Strategi Marketing Ala Skintific, Bikin Merek Kosmetikmu Viral dan Populer

strategi marketing ala skintific

Kamu pasti tidak asing dengan nama brand Skintific, bukan? Brand yang tengah viral di berbagai kanal sosial media ini memiliki strategi marketing khusus, yang berhasil memikat perhatian masyarakat. Penasaran, bagaimana strategi marketing ala brand Skintific?

Nama brand Skintific semakin melejit ketika banyak orang membuat review di laman TikTok. Bahkan brand kosmetik ini juga sempat meraih penghargaan sebagai Brand Pendatang Baru Terbaik 2022 di TikTok Live Award. Pencapaian ini tentu tak lepas dari peran marketing online sebagai tolok ukur keberhasilan suatu produk. 

Di balik itu semua pasti ada strategi marketing yang dilakukan. Hal ini juga penting untuk diperhatikan para brand owner jika ingin brandnya dikenal publik. Sebagai brand owner kosmetik, kamu pasti mengidamkan popularitas yang sama untuk merek kosmetikmu, bukan? 

Yap! Kamu juga pasti menginginkannya. Karena itu, Mash Moshem Indonesia mengamati dan menganalisis rahasia strategi marketing ala Skintific di sosial media.

Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kesuksesan Skintific

skintific

Brand Skintific telah sukses menerapkan strategi marketing yang membuatnya meraih penghargaan. Selain itu, brand Skintific juga telah menduduki peringkat ketujuh dalam daftar Top Brand Serum Wajah Terlaris 2022 pada periode 14 sampai 28 Juni, dengan capaian sales volume sebesar 3,32%. Bahkan volume sales tersebut mampu mengalahkan nama brand kosmetik Implora, yang juga tak kalah booming

Tidak hanya itu, brand Skintific juga berhasil meraih penghargaan dari TikTok Live Award sebagai Brand Pendatang Baru Terbaik 2022. 

Ini juga sebagai bukti, bahwa platform media sosial memiliki pengaruh besar terhadap strategi marketing suatu produk khususnya kosmetik.  Plus menandakan bahwa tim marketing Skintific berhasil melakukan pemasaran di mata publik yang membuat namanya begitu populer di banyak kalangan.

Tentunya, kesuksesan yang Skintific raih ini tidak lepas dari peran strategi marketing yang bagus dan tepat sasaran. Tidak heran jika brand ini mampu bersaing dengan nama brand kosmetik lain seperti Implora.

Di samping itu, brand Skintific juga memberikan produk-produk berkualitas tinggi serta inovatif bagi konsumennya. Jadi tidak heran jika namanya semakin melambung dikenal berbagai kalangan, terutama untuk para remaja sekarang.

Sebab, salah satu hal penting dalam menerapkan strategi marketing adalah dengan memberikan kualitas terbaik produkmu.

Strategi Marketing Ala Skintific di Media Sosial

strategi marketing ala skintific

Kesukseskan nama brand Skintific, pasti memicu rasa penasaran para brand owner kosmetik lain. Kira-kira strategi marketing seperti apa yang telah mereka terapkan, ya. Nah, berikut ada enam strategi marketing yang dipakai oleh brand Skintific:

Konsistensi Brand

Strategi marketing pertama ala brand Skintific adalah dengan melakukan konsistensi produk. Jadi brand Skintific akan memasarkan produk unggulan mereka seperti 5X Ceramide Skin Barrier Repair Moisture Gel sebagai serum andalan. 

Mereka juga akan memberikan konten menarik yang di dalamnya disertai edukasi. Misalnya menjelaskan manfaat dari penggunaan produk Skintific serta mempromosikan keunggulannya yang berbeda dari produk lain.

Selain itu, brand Skintific juga mencantumkan hastag secara konsisten, agar mudah diingat oleh konsumen, seperti penggunaan hastag (Moisturizer Ceramic, dan Skintific Moisturizer). Ternyata, hal ini juga memudahkan pengguna platform TikTok saat mencari nama produk dari brand Skintific.

Melakukan Live di TikTok

Strategi pemasaran online tak hanya dilakukan lewat konten saja. Bahkan sekarang pemasaran lewat live streaming telah banyak dilakukan brand kosmetik lain, dan salah satunya Skintific. 

Yups! Sekarang pemasaran bisa dilakukan dengan cara melakukan live TikTok atau live Instagram agar memudahkan target pasar. Dalam hal ini, laman TikTok Skintific sering melakukan live streaming dan biasanya host dalam live tersebut akan menjawab pertanyaan konsumen yang menonton. Lalu mereka juga akan memberikan tips dari penggunaan produk-produk Skintific.

Untuk menarik minat konsumen, Skintific juga menjelaskan sekaligus menawarkan promo-promo yang sedang berlangsung. Strategi ini juga berguna untuk membangun hubungan personal dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand Skintific, khususnya di Tiktok.

Memanfaatkan TikTok Affiliate

Platform TikTok juga menawarkan program affiliate untuk membantu meningkatkan pemasaran produk. Skintific juga memanfaatkan program ini untuk meningkatkan strategi marketing. 

Melansir dari laman mysooltan, bahwa affiliate yang di dapatkan brand ini sebesar 32% dari total pendapatannya. Dalam prosesnya, Skintific juga bekerjasama dengan para influencer serta pengguna TikTok lainnya yang mempunyai banyak pengikut di akun pribadinya.

Program affiliate ini nantinya menawarkan pemberian potongan harga dengan menggunakan kode promo. Lalu para affiliate ini akan membagikan kode tersebut kepada pengikut di akunnya, dan tentunya akan ada komisi tersendiri bagi affiliate yang banyak melakukan penjualan produk dari brand Skintific. 

Memberikan Diskon dan Promo Menarik

Siapapun pasti sangat senang bila mendapatkan diskon atau potongan harga saat berbelanja. Hal ini juga dilakukan oleh brand Skintific, agar bisa menarik minat konsumen. 

Misalnya ketika brand Skintific memberikan diskon sebesar 50% kepada konsumen pada saat lebaran kemarin. Dan terbukti konsumen sangat antusias mendapatkannya.

Pemberian diskon atau potongan harga yang tinggi juga menjadi strategi marketing yang dapat kamu lakukan bila ingin produkmu dikenal publik seperti Skintific. 

Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa moment tertentu seperti 12.12, black friday, hari valentine, dan masih banyak lagi. 

maklon moq rendah

Strategi Endorsement yang Tepat

Memanfaatkan jasa influencer juga dilakukan oleh Sintific, yaitu strategi endorsement. Brand Skintific beberapa kali juga menggandeng influencer untuk memasarkan produk-produknya, dengan tujuan membangun kepercayaan konsumen lewat ulasan dari influencer tersebut. 

Kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu nama beauty influencer seperti Tasya Farassya, dia juga pernah lho memasarkan produk Skintific dan pastinya pemasaran yang dilakukannya banyak mendatangkan konsumen, hingga membuatnya tertarik. 

Bahkan sebagian pengikutnya ingin membeli produk yang dipakai oleh sang influencer. Ini berarti strategi endorsement yang dilakukan oleh Skintific lewat Tasya Farrasya berhasil karena konsumen menjadi terpengaruh. Yups! Karena memang itu tujuannya!

Punya Produk Viral

Sekarang apa saja cepat menjadi viral gara-gara sosial media, termasuk mempromosikan kosmetik. Skintific juga memanfaatkan momen ini yaitu dengan memasarkan produk-produk unggulannya. Plus dengan adanya review menarik influencer, yang bisa menjadi nilai lebih dan memikat perhatian audiens media sosial.

Siapa sangka jika hal ini membuat produk brand Skintific menjadi viral dan sempat masuk di mesin pencarian TikTok, lho.

Salah satu produk Skintific yang viral adalah 5X Ceramide Skin Barrier Repair Moisture Gel. Produk ini cukup populer dan banyak dicari review-nya karena banyak konsumen yang merasa puas dengan hasil yang dirasakan usai memakainya, terutama untuk mengatasi masalah kulit kering dan dehidrasi. 

Pentingnya Memilih Strategi Marketing yang Tepat

cara menerapkan conceptual selling

Menentukan strategi marketing yang tepat juga menjadi bagian penting untuk produkmu, berikut hal yang harus kamu perhatikan:

Sampaikan Informasi Penting dengan Tepat

Poin pertama strategi marketing ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dari produkmu kepada konsumen. Mulai dari keunggulan produk kamu, fitur, serta berbagai aspek informasi secara detail dari produkmu. Singkatnya, selain aspek menjual, strategi pemasaran yang tepat juga dapat memberikan kemudahan pada konsumen untuk menemukan informasi detail dari produkmu.

