Panduan Optimasi SEO Off Page untuk Tingkatkan Peforma Website Bisnis

panduan seo off page

Beautypreneurs, untuk dapat membuat Website bisnis ataupun brand kosmetikmu berada di halaman pertama. Kamu harus memiliki strategi SEO yang tepat, misalnya dengan melakukan panduan optimasi SEO Off Page untuk website bisnismu.

Sebagai brand owner kosmetik, kamu pasti telah melakukan riset dan memahami betul bagaimana perilaku belanja konsumenmu. Di mana saat ini masyarakat cenderung melakukan transaksi pembelian secara online.

Hal inilah yang kemudian membuat strategi digital marketing melalui SEO sangat penting. Salah satunya dengan mengoptimalkan SEO Off Page, untuk membuat website bisnismu mudah konsumen temukan dalam mesin pencarian Google.

Lantas ap aitu SEO Off Page? Bagaimana cara pengoptimasiannya dan mengapa strategi ini penting untuk kamu pelajari?

Kamu bisa temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini. Happy reading, Beautypreneurs!

Apa Itu SEO Off Page?

Seo Off Page merupakan langkah untuk optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Mudahnya, proses optimasi ini dilakukan di luar website utama (money site).

Cara yang biasanya digunakan adalah membuat backlink yang berisi kata kunci tertentu. Bila ingin teknik itu berjalan dengan baik. Maka kamu perlu memanfaatkan media sosial, forum online, website dan berbagai platform lainnya.

Membuat backlink harus memiliki trik cerdas agar mesin pencari memberikan ‘lampu hijau’ untuk situs webmu. Tetapi, jika kamu ketahuan membuat teknik SEO yang terkesan ‘curang’, maka nantinya bisa berakibat fatal terhadap reputasi website kamu.

SEO Off Page hanya memberi tahu mesin pencari apa yang orang lain pikirkan soal websitemu. Misalnya, jika situs yang kamu kelola memiliki banyak backlink, maka mesin pencari akan berasumsi bila kamu memiliki konten yang hebat dan bernilai bagi para users.

Pentingnya SEO Off Page untuk Bisnis

Teknik SEO Off Page memang mengincar kenaikan peringkat website di mesin pencari. Tetapi ada tujuan lain yang perlu kamu ketahui yakni:

Membangun Reputasi

Saat website yang kamu miliki memiliki peringkat tinggi di Google, maka di saat yang bersamaan reputasi web kamu juga kian meningkat. Meski mendapatkan popularitas, namun website kamu harus berisi konten yang berkualitas, no hoax, edukatif dan bermanfaat bagi pembaca.

Branding

Optimasi SEO Off Page juga bisa membantumu membangun branding website. Kamu bisa menggunakan itu sebagai portofolio, e-commerce, atau sebagai media online. Semakin baik konten yang kamu buat, maka semakin menambah nilai kredibilitas website kamu.

Mempromosikan Content Marketing

Dengan menggunakan SEO yang tepat, maka kamu bisa memanfaatkan website sebagai toko online yang dicari pelanggan.

Kamu hanya perlu membuat tampilan web semenarik mungkin dan menginformasikan produkmu dengan baik. Bila produk yang kamu tawarkan menarik, maka penjualanmu bisa naik secara drastis.

Panduan Optimasi SEO Off Page untuk Pemula yang Mudah

Setelah kamu mengetahui pengertian dan manfaat dari SEO Off Page. Kamu bisa coba beberapa teknik SEO Off Page ini yang tentunya mudah kamu terapkan:

Cara dalam panduan optimasi SEO Off Page terpenting adalah link building atau mendapatkan link dari website lain (backlink). Link building ini bermanfaat untuk membangun reputasi website kamu di mesin pencarian.

Dengan banyaknya link dari berbagai website yang relevan, maka website kamu dianggap Google sebagai sumber yang terpercaya.

Dari hasil survei menyatakan, backlink pada sebuah website akan membuat website tersebut mendapatkan peringkat yang baik di Google.

Website yang berada di peringkat pertama rata-rata memiliki 3,8 kali lebih banyak dibanding website dibawahnya. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang link building, simak terus ya:

Domain Authority dan Page Authority

Seperti yang disebutkan di atas, menggunakan teknik backlink tak bisa sembarangan. Kualitas itu bisa diukur dengan menggunakan skala Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Keduanya memiliki peran berbeda untuk mengukur peluang backlink yang masuk ke mesin pencarian.

Skala DA adalah angka yang berguna untuk memprediksi peluang ranking website masuk dalam mesin pencarian.

Sedangkan, PA adalah nilai yang menunjukan kemungkinan sebuah situs web bisa menduduki peringkat teratas mesin pencarian. Perhitungan keduanya dimulai dari angka 1-100.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu bisa mencari situs dengan DA dan PA yang serupa dengan websitemu.

Agar hasilnya makin memuaskan, kamu bisa mencari situs yang skor DA dan PA-nya lebih tinggi dari milik kamu. Caranya, kamu bisa mengecek itu melalui aplikasi Moz atau Ahrefs.

Link Dofollow mendorong mesin pencari untuk mengikuti link yang nantinya akan masuk ke website tujuan. Hal ini bisa meningkatkan SEO website yang dituju loh.

Sedangkan link Nofollow membuat mesin pencari tidak mengenali link yang dituju. Jenis link ini tidak akan berguna untuk SEO Off Page yang kamu terapkan.

Untuk memastikan backlink itu bermanfaat atau tidak, kamu bisa melihatnya dengan menggunakan ekstensi Google Chrome NoFollow.

Bila ternyata situs kamu masih bersifat nofollow, maka kamu perlu banget mempertimbangkan memakai link difollow yang langsung mengarahkan users ke website kamu.

Anchor Text

Anchor Text merupakan teks berisi link yang bisa membawa pengunjung masuk ke halaman lain. Cara ini bisa membantu mesin pencarian untuk memahami suatu informasi dari website yang dituju. Dengan kata lain anchor text mengandung backlink yang mengarah ke kata kunci tertentu.

Misalnya, jika kamu memiliki situ web e-commerce yang menjual berbagai macam baju, maka kamu bisa menambahkan backlink dengan anchor text kata kunci baju.

Nantinya, backlink akan mengarahkan ke halaman lain seperti ‘rekomendasi baju untuk musim panas’. Kekurangannya ialah kamu tak bisa mengontrol anchor text di backlink.

Relevansi

Saat kamu ingin melakukan link building dengan website lain, maka usahakan bila situs itu masih satu niche dengan yang kamu miliki. Hal ini memiliki pengaruh yang penting, sebab backlink dari website dengan niche yang sama bisa bernilai lebih di mesin pencari.

Semisal website yang kamu miliki berfokus kepada dunia otomotif, jadi sebaiknya kamu mendapatkan backlink dari website yang membahas otomotif juga.

Trafik

Faktor terakhir yang perlu kamu perhatikan baik-baik saat melakukan link building adalah trafik. Bila backlink kamu berasal dari situs yang memiliki trafik tinggi, maka besar kemungkinan link kamu juga banyak yang meng-klik.

Biar gak bingung, kamu bisa melihat trafik dari sebuah website menggunakan beberapa tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

Tingkatkan EAT

EAT atau Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness merupakan salah satu indikator kualitas situs web yang sesuai dengan Search Quality Evaluator.

Dengan EAT, mesin pencari bisa mempercayai sebuah situs web dan memastikan bahwa hasil yang Google tampilkan adalah yang terbaik dan terpercaya.

EAT sendiri mencakup faktor SEO Off Page yang penting. Google sendiri semakin gencar untuk memberantas spam atau misinformasi dari hasil pencarian. Terutama dalam bidang kesehatan, karena jika informasi salah maka bisa berakibat fatal.

Selain memberantas hoax, tujuan utama Google adalah memberikan hasil yang cepat dan akurat. Tujuannya, tentu demi kepuasan users, bila Google tidak bisa memberikan itu, maka ia bisa tak lagi masyarakat minati dan mereka tinggalkan sewaktu-waktu. Inilah sebabnya kamu harus meningkatkan EAT sebagai salah satu upaya untuk mengoptimasi SEO Off Page.

Upayakan Brand Mention

Brand Mention adalah cara promosi melalui website lain dengan menyebutkan website atau merek yang kamu miliki. Ada dua jenis brand mention yang perlu kamu tau.

Pertama, brand mention dengan link yang langsung mengarah ke websitemu. Kedua, brand mention tanpa link. Menariknya, apapun jenis yang kamu pilih, brend mention tetap memiliki efek positif pada EAT kamu.

Tetapi, jika kamu memikirkan keuntungan yang besar, maka kamu bisa mencoba brand mention menggunakan link.

Selain meningkatkan EAT, situs yang kamu kelola juga bisa mendapatkan trafik view dari website tersebut. Ada beberapa cara agar kamu berhasil mengelola brand mentionmu yakni:

  1. Bekerjasama dengan pemilik website. Kamu bisa melakukan kolaborasi dengan website lain untuk membuat konten sesuai dengan brand.
  2. Kamu bisa aktif menjadi narasumber untuk mempromosikan brand milikmu. Seperti melakukan wawancara media, podcast, hingga melakukan webinar.
  3. Menjadi viral di sosial media. Kamu memerlukan sebuah konten yang unik dan belum ditiru oleh orang lain. Membuat sesuatu yang fresh akan membuat brand-mu mudah dikenali oleh orang banyak.

Panduan optimasi SEO Off Pagse salnjtnya adalah dengan mendapatkan backlink dari Seed Sites. Seed Sites adalah sebutan bagi website yang memiliki rekam jejak bagus menurut mesin pencarian. Bisa dibilang itu adalah situs besar yang tak diragukan lagu kredibilitasnya, seperti Wikipedia.

Mendapatkan backlink dari seed sites bisa membuat website kamu kebanjiran EAT. Namun, hal itu terbilang tak mudah untuk kamu praktekkan begitu saja, melainkan harus membuat artikel yang istimewa agar mendapatkan trafik yang kamu targetkan.

Bila tidak mendapatkan backlink dari seed sites, kamu bisa mengupayakan cara lain. Salah satunya adalah mendapatkan backlink dari website yang pernah mendapat backlink dari seed sites. Meskipun cara ini tidak langsung, tetapi ini masih bisa meningkatkan EAT kamu loh.

Dapatkan Review Positif

Salah satu bagian penting dalam mengoptimalkan SEO Off page adalah review atau ulasan users. Tidak bisa kita pungkiri bila ulasan yang konsumen berikan adalah bukti bila bisnis tersebut memiliki sebuah reputasi.

Ulasan bisa ini kamu ambil dari berbagai platform seperti TripAdvisor, Traveloka, Zomato, GoFood, Shopeefood, Grabfood dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan ulasan yang positif, maka kamu perlu memuaskan pelanggan dengan membuat experience yang baik. Misalnya, kamu selalu membalas pertanyaan pelanggan dengan santun dan ramah.

Perhatikan Local SEO

Strategi local SEO ini mempermudah pelanggan untuk menemukan bisnis kamu lho. Mesin pencarian akan menampilkan keterangan lengkap bisnis kamu dari mulai alamat, kontak, hingga ulasan.

Dengan informasi tersebut, bisnis kamu makin populer dan Google akan merekomendasikannya ke pengguna baru. Berikut cara optimasi local SEO yang bisa kamu terapkan:

  1. Isi data lengkap Google bisnisku. Mulai dari alamat, nomor telepon, foto, jam operasional, keterangan singkat dan lain sebagainya.
  2. Membuat kata kunci yang familiar digunakan masyarakat luas. Kamu bisa memakai SEO tools gratis seperti Google Trends.
  3. Usahakan kamu memiliki backlink lokal, seperti website kolega anda, klien, dan semacamnya.
  4. Jangan lupa untuk menambahkan akun media sosial bisnis kamu, agar nantinya bisnis kamu makin populer.

Ingin tahu soal Local SEO dan strategi penerapannya untuk bisnismu? Cek di sini!

Tingkatkan Engagement di Media Sosial

Salah satu konten marketing yang berefek pada panduan SEO Off Page kamu. Syaratnya, kamu harus memiliki banyak ulasan dan likes yang tinggi agar engagement kamu meningkat drastis.

Bila kamu memiliki konten yang viral dan mendapatkan banyak view, tentu engagament konten itu akan sangat tinggi.

Bila kamu berhasil meraih angka itu, maka nilai engagement akan tercatat dalam algoritma media sosial. Hal ini memungkinkan kontenmu yang lain akan menjadi viral juga. Nah, tentu itu akan membuat websitemu menjadi kian populer.

Ketahui Juga: Cara Mengukur dan Meningkatkan Engagement Rate di Media Sosial

Manfaatkan Forum Online

Panduan SEO Off Page menggunakan forum online sebenarnya mulai ditinggalkan. Banyak oknum yang menyalahgunakan forum untuk berbagi spam dan backlink. Bila ini terjadi secara terus menerus, maka Google bisa memperingatinya sebagai suatu ancaman.

Biasanya, pemilik website menyebar link ke forum tersebut meskipun tidak sesuai dengan konteksnya. Sebenarnya cara ini bisa saja dilakukan, asal pastikan bila link yang diberikan sesuai dengan topik yang ada dalam forum tersebut.

Mengirimkan Email Marketing

Cara ini biasanya dilakukan oleh para marketing atau pemilik bisnis untuk mempromosikan produk yang mereka punya. Mengirimkan email dinilai lebih personal dan leluasa sehingga bisa mendapatkan lebih banyak balasan dari penerima.

Kamu bisa melampirkan konten atau link artikelmu agar SEO Off Page di websitemu makin meningkat.

Ketahui Juga: Email Marketing – Manfaatnya untuk Bisnis Kosmetik dan Cara Pembuatan

Memanfaatkan Google Bisnisku

Google MyBusinees atau Google Bisnisku merupakan platform yang bisa kamu coba untuk memperkenalkan websitemu.

Caranya, kamu hanya mengisi beberapa informasi penting tentang perusahaan yang kamu miliki, termasuk diantaranya adalah alamat, nomor telepon, foto dan alamat website.

Bekerja Sama dengan Media Online

Ketika bisnismu baru mencaai goal tertentu, kamu bisa mengajak kerja sama media online untuk membuat acara atau event. Kamu bisa menyiapkan press release yang nantinya disebar ke berbagai media dan membuat backlink untuk masuk ke websitemu sendiri.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal panduan SEO Off Page. Kamu bisa menerapkan panduan ini untuk membuat Website bisnis kosmetikmu kian meroket dan berada di halaman utama hasil pencarian Google.

Selain panduan SEO Off Page ini, kamu bisa menemukan berbagai tips dan cara promosi digital lainnya untuk brand kosmetikmu di laman Berita Terkini. Atau, ikuti terus update terbaru soal info maklon dan tren industri kosmetik di media sosial Mash Moshem Indonesia.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment