Manfaat Sodium Cocoyl Isethionate dalam Kosmetik, Simak Ya!

Sodium cocoyl isethionate dalam kosmetik

Beautypreneurs, pernahkah kamu menyelidiki kandungan yang ada pada label sampo atau sabun mandi yang kamu gunakan? Kalau iya, kemungkinan besar kamu akan menemukan bahan Sodium cocoyl isethionate. Tahukah kamu apa sebenarnya kegunaan Sodium cocoyl isethionate dalam kosmetik?

Sebelum membahas lebih jauh soal kandungan Sodium cocoyl isethionate, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa penting untukmu mengetahui bahan tersebut.

Well, Beautypreneurs, seperti yang kamu tahu perkembangan industri kosmetik di Indonesia sangat pesat. Banyak brand baru muncul dengan konsep produk yang segar dan inovatif di pasaran.

Tentu selain menunjukkan bahaw terjun di industri ini sangat menjanjikan. Di sisi lain tingkat kompetisinya juga begitu ketat. Karenanya, ketika kamu tidak bisa menciptakan produk baru dengan kemampuan kompetisi yang sama, tentu bisnismu akan susah berkembang.

Untuk dapat menciptakan produk terbaik, kamu harus tahu juga apa saja bahan atau kandungan dalam produk yang kamu ciptakan. Misalnya, dengan mengenal Sodium cocoyl isethionate lebih jauh, kamu bisa menciptakan produk pembersih kulit dan rambut terbaik untuk konsumenmu.

Penasaran, kan, apa itu Sodium Cocoyl Isethionate dalam kosmetik, serta manfaat dan cara pakainya? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Beautypreneurs!

Apa Itu Sodium Cocoyl Isethionate?

Melansir dari Byrdie, Sodium cocoyl isethionate adalah kandungan kosmetika berbentuk bubuk putih halus dan berasal dari minyak kelapa. Bahan ini termasuk dalam NACL yang terkenal lembut di kulit.

Pada proses pembuatan Sodium cocoyl isethionate, termasuk mencampurkan asam sulfomnat alami dengan asam lemak yang secara alami dalam minyak kelapa. Bahan ini umumnya berada dalam formulasi sampo, sabun mandi, produk pembersih, dan sabun batang karea dapat bekerja seperti surfaktan.

Surfaktan sendiri umumnya memang digunakan sebagai bahan pembersih, karena mereka dapat larut dalam minyak dan air. Ketika tercampur dengan minyak, bahan ini mampu mengangkat kotoran dan polutan lain dari pori-pori kulit.

Secara khusus, Sodium cocoyl isethionate merupakan jenis surfaktan dengan sifat yang sangat lembut, sehingga mengurangi risiko iritasi pada kulit.

Ini berbeda dengan beberapa jenis surfaktan lain, yang cenderung bersifat keras pada kulit sehingga dapat mengangkat minyak alami secara berlebihan dan membuat kulit jadi dehidrasi. Kondisi ini jika terus-terusan terjadi akan menyebabkan masalah tersendiri pada lapisan pelindung kulit (skin barrier).

Namun, Sodium cocoyl isethionate tidak memiliki sifat keras seperti itu. Melanjutkan dari Byrdie, menyebutkan bahwa Sodium cocoyl isethionate dapat membantu kulit terasa halus dan lembap setelah membersihkan wajah, bahkan tanpa ada proses eksfoliasi sama sekali.

Selain itu, bahan ini pun merupakan pengemulsi yang baik dengan berbusa secara efektif. Sehingga memungkinkan terbentuknya busa yang kaya pada produk saat membersihkan wajah.

Sodium cocoyl isethionate digunakan dalam produk sebagai pengemulsi karena mengurangi tegangan permukaan, yang membantu menghilangkan minyak dan kotoran dari kulit.

Dengan tiap penggunaannya, bahan ini membantu menurunkan tegangan permukaan air, yang membuat pembersih lebih mudah berbusa dan menyebar. Atau dengan kata lain, Sodium cocoyl isethionate inilah yang membuat produk berbusa begitu mewah saat kamu mengaplikasikannya.

Manfaat Sodium Cocoyl Isethionate dalam Kosmetik untuk Kulit

Sodium cocoyl isethionate dalam kosmetik (1)

Dari penjelasan mengenai Sodium cocoyl isethionate sebelumnya, kamu pasti sudah menebak apa saja manfaat dari kandungan ini, bukan?

Well, sebenarnya ada banyak manfaat Sodium cocoyl isethionate untuk kesehatan kulit. Apa saja? Langsung simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya!

Menghasilkan Busa yang Halus dan Lembut

Tergolong sebagai surfaktan, Sodium cocoyl isethionate membantu menurunkan tegangan permukaan air, sehingga memungkinkan produk untuk menyebar dengan lebih mudah ke seluruh bagian kulit. Baik, itu pada facial wash ataupun pada body wash.

Selain itu, pada produk perawatan rambut, Sodium cocoyl isethionate juga dapat membersihkan dengan lembut dan menghilangkan minyak berlebih. Namun, karena sifatnya yang cenderung lembut, bahan ini tidak akan membuat rambutmu kering, justru mengurangi kusut dan keriting.

