Branding Kosmetik

Cara Memanfaatkan Harbolnas untuk Meningkatkan Penjualan Produkmu

cara memanfaatkan harbolnas untuk bisnis

Siapa bilang Harbolnas cuma menguntungkan buat pembeli? Nyatanya, ada banyak cara memanfaatkan Harbolnas untuk bisnis dan membantu meningkatkan penjualan seller. Bahkan, pada momen ini peluang mendapatkan keuntungan besar juga meningkat drastis. Apa iya?

Momen Hari Belanja Online Nasional tidak hanya diperingati di Indonesia tetapi juga diperingati di negara lain, sebut saja negara adikuasa Amerika Serikat, Inggris, Jerman hingga Jepang, namun di negara-negara itu Harbolnas dikenal dengan Cyber Monday.

Sama seperti di Indoensia, toko-toko di negara tersebut juga memberikan banyak potongan serta promo yang meriah.

Nah, peringatan Hari Belanja Online Nasional ini juga bisa kamu lakukan dalam bisnismu, lho  guys. Bukan tidak mungkin jika efeknya, bisnis mu bisa mendapatkan keuntungan dan dikenal publik terutama pembeli.

Lalu bagaimana caranya memanfaatkan Harbolnas untuk bisnis kosmetikmu? Tenang dong! Kamu cukup menyimak artikel kali ini nih, sampai tuntas, ya jadi biar semua informasi ini nantinya bisa kamu coba dan kamu lakukan untuk bisnismu. Langsung aja, yuk!

Harbolnas Sejak Kapan Ada?

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Hari Belanja Online Nasional atau yang dikenal dengan Harbolnas nih. Tapi kira-kira, kamu sudah tahu belum mengenai sejarah Harbolnas?

Jadi sejarah Hari Belanja Online Nasional ini dulunya sudah ada di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Inggris, dan Jepang yang dikenal dengan berbagai istilah.

Mulai dari Black Friday yang ada di AS karena diadakan tiap hari Jumat ketiga di bulan November. Kemudian, sehari setelah itu dilanjutkan dengan perayaan Cyber Monday yang menawarkan banyak promo besar-besaran aneka produk di laman belanja online.

Selain itu, momen perayaan promo belanja ini mulai diperingati di Indonesia pada 2012, namun dulunya keberadaan e-commerce belum sepopuler sekarang karena belum banyak orang yang percaya melakukan transaski online.

Dan e-commerce pertama yang merayakan Harbolnas tahun itu adalah Lazada pada 12 Desember 2012 yang bertajuk belanja “12.12.12”.

Setelah itu e-commerce lain seperti Zalora, BerryBenka, Lucola, Traveloka, dan masih banyak lagi. Tujuan adanya Harbolnas ini untuk memperkenalkan belanja online serta memperkenalkan peran e-commerce yang makin banyak di Indonesia. Sekaligus ikut memajukan keberadaan e-commerce Indonesia agar dikenal banyak orang.

Pada perayaan pertama Harbolnas 2012 itu, juga bertujuan untuk mengenalkan dan membiasakan belanja onlie untuk masyarakat.

Sekaligus untuk menghapuskan ketakutan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online dalam berbelanja.

Oleh sebab itulah, e-commerce seperti Zalora, BerryBenka, dan Bukalapak mengadakan program tersebut untuk meningkatkan awareness  dalam budaya belanja online.

Mengapa Harbolnas Penting untuk Bisnis Online-mu?

Momen Harbolnas juga menjadi perayaan penting serta menguntungkan bagi para pengusaha. Mengapa demikian?

Jadi saat Harbolnas, banyak brand memberikan banyak promo serta potongan harga, jadi untuk pecinta shoping jelas menyambutnya dengan antusias.

Nah, dari antusiasme inilah kamu dan para pengusaha lain dapat memanfaatkannya dengan memberikan promo terbaik. Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan produkmu dengan lebih menarik dan membuat masyarakat terdorong untuk bertransaksi.

Ketika para customer banyak yang tertarik dengan produkmu saat Harbolnas maka omzet usahamu juga akan mengalami peningkatan.

Dan bila pelanggan serupa cocok dengan produkmu, di kemudian hari pelanggan tersebut bisa membelinya lagi lalu customer juga berpotensi untuk mendatangkan pembeli lain.  Jadi dengan adanya momen ini, para pemilik bisnis pun juga semakin diuntungkan.

Cara Memanfaatkan Harbolnas untuk Tingkatkan Pendapatan Bisnis

cara memanfaatkan harbolnas untuk bisnis

Untuk membuat pendapatanmu kian optimal, kamu juga bisa membuat strategi dengan beberapa cara agar promosi yang kamu lakukan di Harbolnas dapat menarik pembeli semakin banyak. Secara tidak langsung produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dikenal masyarakat.

Berikut cara memaksimalkan pendapatan bisnis kamu lewat perayaan Harbolnas. Apa saja? Langsung simak langkah-lagkahnya berikut ini!

Siapkan Stok Produk

Ketika Harbolnas biasanya akan banyak sekali customer yang akan membeli produk, selain itu belum lagi customer baru yang nantinya akan mencoba produkmu. Tidak dapat dipungkiri jika penjualan produkmu akan mengalami banjir pesanan.

Jadi penting buat kamu untuk melakukan persiapan agar barang yang mereka beli dari toko atau bisnis mu tersedia. Meskipun nantinya keuntungan yang kamu dapat per itemnya tidak terlalu besar seperti harga normalnya.

Kamu tetap akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya jumlah barang yang terjual, jadi jangan khawatir, Guys.

Tentukan Strategi Penetapan Harga

Hal yang perlu kamu perhatikan yang kedua adalah mengenai harga, sebelum menyiapkan penjualan untuk perayaan Harbolnas.

Kamu juga harus menentukan harga produk milikmu, seperti mempertimbangkan harga pokok barang agar toko yang mengecer juga mendapat keuntungan di harga tersebut.

Pastikan harga yang kamu pasang pada produkmu adalah harga kompetitif tapi tetap memiliki keuntungan. Sebab, harga yang tepat merupakan harga yang bersedia dibayarkan oleh pelanggan untuk membeli produkmu.

Pilih Kata Kunci yang Tepat

Saat akan berbelanja biasanya pembeli akan melakukan pencarian terlebih dahulu pada aplikasi e-commerce, mereka akan mengetikan beberapa kata kunci barang yang mereka inginkan.

Nah, penting bagi kamu untuk memperhatikan aspek ini yaitu mempertimbangkan kata kunci yang tepat dan mudah dicari oleh pembeli saat mengetiknya.

Selain itu kata kunci dalam momen Harbolnas ini juga menjadi peluang untuk mencapai target SEO yang dapat membawa pelanggan menuju toko kamu.

Namun untuk mendapat kata kunci secara benar dan tepat, kamu harus memfokuskan kata kunci serta istilah pencarian yang mudah ditemukan dan relevan. Selain itu kamu juga harus menyesuaikannya dengan deskripsi pada setiap halaman.

Perlu kamu tahu bahwa mesin pencarian Google juga memiliki beberapa alat untuk membantu melakukan pencarian kata kunci ini, termasuk di Google Trends. Jadi, kamu bisa melacak keberhasilan penggunaan strategi SEO dengan bantuan Google Analytics.

Rencanakan Promo dengan Matang

Momen Hari Belanja Online Nasional ini juga diikuti seluruh brand yang ada, mereka pun juga membuat promo besar-besaran yang dapat menarik pelanggan. Hal ini juga berpengaruh terhadap keberhasilan bisnismu dalam melakukan pemasaran, loh.

Jadi kamu bisa melakukan strategi dalam memberikan promo yang cocok serta menarik saat Harbolnas ini. Tapi perlu kamu ingat lagi, berikan promo menarik namun tetap memperhitungkan keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam setiap penjualan dari produkmu.

Di samping itu, kamu juga bisa menggabungkan produk terlarismu dengan promo yang kamu tawarkan. Lalu, kamu juga bisa memberikan promo cashback atau memberikan gratis ongkos kirim pada pembeli. Tentunya dengan pengaturan khusus, seperti adanya batas minimal pembelian produk.

Buat Iklan yang Menarik

Selain memberikan promo yang menarik, kamu juga bisa membuat iklan yang tak kalah menarik dari promonya, lho. Di era serba digital ini, membuat iklan yang menarik adalah sebuah keharusan agar kamu bisa memikat perhatian konsumen.

Biasanya ada pelanggan yang memang mudah tertarik dengan iklan yang memiliki visual produk yang jernih dan tampak meyakinkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tulisan atau copy yang menjual untuk menambah daya tarik iklan tersebut.

Dengan begitu, promosi ini dapat mempengaruhi siapa saja yang melihatnya ingin membeli produkmu. Jadi kamu juga harus memikirkan aspek ini saat Harbolnas.

Lakukan Promosi di Berbagai Channel Marketing

Untuk memudahkan konsumen melihat jualanmu saat harbolnas Harbolnas, kamu juga bisa banget mempromosikan promo produk milikmu di berbagai channel pemasaran. Misalnya saja di website, media sosial, marketplace, dan email.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan teaser yang telah dibuat di perayaan Harbolnas, tujuannya agar orang merasa familiar dan tertarik dengan promo yang kamu tawarkan.

Jadi, semakin menarik promosi yang kamu lakukan di berbagai channel tersebut. Maka akan semakin mudah juga pembeli untuk mengingat dan tertarik pada promo Harbolnas yang kamu tayangkan.

Update Toko Online

Selain melakukan promosi di berbagai channel , kamu juga harus update toko online milikmu baik di laman website, media sosial, juga marketplace.

Kamu bisa dengan mulai menambahkan banner khusus di momen Harbolnas pada berbagai media sosial dan promosi bisnismu. Bisa di halaman awal website, membuat feed atau konten yang menarik di media sosial.

Berkolaborasi dengan Pihak Lain

Tidak hanya melakukan promosi sendiri, kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan pihak lain dalam perayaan Harbolnas. Contohnya seperti bekerjasama dengan aplikasi pembayaran online seperti GoPay, DANA, OVO, dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk membantu meningkatkan exposure dengan bekerjasama dengan para influencer yang sesuai dengan brand serta produk milikmu. Sehingga dapat menarik pembeli ketika mengetahui promo produkmu.

Lalu kamu juga bisa melakukan kerja sama dengan brand lain yang bisa melengkapi produkmu atau menunjang pemakaian produkmu. Serta dapat menjadi nilai tambah produk yang kamu tawarkan kepada pembeli dan tentunya bisa menarik minat pembeli.

Manfaatkan Layanan Website

Beberapa bisnis tentunya juga memiliki website resmi yang juga menjadi keharusan bagi pemilik bisnis online. Website juga membantu pembeli untuk mengetahui citra produkmu serta bagaimana nilai produk yang kamu jual.

Jadi saat Harbolnas kamu juga bisa mengarahkan pembeli untuk melakukan pembelian melalui laman website langsung.

Selain itu, keberadaan website ini biasanya juga dapat kamu lengkapi dengan pop up untuk menarik pengunjung website. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi terkait produk, promo, launching barang baru, dan banyak lainnya.

Perayaan Harbolnas juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan, lho, Guys. Jadi jangan berfikir kalau keuntungannya tidak seberapa. Tetapi dengan momen itu kamu bisa mendapatkan peluang untuk menjual barang serta membuat produkmu lebih masyarakat kenali.

Secara tak langsung, hal ini akan membuka pangsa pasar baru yang jauh lebih luas daripada targetmu sebelumnya.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang cara memanfaatkan harbolnas untuk bisnis. Kamu dapat menerapkan tips ini untuk mempromosikan bisnis kosmetik yang kamu miliki.

Apalagi momen harbolnas juga sudah di depan mata. Tak hanya akan mendulang banyak penjualan dan keuntungan materiil, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness masyarakat dengan menerapkan cara memanfaatkan harbolnas untuk bisnis kosmetikmu dengan tepat.

Selain tips ini, kamu juga bisa menemukan berbagai strategi pemaran lainnya di laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011