Insight-Bisnis

9 Cara Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik yang Benar

cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik

Memulai bisnis kosmetik, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan, mulai dari, penentuan formulasi yang tepat, target pasarnya siapa, sampai dengan proses pemasarannya. Tapi, semua itu akan jadi lebih mudah, kalau kamu memanfaatkan bisnis plan.

Bisnis plan bukan sekadar menulis rencana bisnis biasa, tapi juga berkaitan dengan alur bisnis yang akan kamu bangun ke depannya. Tak heran, kalau cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik sangat dibutuhkan, tak terkecuali buat kamu.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir, soalnya artikel ini akan membahas secara lengkap cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik yang benar. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Apa Itu Business Plan?

Business plan atau perencanaan bisnis merupakan suatu pernyataan tertulis yang berisi maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis atau usaha.

Dalam pernyataan tertulis ini mencakup target jangka pendek, menengah, hingga target jangka panjang. Juga strategi apa saja yang akan digunakan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, termasuk mencantumkan berbagai solusi terhadap kendala di masa mendatang.

Selain itu, dalam perencanaan bisnis ini biasanya juga dimasukkan latar belakang tim, nilai dan konsep brand/usaha, hingga tiap individu yang bertanggung jawab pada tujuan bisnis.

Nah, sebelum memulai bisnis apapun kamu perlu membentuk business plan ini, agar langkah atau strategi yang kamu pilih dapat lebih terarah dan mampu mewujudkan tujuan bisnis tersebut.

Menyadari betapa pentingnya menyusun perencanaan bisnis ini, Mash Moshem Indonesia menyadur berbagai cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik dari beragam sumber tepercaya.



Hal yang Harus Disiapkan Ketika Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik

Sebelum benar-benar beralih membahas langkah demi langkah dalam cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik, kamu harus tahu apa saja yang perlu kamu persiapkan.

Karena bisnis plan ini enggak bisa dibuat dengan asal atau angan-angan belaka, kamu perlu melakukan riset dan menentukan beberapa hal ini berikut ini dengan matang.

Pahami Target Market dari Brand Kosmetikmu

Hal pertama yang harus banget kamu perhatikan dan siapkan adalah memahami target konsumen dari brand kosmetikmu.

Meski pengguna kosmetik tidak terbatas pada usia, artinya semua orang bisa dan mau menggunakan kosmetik. Untuk mengawali bisnis ini, kamu tetap harus menentukan segmentasi konsumen yang sangat potensial.

Dengan begitu segala strategi yang kamu susun akan jauh lebih mudah untuk dijalankan. Pemasaran atau promosi produk pun akan berjalan lebih efisien.

Kenali Konsep Brand dan Keunggulan Produk Kosmetik Milikmu

Untuk menyusun rencana bisnis yang baik, penting bagimu mengenali konsep brand atau keunggulan produk kosmetik yang kamu buat.

Bila ini adalah bisnis pertamamu dengan brand kosmetik sendiri, maka kamu bisa mengonsultasikan segala keperluan soal keunggulan, bahan, kemasan, hingga manfaat produk kosmetik ini bersama tim maklon kosmetik.

Mash Moshem Indonesia, misalnya, akan memberikan sejumlah media promosi yang akan sangat membantu klien untuk mengenali dan memperkenalkan produk mereka di pasaran. Seperti membuatkan katalog, brosur, hingga FAQ untuk produk kosmetik tersebut.

Memahami keunggulan atau kekuatan dari brand kosmetik sendiri akan memberikan banyak keuntungan. Misalnya, kamu bisa melihat sisi mana yang harus dikembangkan, mana yang perlu di-highlight, serta kesesuaian dengan target pasar yang dituju.

Mencari Partner dan Mentor Bisnis yang Tepat

Hal selanjutnya yang harus kamu siapkan adalah mentor atau partner bisnis yang tepat. Ketika kamu akan maklon kosmetik contohnya, kamu harus memilih perusahaan yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis yang kamu jalankan.

Mash Moshem Indonesia, dengan konsep One Stop Cosmetic Manufacturer, berkomitmen untuk memberikan pelayanan lengkap dan menyeluruh kepada klien.

Mulai dari brainstorming untuk pengonsepan dan pembentukan formula produk, proses pengurusan legalitas, produksi massal, desain kemasan, hingga menyediakan berbagai media promosi dan channel distribusi pada klien.

Tak cuma itu, dari pengalaman kami selama 10 tahun di industri kosmetik, kami dapat memberikan pelayanan terbaik dalam mendukung klien untuk merintis brand kosmetik mereka.

Baca Juga: Apa Itu Private Label Kosmetik? Pebisnis Wajib Paham!

9 Cara Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik

Nah, setelah mempersiapkan beberapa hal di atas dalam coret-coretan sederhana, kamu sudah bisa memulai cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik yang kamu rintis.