Bahan ini sendiri bekerja sebagai pembusa dalam produk-produk pembersih. Baik dalam sampo, sabun mandi, maupun sabun wajah.

Menambahkan Hidrasi dan Kelembapan

Manfaat Sodium cocoyl isethionate selanjutnya adalah menambah hidrasi dan kelembapan pada kulit. Well, menarik, bukan? Di mana hampir sebagian besar surfaktan bekerja dengan menyerap minyak pada kulit dan membuatnya mudah sekali kering, Sodium cocoyl isethionate justru dapat memberikan hidrasi ekstra.

Yap! Masih dari Byrdie, kandungan ini menunjukkan kemampuan pembusa yang tinggi, namun bersifat stabil, rich, dan lembut sehingga tidak akan membuat kulit kamu dehidrasi. Justru, produk ini akan membuat kulit kamu terasa lembap dan halus, serta mengurangi kemungkinan adanya iritasi.

Mengangkat Polutan dan Minyak dari Wajah

Manfaat utama dari Sodium cocoyl isethionate pada dasarnya adalah menjaga kebersihan kulit dan rambut. Yakni dengan mengangkat berbagai jenis polutan dan minyak wajah yang menumpuk karena aktivitas harian yang tinggi.

Namun, yang perlu kita garis bawahi adalah kandungan ini mampu membersihkan wajah dengan lembut. Sodium cocoyl isethionate mengikat air dan minyak untuk menghilangkan residu makeup, polutan, dan kotoran lain yang menempel di kulit maupun rambut kamu.

Dengan kata lain, Sodium cocoyl isethionate merupakan agen yang membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebihan dengan bertindak mengemulsifikasi produk.

Mencegah Kerusakan pada Skin Barrier

Selain itu, Sodium cocoyl isethionate juga bisa mencegah kerusakan pada skin barrier. Lagi-lagi manfaatnya ini muncul karena sifatnya yang lembut dan ramah ketika kamu mengaplikasikannya pada kulit.

Dengan kata lain, bahan ini dapat membantu membersihkan kulit dengan lembut, tanpa berpotensi merusak skin barrier dengan menghilangkan kelembapan alami kulit ataupun membuatnya dehidrasi secara berlebihan.

Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Keunggulan lain dari kandungan Sodium cocoyl isethionate adalah sifatnya yang ramah untuk semua jenis kulit. Melansir dari Byrdie, bahan ini bahkan bisa bekerja dengan sangat baik untuk kulit kering atau sensitive.

Efek Samping Sodium Cocoyl Isethionate

Nah, sebelum benar-benar menggunakan bahan tertentu dalam produk yang akan kamu buat nantinya. Tak ada salahnya untuk mencari tahu apakah bahan tersebut memiliki efek samping atau negative pada pengguna nantinya.

Namun, kabar baiknya, hingga sekarang Sodium cocoyl isethionate tidak memiliki efek samping tertentu. Akantetapi, jika pengguna nantinya memiliki alergi pada kelapa dan olahannya, akan ada baiknya untuk menghindari kandungan tersebut.

Selain itu, ada hal lain yang harus kamu perhatikan dalam penggunaan Sodium cocoyl isethionate. Meski aman untuk kulit, penggunaan bahan dalam takaran yang berlebihan atau pemakaian produk terlal sering tentu akan kurang baik juga.

Sebab, hal ini akan dapat menghilangkan minyak alami rambut dan kulit jika menggunakannya terlalu sering. Apalagi kalau jenis rambut atau kulitmu ternyata cenderung kering.

Membuat Produk Pembersih Kulit dan Rambut dengan Sodium Cocoyl Isethionate

manfaat Sodium cocoyl isethionate dalam kosmetik

Nah, setelah membaca ulasan mengenai Sodium cocoyl isethionate dalam kosmetik di atas, bagaimana pendapatmu?

Sodium cocoyl isethionate merupakan jenis surfaktan dengan sifat yang amat lembut, sehingga aman untuk semua jenis kulit, bahkan yang kering dan sensitive seakaligus. Karenanya, menggunakan bahan ini ke dalam produk pembersih untuk brand kosmetikmu pasti memberikan keuntungan tersendiri, misalnya:

  1. Menjangkau konsumen dengan segmentasi yang lebih luas, karena produk dapat digunakan oleh semua jenis kulit.
  2. Memungkinkanmu membuat produk dengan manfaat eksklusif dan spesifik, misal membuat produk khusus kulit berjerawat, sensitive, maupun kering.
  3. Memberikan nilai lebih di mata konsumen.

Untuk membuat produk pembersih kulit dan rambut ini, kamu bisa bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia, lho.

Ya, lewat jasa maklon kosmetik yang kami tawarkan, kamu bisa menciptakan produk pembersih kulit dan rambut terbaik untuk brand kosmetikmu. Bahkan, tak hanya Sodium cocoyl isethionate, kamu bisa menambahkan berbagai kandungan yang kamu inginkan dan bernilai unik pada produkmu.

Bagaimana cara maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia? Langsung hubungi tim kami via nomor WhatsApp yang ada di laman Contact Us, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment