Marketing Kit untuk Bisnis Kosmetik, Contoh dan Cara Buat!

marketing kit adalah (2)

Beautypreneurs, ketika menjalankan bisnis kosmetik, kamu pasti menyadari bahwa memiliki strategi pemasaran yang tepat adalah kunci keberhasilan bisnismu. Nah, selain mengutamakan pemasaran digital, tak ada salahnya untukmu memperhitungkan strategi lain, seperti menyediakan marketing kit.

Tergolong sebagai alat pemasaran yang cukup tradisional, Marketing Kit sendiri sebenarnya bukan hal baru. Terlebih sebelum adanya digital marketing, memilik kit pemasaran saat melakukan promosi secara konvensional adalah hal yang krusial.

Lantas, apakah di jaman sekarang Marketing Kit ini masih kita butuhkan?

Well, meski saat ini Marketing Kit seolah ‘ditinggalkan’, nyatanya alat ini terbilang memiliki peranan besar dalam proses promosi. Sebab, adanya Marketing Kit akan mempermudah pemasar untuk mengenali brand, produk, dan memasarkan produk ke konsumen.

Penasaran apa sebenarnya Marketing Kit ini? Lantas apa saja manfaatnya menggunakan alat ini ke dalam strategi bisnismu? Langsung cek ulasan lengkapnya di bawah ini, Beautypreneurs!

Apa itu Marketing Kit?

Jadi Marketing Kit itu termasuk media promosi yang berfungsi untuk meningkatkan penjualan produk yang berisikan informasi mengenai produk tersebut. Bisa dikatakan kalau media promosi ini juga menjadi salah satu strategi dalam menaikkan omzet penjualan.

Proses marketing untuk produk memang bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti pemasaran lewat website, lewat sosial media, lewat kolaborasi, hingga pemasaran bersama.

Tapi perlu kamu tahu, bahwa pemasaran lewat selebaran juga bisa membantu meingkatkan penjualan lho. Nah, caranya dengan Marketing Kit, pemasaran ini dilakukan dengan berbagai macam jenis seperti lewat brosur, poster, leaflet, banner, katalog, hingga FAQ.

Semakin bagus dan menarik Marketing Kit yang digunakan oleh sebuah perusahaan maka dapat menjadi potensi untuk menarik customer baru tentunya, dan bisa dipastikan angka omzet perusahaan akan mengalami peningkatan.

Tapi untuk menghasilkan media promosi yang menarik dan berpotensi besar maka kamu juga harus memiliki tenaga profesional yang cakap di bidangnya, termasuk paham mengenai strategi Marketing Kit.

Hal yang Wajib Ada dalam Marketing Kit

marketing kit adalah

Perlu kamu tahu, bahwa pemasaran Marketing Kit ini termasuk menjadi alat promosi terbaik untuk bisnismu, terutama jika kamu memiliki bisnis di bidang kosmetik.

Di masa sekarang banyak sekali aneka brand kosmetik yang gencar melakukan berbagai cara untuk memasarkan produk dan biasanya selalu disertai dengan brosur untuk memberikan informasi mengenai produk kosmetik yang akan dibeli customer.

Tapi sebelum itu kamu perlu mengetahui beberapa hal untuk memulai menerapkan strategi Marketing Kit, seperti:

Nama Produk

Marketing yang baik harus memiliki atau mencantumkan nama produk di dalamnya. Dengan begitu, konsumen akan dengan mudah mengenali dan menganalisis produk yang akan pemasar tawarkan nantinya.

Selain itu pembuatan font yang menarik dan mudah dibaca juga menjadi daya tarik tersendiri bagi customer yang membacanya.

Jadi usahakan mencantumkan nama brand kosmetikmu sejelas dan semenarik mungkin agar customer tertarik untuk membelinya. Point plus-nya pelanggan akan mengingat produkmu karena memiliki nama serta tampilan yang unik.

Tuliskan Fungsi Produk

Nah, aspek kedua ini juga sangat penting dalam pemasaran produk kosmetikmu ya, guys. Setiap produk kecantikan pasti selalu mencantumkan bahan, kandungan, serta manfaat di dalamnya agar memudahkan pelanggan.

Sama halnya dengan itu, pencantuman fungsi dari produk kosmetik juga menjadi poin penting dalam pemasaran Marketing Kit ini. Utamanya jika kamu menggunakan jenis Marketing Kit berbentuk katalog.

Pencantuman fungsi dalam pemasaran Marketing Kit ini juga sangat membantu customer yang terkadang masih bingung tentang fungsi dari masing-masing produk yang kamu tawarkan.

Karena biasanya nih ada satu produk kosmetik yang memiliki berbagai varian, contohnya serum yang memiliki macam-macam kegunaan untuk kulit.

Mendeskripsikan Keunggulan atau Nilai Unik Produk

Menuliskan keunggulan dari produk yang kamu pasarkan juga menjadi bagian penting. Sebab, hal itu yang nantinya menentukan ketertarikan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan di dalam katalog, atau brosur.

Terutama bagi kamu yang memiliki bisnis di bidang kosmetik, aspek ini sangat penting, ya Guys. Sebelum membeli produk kosmetik kamu pasti akan mengecek kunggulannya terlebih dahulu, kan?

Tidak mungkin kamu langsung membeli tanpa melihat manfaat, keunggulan, dan fungsinya, tentu kamu akan merasa kebingungan dan ragu saat ingin membeli kosmetik.

Memasang Foto Produk

Menampilkan foto produk juga penting dalam pemasaran Marketing Kit, hal ini juga berguna dalam meningkatkan ketertarikan pelanggan. Selain itu, keberadaan gambar dalam Marketing Kit juga memudahkan pelanggan untuk mengetahui wujud produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk melihat kemudian bisa memutuskan untuk membelinya.

Untuk meningkatkan pemasaran lewat Marketing Kit ini, kamu juga harus menampilkan foto produk yang memadai dan beresolusi tinggi. Supaya memberikan kesan menarik dan nyata yang dapat menarik mata pelanggan.

Baca Juga: Tips Membuat Foto Produk Menggunakan Kamera HP, Pemula Wajib Tahu!

Tambahkan Kontak Perusahaan (Telp/Medsos/Toko Online)

Dan bagian terakhir yang perlu kamu cantumkan adalah nomor kontak milik perushaanmu yang bisa dengan mudah pelanggan hubungi.

Pemasangan nomor atau narahubung yang bisa memudahkan pelanggan atau pihak customer service dari suatu usaha bisnis lainnya yang mungkin tertarik menjalin kerja sama dengan brand milikmu.

Usahakan untuk mencantumkan nomor telpon, alamat media sosial yang bisa diakses langsung oleh pelanggan. Jadi ketika ada pelanggan bingung atau ingin bertanya-tanya mengenai produkmu bisa langsung menghubungi kontak yang tertera.

Persiapan Sebelum Membuat Marketing Kit yang Menarik

Selain itu, untuk menaikkan omzet perusahaan dan meningkatkan penjualan produk kamu, terutama produk kosmetik. Kamu juga perlu nih belajar tentang bagaimana cara membuat Marketing Kit milikmu menarik dan diminati pelanggan baru?

Sebelum membicarakan cara pembuatannya, langsung simak beberapa hal yang harus kamu siapkan berikut ini, ya!

Lakukan Riset dan Susun Segmentasi Pasar

Sebelum mengatur strategi Marketing Kit, penting bagi kamu untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui target yang diinginkan pasar, sekaligus untuk mengetahui bagaimana produk atau jasa yang diharapkan pelanggan dan melihat peluang yang ada.

Setelah melakukan riset dan mengetahui bagaimana target pasar yang akan kamu tuju. Kamu bisa menyusun strategi lewat Marketing Kit dan mulai fokus untuk mencapai keberhasilan menaikkan customer.

Uraiakan Masalah dan Permintaan Konsumen

Setelah melakukan riset sebelumnya, langkah selanjutnya, kamu bisa mulai menyusun permasalahan-permasalahan yang dihadapi customer di lapangan.

Dengan begitu kamu juga bisa mengetahui bagaimana permintaan dari customer sekaligus mengetahui kebutuhannya. Sehingga kamu bisa berhasil membidik target pasar lewat berbagai media promosi yang akan kamu buat nantinya.

Buat Konsep Pernyataan Terkait Produk

Membuat konsep yang menarik dan matang setelah melakukan perjalanan melakukan riset dan mengetahui kebutuhan pasar. Kamu bisa mulai membuat konsep dan mengatur strategi Marketing Kit.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan langkah-langkah apa saja untuk mengenalkan produk milikmu agar diminati pelanggan dan sesuai dengan harapan pelanggan.

Cara Membuat Marketing Kit untuk Brand Kosmetik

cara membuat marketing untuk brand kosmetik

Jika kamu tertarik untuk membuat Marketing Kit bagi usahamu terutama di bidang kosmetik, simak cara-caranya berikut ini:

Memberikan Edukasi pada Pembaca Mengenai Pentingnya Produk

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mulai Marketing Kit adalah dengan memberikan edukasi serta memberi informasi kepada customer.

Jadi usahakan, kamu menyajikan tulisan yang segar dan menarik agar pelanggan tertarik untuk membeli produk kosmetik kamu.

Selain itu, informasi penting tentang produk juga akan memudahkan pelanggan dalam menentukan pilihannya. Misalnya saja pelanggan yang ingin membeli produk serum wajah yang cocok dengan kebutuhan kulitnya.

Menonjolkan Hal Unik dari Tiap Produk Kosmetik

Selanjutnya, pastikan kamu dapat menonjolkan nilai unik dari produk yang kamu miliki ke dalam berbagai media promosi. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan, mengingat banyak sekali brand kosmetik di luaran sana yang hadir dengan berbagai nilai khas.

Jadi, jika kamu berpikir untuk menuliskan “Skincare Pencerah Wajah” dalam marketing kit-mu, klausa ini tak akan membuat perbedaan besar.

Berbeda jika kamu menonjolkan nilai unik yang jadi ciri khas dari produkmu, yang tak ada dalam produk kompetitor. Tak hanya soal manfaat dan bahan, kamu bisa menunjukkan nilai lain di luar produk itu.

Misalnya, Rare Beauty dari Selena Gomez, yang jarang sekali menggunakan promosi dengan menonjolkan fitur internal produk mereka. Melainkan menggunakan nilai visi dari brand mereka, yakni “Keberagaman dalam Kecantikan”.

Memberikan Testimoni Pelanggan Terkait Produk

Menyajikan testimoni dari pelanggan juga penting untuk Marketing Kit, testimoni yang jujur dan menarik juga bisa mendatangkan pelanggan ya, Guys.

Tak heran jika tiap usaha kosmetik selalu dibutuhkan riview jujur yang dapat dijadikan bahan pertimbangan saat akan membelinya. Apalagi jika testimoni itu didukung dengan foto-foto saat menggunaan produknya.

Menampilkan Pencapaian/Prestasi yang Perusahaan Raih

Selain menyajikan testimoni untuk bahan pertimbangan membeli produk kosmetik. Kamu juga bisa menampilkan pencapaian atau prestasi yang telah brand kosmetikmu raih selama ini.

Misalnya saja produk-produk kosmetik yang menjadi top brand, atau produk kosmetik itu sudah terbukti dengan sertifikat kesehatan atau pengakuan dari departemen terkemuka.

Hal ini mungkin tidak wajib kamu sertakan, tetapi menyertakannya juga dapat memberikan nilai lebih. Karena akan membuat pembeli semakin yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

Memajang Logo dan Kontak Informasi Bisnis

Untuk membantu memudahkan pelanggan mengetahui informasi dari produk milikmu. Kamu juga harus mencantumkan logo serta kontak informasi bisnis yang dapat memberi informasi kepada pelanggan.

Selain itu, mencantumkan logo milikmu juga akan menjdi nilai plus, karena pelanggan akan mengingat produkmu.

Contoh Marketing Kit

Pasti kamu penasaran bukan contoh Marekting Kit yang bisa kamu gunakan dalam strategi pemasaran produk kosmetikmu antara lain:

Brosur

Salah satu Marketing Kit yang bisa kamu gunakan untuk brand kosmetikmu adalah brosur. Brosur menjadi salah satu media tulis yang bisa kamu gunakan untuk menarik pelanggan, tentunya dengan penampilan yang menarik, kreatif, dan jelas.

Kamu pasti sudah tak asing dengan selebaran yang biasanya menampilkan berbagai produk dari sebuah brand. Biasanya selebaran itu juga dibagikan oleh seseorang untuk memperkenalkan produk mereka.

Nah, pastinya kamu juga sering menemui selebaran brosur ini di toko kosmetik yang baru buka, biasanya berisi produk terbaru dari brand kosmetik, tawaran di akhir bulan, atau potongan diskon saat acara tertentu.

Banner

Banner juga menjadi salah satu media promosi Marketing Kit, brosur ini biasanya dicetak secara potrait atau vertikal yang dibuat dengan bantuan mesin canggih bernama print digital.

Kamu pasti biasa menemui banner ini dalam sebuah event tertentu. Lebih tepatnya banner ini bentuk sederhana dari baliho, yang menyajikan foto produk secara jelas, ukurannya pun bervariasi.

Katalog

Lalu ada Marketing Kit katalog yang memiliki penampilan jauh lebih menarik karena di desain secara kreatif dengan perpaduan warna yang solid.

Katalog ini juga menjadi alat pengenal produk yang berisikan produk-produk dari brand maupun berisikan layanan yang perusahaan tawarkan pada publik.

Memasarkan produk dengan katalog ini biasanya dicetak dengan berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari selebaran, buku, kartu, bahkan majalah.

Dan terkadang katalog disebarluaskan secara langsung pada masyarakat lewat toko, supermarket, dan ada juga yang di jalanan.

FAQ

Dan strategi pemasaran Marketing Kit yang terakhir adalah FAQ atau Frequently Asked Questions. Tentu kamu sudah tidak asing dengan keberadaan FAQ yang biasa dalam sebuah laman website bukan?

Tapi sebenarnya FAQ juga bisa kamu jadikan sebagai media tertulis sebelum semua berubah menjadi pemasaran online seperti sekarang. Pada awalnya FAQ ialah tulisan yang perusahaan gunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait website.

Selain itu, FAQ juga dapat kamu gunakan sebagai evaluasi untuk menentukan konsep dan menyasar pelanggan seperti yang mereka inginkan. Karena dalam FAQ bertujuan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang pelanggan ajukan terkait apa yang ada di website.

Jadi setelah kamu mengetahui pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya kamu menjadi tahu dan paham mengenai apa yang pelanggan inginkan pelanggan. Sederhananya FAQ bisa menjadi sarana pemberi saran atau kritik bagi perusahaan mengenai produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Apa Itu FAQ? Simak Definisi, Fungsi, dan Cara Tepat Membuatnya

Jasa Maklon Kosmetik Lengkap dengan Pembuatan Marketing Kit

jasa maklon

Marketing Kit pada umumnya dikaitkan dengan pemasaran konvensional. Padahal, penerapannya bisa sangat fleksibel dan dapat kamu aplikasikan pada strategi pemasaran digital.

Dalam industri kosmetik sendiri, marketing kit bisa jadi hal yang sangat penting. Karena ketika kamu memproduksi banyak jenis produk, akan semakin susah bagi tim pemasaranmu untuk mengingat semua detail keunggulan dan keunikan produk hanya berdasarkan ingatan mereka.

Berbeda ketika kamu menyediakan product knowlegde, brosur dan katalog, dan berbagai media pemasaran lainnya yang dapat menunjang pengetahuan tim pemasaranmu. Tak hanya untuk tim, adanya media promosi ini dapat membuat konsumen lebih mudah mengenali dan memahami nilai produkmu.

Menyadari nilai pentingnya untuk keberlangsung brand kosmetikmu, Mash Moshem Indonesia juga menaruh perhatian terhadap proses pembuatan marketing kit ini. Kami menyediakan tim multimedia dan pemasaran kreatif untuk membantumu menciptakan marketing kit terbaik.

Mulai dari foto produk, video produksi, brosur, hingga product knowlede. Tak hanya memberikan jasa pembuatan produk kosmetik, kami ingin menyediakan pelayanan terlengkap untukmu.

Nah, di mana lagi kamu bisa dapat key partner sepengertian ini?

About Author

Related posts

Leave a Comment