Bisnis Kosmetik

Mau Mulai Bisnis Skincare Korea? Simak Peluang dan Tip Mulainya

peluang bisnis kosmetik dan skincare korea

Apa kabar Beauty Preneur? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya. Sebagai orang yang tertarik di dunia bisnis skincare tentu tidak asing lagi mengenai skincare Korea yang beberapa tahun terakhir ini menjadi booming di mana-mana. 

Tidak hanya di Korea Selatan sendiri, namun di berbagai penjuru negara, skincare Korea ini menarik perhatian publik.

Kok bisa, ya? 

Hal ini tidak lepas dari pengaruh meledaknya budaya Korea seperti K-Pop dan K-Drama yang banyak menyita perhatian mata dunia. 

Artis-artis yang sangat menawan, tampan, cantik, berbakat, dan fashionable membuat banyak mata tertuju pada mereka. 

Sehingga Korea pun menjadi salah satu negara yang menginspirasi dalam bidang seni, tidak terkecuali inovasi skincare mereka.

Wah, sangat menarik untuk dibahas, ya, Beauty Preneur? Untuk itu simak artikel hingga akhir, ya, agar kamu mendapatkan informasi secara jelas dan lengkap.

Membaca Peluang untuk Memulai dan Mengembangkan Bisnis Skincare Korea di Indonesia

Kiranya, fenomena Korean Wave ini telah menjadi tren global, tidak terkecuali di Indonesia. Lihat saja anak-anak jaman sekarang, begitu banyak hal-hal menyangkut budaya Korea yang menginspirasi dunia anak muda. Seperti fashion, musik, film, drama, skincare, kosmetik, bahkan kuliner.

Di film dan drama Korea pun terlihat pemerannya yang begitu modis dengan wajah menawan, sehingga banyak mempengaruhi anak muda untuk memilih produk yang berbau Korea, agar sama dengan idola mereka.

Kecantikan ala ala gadis Korea telah mempengaruhi banyak wanita di Indonesia, sehingga banyak wanita memilih skincare Korea sebagai produk kecantikan mereka.

Berdasarkan data dari Rakuten, sebanyak 46 persen wanita Indonesia menggunakan skincare dari Korea Selatan, angka yang besar, bukan?

Dengan demikian, peluang untuk memulai dan mengembangkan bisnis skincare Korea di Indonesia terbuka lebar.

Jenis Brand Skincare Korea Terlaris di Indonesia

Berikut merupakan nama-nama brand yang banyak diminati di Indonesia, yang pastinya sudah tak asing di telingamu. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini:

Innisfree

Produk dengan merek ini terkenal dengan produknya yang menggunakan formula dari bahan alam yang berasal dari Pulau Jeju. Seperti green tea, aloe vera, apple seed, anggrek Jeju, vulkanik Jeju,  delima, dan bunga sakura.

Jenis produknya antara lain moisturizer, serum, toner, sheet mask, sleeping mask, face mist, dan cleansing foam. Harganya juga cukup bervariasi tergantung jenis produk dan ukurannya yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu per produk.

Untuk pemasarannya, Innisfree menjualnya secara online dan offline. Kamu dapat menjumpainya baik di toko online seperti  Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan website resmi Innisfree maupun toko offline seperti gerai atau ritel fisik.

Some by Mi

Some by Mi populer dengan formula atau bahannya yang alami yang bermanfaat untuk kulit kusam, berjerawat, sensitif, dan berminyak. Seri produk yang terkenal diantaranya 30 Days Miracle, Yuja Niacin, dan True Cica.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 99 ribu sampai Rp 300 ribu per produk. Untuk pemasarannya, produk ini menjual produknya secara online melalui website resmi Some by Mi, media sosial, dan market place seperti Lazada, Tokopedia, dan Shopee.

Laneige

Laneige ditujukan untuk target konsumen menengah keatas, sehingga harganya lebih mahal dibandingkan skincare Korea yang lain. Produk Laneige dibandrol dengan harga Rp 350 ribu hingga Rp 1.2 juta.

Produk perawatan kulit yang ditawarkan meliputi toner, serum, lip sleeping mask, water sleeping mask, dan pembersih. Penjualan Laneige melalui website resmi mereka, marketplace seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Selain itu, Laneige juga tersedia di toko ritel fisik.

COSRX

COSRX memiliki desain kemasan yang minimalis namun tetap menarik perhatian konsumen. Formulanya pun efektif dan memiliki rangkaian produk skincare untuk berbagai masalah kulit seperti dehidrasi, kusam, sensitif, dan berjerawat.

Harga dari produk ini dibanderol mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu per produk. Produk ini dapat dibeli melalui website resmi maupun di Sephora, Amazon, maupun iHerb. COSRX juga bekerja sama dengan toko-toko offline ternama seperti Guardian, Watson, dan Sociolla.

Nature Republic

Keunggulan dari produk ini adalah penggunaan bahan-bahan alami dalam formulanya dan pemasaran yang jitu. Salah satu produk best sellernya adalah Aloe Vera 92% Soothing Gel yang telah terjual lebih dari 100 juta di seluruh dunia, hebat sekali, bukan?

Harga dari produk ini mulai dari Rp 88 ribu sampai dengan Rp 1.4 juta. Nature Republic telah memiliki lebih dari seribu gerai di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Produk ini juga dapat didapatkan di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan website resminya.

Pyunkang Yul

Produk ini berasal dari klinik pengobatan oriental Pyunkang di Korea. Produk ini populer untuk pengobatan kulit sensitif dan berjerawat dengan formula alami tradisional Korea, seperti akar 

astragalus, ekstrak kulit pohon willow, dan akar coptis.

Produk best seller-nya salah essence toner yang mengandung 91,3 % Milk Vetch Root Extract yang berkhasiat melembabkan dan menyehatkan kulit. Pyunkang Yul dibandrol dengan harga Rp 80 ribu – Rp 400 ribu saat dibeli di website official dan media sosial Pyunkang Yul.

Sulwhasoo

Brand ini merupakan perawatan kulit mewah yang memiliki sejumlah jenis produk seperti toner, serum, masker, pembersih, dan juga make up. Produk ini mengandung formula alami seperti ginseng, bunga putih, dan jamur reishi yang dipercaya dapat meningkatkan kelembaban dan kesehatan kulit.

Produk premium ini dibanderol dengan harga Rp 530 ribu hingga Rp 11.5 juta, harga yang fantastis, bukan? Sulwhasoo dapat dibeli secara online melalui web resmi dan flagship store Sulwhasoo.

Nasific 

Brand ini menawarkan berbagai jenis produk untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, kulit kering, dan keriput yang mengkhawatirkan.

Salah satu produknya yang populer adalah Fresh Herb Origin Serum yang mengandung ekstrak chamomile dan rosemary yang membantu melembabkan dan menenangkan kulit.

Harga yang dibanderol sekitar Rp 100 ribu – Rp 300 ribu cukup dapat dijangkau masyarakat luas. Produk ini dapat ditemukan di marketplace, media sosial, dan website resmi Nasific.

Mau buat produk skincare ala Korea dengan brand kosmetikmu sendiri? Ajukan sampelnya dengan isi formulir di bawah, yuk!

Rantai Distribusi Skincare Korea yang Perlu Kamu Tahu

Rantai distribusi skincare merupakan rangkaian tahapan pendistribusian produk skincare mulai dari produsen hingga konsumen akhir. Berikut rantai distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen:

Pabrik

Tahap pertama tentu saja pabrik, dimana sebuah produk diformulasi dan diproduksi. Sebelum sampai di pasaran, tentu saja produk akan diuji secara klinis dan mendalam untuk dapat dikatakan layak pakai. Pada tahap ini, pabrik juga bertanggung jawab dalam hal pengemasan dan pemberian label sesuai aturan yang berlaku.

Distributor

Setelah pabrik, tahap berikutnya adalah distributor. Distributor merupakan perusahaan yang membeli produk dalam jumlah besar dan menjualnya kembali kepada supplier atau retailer. Distributor juga menawarkan layanan pengiriman, penyimpanan, dan promosi.

Supplier Tangan Pertama

Supplier tangan pertama ini merupakan pihak yang membeli produk dari distributor untuk kemudian dijual pada retailer atau pengecer. Biasanya dijual dalam jumlah kecil pada pengecer.

Retailer 

Tahap terakhir ini menjual produk secara langsung kepada konsumen. Retailer ini dapat berupa toko kosmetik, supermarket, marketplace online, maupun toko skincare.

Langkah Menjalankan Bisnis Skincare Korea

cara memulai bisnis kosmetik dan skincare korea

Jika kamu memang tertarik menjalankan bisnis skincare Korea, beberapa langkah berikut perlu kamu ketahui.

Pelajari dan Pilih Model Bisnis yang Tepat

Kamu dapat mempertimbangkan apakah kamu akan menjadi distributor, reseller, ataupun dropshipper. Jika kamu ingin menjadi distributor, kamu memiliki keleluasaan dalam mengelola produk namun tentunya kamu membutuhkan modal yang besar.

Saat memilih menjadi reseller, kamu tidak perlu melakukan produksi dari awal, sehingga risiko ruginya lebih kecil. Modalnya pun tidak begitu besar, namun kamu harus siap melakukan banyak hal seperti pengemasan, pengiriman, melayani pelanggan, dan menerima komplain.

Jika kamu memilih menjadi dropshipper, maka akan lebih mudah dan efisien, karena tidak perlu melakukan pengiriman produk, namun kamu tidak memiliki kontrol terhadap ketersediaan dan kondisi barang.

Pahami Keunggulan dan Kekurangan Produk-produk Skincare Korea

Adapun keunggulan skincare Korea antara lain kemasan yang menarik sehingga menarik banyak peminat, menawarkan berbagai jenis pilihan produk untuk beragam jenis kulit, menggunakan bahan alam ataupun bahan unik, produk yang ramah lingkungan dan organik.

Meski demikian, masih ada kekurangannya seperti bahan tertentu dapat menyebabkan kulit terasa gatal dan terbakar, produksi minyak menjadi berlebih bahkan jerawat, iritasi dan kulit mudah terkelupas.

Tentukan Brand dan Jenis Produk yang akan Kamu Jual

Kamu harus mengetahui segmen pasar dan target konsumen yang akan membeli produkmu Misalnya, kamu bisa memilih target konsumen yang spesifik misal produk untuk untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Kamu juga harus memiliki produk knowledge yang baik mengenai produk yang akan kamu jual, sehingga kamu dapat memberi informasi yang jelas dan spesifik kepada konsumen.

Siapkan Modal

Memulai bisnis apapun, tentu saja harus ada modal yang cukup. Kamu dapat menyusun anggaran dan menentukan modal yang sesuai dengan model bisnis yang kamu pilih. Pastikan kamu memiliki budget yang cukup untuk pembelian stok produk, branding, pengiriman, penyimpanan, pemasaran, serta biaya operasional lainnya.

Pilih Supplier yang Tepat

Termasuk kunci sukses dalam berbisnis adalah keberuntungan memiliki supplier yang tepat. Pastikan supplier yang kamu pilih terpercaya, memiliki reputasi yang baik, dan bersikap profesional. 

Pastikan juga supplier kamu menyediakan skincare Korea yang original, serta memberimu harga yang masuk akal, pelayanan yang cepat dan ramah serta memudahkanmu dalam bertransaksi.

Gunakan Strategi Pemasaran yang Menarik dan Menjual

Hal yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah strategi pemasaran. Kamu dapat memanfaatkan media sosial, website, bahkan influencer untuk memasarkan produkmu. 

Jangan lupa berikan voucher, diskon, giveaway, product knowledge yang menarik, maupun review pelanggan untuk menarik perhatian pembeli.

Tips Mengembangkan Bisnis Skincare Korea 

Setelah kamu memahami langkah dalam menjalankan produk skincare Korea, berikut merupakan tips untuk mengembangkan bisnismu agar lebih besar.

Lakukan Branding

Dalam dunia marketing, branding ini sangatlah penting karena membentuk identitas tokomu di mata konsumen. Kamu ingin dikenal sebagai toko yang bagaimana, persepsi konsumen yang terbentuk akan bagaimana, semua tergantung dari branding yang kamu lakukan.

Tambahkan Variasi Produk Lain dalam Tokomu

Setelah kamu sudah menemukan produk skincare Korea yang cocok untuk tokomu, kamu dapat mengepakkan sayap untuk menambahkan variasi produk lain dalam tokomu agar produk yang kamu miliki lebih beragam dan konsumen jadi leluasa untuk memilih. Kamu juga bisa membuat produk dengan brandmu sendiri dengan jasa maklon skincare dan kosmetik.

Tawarkan Promosi yang Menarik

Promosi yang unik dan menarik akan lebih dilirik oleh konsumen. Kamu dapat membuat iklan yang menarik di media sosial dengan bantuan influencer, kamu juga dapat memberi diskon atau voucher, mengadakan giveaway, maupun membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Membuat Toko Offline

Kamu dapat membuat toko offline untuk memperluas jaringan konsumen. Dengan memiliki toko offline kamu dapat memajang berbagai produk skincare Korea milikmu.

Memperluas Target Pasar

Jika sebelumnya target pasarmu khusus untuk kulit berjerawat kamu dapat memperluas target konsumen dengan menyediakan produk untuk kulit kering, kulit kusam, maupun kulit kasar. Dengan begitu produk yang kamu sediakan juga lebih banyak dan konsumen yang datang juga lebih banyak.

Sudah Punya Pembeli Loyal? Sekarang Buat Produk Skincare Korea dengan Brand Kosmetikmu Sendiri!

jasa maklon kosmetik mash moshem indonesia

Jika kamu sudah memiliki marketplace maupun toko offline dengan pembeli yang loyal, kamu dapat mengembangkan bisnismu dengan menciptakan produk skincare Korea dengan brand kosmetikmu sendiri. 

Hah? Apakah bisa? Tentu bisa. Kamu dapat meminta bantuan jasa maklon kosmetik dan skincare. Salah satunya adalah Mash Moshem Indonesia.

Mash Moshem Indonesia merupakan jasa maklon terbaik yang dapat kamu ajak berpartner dalam penciptaan produk skincare Korea yang sesuai dengan keinginanmu. 

Bersama tim profesional kami yang handal dan terpercaya, kamu dapat merencanakan dan menyusun konsep produk skincare Korea terbaikmu.

Jika kamu memiliki brand skincare sendiri, tentu akan lebih mudah bagimu untuk melakukan pengawasan, menentukan harga jual, dan mengatur segala sesuatu tentang produkmu sendiri.

Kamu tertarik? Yuk! Komunikasikan dengan kami melalui tombol WhatsApp di bawah ini. Atau kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera di Contact Us atau klik tombol WhatsApp di bawah ini. Good luck!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011