Tips Memilih Agensi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnismu
Tahukah kamu, sekarang ini untuk mendapatkan tim kreatif dan membuat konten promosi di media sosial jadi lebih mudah karena adanya agensi digital marketing. Yap! Saking banyaknya, kamu juga harus tahu apa saja tips memilih agensi digital marketing terbaik dan berkualitas.
Tentu kamu sudah tak heran jika banyak perusahaan bersaing dalam mengembangkan bisnis lewat digital marketing seperti sekarang.
Misalnya saja lewat pembuatan website, Social Media Marketing, Search Engine Advertising (SEA), Search Engine Optimization (SEO), Email Marketing, Content Marketing, dan masih banyak lagi.
Nah, melihat hal tersebut tentunya kamu juga harus ikut bersaing dalam mengembangkan bisnismu bukan? Salah satunya lewat strategi digital marketing. Pemasaran secara digital ini juga sebagai langkah awal untuk membangun reputasi dan citra bisnis yang kamu miliki, lho.
Serta menjadi bentuk strategi dalam memperkenalkan bisnis mu kepada khalayak umum sehingga dapat menarik minat konsumen.
Perlu kamu tahu nih, untuk melakukan strategi digital marketing tersebut, kamu nantinya akan membutuhkan agensi digital yang paham tentang marketing bisnis.
So, artikel kali ini akan menjawab pertanyaanmu mengenai tips memilih agensi digital marketing untuk bisnis kamu. Yuk! Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, Beautypreneurs.
Apa itu Agen Pemasaran Digital?
Sebelum masuk pembahasan mendalam mengenai dunia agensi pemasaran digital, kamu perlu paham dulu nih mengenai apa itu agensi pemasaran digital.
Jadi, agensi pemasaran digital itu adalah perusahaan yang nantinya membantu bisnismu dalam merancang, mengelola, hingga membuat kegiatan pemasaran secara online maupun digital.
Jasa yang akan kamu terima jika menggunakan agen pemasaran ini nantinya meliuti pembuatan website, Search Engine Marketing (SEM), aplikasi, Display Advertising, branding, Social Media Marketing Management, dan masih banyak lagi tentunya.
Tapi mungkin tidak semua agensi pemasaran digital akan menyediakan jasa-jasa tersebut karena biasanya masing-masing agensi akan memberikan jasa yang berbeda.
Ada juga agensi yang menyediakan jasa pembuatan web, aplikasi, SEM, dan pemasaran media sosial saja. Lalu ada juga agensi yang hanya menyediakan jasa pembuatan situs web dan pemasaran konten saja.
Jadi bagi kamu yang akan membuka bisnis dan membutuhkan bantuan agen pemasaran digital, pastikan dahulu jasa apa saja yang akan kamu terima dan keuntungan yang akan kamu dapatkan kedepannya.
Peran Agensi Digital Marketing untuk Bisnis
Selain penting dalam memilih agensi pemasaran digital, kamu juga harus tahu peranan yang dimiliki agensi untuk perusahaan dan bisnismu. Peran tersebut di antaranya:
Membantu menciptakan, merancang, dan mengelola strategi pemasaran digital
Salah satu peran penting sebuah agensi pemasaran digital adalah membantu menciptakan, merancang, hingga mengelola konsep media serta pemasaran sesuai dengan bisnismu. Tapi biasanya ada juga agensi yang menyediakan saran yang efektif dan lebih efisien.
Melalui peran ini, kamu sebagai owner brand tidak perlu memikirkan bagaimana bentuk promosi yang menarik secara digital, jadi cukup menyerahkan tugas itu kepada tim profesional dari agensi pemasaran yang kamu gunakan.
Memperkuat bisnis dengan website yang powerfull
Pemasaran secara digital ini juga sangat bergantung dengan website, dengan kata lain website sangat penting dalam memperkenalkan produk kamu secara detail dan lengkap kepada konsumen.
Maka dari itu, agensi pemasaran digital harus merancang website milik mu secara profesional dan powerfull untuk membantu kesuksesan bisnismu secara digital, terutama di era sekarang ini yang mengedepankan media online.
Selain itu keuntungan dari website yang menarik ini nantinya akan menjangkau pelanggan potensial secara online, jadi membantu meningkatkan penjualan produkmu atau jasa yang kamu tawarkan.
Membantu meningkatkan visibilitas Website lewat optimasi SEO
Nah, saat ini banyak perusahaan gencar melakukan pemasaran lewat optimasi SEO (Search Engine Optimization) agar bisnisnya muncul dalam mesin pencarian Google dengan mudah.
Untuk itu, peran SEO sangat penting dalam bisnismu, ada beberapa strategi SEO yang biasa dilakukan. Strategi itu meliputi pembuatan konten yang berkualitas, membuat judul konten jadi lebih menarik, melakukan riset keyword (kata kunci) yang tepat untuk konten website, mengatur meta tag, dan masih banyak lagi strategi SEO lainnya.
Optimasi tingkat pencarian website dengan Google Ads
Website muncul dalam mesin pencarian Google tentu menjadi impian semua pebisnis, karena website yang muncul dalam halaman pencarian Google akan membuat peluang besar bagi website bisnismu untuk di klik oleh pengunjung.
Nah, salah satu caranya adalah melalui Google Ads (beriklan pada google). Mesin pencarian Google Ads itu nantinya akan membuat website milikmu muncul dalam halaman pertama hasil pencarian Google secara mudah.
Jadi peluang untuk dilihat konsumen atau pengunjung juga semakin besar. Tapi di samping itu, kamu perlu mengatur bugdet untuk pemasaran dan target bisnismu tentunya.
Meningkatkan Brand Awareness melalui sosial media Ads
Selain meningkatkan pemasaran lewat Google Ads, kamu juga bisa menggunakan pemasaran melalui Facebook Ads dan Instagram Ads. Karena banyaknya pengguna media sosial sekarang tidak hanya mencari lewat Google tapi juga di platform lain.
Hal itu nantinya juga akan menguntungkan bisnismu, karena membuat produk serta jasa yang kamu tawarkan dapat dikenal orang melalui media sosial yang mereka gunakan, terutama untuk konsumen yang berpotensi.
Meningkatkan kredibilitas bisnis
Meningkatkan pemasaran untuk produk kamu juga bisa lewat tulisan. Dikarenakan kebanyakan calon konsumen sekarang itu lebih tertarik untuk membaca konten yang berkualitas dan mampu memberi manfaat bagi pembacanya.
Selain itu, rasa kepercayaan mereka akan semakin meningkat melalui artikel yang tersedia di website bisnismu, dan keuntungan yang kamu dapat ialah datangnya konsumen yang tertarik pada produk yang kamu tawarkan.
Social management untuk mempresentasikan bisnis
Memanfaatkan media management juga penting seperti mengelola akun media sosial untuk memberikan ide pemasaran, menampilkan konten seperti foto atau video, memberi caption pada unggahan, dan mengikuti trend yang sedang up to date di media sosial.
Untuk itu penulisan gaya bahasa yang tepat pada konten juga perlu diperhatikan, terutama konten yang mempresentasikan bisnis atau jasa yang kamu tawarkan.
Tips Memilih Agensi Digital Marketing yang Tepat untuk Bisnismu
Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa agensi pemasaran digital (Agensi Digital Marketing), ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan nih, dan berikut tipsnya.
Menganalisa website agensi
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menganalisa situs website milik agensi. Hal tersebut untuk melihat fitur yang ada di situs website nya, apakah di dalam situs tersebut lengkap, up to date, dan menarik atau tidak.
Jadi dengan begitu kamu bisa memberikan penilaian sebelum memutuskan untuk memilih agensinya.
Jika melihat website agensi tersebut menarik serta mampu mempromosikan bisnisnya. Maka dapat akan ada jaminan jika bisnismu juga akan mendapatkan pelayanan menarik dari mereka.
Sehingga maksud lain kamu dapat menilai apakah agensi tersebut mampu berkerja secara profesional atau tidak.
Mempelajari profil perusahaan
Selain melakukan analisis pada website, kamu juga harus mempelajari profil perusahaan agensi yang akan kamu gunakan, ya guys.
Sebelum memutuskan, kamu harus melihat bagaimana latar belakang perusahaannya, alamat perusahaan yang jelas, lokasninya, serta nomor kontak yang dapat dihubungi.
Biasanya agensi pemasaran digital juga akan mencantumkan detail perusahaan di kolom profil miliknya mengenai identitas dari bisnisnya.
Ketika agensi pemasaran tersebut sudah profesional, maka detail tentang perusahan itu juga akan ditampilkan secara detail dan terpercaya tentunya.
Layanan atau jasa yang disediakan agensi
Bagian penting lain yang perlu kamu tahu adalah jasa yang agensi tersebut tawarkan. Khususnya apa saja layanan yang mereka berikan nantinya. Terutama bagi bisnismu serta budget yang akan kamu keluarkan untuk jasa agensi pemasaran digital itu sendiri.
Setelah mengetahui layanan yang disediakan, penting juga untukmu melakukan diskusi terlebih dahulu dengan pihak agensi atau dengan menghubungi kontak nomor yang tertera dalam website.
Portofolio Klien
Ketika kamu mengunjungi situs website sebuah agensi pemasaran digital, ada salah satu bagian yang tak boleh kamu lewatkan. Yap! hal itu adalah profil dari kliennya.
Dengan begitu, kamu dengan mudah untuk mengetahui portofolio klien yang ditampilkan benar ditangani oleh agensi tersebut atau tidak.
Mendapat layanan terbaik
Mendapatkan layanan terbaik dari agensi pilihan untuk berkonsultasi tentu menjadi sebuah keharusan. Itulah mengapa penting bagi kamu melakukan diskusi serta mempelajari profil perusahaan agensi yang akan kamu gunakan. Dari sinilah kamu bisa melihat serta menilai bagaimana pelayanan agensi tersebut kepada klien mereka.
Model bisnis yang digunakan agensi
Perlu kamu ketahui, bahwa setiap agensi marketing digital sudah pasti memiliki model bisnis yang berbeda-beda tentunya. Misalnya ada agensi yang memberlakukan penghitungan biaya menurut biaya per servis, hitungan per-jam kerjanya, atau tiap proyek pengerjaan.
Jadi dengan begitu, kamu dapat mempertimbangkan berapa budget yang nantinya akan dikeluarkan untuk menggunakan jasa agensi pemasaran digital tersebut.
Mengetahui metode dan teknologi yang digunakan
Tips terakhir nih, kamu juga bisa mencoba mencari tahu metode serta teknologi apa saja yang biasa agensi tersebut gunakan.
Hal itu untuk melihat apakah metode serta teknologi milik agensi tersebut dapat membantu membangun branding dari bisnis milikmu, serta membantu mencapai tujuan bisnis yang ingin kamu dapatkan.
Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu juga pasti setuju bahwa membuat konten promosi dan menjalankan digital marketing sekarang begitu mudah karena adanya perusahaan agensi. Dengan menerapkan beberapa tips memilih agensi digital marketing di atas, kamu juga bisa mendapatkan partner yang tepat untuk bisnismu.
Ngomongin soal partner bisnis, Mash Moshem Indoensia bisa jadi partner maklon kosmetik andalanmu, lho. Ya, kami tak hanya memberikan layanan pembuatan produk kosmetik dari A-Z saja. Melainkan, memberikan sejumlah aftersales menarik yang bisa mendukung kegiatan promosi digitalmu.
Misalnya, pembuatan video produksi, adanya product knowledge atau FAQ, membuat brosur pemasaran atau katalog produk. Bahkan, kami juga menyediakan Webinar Digital Marketing gratis untuk membantumu memasarkan produk secara digital.
Menarik, bukan? Yuk, partner-an sama Mash Moshem Indonesia!