Branding Kosmetik

Tips Membuat Nama Produk Kosmetik yang Unik dan Menarik, Simak Ya!

cara menentukan nama produk kosmetik

Beautypreneurs, belakangan ini ada banyak sekali produk kosmetik dengan inovasi baru dan karakter yang unik bermunculan di pasaran. Tak hanya dari fungsinya, nama-nama produknya pun sangat menarik dan khas, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat. Meski begitu, tahukah kamu kalau cara menentukan nama produk kosmetik ini juga tak boleh sembarangan?

Selama ini sebagian dari kita mungkin merasa bahwa kualitas produk, desain kemasan, dan penataan toko menjadi hal yang memengaruhi minat serta ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita jual. Tapi sadarkah kamu bahwa nama produk juga menjadi hal yang sangat penting, loh.

Pasalnya, nama produk yang kita gunakan akan menjadi gambaran yang mewakilkan bisnis kita secara keseluruhan sehingga penamaan produk tidak boleh dilakukan asal-asalan. Nama produk yang kamu pilih harus bisa menjadi identitas yang representatif bagi bisnis kamu.

Dengan begitu, konsumen pun akan lebih mudah mengenali dan mengingat brand yang kamu usung. Apalagi bagi kamu yang mempunyai bisnis di bidang kosmetik, tentunya kamu harus membuat nama produk yang berbeda dari yang lainnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara menentukan nama produk kosmetik yang menarik? Daripada penasaran, mending kamu baca artikel ini untuk membantumu menggali ide dan menemukan cara yang tepat untuk menentukan nama produk kosmetik paling menjual bagi bisnismu.

Check it out, Beautypreneurs!

Mengapa Penting Menentukan Nama Produk Semenarik Mungkin?

Seperti yang telah kita singgung di atas, nama produk merupakan hal yang sangat penting karena komponen tersebut diharapkan mampu merepresentasikan produk yang dijual di pasar. Oleh karena itu, nama produk yang asal “keren” saja tidak akan menjamin apa-apa. Jadi, nama produk seperti apa yang paling baik?

Nama produk yang baik adalah yang bisa merepresentasikan bisnis secara menyeluruh, mulai dari filosofi, visi, hingga misi bisnis kamu. Itu lah mengapa menentukan nama produk ini terbilang cukup tricky, karena identitas bisnis harus mengakar kuat pada nama produk.

Selain mampu menggambarkan identitas bisnis kamu, pastikan nama produk yang kamu gunakan harus belum pernah brand lain pakai. Kenapa begitu?

Mempunyai nama produk yang sama dengan brand lain akan membuat produk yang kamu jual tidak terlalu dikenal dan mungkin terbayang-bayangi oleh brand lain yang sudah ada.

Adapun nama produk yang tepat akan membuat produkmu lebih berkesan, memberikan informasi tentang fitur dan manfaat dari produk tersebut, menghasilkan sentimen positif terhadap brandmu, membantumu lebih menonjol dari kompetitor bisnismu, serta menjadi platform untuk memperluas jangkauan produkmu. Selain itu, masih ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa nama produk kamu harus semenarik mungkin seperti ulasan di bawah ini.

Membantu Konsumen Memilih Produk yang Mereka Butuhkan

Selain memiliki nama produk yang unik dan menarik, kamu juga harus memastikan nama produk yang kamu gunakan sesuai dan relevan dengan produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu tidak akan menyulitkan konsumenmu ketika ingin mencari produkmu.

Sebagai contoh, brand Oriflame mengeluarkan produk dengan nama Tender Care Protecting Balm. Dari namanya saja kita tahu bahwa nama produk tersebut mengandung kata tender care yang dalam bahasa Inggris berarti perawatan kelembutan.

Selain itu, produk tersebut diikuti dengan kata protecting balm sehingga membuat orang yang membacanya akan tahu bahwa produk ini merupakan balsam yang berfungsi untuk melembutkan kulit.

Dengan begitu, konsumen pun akan mengenali produk ini sebagai perawatan untuk melembabkan kulit. Selain itu, jika mereka membutuhkan produk untuk melembaban kulitnya, mereka akan cenderung mengingat Tender Care by Oriflame sebagai produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu.

Membangun Kepercayaan Diri pada Brand Kosmetikmu

Nama produk yang tepat akan membantumu membangun konsistensi dalam identitas dan citra brand yang kamu bangun. Makin konsisten kamu, makin besar juga kemungkinan konsumenmu untuk percaya terhadap produk-produk yang kamu jual.

Sebagai contoh, brand The Body Shop konsisten dengan taglinenya yaitu “Nature’s Way to Beautiful” di mana mereka tetap menggunakan bahan-bahan alami dalam setiap produk yang mereka luncurkan.

Hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap The Body Shop yang konsisten dalam memadukan bahan alami dalam setiap produk kecantikannya.

Menciptakan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk melalui nama, logo, gambar, warna, desain, dan lainnya.

Nah, salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah dengan membuat nama produk yang mudah masyarakat kenali dan tentunya melekat dengan identitas brandmu.

Meningkatnya brand awareness ini sangat menguntungkan bisnis yang kamu jalankan karena hal tersebut mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen, membangun ekuitas brand, dan menciptakan asosiasi brand.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menentukan Nama Produk

Nah, sebelum menentukan sebuah nama produk, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Sinergi Merk

Dalam hal ini, kamu harus memastikan bahwa nama produk yang kamu usung selaras dengan identitas brand dan strategi pemasaran secara keseluruhan.

Kesesuaian dengan Target Pasar

Nama produk kamu harus sesuai atau beresonansi dengan konsumen idealmu. Selain itu, dengan nama produk tersebut, pastikan kamu bisa membangkitkan persepsi, kesan, atau perasaan yang diinginkan.

Visibilitas

Visibilitas berhubungan dengan suatu keadaan yang bisa dilihat dan diamati. Dalam hal ini, pastikan nama produkmu mudah dilihat dan dicari. Misalnya, jika konsumenmu ingin mencari suatu produk di marketplace, mereka akan dengan mudah menemukan produkmu.

Nilai Unik

Mengingat ketatnya persaingan bisnis di pasar, kamu harus meningkatkan kesadaran dan ekuitas brand untuk meraup sebanyak-banyaknya konsumen. Salah satunya adalah dengan memilliki nama produk yang unik dan memiliki kekhasan tersendiri.

Skala yang Ingin Dicapai

Sebelum menantukan sebuah nama produk, kamu harus memikirkan terlebih dahulu apakah produk yang akan kamu luncurkan tersebut ke depannya akan menjadi produk yang berdiri sendiri atau tumbuh menjadi lini produk yang lebih besar. Dengan demikian, nama produk tersebut akan menyesuaikan skala yang ingin kamu capai.

Panjang Umur

Saat menentukan sebuah produk, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri apakah nama produk tersebut akan tetap relevan di setiap zaman atau hanya mengikuti mode yang sedang happening saja.

Jangan sampai nama produk kamu tidak relevan di masa depan karena hal tersebut akan memengaruhi penjualanmu nantinya.

Kesederhanaan

Nama produk yang sulit akan membuat konsumenmu kesusahan menemukan produkmu di kolom pencarian. Oleh karena itu, pastikan nama produk yang kamu gunakan mudah dieja dan dibaca, baik oleh manusia maupun oleh mesin pencarian di internet.

Cara Menentukan Nama Produk Kosmetik yang Menjual

nama produk kosmetik yang menjual

Masalah terbesar yang mungkin kamu hadapi ketika menentukan nama produk adalah kamu tidak memiliki rencana penamaan produk yang tepat. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa cara menentukan nama produk kosmetik yang menarik. Semoga terbantu, ya!

Gali Ide dengan Pertanyaan-pertanyaan seputar Produkmu

Hal pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah menggali ide untuk menentukan nama produkmu. Kamu bisa melakukannya dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait produkmu tersebut. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab.

  1. Apa yang membuat produk kamu berbeda dari yang lain di pasaran?
  2. Apa yang bisa konsumenmu dapatkan ketika membeli produkmu?
  3. Bagaimana produk tersebut terhubung dengan item lain dalam portofoliomu?

Makin banyak ide yang kamu dapatkan dari menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, makin besar pula kemungkinan kamu bisa menghasilkan nama produk yang tepat.

Susun Berbagai Jenis Nama Produk yang Memungkinkan

Saat kamu menjelajahi berbagai cara menamai suatu produk, kamu akan menemukan bahwa ada banyak sekali jenis nama produk di luar sana. Masing-masing nama produk dapat kamu buat berbeda berdasarkan apa yang perusahaan jual kepada konsumennya.

Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan kategori produkmu terlebih dahulu sehingga kamu akan lebih mudah menentukan nama produk sesuai dengan jenis produk yang akan kamu jual.

Dalam cara menentukan nama produk kosmetik ini, kamu bisa memahami berbagai opsi jenis nama berikut ini.

Nama Deskriptif

Nama deskriptif hanya menjelaskan apa yang dilakukan produk tersebut. Jika kamu ingin produk yang kamu jual mudah dikenali, kamu memerlukan nama yang lebih deskriptif.

Misalnya, nama produk Emina Sun Protection SPF 30 PA+++, menggambar penawaran dan fungsi utama dari produk tersebut, yaitu melindungi kulit dari sinar matahari.

Asosiatif/Sugestif

Nama sugestif adalah nama yang menyarankan apa yang mungkin dilakukan produk secara tersirat tanpa memberi tahu apa sebenarnya produk tersebut. Sebagai contoh, produk Laneige Time Freeze Eye Serum tidak semata-mata berarti waktu yang beku.

Akan tetapi, produk ini mengisyaratkan bahwa dengan menggunakan produk ini, konsumen bisa mendapatkan mata yang awet muda.

Nama dengan Makna Arbitrer

Ada beberapa nama produk yang dibuat menyimpang atau sewenang-wenang yang memiliki hubungan emosional dengan produk tetapi tidak mendeskripsikannya dengan cara apa pun. Misalnya, nama produk Dove yang berarti merpati sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan kecantikan.

Akan tetapi, Dove di sini melambangkan perdamaian, cinta, kelembuatan, dan kemurnian yang hadir sebagai karakter dalam setiap produknya.

Neologistik

Terakhir, nama yang unique dan fancy sengaja dibuat untuk mendeskripsikan produk tanpa menggunakan bahasa yang ada. Misalnya, nama produk Herborist tidak ada di kamus, tetapi kita bisa membayangkan nama ini sebagai nama produk yang menjual produk kecantikan herbal.

Memilih jenis nama yang tepat memang bukanlah hal yang dapat dengan mudah kamu tentukan begitu saja. Biasanya, opsi terbaik adalah memilih ide penamaan produk yang paling sesuai dengan brand kamu.

Menggunakan nama-nama unik dan aneh memang banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan, kecuali perusahaan teknologi canggih. Mereka cenderung menggunakan rangkaian nama produk yang lebih deskriptif.

Berbeda lagi dengan perusahaan kosmetik yang lebih fleksibel dalam penggunaan nama. Perusahaan kosmetik bebas menggunakan nama produk dengan empat opsi di atas.

Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa menggunakan nama produk yang aneh dan asing, justru akan membuat konsumenmu sulit mengenali serta mencari produkmu, terutama jika brandmu belum menjadi brand yang besar.

Lakukan Riset di Marketplace

Lagi dan lagi, setiap strategi bisnis memerlukan riset pasar untuk menghasilkan keputusan yang paling tepat demi mengembangkan bisnis yang dijalankan. Begitu juga dalam cara menentukan nama produk kosmetik yang menjual dan dapat memikat hati konsumen.

Makin banyak riset yang kamu lakukan, makin banyak informasi dan pengetahuan yang kamu miliki untuk menginspirasi serta mendidik keputusan bisnismu. Luangkan waktu dan siapkan jadwal untuk menerapkan beberapa hal di bawah ini.

Pertama, lakukan analisis kompetitor bisnis untuk melihat strategi penamaan produk seperti apa yang brand lain gunakan di wilayahmu. Jika kompetitor bisnismu telah memilih nama yang kreatif dan fantastis, kamu mungkin bisa belajar dari mereka dan mengikuti strategi yang sama. Alternatifmya, kamu bisa memutuskan untuk menemput jalan lain yang berbeda untuk membantu bisnismu lebih menonjol.

Kedua, pikirkan tentang konsumenmu dan jenis bahasa apa yang paling cocok untuk mereka. Hal ini harus kamu perhatikan sejak pertama kamu memikirkan nama produkmu atau daat kamu mulai mempelajari teknik pemasaran.

Terakhir, periksa merek dagang dan pastikan kamu mengetahui jenis kata dan frasa yang tidak bisa kamu gunakan karena alasan hukum. Dalam hal ini, kamu harus memeriksa ulang ketersediaan nama yang kamu pilih setelah sesi brainstorming. Namun, beberapa penelitian sebelumnya bisa mencegah kamu membuang-buang waktumu yang berharga.

Pastikan Nama Mudah Diingat

Nama yang mudah untuk masyarakat ingat akan membuat konsumen lebih mudah mendapatkan produkmu. Dengan begitu, penjualanmu akan makin meningkat.

Mudah Dieja dan Diucapkan

Salah satu cara agar nama produkmu mudah konsumen ingat adalah dengan membuatnya mudah dieja dan diucapkan. Jika konsumenmu mudah mengeja dan mengucapkan nama produkmu, mereka akan lebih mudah mengingatnya.

Terlebih lagi jika mereka ingin merekomendasikan produkmu pada orang lain, orang tersebut akan lebih mudah mencari produk tersebut karena mudah dieja dan ditulis pada mesin pencarian.

Unik dan Singkat

Dengan menggunakan nama unik dan singkat, produk kamu akan lebih mudah konsumen ingat. Pemilihan nama yang unik dan singkat sebaiknya kamu buat dengan satu sampai dua kata saja yang sesuai dengan produk.

Namun, kamu tetap harus menghindari penggunaan nama dengan konotasi yang negatif. Karena hal tersebut bisa memengaruhi citra dari brand kosmetikmu.

Belum Pernah Digunakan

Salah satu cara membuat nama produkmu lebih mudah kamu ingat adalah dengan menggunakan nama produk yang belum pernah digunakan sebelumnya oleh brand lain. Dalam hal ini, pastikan nama tersebut benar-benar baru dan bebas dari hak paten.

Dalam upaya memastikan hal tersebut, kamu bisa mencoba melakukan pencarian pada mesin Google untuk melakukan survei apakah nama produk yang akan kamu gunakan tidak terkait dengan hal-hal negatif.

Nah, untuk mengecek apakah nama produk tersebut belum pernah terpakai, kamu bisa mengecek di halaman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Hindari Menggunakan Singkatan

Terakhir, pastikan nama produk yang kamu gunakan tidak mengandung singkatan. Kenapa? Nama produk yang merupakan singkatan dari huruf atau angka bisa membingungkan konsumenmu, terutuama jika bisnismu tergolong baru.

Berikan Makna Khusus

Kamu perlu memilih nama produk yang memiliki makna positif karena hal tersebut akan memengaruhi citra bisnis kamu. Selain itu, nama produk kamu sebaiknya memiliki makna yang membuat konsumenmu tidak bertanya-tanya mengapa nama itu kamu pilih.

Sebagai contoh, brand True to Skin memiliki tagline “Beauty Within Your True Skin”. Di sini, nama yang brand tersebut gunakan ini memiliki makna tersendiri. Yakni, ingin mengampanyekan pada konsumennya bahwa mereka bisa memencarkan kecantikan yang sejati dengan menggunakan produk perawatan dari True to Skin ini.

Jadikan Nama Stand Out

Untuk menjadikan nama produkmu stand out atau menonjol, kamu bisa membuat nama produk yang unik dan berbeda dari lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memainkan sinonim atau alternatif lain untuk kata-kata yang sudah umum.

Kamu juga bisa menggabungkan dua kata untuk membuat sesuatu yang baru atau mengubah ejaan suatu kata untuk menjadikannya unik. Terakhir, kamu juga bisa menambahkan akhiran atau awalan untuk memberikan minat tambahan.

Intinya, kamu bisa bermain-main dengan pilihan kata dan mengutak atiknya menjadi suatu nama produk yang unik dan berbeda dari lainnya. Akan tetapi, pastikan nama produk yang kamu buat tetap mudah diucapkan dan didengar, ya.

Riset Duplikasi Nama di HAKI

Nah, yang terakhir kamu juga harus melakukan riset duplikasi nama di HAKI, loh. Pasalnya, dengan menggunakan nama yang sama dengan nama brand lain yang telah terdaftar kamu bisa kena kasus hukum.

Selain itu, produk kamu akan selalu terbayang-bayangi oleh produk dari brand lain yang telah ada sebelumnya. Jadi, hati-hati, ya.

Baca Juga: Mau Bikin Merk Kosmetik? Ketahui Pentingnya HKI untuk Brand Kosmetik Berikut Ini

Tips Memaksimalkan Nama Produk Kosmetikmu Biar Makin Menjual

Sebenarnya, hal yang membuat sulit dari proses penamaan produk adalah kenyataan bahwa tidak ada aturan yang harus ditetapkan. Bagi beberapa perusahaan, nama terbaik untuk sebuah produk adalah nama yang secara eksplisit menggambarkan apa yang bisa produk mereka berikan bagi konsumen. Namun, tak sedikit juga yang justru membuat nama produk terlalu panjang. Adapun bagi yang lain, cara membuat nama produk adalah dengan mengarang kata saja.

