Formula dan Bahan

6 Manfaat Tranexamic Acid untuk Wajah Lebih Cerah dan Sehat

manfaat tranexamic acid untuk wajah

Ngomongin soal kandungan pencerah kulit, nama-nama yang populer adalah vitamin C, retinol, alpha arbutin, niacinamide, AHA, dan kojic acid. Inovasi dalam dunia skincare kemudian memunculkan nama tranexamic acid, yang belum begitu familiar.

Sebagai salah satu zat aktif, manfaat tranexamic acid untuk wajah sungguh luar biasa. Manfaat tranexamic acid untuk wajah yang utama adalah mencerahkan kulit serta meratakan perubahan warna kulit.

Namun, manfaat tranexamic acid untuk wajah tak hanya itu saja, lho. Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui apa saja manfaat tranexamic acid untuk wajah.

Apa Itu Tranexamic Acid?

Sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu apa itu kandungan tranexamic acid, sebelum mengetahui manfaat tranexamic acid untuk wajah. Tranexamic acid merupakan zat aktif dari turunan asam amino lisin yang awalnya digunakan untuk keperluan medis.

Tranexamic acid telah lama digunakan sebagai pengobatan dalam dunia medis untuk mengurangi perdarahan, seperti mimisan, perdarahan setelah operasi dan pencabutan gigi, serta menstruasi berkepanjangan (menorrhagia). Tranexamic acid atau asam traneksamat biasanya digunakan dalam bentuk tablet, obat kumur, atau cairan suntik pada dunia medis. 

Pada tahun 1979, para ahli tidak sengaja menemukan fakta bahwa pasien yang diobati dengan tranexamic acid menunjukkan perubahan warna kulit yang lebih merata. Manfaat tranexamic acid untuk wajah bisa didapatkan karena tranexamic acid bekerja dengan cara menghambat produksi melanin dalam sel, mencegah penumpukan melanin pada kulit, serta melarutkan melanin yang sudah ada.

Manfaat tranexamic acid untuk wajah bisa dirasakan oleh semua jenis kulit, karena kandungan tranexamic acid secara umum aman untuk semua jenis kulit, termasuk pemilik kulit sensitif. Tranexamic acid memiliki sifat yang lebih lembut dibandingkan beberapa kandungan pencerah kulit lainnya, seperti hidrokuinon atau retinoid, yang berisiko menyebabkan iritasi. 



6 Manfaat Tranexamic Acid untuk Wajah

Tak hanya bermanfaat dalam dunia medis, terdapat sejumlah manfaat tranexamic acid untuk wajah. Yuk, ketahui apa saja manfaat tranexamic acid untuk wajah pada penjelasan berikut:

Tranexamic Acid Menyamarkan Hiperpigmentasi

 Manfaat tranexamic acid untuk wajah yang paling dikenal adalah menyamarkan hiperpigmentasi seperti melasma atau flek hitam akibat paparan sinar matahari. Tranexamic acid bekerja dengan cara menghambat produksi melanin, pigmen penyebab noda hitam, sehingga bisa memudarkan hiperpigmentasi. 

Tranexamic Acid Mengurangi Bekas Jerawat

Manfaat tranexamic acid untuk wajah berikutnya adalah mampu menyamarkan bekas jerawat yang menghitam. Hal ini karena tranexamic acid memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mampu menyamarkan bekas jerawat. Ketika diaplikasikan pada kulit, tranexamic acid bekerja dengan memperlambat proses pigmentasi pada bekas jerawat, sehingga bekas jerawat yang menghitam dapat berkurang lebih cepat. 

Tranexamic Acid Memperkuat Skin Barrier

Manfaat tranexamic acid untuk wajah selanjutnya adalah menguatkan skin barrier. Hal ini karena tranexamic acid mampu menjaga kandungan air pada lapisan kulit supaya tidak mudah menguap dan mempertahankan kelembaban kulit. Maka dari itu, skin barrier tidak mudah rusak jika menggunakan produk skincare yang mengandung tranexamic acid secara rutin.

Baca juga: “Tranexamic Acid – Kandungan Skincare Baru yang Wajib Dicoba

Tranexamic Acid Mencerahkan Warna Kulit

Kandungan tranexamic acid dapat meningkatkan kecerahan warna kulit. Hal ini karena tranexamic acid bekerja dengan cara menghambat penumpukan melanin yang menyebabkan kulit tampak kusam atau gelap. 

Tranexamic Acid Meredakan Peradangan & Kemerahan

Dengan sifat anti-inflamasi nya, tranexamic acid mampu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Tranexamic acid membantu menghambat produksi plasmin, yaitu enzim yang menyebabkan peradangan dalam tubuh dan kulit.

Kemerahan yang sering muncul akibat rosacea, paparan sinar matahari, atau alergi kulit dapat berkurang dengan penggunaan tranexamic acid. Tranexamic acid juga memberikan efek menenangkan pada kulit yang sensitif dan mudah teriritasi.

Tranexamic Acid Memperbaiki Warna Kulit yang Tidak Merata

Tranexamic acid juga mampu memperbaiki area kulit yang memiliki warna tidak merata. Tranexamic acid menghambat pembentukan enzim plasmin. Penghambatan pada enzim plasmin juga membantu menstabilkan warna kulit dengan mengurangi pembentukan pigmen yang berlebihan.

Kandungan tranexamic acid dalam produk skincare bisa memberikan solusi yang aman dan efektif jika mengalami masalah kulit belang. Selain itu, warna kulit tampak lebih merata dengan rutin menggunakan tranexamic acid.

Langkah Membangun Bisnis Skincare dengan Kandungan Tranexamic Acid 

Manfaat tranexamic acid untuk wajah yang beraneka ragam ini bisa kamu manfaatkan sebagai kesempatan bisnis. Kamu bisa mendirikan bisnis produk skincare yang mengandung tranexamic acid dengan jasa maklon. Berikut ini panduan membangun bisnis skincare dengan kandungan tranexamic acid:

Menyusun Perencanaan Bisnis Skincare dengan Tranexamic Acid

Tahap awal yang wajib kamu kerjakan adalah membuat perencanaan bisnis skincare yang mengandung tranexamic acid. Pada tahap ini, kamu bisa berdiskusi dengan tim ahli dari perusahaan maklon untuk mendapatkan insight dan saran perihal konsep bisnis skincare yang mengandung tranexamic acid.

Ada berbagai hal terkait perencanaan bisnis skincare dengan tranexamic acid yang bisa kamu diskusikan. Contohnya: target konsumen, bentuk kemasan skincare dengan tranexamic acid, harga jual, jenis produk skincare apa yang ingin diproduksi dengan kandungan tranexamic acid (apakah serum, spot treatment, sheet mask, atau krim), serta analisis kompetitor.

Baca juga: “7 Potensi Bisnis Skincare sebagai Investasi yang Menguntungkan

Menciptakan Formula & Sampel Skincare dengan Tranexamic Acid

Setelah menyepakati konsep bisnis skincare dengan kandungan tranexamic acid, tahap selanjutnya adalah pembuatan formula dan sampel. Tim research and development (R&D) akan menciptakan formulasi yang aman, efektif, dan berkualitas, sehingga kamu bisa memperoleh manfaat tranexamic acid untuk wajah.

Selanjutnya, kamu akan diberikan sampel skincare yang mengandung tranexamic acid. Kamu bisa memberikan revisi sesuai dengan batasan yang telah ditentukan, apabila sampel skincare dengan kandungan tranexamic acid belum sesuai keinginanmu.

Mendaftarkan Legalitas Skincare dengan Tranexamic Acid

Perusahaan maklon akan mendaftarkan produk skincare yang mengandung tranexamic acid ke BPOM untuk memperoleh izin edar BPOM. Dengan mempunyai izin edar BPOM, produk skincare dengan kandungan tranexamic acid bisa dijual secara aman, legal, dan meningkatkan kepercayaan dari calon konsumen.

Produksi Massal Skincare dengan Tranexamic Acid

Skincare yang mengandung tranexamic acid diproduksi massal berdasarkan sampel yang telah disetujui. Jumlah skincare yang mengandung tranexamic acid diproduksi sebanyak minimum order quantity (MOQ) yang telah ditentukan.

Merancang Desain Kemasan Skincare dengan Tranexamic Acid

Perusahaan maklon memiliki tim desain yang akan merancang desain kemasan untuk produk skincare dengan kandungan tranexamic acid. Desain kemasan skincare yang mengandung tranexamic acid akan dirancang se-menarik mungkin secara visual untuk menarik perhatian calon konsumen. Pada label kemasan, kamu juga bisa mencantumkan manfaat tranexamic acid untuk wajah.

Memasarkan Skincare dengan Tranexamic Acid

Produk skincare dengan kandungan tranexamic acid kini siap dipasarkan. Beberapa perusahaan maklon menyediakan layanan pemasaran untuk membantumu memasarkan produk skincare yang mengandung tranexamic acid.

Fasilitas pemasaran yang disediakan seperti: video promosi produk, foto katalog produk skincare dengan kandungan tranexamic acid, mengelola akun media sosial & marketplace, hingga mendistribusikan produk kepada mitra. Kamu juga bisa menonjolkan manfaat tranexamic acid untuk wajah agar konsumen semakin tertarik untuk membeli produkmu.

Kamu bisa membangun bisnis skincare dengan kandungan tranexamic acid di PT Mash Moshem Indonesia. Berpengalaman sejak tahun 2011, Mash Moshem Indonesia akan menciptakan produk yang berkualitas tinggi, sehingga manfaat tranexamic acid untuk wajah bisa dirasakan oleh konsumen.

Dalam memproduksi skincare dengan kandungan tranexamic acid, Mash Moshem akan mematuhi standar CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik), sehingga kamu tak perlu ragu dengan kualitas produkmu. Yuk, klik tombol di bawah ini untuk diskusi lebih lanjut mengenai perencanaan bisnis skincare yang mengandung tranexamic acid!