Simak step by step cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik berikut ini, ya!

Membuat Ringkasan Singkat Terkait Brand Kosmetik

Langkah pertama dalam cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik adalah dengan menyusun ringkasan singkat terkait brand milikmu.

Misalnya, mengenai informasi dari brand / bisnis kosmetik milikmu. Bisa dengan konsep brand, tujuan dan target bisnis tersebut, serta visi dan misi dari usaha kamu.

Kamu juga bisa menjelaskan secara singkat mengenai jenis produk kosmetik apa saja yang akan kamu jual ke konsumen. Susun rancangan bisnis ini semenarik mungkin, sehingga dapat menjual dan dapat menarik perhatian investor.

Menyusun Latar Belakang dari Brand Kosmetik

Latar belakang yang dimaksud di sini adalah mengenai alasan atau motivasi yang kamu miliki untuk mendirikan bisnis kosmetik ini.

Termasuk siapa saja yang akan terlibat di dalamnya, seperti pemilik modal, perusahaan manufaktur (pabrik kosmetik) tempat pembuatan produk, juga struktur organisasi. Kamu bisa juga mencantumkan daftar konsultan ahli, dan institusi lainnya yang kamu butuhkan.

Analisis Proses Produksi Brand Kosmetik

Langkah selanjutnya dalam cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik adalah menganalisis proses produksi. Maksudnya, dalam sesi ini kamu memberikan penjelasan mengenai sistem operasi bisnis kamu secara rinci.

Misalnya, ketika kamu berencana menggunakan jasa manufaktur, maka kamu perlu menjabarkan proses manufaktur kosmetik tersebut. Bagaimana kontrak kerja samanya, biayanya, juga proses pembuatan produk dari awal hingga proses distribusinya.

Analisis Tenaga Kerja yang Diperlukan

Langkah selanjutnya adalah mamasukkan rincian tenaga kerja atau tim yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa melengkapi bagian ini dengan menjabarkan kompetensi dan keahlian, serta jumlah pegawai yang dibutuhkan.

Analisis ini sangat perlu dilakukan untuk mengatur seberapa besar pengalokasian sumber daya manusia (SDM) dan merencanakan berapa besar biaya yang kamu perlukan.

Analisis Strategi Pemasaran dan Distribusi

Selanjutnya adalah dengan menganalisis serta mengatur strategi pemasaran dan distribusi. Misalnya cantumkan target pasar yang akan dibidik, tren kecantikan yang sedang dan diprediksi bakalan berkembang, juga strategi promosi yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan bisnis.

Analisis Keuangan dan Pengembalian Modal

Modal merupakan salah satu aspek yang paling krusial ketika akan mendirikan sebuah bisnis, termasuk merintis brand kosmetik. Karenanya, modal dan keuangan pun mendapat tempat penting dalam business plan yang kamu susun.

Kamu bisa mencantumkan proyeksi pemasukan dan pengeluaran, perhitungan / perkiraan kapan modal tersebut dapat kembali, juga pengembalian dana investasi.

Baca Juga: Biaya Maklon Kosmetik Pemula di Mash Moshem, Ini Rinciannya

Rencana Ekspansi dan Pengembangan Brand Kosmetik

Selain merinci apa saja kebutuhan dan identitas brand kosmetik, kamu juga harus mencantumkan rencana pengembangan dari bisnis tersebut.

Ini merupakan hal yang sangat penting, terlebih kalau kamu menggunakan business plan ini untuk mencari investor. Karena biasanya mereka akan menyoroti rencana ekspansi dan prospek pengembangan usaha ini di masa mendatang.

Tak hanya itu, adanya rencana ekspansi dan pengembangan ini akan menunjukkan seberapa serius kamu dengan bisnis tersebut.

Analisis Risiko dan Ancaman

Selanjutnya, kamu bisa mencantumkan analisis risiko dan ancaman dalam cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik. Karena pada dasarnya semua usaha pasti memiliki risiko dan hambatannya masing-masing, termasuk bisnis kosmetik.

Risiko yang biasanya muncul di tengah jalan biasanya risiko operasional, risiko keuangan dan produksi, risiko persaingan, dan banyak macamnya.

Tak hanya menjabarkannya secara kasar, kamu harus memperinci analisis ini. Mulai dari jenis risiko yang bisa saja muncul, seberapa besar dampaknya untuk bisnismu, pun bagaimana strategi yang kamu susun untuk mencegah dan mengatasinya.

Buatlah Rencana Bisnis Optimis Tapi Realistis

Cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik ini tidak akan menarik kalau kamu menyusunnya terlalu realistis. Tambahkan sedikit optimisme, semangat, dan visi jangka panjang yang kamu miliki.

Namun, bukan berarti kamu tidak realistis sama sekali, tetap buat target yang terukur dan riil sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik.



Manfaat Membuat Bisnis Plan untuk Brand Kosmetik

Setelah mengetahui berbagai cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik di atas, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini sangat diperlukan?

Karena kadang enggak sedikit dari kita yang menyepelekan business plan ini. Padahal perencanaan bisnis ini bisa memberikan banyak manfaat, seperti dalam urian berikut.

Mengawali Berdirinya Suatu Bisnis

Manfaat pertama dari business plan adalah sebagai salah satu langkah awal berdirinya suatu bisnis. Karena dengan merancang rencana dan strategi bisnis, kamu bisa mengembangkan bisnis ini dengan lebih mudah.

Membantu Menyusun Skala Prioritas

Manfaat selanjutnya dari business plan ini adalah kamu bisa belajar untuk menyusun skala prioritas bisnis dengan jelas dan tepat. Prioritas ini dapat mencakup manajemen dalam bisnis, mengatur kepentingan pengeluaran, juga mendukung strategi mana yang paling potensial.

Skala prioritas ini sangat penting, karena akan mendorong kamu untuk berjalan lebih strategis dan focus. Akhirnya, bisnis akan lebih mudah berkembang dan proses promosi akan dapat berjalan dengan efisien.

Membantu Menarik Minat Investor

Ketika membuat brand sendiri bagi beberapa orang mungkin tidak terlalu susah, apalagi kalau mereka telah memiliki modal yang besar.

Tentu, beda perkara kalau kamu hanya memiliki sedikit modal untuk mengawali bisnis kosmetik dengan brand sendiri. Karenanya adanya investor atau rekan bisnis yang bisa memberikan dukungan dana akan menguntungkan.

Nah, untuk mengajukan kerja sama atau meminta suntikan dana, kamu harus bisa memberikan penawaran yang menguntungkan dan menjanjikan.

Di sinilah fungsi business plan yang kamu buat sebelumnya. Yap! Investor akan mempelajari identitas dan prospek kemajuan bisnis yang kamu usulkan lewat business plan tersebut.

Dengan menyusun rancangan yang informatif dan detail akan membuat calon investor/rekan kamu memiliki gambaran yang jelas mengenai brand kosmetik tersebut. Jadi, perhatikan baik-baik cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik di atas, ya.

Meminimalisir Adanya Risiko Kegagalan

Meski akan sangat mungkin kamu mengalami kendala dan berpotensi menimbulkan kegagalan, tapi bukan berarti dampaknya tidak bisa kamu minimalisir.

Ketika membuat rencana bisnis yang sistematik dan strategis, kamu akan mengerti bagaimana cara mengatasi kemungkinan-kemungkinan dan situasi buruk di masa mendatang.

Kamu juga bisa memperhatikan detail-detail kecil namun penting ketika akan membuat brand kosmetik sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan bagaimana strategi yang tepat serta tahu jalan keluar paling efektif yang bisa dipilih.

Ini akan membuatmu semakin lihai dalam menyelesaikan masalah, meminimalisir risiko dan dampak dari kegagalan suatu strategi.

Dapat Memperkirakan Arah Bisnis di Masa Depan

Ketika membuat rencana bisnis dengan matang, tentu kamu perlu melakukan riset yang mendalam dan melakukan berbagai trial sebelumnya.

Nah, dari pengalaman-pengalaman ini kamu bisa memprediksi bagaimana arah dari bisnis yang kamu jalankan di masa mendatang. Apalagi, dalam business plan kamu juga mencantumkan strategi jangka pendek, menengah dan panjang.

Meski gambaran ini tidak akan 100 persen akurat, tapi kamu bisa memprediksi masa depan dan prospek dari bisnismu nantinya.  Dengan demikian, kamu bisa mencari tahu bagaimana langkah yang tepat atau strategi yang pas untuk menjaga bisnis tetap stabil.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik yang Menguntungkan Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami cara membuat bisnis plan untuk brand kosmetik saja tidak cukup, terutama buat kamu yang benar-benar tertarik membangun bisnis kosmetik dari nol. Artinya, kamu juga harus bisa menentukan bahan dan formulasi kosmetik yang tepat agar tidak menimbulkan efek buruk bagi pengguna. Untuk itu, bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik, Mash Moshem Indonesia solusinya.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, kami siap untuk membantu menciptakan produk kosmetik yang kamu inginkan. Tentunya, juga sesuai dengan target audiens atau konsumen bisnis kamu. Mulai dari diskusi konsep, penentuan formulasi, pendaftaran legalitas izin edar, sampai penyusunan strategi pemasaran akan dibantu langsung oleh tim ahli Mash Moshem Indonesia.

Masih ragu? Coba langsung berkonsultasi bersama Mash Moshem Indonesia dengan klik banner di bawah ini!



author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011