Padahal, menamai produk bukan hal yang bisa kamu buat asal-asalan, tetapi bisa menjadi bagian penting dari untuk membangun awareness merk dan produk kosmetikmu. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan nama produk kosmetikmu biar makin menjual. Mari kita coba..

Jangan Harap Konsumen Langsung Jatuh Hati

Ketika kamu meluncurkan sebuah produk, tidak semua orang akan menyukai nama produkmu. Akan tetapi, jangan berkecil hati karena seiring berkembangnya nama produk kamu, nama tersebut akan mulai memperoleh asosiasi tambahan yang membuatnya lebih bermakna.

Pastikan Nama Produk Bisa Diterjemahkan

Ketika kamu membuat sebuah nama produk, pastikan nama produkmu tersebut jika diterjemahkan ke dalam bahasa lain tidak mengandung istilah negatif atau bertentangan dengan produk yang kamu jual.

Salah satu produk kecantikan dari Indonesia yang bernama Raiku yang dalam bahasa Jawa berarti wajahku. Nama produk dari bahasa lokal ini sangat relevan dengan produk-produk yang kamu jual selama ini.

Pastikan Adanya Cerita

Perlu kamu ingat bahwa kamu tidak boleh terlalu terpaku dengan nama produk yang kamu pilih. Strategi penamaan produk sering kali merupakan sesuatu yang berkembang secara alami dari waktu ke waktu saat kamu mulai mempelajari lebih lanjut tentang persona konsumen dan perusahaan.

Seiring berkembangnya waktu, lini produk dan konsumenmu terus berkembang, kisah nama produkmu pun akan berubah juga. Oleh karena itu, pastikan nama produk yang kamu gunakan selalu relevan di setiap zaman sehingga kamu bisa menjangkau pasar baru dan terhubung dengan konsumen yang berbeda.

Buat Nama Sesuai dengan Produkmu

Kemudian, tips memaksimalkan cara menentukan nama produk kosmetik selanjutnya adalah sesuai dengan apa yang kamu jual. Dengan begitu, konsumenmu tidak akan kesusahan mencari produk yang mereka butuhkan. Jika nama produkmu tidak sesuai, akan sulit bagi konsumen untuk mengidentifikasi apa yang kamu jual.

Itu lah penjelasan mengenai nama produk dan cara menentukan nama produk kosmetik yang menjual dan tips memaksimalkannya. Bagi kamu yang baru menjalankan bisnismu dan sedang bingung menentukan nama produk yang sesuai, kamu bisa menerapkan tips dan cara-cara di atas. Pastikan nama produk kamu unik dan menarik agar konsumenmu mudah mengenali produkmu.

Jika kamu tak merasa yakin dengan pilihanmu sendiri, kamu bisa membentuk tim kreatif untuk melakukan brainstorming demi menentukan konsep dan nama yang tepat untuk produkmu.

Menciptakan produk kosmetik dengan tim kreatif dan inovatif

maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia

Sayangnya, menemukan tim kreatif sendiri cukup sulit untuk kamu lakukan dalam waktu singkat. Terlebih tim ini haruslah paham mengenai tren pasar kosmetik dan mengerti nilai jual produkmu.

Memahami betapa pentingnya sebuah tim ini untukmu, Mash Moshem Indonesia tak hanya memberimu akses ‘produksi produk’ saja. Kamu juga bisa berkolaborasi secara aktif bersama tim pemasaran kreatif kami dan mendiskusikan berbagai ide yang kamu miliki.

Jangankan soal nama, kamu juga bisa mendiskusikan berbagai aspek branding dari merk dan produk kosmetik yang ingin kamu buat. Termasuk warna brand, logo, legalitas dan sertifikasi, hingga hak kekayaan intelektual.

Selain itu, kami juga menyediakan layanan aftersales untuk pembuatan media promosi produkmu. Mulai dari product knowledge, video produksi dan company profile, brosur, dan banyak lainnya.

Nah, sudah siap menciptakan produk terbaik dengan tim kreatif dan inovatif? Yuk, segera hubungi tim pemasaran kami dengan klik di sini!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011