaan si customer service di ekosistem si pelanggan.

Mengidentifikasi Masalah

Jika sebuah perusahaan telah memiliki customer service yang bagus, maka perusahaan tersebut akan lebih gampang untuk mengidentifikasi setiap masalah yang pelanggan alami. Rangkuman dari data complain dapat perusahaan jadikan evaluasi, guna memperbaiki dan memperbaharui layanan serta produk yang ada.

Selain sebagai bahan evaluasi, data tersebut juga dapat perusahaan jadikan bahan ajar untuk meninjau tren yang sedang berkembang di pasaran. Dengan begitu, bisnis ataupun perusahaanmu akan tetap up to date dan dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap tren terbaru.

Menghasilkan Customer yang Puas

Beautypreaneurs, keberadaan tim customer service yang bahagia tentunya akan dapat menghasilkan kumpulan pelanggan yang bahagia juga. Hal itu disebabkan karena memang tugas utama dari customer service memang seperti itu, yang dapat memberikan dampak terhadap setiap kepuasan pelanggan.

Customer service juga merupakan salah satu bentuk dari faktor yang menjadikan para pelanggan untk kembali, dan membeli layanan atau produk yang telah dibeli sebelumnya, hal ini tidak lain disebabkan karena kelebihan customer service yang solutif dan responsif.

Pada bagian ini customer service dapat dikatakan sebagai penghubung antara perusahaan dengan para pelanggan diluar sana.

Wah cukup banyak dan besar juga ya pengaruh customer service pada suatu bisnis. Keberadaan customer service akan membuat perusahaan bisnis menjadi lebih kapabilitas dan kredibel, entah itu dalam bentuk pelayanan prima maupun kompetensi yang kuat.

Selain customer service ini, kamu juga bisa menemukan berbagai artikel bisnis kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Atau update terus informasi terbaru dari Mash Moshem Indonesia lewat media sosial kami, ya! See you~

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment