Insight Kosmetik, Bisnis Kosmetik

6 Cara Pakai Contour Stick untuk Tampil Mempesona

cara pakai contour stick

Contour merupakan salah satu teknik permainan warna dalam makeup untuk membuat ilusi wajah yang lebih tegas dan tirus. Salah satu jenis produk contour yang paling banyak diminati adalah contour stick, karena bentuknya yang praktis dan mudah diaplikasikan. Kamu perlu mengetahui cara pakai contour stick yang benar agar tampilan makeup tidak berantakan.

Meskipun sekilas terlihat mudah, jangan sepelekan penggunaan contour stick, ya. Cara pakai contour stick yang tidak tepat akan mempengaruhi hasil makeup-mu. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara pakai contour stick yang benar serta kegunaan contour stick untuk tampilan wajah, ya!

cta cara pakai contour stick 1

6 Cara Pakai Contour Stick dengan Benar

Kamu wajib memahami cara pakai contour stick yang benar supaya tampilan makeup-mu semakin sempurna. Yuk, ikuti panduan cara pakai contour stick di bawah ini:

Mempersiapkan Kulit Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan contour stick, pastikan kulit wajah bersih dan terhidrasi. Aplikasikan primer untuk membuat makeup lebih tahan lama dan agar contour stick dapat diaplikasikan dengan mulus.

Memilih Shade Contour Stick yang Tepat

Berbeda dengan pemilihan warna foundation dan concealer yang warnanya disesuaikan dengan warna kulit, pilihlah contour stick dengan warna yang satu atau dua tingkat lebih gelap dari warna kulit asli kamu. Alasannya agar contour stick memberikan yang natural dan tidak berlebihan.

Memetakan Bagian Wajah yang Ingin Diberi Contour Stick

Pada tahap ini, kamu sebaiknya mencari tahu dulu bagian wajah mana yang akan diaplikasikan contour stick. Sebagai contoh, kamu menggunakan contour stick untuk membuat hidung terlihat lebih mancung dan membuat pipi tampak lebih tirus.

Kamu bisa membentuk angka tiga secara tipis pada bagian pinggir atas dahi, bagian pinggir pipi, bagian rahang. Sementara untuk bagian hidung, bentuk garis tipis pada samping kanan dan kiri hidung, dimulai dari ujung pertemuan kedua bola mata hingga ke atas hidung.

Mengaplikasikan Contour Stick

Aplikasikan contour stick sesuai dengan pemetaan wajah yang ingin diberikan contour stick. Mulai lah mengaplikasikan contour stick dari arah dahi, pelipis, pipi, hingga ke bagian tulang pipi serta rahang. Aplikasikan contour stick dengan gerakan maju, ya. Jangan melakukan gerakan memutar karena bisa membuat garis wajah semakin berantakan.

Aplikasikan contour stick setelah memakai base makeup seperti foundation, dan sebelum pemakaian bedak tabur. Gunakan beauty blender atau brush i untuk membaurkan contour hingga terlihat seamless dan menyatu dengan kulit. Pastikan tidak ada garis tegas yang terlihat, sehingga hasilnya lebih alami. 

Baca juga “Tips Memakai Highlighter untuk Pemula, Mudah dan Efektif

Set dengan Bedak

Setelah membaurkan contour, set makeup dengan bedak translucent agar tidak bergeser dan tahan lebih lama. Selain itu, bedak juga membantu mengontrol minyak berlebih di wajah, sehingga mengurangi tampilan makeup yang terlihat terlalu berminyak.

Finishing Touch

Tambahkan highlight pada bagian yang ingin kamu tonjolkan seperti puncak tulang pipi, tengah hidung, dan atas bibir. Ini akan menambah dimensi dan membuat wajah terlihat lebih segar dan bercahaya.

Kegunaan Contour Stick untuk Tampilan Wajah

Setelah mengerti cara pakai contour stick yang benar, kini saatnya mengetahui berbagai kegunaan contour stick. Dengan menerapkan cara pakai contour stick yang tepat, kamu bisa memperoleh tampilan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.

Bantu Menonjolkan Struktur Wajah

Contour stick digunakan untuk menonjolkan struktur alami wajah dengan memberikan bayangan dan highlight pada area tertentu. Ini membantu menciptakan ilusi tulang pipi yang lebih tinggi, rahang yang lebih tegas, dan hidung yang lebih ramping. Dengan penempatan yang tepat, contour stick dapat memperjelas garis wajah secara alami.

Menciptakan Dimensi pada Wajah

Penggunaan contour stick dapat menambah dimensi pada wajah yang mungkin terlihat datar di bawah pencahayaan tertentu atau pada foto. Dengan mengaplikasikan contour stick di bagian-bagian tertentu, wajah akan terlihat lebih berdimensi dan hidup. Ini sangat berguna untuk acara khusus atau saat berfoto.

Bantu Mengubah Bentuk Wajah

Contour stick dapat digunakan untuk mengubah atau menyesuaikan bentuk wajah sesuai dengan preferensi. Misalnya, seseorang dengan wajah bulat dapat menggunakan contour stick untuk menciptakan ilusi wajah yang lebih oval atau panjang.Menggunakan contour stick dapat memberi fleksibilitas dalam mencapai tampilan yang diinginkan.

Mengurangi Tampilan Area yang Tidak Diinginkan

Selain menonjolkan atau mempertegas bagian tertentu, contour stick juga dapat digunakan untuk mengurangi tampilan area yang kurang diinginkan. Misalnya, bayangan yang diaplikasikan di sekitar rahang atau leher dapat menyembunyikan double chin atau lemak di leher. Ini membantu memberikan tampilan yang lebih proporsional dan seimbang.

Memperbaiki Proporsi Wajah

Dengan teknik contouring yang tepat, proporsi wajah dapat diperbaiki untuk menciptakan tampilan yang lebih harmonis. Contour stick memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan jarak antar fitur wajah, seperti membuat hidung terlihat lebih sempit atau dahi lebih pendek. Contour stick membantu dalam memperoleh tampilan yang lebih simetris.

cta cara pakai contour stick 2

Cara Membuat Contour Stick Brand Sendiri

Setelah mengetahui cara pakai contour stick dan kegunaan contour stick, kini saatnya kamu memanfaatkan peluang bisnis dari contour stick. Kamu bisa membuat countour stick dengan brand sendiri melalui maklon di PT Mash Moshem Indonesia. Yuk, simak langkah-langkah membuat contour stick di Mash Moshem Indonesia:

Perencanaan & Diskusi Konsep Contour Stick

Membuat perencanaan dan konsep mengenai contour stick merupakan hal wajib yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum memulai bisnis contour stick. Tim ahli Mash Moshem Indonesia menyediakan sesi diskusi apabila kamu ingin berkonsultasi terkait perencanaan dan konsep contour stick.

Melalui sesi diskusi, kamu dan tim Mash Moshem Indonesia sama-sama memahami, preferensi contour stick seperti apa yang ingin diproduksi. Selain itu, pada sesi diskusi ini kamu juga bisa memperoleh insight mengenai industri makeup di Indonesia, termasuk contour stick, serta memetakan peluang dan potensi bisnis contour stick.

Ada beberapa hal mengenai perencanaan contour stick yang dapat kamu diskusikan dengan tim Mash Moshem Indonesia. Mulai dari harga jual, warna contour stick, formulasi yang diinginkan, target pasar, visi-misi brand contour stick, serta apa saja kelebihan dari contour stick-mu yang ingin ditonjolkan.

Membuat Formula & Sampel Contour Stick

Setelah perencanaan dan konsep contour stick disepakati, langkah selanjutnya adalah pembuatan formula dan sampel contour stick yang dikerjakan oleh tim research and development. Apabila sampel contour stick belum sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa mengajukan revisi sebanyak tiga kali.

Baca juga “Cari Maklon Contour Terbaik? Cek Infonya Disini!

Produksi Massal Contour Stick

Sampel contour stick yang telah disetujui akan dijadikan acuan atau standar dalam produksi massal contour stick. Contour stick akan selesai diproduksi massal dalam waktu 14 – 30 hari kerja.

Mengurus Perizinan atau Legalitas Contour Stick

Tim Mash Moshem Indonesia akan mendaftarkan legalitas contour stick-mu ke BPOM, agar bisa beredar di pasaran dengan aman dan legal. Selain izin edar BPOM, Mash Moshem Indonesia juga bisa mendaftarkan perizinan contour stick-mu ke Halal MUI, HaKI, Vegan, hingga HSA Singapura.

Membuat Desain Kemasan Contour Stick

Tim desain Mash Moshem Indonesia akan membuat desain contour stick se-menarik mungkin untuk memikat perhatian konsumen. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi dengan tim desain perihal desain kemasan contour stick yang bisa mencerminkan identitas dan konsep brand serta target pasar.

Pemasaran Contour Stick

Mash Moshem Indonesia memfasilitasi beberapa layanan pemasaran untuk memperkenalkan dan menjual contour stick-mu ke pasaran. Meliputi foto katalog contour stick, pembuatan video promosi, pelatihan digital marketing, pemberian souvenir dan gift, hingga mendistribusikan contour stick kepada ratusan reseller yang menjadi mitra resmi Mash Moshem.

Video promosi merupakan salah satu trik soft selling yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan contour stick. Dalam video promosi, kamu bisa memberi penjelasan mengenai cara pakai contour stick, lalu diakhiri dengan memilih contour stick yang berkualitas dari brand-mu.

Yuk, Kembangkan Bisnis Contour Stick Brand Sendiri Bersama Mash Moshem Indonesia

Mengetahui cara pakai contour stick yang benar saja belum cukup untuk menghasilkan tampilan makeup yang flawless. Kamu juga harus menggunakan contour stick yang aman dan berkualitas. Contour stick berkualitas tinggi dan aman bisa kamu wujudkan dengan cara maklon di PT Mash Moshem Indonesia, perusahaan maklon kosmetik yang eksis sejak tahun 2011.

Menerapkan cara pakai contour stick yang tepat dan menggunakan contour stick berkualitas dengan cara maklon di Mash Moshem akan membuatmu lebih percaya diri. PT Mash Moshem Indonesia memegang sertifikat CPKB (Cara Produksi Kosmetik yang Baik). Sehingga, seluruh rangkaian produksi contour stick akan mematuhi regulasi CPKB.

Kamu bisa memproduksi contour stick sebanyak 1.000 buah, sesuai dengan minimum order quantity yang diterapkan Mash Moshem. Namun, jumlah order contour stick beserta harganya masih bisa kamu negosiasikan dengan tim Mash Moshem Indonesia.

Yuk, langsung saja hubungi Mash Moshem Indonesia untuk konsultasi bisnis contour stick. Seluruh pertanyaan dan negosiasi perihal bisnis contour stick akan direspons oleh customer support Mash Moshem Indonesia secara cepat dan lengkap.

cta cara pakai contour stick 3