Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kecantikan, Ampuh Banget!

strategi digital marketing untuk bisnis kecantikan (1)

Beautypreneurs, banyak brand owner mengira memproduksi kosmetik yang bagus dan punya banyak manfaat bisa membuat bisnis mereka secara otomatis sukses. Padahal, lebih dari itu, kamu butuh strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis kecantikan milikmu.

Skincare atau produk kecantikan memiliki peluang besar di pasaran. Kamu mungkin salah satu yang tertarik dengan bisnis skincare. Selain menjadi pengguna produk, kamu menyadari betapa menariknya bisnis produk kecantikan ini.

Apabila kamu tertarik untuk mendalami bisnis produk kecantikan ini, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui dan pelajari. Tidak sekedar menciptakan produk kemudian menjualnya saja. Tetapi kamu perlu memahami bagaimana penerapan digital marketing dalam membangun brand skincare kamu sendiri.  

Dengan perkembangan era yang semakin maju melalui teknologi seperti sekarang ini. Digital marketing menjadi bagian dari kesuksesan suatu bisnis. Lantas, apa saja yang harus dilakukan dalam membangun brand skincare dengan menerapkan digital marketing?

Tren Konten Pemasaran untuk Bisnis Kecantikan

tren industri kosmetik

Di dunia yang mengutamakan digital, melakukan komunikasi dengan pelanggan secara global tentu menjadi mudah melalui berbagai jenis konten, saluran, dan platform. Tren isu tidak pernah lepas dari digital, sama seperti tren isu yang terjadi di sunia bisnis kecantikan.

Pengaruh Pandemi

Seperti yang kamu tahu, pandemi COVID-19 secara dramatis berdampak pada industri kecantikan. Sebelum pandemi, 85% produk kecantikan dibeli secara langsung.

Namun, selama pandemi, penjualan online terus meningkat. Delapan puluh tujuh persen (87%) konsumen kecantikan mengatakan bahwa mereka membelanjakan uang online lebih banyak atau sama dibandingkan sebelum COVID-19.

Konsumen yang biasanya mengandalkan saran dari ahli kecantikan terpaksa selama pandemi melakukan riset sendiri tentang berbagai produk kecantikan.

Google menjadi bagian integral dari perjalanan pembelian, begitu pula para pemberi pengaruh yang memberikan nasihat tentang berbagai produk kecantikan. Selain itu, konten interaktif yang membantu konsumen membuat keputusan pembelian menjadi lebih penting.

Pengaruh Influence Marketing untuk Brand Kecantikan

Dalam hal pemasaran produk kecantikan, konten pendidikan online saat ini jauh lebih penting daripada sebelum pandemi.

Jenis strategi growth marketing ini juga memperluas audiens mereka secara lebih berkelanjutan daripada mereka yang mengandalkan iklan

10 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kecantikan

strategi digital marketing untuk bisnis kosmetik

Jika kamu ingin menaikkan level bisnis kecantikan kamu, coba gabungkan strategi pemasaran sehari-hari berikut dalam hasil penjualan kamu :

Bangun Komunitas untuk Konsumen

Di masa lalu, hubungan antara merek dan pelanggan sebagian besar bersifat transaksional. Bagaimana dengan hari ini? Merek yang dapat mengubah pelanggan mereka menjadi sebuah komunitas menikmati tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi, dan itu mengarah pada peningkatan penjualan.

Komunitas adalah alat keterlibatan yang kuat karena memainkan dorongan alami orang untuk menjadi bagian. Sebagai pemasar kecantikan, kamu juga dapat melibatkan pelanggan di media sosial dan di forum komunitas kamu sendiri, mendorong mereka untuk berbagi umpan balik, inspirasi kecantikan, dan tip dalam grup atau di halaman sosial mereka.

Kamu bisa bagikan promosi khusus penawaran eksklusif khusus anggota, dan berkolaborasi dengan pakar kecantikan untuk membantu orang memecahkan masalah kecantikan mereka.

Ingatlah bahwa tujuan utama kamu adalah mempertahankan pelanggan dan memperkuat hubungan mereka dengan merek kamu dengan membangun komunitas yang kuat dan hubungan yang langgeng

Masukkan Testimoni pada Halaman Produk

Pelanggan yang puas adalah dengan iklan terbaik kamu dan testimonial merupakan salah satu pengaruh terkuat pada proses pengambilan keputusan pelanggan. Persingkat proses penelitian pelanggan kamu dengan memberi mereka semua informasi dan tautan berharga yang terkait dengan produk kamu.

Apakah seseorang menulis ulasan positif tentang salah satu produk kamu? kamu dapat menambahkan tautan di deskripsi produk dan saksikan keajaiban terjadi. Kesaksian video sangat menarik, terutama untuk industri kecantikan.

Video orang yang mencoba berbagai produk dan merekomendasikan produk favorit mereka adalah cara yang bagus untuk mempromosikan testimoni merek kecantikan kamu.

Buat Press Release

Situs web atau toko online kamu mencerminkan siapa kamu sebagai merek, jadi pastikan mereka menyertakan semua informasi yang dibutuhkan pelanggan dan media kamu. Bangun halaman pers atau situs website tempat kamu dapat mempublikasikan semua berita perusahaan dan penyebutan merek, seperti wawancara, artikel pers, ulasan blogger, penghargaan, dan banyak lagi.

Langkah yang tampaknya jelas ini akan membuat perbedaan besar dalam memanfaatkan bukti sosial dari nilai merek kamu.

Seperti merek kecantikan alami Youth to The People dan Mad Hippie yang menyajikan kisah mereka. Kamu juga dapat membuat folder dengan aset perusahaan seperti logo, grafik, atau foto cantik produk kamu.

Dengan cara ini, media dapat dengan mudah mengakses apa yang mereka butuhkan  dan apa yang ingin mereka lihat  tentang kisah perusahaan kamu.

Buat Beragam Konten Berkualitas

Pemasaran konten adalah strategi penting untuk kesadaran merek dan promosi. Pemasaran konten berfungsi, karena melibatkan audiens target dengan konten yang relevan, informatif, atau bermanfaat yang memberikan nilai bagi pembaca.

Seiring waktu, orang-orang mengasosiasikan merek kamu dengan nilai yang diberikan konten kamu. Ini adalah cara yang sangat ampuh untuk terhubung dengan calon pelanggan, dan pola pikir pemasaran konten harus tertanam dalam merek kamu.

Micro Influencer, Kenapa Nggak?

Beberapa industri lebih terkait dengan influencer daripada industri kecantikan. Dari keluarga Kardashian hingga James Charles, influencer dapat berdampak besar pada produk yang dibeli orang. Pelanggan berhubungan paling baik dengan orang-orang nyata yang mengidentifikasi dengan perjuangan sehari-hari mereka.

Pada saat yang sama, bisnis ingin memanfaatkan pemasaran influencer tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk selebriti dan influencer terkenal.

Inilah mengapa mikro-influencer menjadi sangat populer; dari 2019 hingga 2021, pencarian online tentang mikro-influencer meningkat sebesar 105%.

Dengan kebangkitan Instagram dan TikTok yang sedang berlangsung, ada lebih banyak mikro-influencer potensial yang mungkin cocok untuk bisnis kecantikan kamu.

Temukan Konsumen dengan Social Listening

Mendengarkan secara sosial adalah praktik memantau keberadaan online merek kamu, dengan mencari dan menganalisis percakapan online tentang perusahaan, produk, pesaing, dan banyak lagi.

Perangkat lunak mendengarkan sosial seperti Brand24 dapat membantu kamu melakukannya. Pilih kata kunci yang relevan dengan merek kamu, seperti “Nama Merek kamu”, “rutinitas perawatan kulit”, “kosmetik organik terbaik”.

Perangkat lunak ini akan mengumpulkan semua penyebutan dan utas online di mana kamu dapat dengan mudah mulai terlibat dengan prospek potensial.

Coba Menggunakan Teknik Kolaborasi

Ciptakan pendekatan holistik untuk kecantikan dengan bermitra dengan merek dan perusahaan lain di industri terkait, seperti merek spa, fesyen, atau hiburan.

Dengan melakukan kemitraan yang tidak hanya akan membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas merek, tetapi juga akan membuka saluran distribusi baru.

ColourPop adalah brand kecantikan yang terkenal dengan kolaborasi suksesnya, seperti koleksi Hello Kitty yang terjual dengan sangat cepat.

Jadi “Beautypreneurs”!

Personal branding bisa menjadi keuntungan besar bagi bisnis kecantikan kamu. Ini memberi wajah dan kisah pribadi pada merek kamu, dan membantu memperkuat rasa keaslian.

Terlebih lagi, ini membawa sumber daya lain ke bauran strategi pemasaran kamu. Fokus pada sisi manusia dari bisnis kamu. Perusahaan kamu dimulai dengan kisah unik, berdasarkan aspirasi dan impian kamu, jadi jangan ragu untuk menyebarkannya!

Tulis artikel, buat video, dan ceritakan kisah kamu di Medium, LinkedIn, TikTok, atau di mana pun audiens kamu menghabiskan waktunya. Bagikan pengetahuan, tantangan, dan rencana kamu untuk masa depan.

Dalam jangka panjang, strategi digital marketing untuk bisnis kecantikan ini akan membantu kamu membangun posisi yang kuat sebagai otoritas industri. Bicaralah secara terbuka tentang visi dan misi perusahaan, dan mulailah percakapan dalam jaringan kamu seputar ide-ide tersebut. Bangun narasi yang dapat dihubungkan dan disimpati oleh orang-orang.

Buat Ide Menarik untuk Beauty Marketing

Salah satu tantangan bagi pemasar kecantikan adalah terus-menerus memunculkan ide-ide baru yang segar untuk konten. Berikut adalah beberapa cara kamu dapat menggunakan konten dalam aktivitas pemasaran kecantikan kamu:

  1. Publikasikan konten yang menarik secara visual dan “Instagrammable”. Jika kamu tidak memiliki anggaran yang besar, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan fotografer amatir berbakat.
  2. Publikasikan cerita sebelum dan sesudah untuk menunjukkan betapa menakjubkan kosmetik kamu sebenarnya.
  3. Berkolaborasi dengan calon MUA kecantikan (penata rias).  Konsumen menyukai kosmetik alami dan banyak yang membagikan rutinitas dan kiat skincare mereka secara online, hal ini adalah cara ampuh untuk menarik prospek baru.
  4. Analisis tagar populer di bagian kecantikan menggunakan IQ Hashtags. Kemudian kamu dapat dengan mudah merencanakan, mengelola, dan menjadwalkan posting dan konten media sosial kamu.
  5. Ceritakan kisah merek kamu melalui iklan asli, YouTube, dan platform bercerita media sosial. Hadirkan tutorial, tips dan trik cara mengaplikasikan kosmetik, manfaat produk, dan lainnya. Bagikan kisah pelanggan kamu dan konten buatan pengguna lainnya
  6. Tawarkan hadiah gratis dan usahakan untuk membuatnya sekreatif mungkin. Apa yang dapat dilakukan orang agar merek kamu menyebarkan berita? Mungkin video singkat yang menunjukkan mereka menggunakan suatu produk, atau foto sebelum dan sesudah. Dan yang menang bisa menerima hadiah atau voucher.
  7. Berkolaborasi dengan organisasi yang mendukung penyebab sosial atau lingkungan. 82% konsumen menginginkan merek yang selaras dengan nilai mereka.
  8. Jadilah proaktif dan berpusat pada pelanggan; menanggapi umpan balik pelanggan dengan cepat dan ramah.
  9. Berinteraksi dengan orang-orang melalui gif, konten bergerak, dan, tentu saja, dengan video.

Ciptakan Engagment dengan Konten Interaktif

Konten interaktif yang memberikan edukasi atau membantu konsumen membuat keputusan pembelian menjadi semakin berharga, terutama di industri kecantikan di mana terdapat aspek visual yang kuat saat membeli produk.

Contoh bagusnya adalah alat Lab Glam Ulta yang memungkinkan pelanggan untuk memvisualisasikan seperti apa penampilan mereka dengan berbagai jenis riasan, warna rambut, atau bulu mata.

Sejak pandemic melanda, produk kecantikan ini berada di pusaran popularitas dengan menarik perhatian para beauty enthusiast. Konsumen berbondong-bondong untuk membuktikan klaim produk kecantikan tersebut dan membaginya di platform media sosial mereka.

Baca Juga: Cara Menghitung Engagement Rate Instagram dan Trik Meningkatkannya!

Di pasar kecantikan dan kosmetik yang sangat kompetitif, hanya memiliki merek kecantikan alami dengan produk hebat tidaklah cukup. Kamu harus bekerja keras untuk menceritakan kisah unik kamu dan menjangkau serta melibatkan audiens yang tepat.

Digital marketing adalah cara yang bagus untuk mempresentasikan merek, produk, dan proposisi nilai unik kamu di berbagai platform dan saluran. Terapkan beberapa strategi di atas dan biarkan keajaiban yang indah dimulai!

Nah, selain tips promosi digital marketing untuk bisnis kecantikan di atas, kamu bisa menemukan berbagai strategi pemasaran dan branding lainnya untuk produk kosmetikmu lewat Berita Terkini. Atau, selalu ikuti informasi baru yang kami bagikan di media sosial Mash Moshem Indonesia, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts