Insight Kosmetik

5 Cara Pakai Cleansing Balm untuk Semua Jenis Kulit

cara pakai cleansing balm

Langkah awal yang sangat penting untuk memiliki wajah yang sehat dan bersih adalah membersihkan wajah. Salah satu produk yang mampu membersihkan wajah secara efektif adalah cleansing balm.

Cara pakai cleansing balm perlu diperhatikan baik-baik dan jangan dianggap remeh. Jika kamu tidak mengetahui cara pakai cleansing balm yang benar, maka cleansing balm tidak mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Yuk, ketahui lebih detail tentang cara pakai cleansing balm yang tepat pada artikel ini!

Apa Itu Cleansing Balm?

Cleansing balm adalah pembersih wajah yang memiliki tekstur balsam, dan ketika diaplikasikan ke wajah, cleansing balm akan meleleh dan teksturnya berubah jadi minyak. Tekstur padat seperti balsam yang dimiliki oleh cleansing balm disebabkan oleh penambahan wax atau polyethylene.

Cleansing balm juga bisa digunakan untuk menghapus makeup pada area mata, karena cleansing balm memiliki formula yang lembut. Kebanyakan cleansing balm memiliki formula yang berasal dari minyak, sehingga mampu melarutkan minyak berlebih pada kulit wajah yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Kemampuan cleansing balm untuk membersihkan wajah akan efektif jika kamu mengetahui cara pakai cleansing balm yang benar. Tak hanya membersihkan wajah secara menyeluruh, jika kamu menerapkan cara pakai cleansing balm yang tepat, kamu bisa merasakan manfaat lain dari cleansing balm, seperti melembabkan dan menenangkan kulit wajah.

Cleansing balm sangat cocok digunakan sebagai langkah pertama dalam metode double cleansing, dan kamu bisa melanjutkan pembersih berbahan dasar air setelah cleansing balm. Dengan menggunakan cleansing balm secara rutin dan menerapkan cara pakai cleansing balm yang tepat, kamu dapat menjaga kesehatan kulit, mencegah terjadinya penyumbatan pori, mencegah munculnya jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.



5 Cara Pakai Cleansing Balm

Memahami dan mempraktikkan cara pakai cleansing balm yang benar sangat penting, agar cleansing balm dapat bekerja secara optimal untuk membersihkan wajahmu. Berikut ini tutorial cara pakai cleansing balm yang wajib kamu ikuti!

Membersihkan Wajah Sebelum Pakai Cleansing Balm

Sebelum mengaplikasikan cleansing balm, pastikan tangan dalam keadaan bersih, dan cuci tangan dengan sabun untuk menghindari transfer kotoran atau bakteri ke wajah. Pilih cleansing balm yang sesuai dengan jenis kulitmu, apakah itu cleansing balm untuk kulit kering, berminyak, atau sensitif.

Mengambil Cleansing Balm Secukupnya

Cara pakai cleansing balm adalah mengambil cleansing balm dengan menggunakan spatula atau jari bersih. Sebagian besar cleansing balm memiliki tekstur yang cukup kental, jadi biasanya satu sendok teh sudah cukup untuk sekali penggunaan ke seluruh wajah.

Panaskan cleansing balm di antara jari-jari tangan selama beberapa detik untuk melunakkan tekstur cleansing balm dan memudahkan pemakaian. Dengan tekstur cleansing balm yang lebih lembut, kamu akan lebih mudah untuk mengaplikasikan cleansing balm ke wajah.

Baca juga: “5 Kegunaan Cleansing Balm untuk Rutinitas Perawatan Kulit

Mengaplikasikan Cleansing Balm pada Wajah yang Kering

Usapkan cleansing balm secara merata ke seluruh wajah dalam keadaan kering. Mulailah mengoleskan cleansing balm dari area dahi, kemudian lanjutkan ke pipi, hidung, dan dagu. Gunakan gerakan memutar yang lembut untuk memastikan cleansing balm “menyatu” dengan makeup dan kotoran di wajah. 

Cara pakai cleansing balm selanjutnya adalah melakukan pijatan lembut dengan jari-jari tangan sekitar satu hingga dua menit. Pijatan ini akan membantu “mengangkat” makeup dan kotoran yang menempel di permukaan kulit wajah. 

Gunakan teknik pijatan ke arah atas dan ke luar wajah untuk merelaksasi otot wajah sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Jika ada sisa makeup atau kotoran yang masih menempel, pastikan untuk fokus membersihkan area tersebut.

Menambahkan Air untuk Emulsifikasi Cleansing Balm

Setelah memijat wajah yang sudah diaplikasikan cleansing balm, basahi tanganmu dengan sedikit air, lalu oleskan ke wajah. Cara ini akan membantu mengubah tekstur cleansing balm menjadi susu yang lebih mudah dihapus. 

Pijat wajah dengan lembut agar produk makeup dan kotoran dapat terangkat dari permukaan kulit. Pastikan untuk membilas wajah hingga bersih, dan perhatikan area yang sering terlewat untuk dibersihkan, seperti garis rahang dan pelipis. Jika ada sisa cleansing balm yang masih terasa, ulangi proses pencucian hingga wajah benar-benar bersih.

Disarankan untuk mengangkat sisa-sisa cleansing balm dengan air hangat. Air hangat membantu membuka pori-pori, sehingga sisa-sisa cleansing balm, makeup, dan kotoran dapat terangkat dengan lebih efektif. 

Melanjutkan Pemakaian Cleansing Balm dengan Skincare Rutin

Setelah wajah bersih, keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih atau tissue. Setelah membersihkan wajah dengan cleansing balm, wajah jadi siap untuk menerima langkah skincare selanjutnya, seperti facial wash, toner, serum, dan moisturizer. Menggunakan cleansing balm tidak hanya untuk membersihkan wajah, tetapi juga mempersiapkan kulit untuk produk skincare berikutnya. 

Cara Membuat Cleansing Balm Brand Sendiri yang Efektif

Memahami cara pakai cleansing balm secara tepat tidaklah cukup. Cara pakai cleansing balm yang benar juga harus diikuti dengan produk cleansing balm yang efektif mengangkat kotoran dan sisa-sisa makeup. Kamu bisa membuat cleansing balm dengan merek sendiri menggunakan jasa maklon, berikut ini tahap-tahapnya:

Menyusun Perencanaan Bisnis & Konsep Produk Cleansing Balm

Langkah pertama adalah menyusun perencanaan bisnis dan konsep produk cleansing balm. Tak perlu khawatir kalau kamu masih bingung mengenai perencanaan bisnis dan konsep produk cleansing balm, karena tim ahli dari perusahaan maklon siap menyumbangkan ide-ide brilian.

Ada beragam topik terkait perencanaan bisnis dan konsep cleansing balm yang bisa kamu diskusikan. Contohnya: berapa banyak isi cleansing balm, harga jual cleansing balm, apa saja kandungan bahan yang ingin digunakan, target konsumen, serta apa saja kelebihan yang ingin ditonjolkan dari cleansing balm-mu.

Baca juga: “Cara Membuat Cleansing Balms dengan Jasa Maklon yang Aman, Mau Tahu?

Meramu Formula & Sampel Cleansing Balm

Tim research and development (R&D) akan meramu formulasi serta sampel cleansing balm berdasarkan konsep yang sudah disepakati. Selanjutnya, kamu akan diberikan sampel cleansing balm. Apabila sampel cleansing balm belum memenuhi keinginanmu, kamu diberikan kesempatan untuk mengajukan revisi.

Produksi Massal Cleansing Balm

Sampel cleansing balm yang telah disepakati akan dijadikan acuan atau standar dalam produksi massal. Masing-masing perusahaan maklon memiliki ketentuan sendiri terkait minimum order quantity (MOQ), yang mempengaruhi seberapa banyak jumlah cleansing balm yang akan diproduksi.

Mengurus Perizinan Cleansing Balm

Dibutuhkan izin edar BPOM agar cleansing balm-mu bisa dijual secara aman, legal, dan memperoleh kepercayaan dari calon konsumen. Perusahaan maklon akan mengurus semua persyaratan yang diperlukan supaya cleansing balm-mu bisa mendapat izin edar BPOM, mulai dari pengumpulan berkas hingga monitoring penyelesaian izin.

Menciptakan Desain Kemasan Cleansing Balm

Desain kemasan untuk cleansing balm akan diselesaikan oleh tim desain dari perusahaan maklon. Kamu bisa menyampaikan beberapa request kepada tim desain, misalnya: mencantumkan cara pakai cleansing balm secara singkat dan padat pada label kemasan, konsep estetika yang diinginkan, font, serta warna.

Memasarkan Cleansing Balm

Beberapa perusahaan maklon tidak hanya bertugas membuat produk saja, tapi juga bisa membantumu untuk memasarkan cleansing balm. Fasilitas pemasaran yang disediakan seperti: foto katalog produk, video promosi cleansing balm, memasang ads di media sosial, pemberian materi digital marketing, hingga mendistribusikan cleansing balm kepada mitra.

Selain mempraktikkan cara pakai cleansing balm yang tepat, dibutuhkan juga produk cleansing balm berkualitas. Kamu bisa mewujudkan cleansing balm berkualitas dan sesuai impianmu di PT Mash Moshem Indonesia, perusahaan maklon produk kecantikan yang sudah berpengalaman sejak tahun 2011.

Yuk, klik tombol di bawah ini untuk diskusi lebih lanjut mengenai rencana bisnis dan konsep produk cleansing balm! Tim Mash Moshem Indonesia siap memberikan saran, insight, dan solusi untuk rencana bisnis cleansing balm!