Strategi Viral Marketing, Kelebihan dan Cara Penerapannya
Brand awareness menjadi bagian penting dalam marketing bisnis. Untuk mencapai keberhasilan brand awareness tentu dibutuhkan banyak strategi, dan ini tidak mudah. Terutama dalam menciptakan brand awareness untuk brand kosmetik yang kamu miliki.
Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak strategi marketing yang bermunculan. Khususnya di platform sosial media TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook.
Tak heran jika banyak brand kosmetik bersaing lewat strategi marketing di sosial media. Salah satunya dengan menerapkan strategi viral marketing yang dinilai lebih efektif.
Mungkin belum banyak yang tahu mengenai strategi viral marketing. Untuk membantu mengenalnya, kamu bisa menyimak penjelasan berikut, ya, Guys!
Apa itu Viral Marketing?
Strategi viral marketing merupakan pemasaran yang disebarkan lewat konten dengan mengandalkan audiens. Konten dan iklan yang menarik juga memicu emosional dari penonton. Itu sebabnya, konten yang menarik lebih cepat diterima orang dalam waktu singkat.
Tujuan dari strategi viral marketing ini adalah memudahkan proses promosi agar cepat viral dan menjadi topik perbincangan publik. Seperti yang kita tahu bahwa hal yang viral akan cepat menyebar luas bagai virus, bahkan bisa menyasar lapisan masyarakat di mana saja.
Tentunya ini juga dipengaruhi oleh era digital yang semakin canggih dan maju. Banyak platform sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan strategi viral marketing.
Saat ini pun, banyak brand kosmetik yang menggunakan strategi ini untuk mempromosikan produk-produk mereka. Jika kamu pernah menjumpai, billboard-billboard besar di sekitaran jalanan ada yang memakai strategi viral marketing ini.
Contohnya iklan penyedia jasa seperti ojek online, iklan reksadana, iklan minuman, iklan kartu perdana dan masih banyak lagi. Hampir seluruh iklan dengan strategi viral marketing ini terlihat sederhana namun bisa memancing perasaan yang melihatnya.
Plus, penyematan kalimat di dalamnya juga membuat audiens berpikir dan mempertimbangkan keputusan apakah tertarik atau tidak.
Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing
Penerapan strategi viral marketing untuk sebuah bisnis kosmetik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum kamu memutuskan untuk menerapkan strategi ini, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya berikut ini:
Kelebihan
Menghemat Budget untuk Iklan
Strategi viral marketing tidak hanya dilakukan brand besar tapi brand kecil juga bisa melakukannya. Budget tiap perusahaan tentu berbeda, untuk brand kecil meminimalisir pengeluaran juga hal yang snagat penting.
Menggunakan strategi viral marketing bisa kamu jadikan opsi dalam menghemat budget iklan. Jadi kamu bisa memilih konten tidak terbatas untuk disebarkan ke banyak audiens secara terus menerus.
Membantu Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness menjadi bagian penting dari strategi marketing. Dengan menggunakan strategi viral marketing, nantinya akan membuat bisnis kamu menjadi lebih familiar di benak publik.
Apalagi jika kamu membuat iklan menarik yang bisa menyampaikan pesan secara bermanfaat dan solutif, tentu hal ini akan menjadi nilai plus.
Memiliki Kesempatan Diliput Media
Media selalu tertarik dengan hal viral. Salah satu keuntungan yang akan kamu terima jika menggunakan strategi viral marketing ini, akan membuka kesempatan bisnis kamu diliput oleh berbagai media.
Iklan yang menarik dan berhasil viral tanpa harus press release akan menarik minat media. Dan ini juga menjadi kesempatan bagus untuk kamu merambah ke media seperti koran, televisi, radio, dan sebagainya.
Kekurangan
Potensi Mendapatkan Citra Negatif
Strategi viral marketing biasanya dilakukan dari mulut ke mulut oleh audiens. Belum lagi pandangan audiens terhadap suatu iklan yang mungkin melenceng dari tujuan penyampaian dalam iklan tersebut.
Faktor inilah yang nantinya bisa memicu citra negatif dari tujuan sebenarnya iklan tersebut dibuat. Akan lebih baik jika sebelum membuat konten atau iklan, kamu bisa melakukan riset bersama tim terlebih dahulu.
Dinilai Sebagai Spam
Penyebaran konten atau iklan secara intens memang tidak selamanya berdampak baik. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, mengenai perspektif audiens lain.
Kesan yang berbeda-beda dari audiens bisa saja menimbulkan hal yang berbeda dan mungkin bisa menimbulkan kesan negatif sehingga dianggap sebagai spam. Audiens dengan perspektif negatif akan merasa bosan jika melihat iklan atau konten bisnis kamu di mana-mana.
Sulit untuk Diprediksi
Strategi viral marketing memiliki kemungkinan untuk berhasil dan tidak. Meski biasanya telah diatur sedemikian rupa, strategi ini sangat sulit untuk diprediksi. Jadi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kegagalan yang tak terduga sebelumnya.
Misalnya saja, ada beberapa iklan yang hanya viral secara singkat. Ada pula yang membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan ada yang tidak sampai viral. Itu sebabnya, dibutuhkan strategi yang tepat agar iklan yang dibuat tidak sia-sia saat kampanye.
Cara Menerapkan Strategi Viral Marketing untuk Brand Kosmetik
Strategi viral marketing bisa diterapkan dalam bisnis kosmetik. Sebagai brand owner, kita juga bisa mencoba membuat iklan yang menarik dari biasanya. Agar berhasil, kamu harus memperhatikan cara berikut:
Tentukan Tujuan Pemasaran
Menentukan tujuan dari iklan yang akan kamu buat adalah bagian paling penting. Tujuan ini nantinya berhubungan dengan makna yang akan audiens terima dari konten promosimu. Makna yang jelas akan membantu memperjelas tujuan dari konten yang akan kamu buat.
Selain itu, kamu juga harus memiliki alasan yang mendasar tentang mengapa kontenmu harus viral. Penentuan ini penting agar konten yang akan kamu buat menjadi terarah dan tepat sesuai tujuan. Dan akan semakin bagus jika konten tersebut bisa menyasar audiens sesuai pasar.
Tentukan Target Audiens dan Saluran Pemasaran yang Tepat
Cara kedua ini masih berhubungan dengan poin pertama. Makna dan tujuan menjadi aspek yang penting untuk menyampaikan pesan kepada audiens atau pasar. Itulah mengapa menentukan makna dan tujuan yang ingin promosi harus benar-benar melalui proses perencanaan serta pertimbangan yang matang.
Setelah menentukan target pasar dan audiens yang akan disasar. Kemudian, kamu harus menentukan saluran pemasaran seperti apa yang ingin kamu gunakan. Misalnya kamu ingin membuat iklan di YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, Billboard, atau media sejenisnya. Pastikan jika channel yang kamu gunakan adalah tempat dari audience dan target pasarmu.
Selalu Gunakan Social Media Reporting/Analytics
Strategi viral marketing sangat mengandalkan peran audiens. Tidak mungkin konten atau iklan yang kamu buat viral begitu saja jika tidak bisa menarik minat audiens. Jadi, kamu harus mengetahui konten seperti yang akan diminati audiens.
Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan memakai analitik media sosial. Alat ini akan memudahkan kamu dalam mengumpulkan data dari tiap aktivitas sosial media, termasuk melacak performa dari konten atau iklan yang kamu buat.
Ada beberapa tools analitik yang bisa kamu gunakan seperti Sprout Social, Brandwatch, Hootsuite, TapInfluence, dan masih banyak lagi. Dari tools itu kamu bisa dengan mudah mencari insight mana yang paling unggul dari kontenmu.
Pastikan Konten Buatanmu Mudah untuk Dibagikan
Membuat konten menjadi viral tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak sekali cara yang harus kamu perhatikan, salah satunya memastikan bahwa konten yang kamu buat dapat dengan mudah audiens bagikan di media sosial mereka. Sebab, konten yang mudah dibagikan akan membuat peluang lebih besar untuk viral dan bisa menyasar target pasar yang ada.
Ciptakan Hashtag yang Sesuai
Hastag yang menarik dan unik juga menjadi salah satu strategi viral marketing. Pastikan hastag yang kamu buat dapat mempermudah audiens dalam melacak produk kamu. Setelah itu perhatikan juga seberapa sukses campaign yang kamu buat.
Pengambilan hastag juga bisa kamu sesuaikan dengan keyword yang banyak audiens cari. Untuk mengetahui itu kamu bisa mencarinya lewat tools analitik sosial media. Setelah itu, kamu bisa menyesuaikan hastag sesuai keyword.
Pakai Trend Jacking
Memanfaatkan isu yang sedang tren juga menjadi bagian dari strategi viral marketing, strategi ini populer dengan nama trend jacking. Platform media sosial biasanya menyajikan isu yang sedang hangat jadi perbincangan masyarakat.
Kamu pasti pernah melihat hal ini di Twitter, kan? Biasanya orang-orang memanfaatkan hal ini dengan menyisipkan promosi atau iklan di dalamnya.
Sebagai brand owner, kita juga harus peka dengan isu-isu di sekitar. Kebutuhan skincare sekarang juga beragam, dari isu ini kamu juga bisa memanfaatkan keadaan dengan melakukan trend jacking.
Pertama, kamu bisa melakukan promosi produk yang relevan dengan isu. Selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan pembuatan konten atau iklan sesuai dengan isu yang sedang trend.
Personalisasi Konten Promosi
Strategi viral marketing sangat membutuhkan audiens. Menciptakan konten yang relate dan menarik untuk dibagikan akan memudahkan kamu dalam menyampaikan iklan serta menyasar audiens yang relevan.
Cara ini masih berhubungan dengan poin kedua, yaitu membuat konten yang relevan dengan audiens dan target pasarmu. Konten yang relevan nantinya akan menarik minat audiens terhadap produk kamu, dan itu dapat membuat peluang penjualan semakin besar.
Ciptakan Kesan Emosional dan Berkualitas
Menciptakan emosional dari audiens dapat membawa iklanmu lebih cepat viral. Audiens yang menerima iklan atau kontenmu bisa datang dari berbagai kalangan dan memiliki perasaan yang berbeda-beda. Dengan begitu kamu bisa menggunakan strategi ini untuk menampilkan emosi atau perasaan yang tergambar dalam konten.
Melansir dari Niagahoster, bahwa ada penelitian yang menyatakan jika emosi menjadi penggerak utama bagi seseorang dalam mengambil keputusan. Jadi saat membuat konten kamu bisa menentukan bagaimana perasaan dan tujuan yang ingin kamu sampaikan kepada audiens.
Keberhasilan strategi viral marketing ini juga harus kamu imbangi dengan pembuatan konten yang tepat. Mengapa? Karena konten yang menarik minat audiens akan semakin mudah menjangkau pasar.
Apalagi jika kamu benar-benar tahu keinginan audiens, bukan tidak mungkin jika konten yang kamu buat akan menjadi viral.
Baca juga: Strategi Marketing Ala Skintific, Bikin Merek Kosmetikmu Viral dan Populer
Nah, Beautypreneurs, itu adalah penjelasan mengenai strategi viral marketing dan bagaimana penerapannya untuk brand kosmetik. Apakah kamu tertarik menggunakan strategi ini untuk mempromosikan produk kosmetikmu di media sosial?
Agar promosimu berjalan lancar dan masyarakat dapat menrima dengan baik produkmu, pastikan kosmetik yang kamu buat berkualitas terbaik. Dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan kosmetik berkualitas dan dapat bersaing di pasar nasional, maupun internasional.
Tak hanya itu, di Mash Moshem Indonesia kamu juga bisa mendapatkan layanan pembuatan media promosi, yang dapat kamu pajang dan gunakan di berbagai channel pemasaranmu. Mulai dari pembuatan brosur, product knowledge, foto produk, hingga video produksi. Menarik, bukan?
Yuk, langsung klik tombol di bawah untuk mulai berkonsultasi dengan tim pemasaran kami!