Sebagai Sarana Persaingan Bisnis

Pemasaran berfungsi sebagai sarana persaingan bisnis dengan kompetitor lain. Aspek di dalamnya meliputi harga, strategi produk, dan juga promosi yang dilakukan tim marketing untuk memenangkan persaingan pasar. 

Jadi kamu harus mampu bersaing secara kompetitif tanpa menjatuhkan. Sebab semua sudah menjadi mudah karena adanya marketing online, seperti pendukung dari platform media sosial, website, dan masih banyak lagi.

Bagian Penting dari Perkembangan Bisnis dan Brand

Proses marketing ini juga menjadi bagian penting dari sebuah bisnis. Bayangkan jika kamu tidak mengikuti trend strategi marketing seperti sekarang? Tentu kamu akan kalah saing dengan bisnis milik kompetitor lain yang lebih modern dan kekinian. 

Jadi memilih strategi marketing yang tepat dan menarik juga menjadi tolok ukur keberhasilan untuk mencapai hasil secara maksimal.

Sarana Membangun Merek Bisnis

Selain itu, strategi marketing juga menjadi bagian penting dalam membangun merek bisnismu. Misalnya seperti sekarang, bahwa konsumen lebih tertarik dengan produk yang sudah populer dan memiliki banyak pengguna, daripada dengan produk dari merek yang asing di telinga mereka.

Pada proses ini, kamu bisa memanfaatkan peran influencer atau program affiliate. Seperti dalam penjelasan sebelumnya, Skintific pun menggunakan strategi marketing serupa untuk membuat brand mereka berada di puncak popularitas.

Membangun Hubungan Merek dengan Konsumen

Strategi marketing juga bertujuan untuk membangun hubungan antara merek bisnismu dengan konsumen. Kamu juga bisa menerapkan handling customer agar konsumen menjadi loyal, sehingga tidak lari ke kompetitor lain.

Dapat Mengetahui Keinginan dan Kebutuhan Konsumen

Strategi pemasaran juga dapat kamu gunakan untuk mengetahui keinginan konsumen. Sebuah produk dapat konsumen terima bila produk tersebut sesuai dengan apa yang kriteria yang mereka inginkan. Jadi untuk mengetahuinya, kamu perlu melakukan riset mendalam mengenai apa yang konsumen butuhkan dan inginkan dari produk kosmetik.

Menjaga Pertumbuhan Bisnis dan Brand

Yang terakhir, strategi marketing penting untuk menjaga pertumbuhan bisnis kamu dalam jangka panjang. Aspek ini meliputi kekuatan merek, kualitas produk berikan untuk konsumen, dan adanya komunikasi pemasaran yang sifatnya berkelanjutan.

Menciptakan Produk Kosmetik Terbaik Agar Viral di Pasaran

buat produk viral

Nah, Beautypreneurs itu adalah ulasan kami mengenai strategi marketing ala Skintific, brand kosmetik yang kini viral di berbagai kanal media sosial. Apakah kamu tertarik untuk mengikuti strategi brand asal Korea Selatan ini?

Dari penjelasan di atas, salah satu strategi marketing ala Skintific pakai adalah menciptakan produk viral dan unggulan, yakni moisturizer dengan kandungan ceramide 5X.

Mengikuti jejak brand ini, kamu juga bisa menciptakan produk unggulan dari brand kosmetikmu. Tak harus moisturizer juga, tapi berbagai jenis produk lain yang bisa kamu kembangkan dengan teknologi terbaru, baik dari sisi bahan, manfaat, hingga nilai penggunaannya.

Dalam hal ini, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu mewujudkannya, loh. Dengan tim formulator dan pemasaran kami, kamu bisa mengembangkan produk kosmetik baru yang mungkin belum marak di pasaran sebelumnya.

Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan unik seperti gold flake, caviar, jamur matsutake, ataupun pitera. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan produk dengan fungsi hybrid, misalnya lip cream dengan kandungan UV Filter dan vitamin, yang tak hanya memerahkan bibir tapi juga merawatnya dari dalam.

Apapun produk unik yang kamu inginkan, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menciptakannya. Nggak percaya? Langsung chat dan diskusikan produk unikmu bersama tim pemasaran kami dengan klik tombol di bawah ini!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts