Tips Membuat Foto Produk Menggunakan Kamera HP, Pemula Wajib Tahu!

cara membuat foto produk dengan kamera hp

Membuat sebuah konten yang menarik akan membantu proses pemasaran sebuah produk. Tentunya dalam hal ini visual konten harus bagus dan bisa menarik pelanggan untuk melakukan pembelian. Untuk itu, pelajari cara membuat foto produk menggunakan kamera HP berikut ini.

Beautypreneurs, mungkin dalam bayangan kamu membuat konten foto yang bagus dan menarik memerlukan sebuah alat yang mahal dan peralatan yang profesional.

Hal tersebut bisa dibenarkan, akan tetapi kamu ngga perlu untuk repot-repot menggunakan alat yang mahal untuk membuat foto produk, karena disini kamu bisa menggunakan kamera HP saja kok!

Munculnya produk-produk HP terbaru saat ini akan sangat membantu kamu untuk memperlancar pembuatan konten di media sosial.

Tentunya pemanfaatan fitur kamera di HP akan menjadi sangat penting untuk membantu meningkatkan kualitas konten produkmu di media sosial.

Pentingnya Foto Produk untuk Pemasaran

Untuk mendukung minat konsumen, kegiatan memperbanyak konten perihal produk yang akan dijual akan sangat membantu daya beli konsumen.

Disini kegiatan memfoto produk adalah salah satu usaha terpenting untuk membantu kelancaran proses pemasaran bisa menjadi sukses.

Tentunya disini kalian perlu banget untuk memperhatikan kualitas foto produk agar terlihat menarik dan menjual.

Foto produk akan sangat mempengaruhi daya minat konsumen terhadap produk yang akan ditawarkan. Mengingat dari masifnya penggunaan platfrom media sosial seperti instagram, facebook dan twitter yang isi platfromnya mayoritas diisi oleh foto.

Hadirnya foto produk akan menambah kontruksi estetis terhadap hadirnya sebuah produk lho. Tetapi foto harus berkualitas dan menarik ya, Beautypreneurs!

Jika kamu memiliki keterbatasan anggaran untuk berbisnis, dan memerlukan alat profesional untuk memfoto produk, kamu bisa menggunakan HP untuk mengatasi masalah ini.

Jangan khawatir, kualitas foto produk dari hasil jepretan HP juga cukup bagus, kok. Dan tentunya bisa disandingakan dengan hasil dari jepretan kamera mahal.

Kok bisa? Tentu bisa, dong! Kamu bisa mengatur dan mengedit hasil jepretanmu melalui aplikasi kamera HP. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas foto dan memberikan warna khas untuk foto produkmu.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat foto produk menggunakan kamera HP yang ciamik? Langsung cek tips-nya di bawah ini, ya!

Tips Membuat Foto Produk Menggunakan Kamera HP (Hand Phone)

Banyak pemula yang kurang memahami betapa pentingnya foto produk untuk bisnis mereka. Padahal elemen pemasaran satu ini mampu mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk, juga menaruh kepercayaan pada bisnis yang kamu jalankan.

Nah, tak melulu harus menggunakan kamera mahal, kamu juga bisa membuat foto produk yang menarik menggunakan kamera HP, lho.

Enggak percaya? Langsung simak tips membuat foto produk menggunakan kamera HP berikut ini.

Maksimalkan Penggunaan Resolusi Gambar

Saat ini, tidak sedikit HP sudah memiliki kualitas kamera yang tidak kalah bagusnya dengan kamera yang khusus untuk mengambil foto dan video saja.

Resolusi yang dimiliki oleh HP saat ini pun juga tergolong sudah tinggi, yaitu diatas 6 megapixel. Dengan bawaan resolusi setinggi itu, tentunya sudah mumpuni untuk menghasilkan foto kualitas baik.

Di dalam kamera HP, sudah tersedia fitur untuk mengatur sistem manual. Di sini kamu dapat mengatur resolusi kamerannya sesuai keinginan kamu sendiri.

Kamu harus bisa memanfaatkan fitur tersebut, dengan menggunakan resolusi terbaiknya untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas, terutama untuk produk yang akan anda tawarkan.

Selain itu, kamu juga bisa memainka ISO yang pas, kontras warna cahaya yang menyesuaikan warna produk dan lain sebagainya.

Jangan Biasakan Menggunakan Zoom

Pada bagian ini, kamu akan dihadapkan dengan persoalan teknis pengambilan objek gambar. Sering kali terjadi, jika objek gambar terlihat jauh, pemotret akan menggunakan fitur zoom agar objek menjadi tampak dekat.

Jangan sampai kamu melakukan hal ini, ya. Karena hanya akan membuat resolusi gambar foto menjadi rendah dan detailing pixel pada gambar akan pecah-pecah.Selain itu hasil foto menjadi tampak kurang tajam.

Agar kamu tetap bisa menghasilkan foto yang tetap berkualitas, ketika pengambilan gambar usahakan kamu mendekat ke objek, dan sesuaikan komposisi objek dengan ruang disekitar objek.

Atau kamu bisa tetap berada di jarak yang sebelumnya, dan ketika sudah melakukan pemotretan kamu bisa menggunakan aplikasin croping di HP.

Aplikasi Croping akan tetap menjaga kualitas foto, dengan cara tetap meningkatkan kontras dan saturasi warna pada sebuah foto. Disini kualitas foto akan tetap tajam dan tidak pecah.

Pakai Background yang Sesuai dengan Objek

Berikut ini adalah elemen paling penting ketika akan mengambil foto produk menggunakan kamera HP, yaitu pemilihan background untuk foto produk.

Penting untuk kamu pahami, pemilihan background untuk foto tidak hanya berlaku untuk keperluan konten media sosial. Akantetapi juga untuk kepenting promosi di berbagai media lain seperti website, pamflet, banner dan lain sebagainya.

Untuk teknisnya, pemilihan dan penggunaan background ini bisa bermacam-macam. Kamu bisa memilih background yang polos atau menggunakan dekoratif lainnya yang menyesuaikan dengan objek produk yang akan kamu promosikan.

Pemilihan background ini tergantung dengan kesesuaian produknya berdasarkan keperluan. Jika menggunakan background yang polos akan membuat produk menjadi tampak fokus dan detail, biasanya ini untuk keperluan pamflet atau website.

Akan tetapi jika menggunakan background yang dekoratif, akan membuat produk menjadi lebih estetis dan menarik perhatian netizen di media sosial.

Semua itu tergantung dengan keperluan promosinya. Yang terpenting jangan sampai membuat foto produk yang ramai, karena ini bisa menyebabkan produk menjadi tidak fokus dan kalah dengan background.

Penggunaan Lighting yang Baik

Lighting atau pencahayaan merupakan elemen penting selanjutnya yang perlu kamu perhatikan ketika membuat foto produk menggunakan kamera HP.

Usahakan dalam penggunaan lighting ini, jangan sampai menggunakan kualitas lighting yang buruk, dan hindari menggunakan flash pada HP karena dapat memperburuk hasil jepretan.

Kamu bisa menggunakan lampu duduk, atau ring led di sisi kiri dan juga sisi kanan produk.

Atau jika kesulitan untuk mendapatkan alat tersebut, kamu juga bisa menggunakan bantuan cahaya matahari.

Kamu bisa menggunakan cahaya matahari di waktu pagi hari sekitar pukul 08.00 sampai 10.00, di mana kontras cahayanya masih belum over, berlebihan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan cahaya matahari di sore hari, kisaran pukul 15.00 sampai 16.00 untuk menambah citra estetis pada objek produk.

Memanfaatkan Fitur Aplikasi Editing

Bagian ini adalah tips terakhir agar hasil foto produk menggunakan kamera HP bisa menjadi lebih menarik, yaitu menggunakan fitur aplikasi editing foto.

Fitur aplikasi editing foto ini merupakan usaha terakhir untuk mempercantik dan membuat foto menjadi lebih estetis.

Kamu bisa memilih beragam fitur aplikasi editing foto melalui playstore atau applestore.

Penggunaan aplikasi editing foto pada HP akan membuat foto menjadi lebih baik, namun usahakan untuk tidak mengeditnya secara berlebihan. Hal ini nantinya akan menghilangkan citra orisinalitas pada foto yang kamu hasilkan.

Fungsi dari adanya aplikasi editing foto untuk sebuah hasil foto produk adalah untuk membuat tampilan produk tidak berbeda dari yang semestinya, dan memperkuat kesan estetis pada foto.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan konsumen yang kecewa dengan produk yang tidak sesuai dengan ekspektasi pada foto produk yang kamu posting.

Bagaimana Cara Membuat Foto Produk Kosmetik yang Menarik untuk Brand-mu?

Hai, Beautypreneurs! Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti menyadari bahwa foto produk ini enggak boleh main-main dalam membuatnya.

Karena ketika memajangnya dalam platform digital bisnismu, konsumen akan menilai kelayakan produk dari foto yang kamu unggah. Bayangkan, bagaimana jadinya bila foto tersebut ternyata sama sekali tidak menarik bagi mereka?

Well, lewat tips membuat foto produk di HP yang telah kami jelaskan di atas. Kamu bisa mencoba mempraktekkannya pada produk kosmetikmu.

Namun, permasalahan foto produk ini enggak akan kamu alami ketika maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. Eits, apa hubungannya, nih?

Berkonsep One Stop Cosmetic Manufacturing, Mash Moshem Indonesia menyediakan pelayanan maklon kosmetik terlengkap. Istilah kerennya: all in.

Tak hanya membantu proses produksi kosmetik dari brand milikmu. Kami juga menyediakan layanan aftersales untuk membuat berbagai media promosi, termasuk foto produk ini.

Jangan khawatir dengan hasilnya, karena layanan ini dilakukan oleh tim multimedia dan cosmetic designer kami secara langsung. Percaya deh, foto produkmu bakal eye catching dan super ciamik!

Sebagai gambaran, kamu bisa simak video ini, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment