Mulai Bisnis Kosmetik dengan Merk Lokal, Apakah Menguntungkan?
Dulu sebagian besar produk kosmetik yang dijual di pasaran selalu dipenuhi dengan merk-merk luar negeri. Namun sekarang, ada banyak produk yang kosmetik yang diproduksi oleh anak-anak bangsa sendiri, lho.
Produk-produk ini memiliki kualitas yang enggak kalah baiknya dengan merk skincare impor. Bahkan, karena harganya yang lebih terjangkau, khasiatnya yang lebih relate dengan kebutuhan masyarakat tropis pun, menjadikan skincare lokal meroket dan menarik perhatian beauty enthusiast.
Sejalan dengan hal ini, menurut data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada tahun 2018 lalu, menunjukkan perkembangan industry kosmetik Tanah Air mengalami pertumbuhan hingga 20%. Atau bisa dibilang sebanyak empat kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun sebelumnya.
Wah, kalau melihat minat masyarakat yang tinggi dengan skincare lokal dan pertumbuhan industry kosmetik tanah air yang kian tinggi (diperkirakan akan terus naik). Maka, peluang membuka bisnis di bidang yang sama pun akan sangat menjanjikan, bukan?
Tapi enggak bisa dipungkiri juga, ada banyak orang yang masih sangsi untuk membuka bisnis skincare lokal. Selain karena masih ragu dengan produknya, juga masih bingung bagaimana cara membuat bisnis ini sama besarnya seperti berjualan skincare impor.
Nah, bagi kamu yang mau coba bisnis skincare lokal, langsung ketahui berbagai fakta dan cara memulainya di artikel berikut ini!
Alasan Harus Coba Bisnis Skincare Lokal
Banyak yang masih ragu untuk menggunakan skincare keluaran merk lokal ke dalam bisnsi kosmetik yang mereka jalankan. Sebab, merk impor biasanya lebih terkenal dan banyak orang yang percaya bahwa merk luar negeri selalu lebih bagus daripada merk lokal.
Apakah benar demikian? Well, berikut ini ada beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba bisnis skincare lokal. Simak, yuk!
Kualitas Produk Lokal Tak Kalah dengan Impor
Sebenarnya, banyak produk perawatan wajah yang tak kalah baiknya dengan skincare impor. Baik dari segi kualitas bahan, komposisi produk, hingga dari segi pengemasannya pun sama baiknya.
Banyak ilmuan, dokter, dan ahli farmasi Tanah Air yang berkecimpung dalam industry kosmetik. Mereka, bisa menciptakan produk perawatan kecantikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.
Bahan-bahan tradisional yang ada pun tak kalah baiknya. Misalnya kamu telah mengetahui berbagai manfaat aloe vera, coconut oil, madu, sugar cane (tebu), hingga berbagai tanaman herbal lain yang mengandung segudang nutrisi yang baik buat kulit.
Diformulasikan Khusus untuk Kebutuhan Orang Indonesia
Keunggulan berbisnis skincare lokal adalah relatibilitas produk dengan kebutuhan pasar domestic. Ketika kamu menggunakan produk skincare impor, maka karakteristik produk biasanya disesuaikan dengan iklim dan kebutuhan konsumen pada negara asalnya.
Nah, misalnya ketika akan membeli skincar khas Korea Selatan. Maka bahan, karakteristik produk, hingga khasiatnya pun akan disesuaikan dengan standar kecantikan, kebutuhan, serta iklim yang ada di negara tersebut.
Pertanyaannya, apakah semua produk impor itu bisa cocok dan memberikan hasil sama baiknya untuk konsumen di Indonesia? Tentu, tidak.
Karenanya, ketika memulai bisnis skincare lokal kamu akan sangat diuntungkan. Karena produk buatan Indonesia, pastinya akan melalui riset dan diproduksi langsung di sini.
Tak cuma itu, khasiatnya pun disesuaikan dengan kebutuhan perempuan Indonesia, yang harus berurusan dengan iklim tropis. Bahkan uji coba produk ini pun akan dilakukan pada kulit orang Indonesia sendiri.
Pada sebagian besar produk, bahan yang digunakan juga bahan lokal. Jadi produk skincare lokal dinilai lebih aman, cocok dan sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia, serta memiliki efek samping yang lebih minim.
Memiliki Aroma dan Tekstur yang Pas
Meski sebagian besar orang masih berpikiran produk luar adalah yang terbaik, tapi tak sedikit juga yang sudah lebih terbuka dan mengakui skincare lokal memiliki kualitas yang sama baiknya.
Sebagai contoh, kamu pasti dengan mudah menemukan berbagai skincare lokal dan review positif terhadap produk tersebut. Tak hanya itu, kian hari pasar kosmetik pun kian bergeser, masyarakat beralih pada skincare lokal yang dirasa sesuai dengan iklim tropis.
Beberapa ahli menyebutkan bahwa skincare lokal biasanya memiliki tekstur yang cenderung ringan, mudah meresap di kulit, sehingga tidak meninggalkan banyak residu.
Nah, produk seperti inilah yang jadi dambaan bagi orang yang hidup di iklim tropis. Mengingat cuaca yang lembap dan panas, hanya akan membuat kulit mudah berkeringat, berminyak, dan tertimpa berbagai polusi udara.
Produk skincare dengan tekstur lebih berat, yang kerap ditemukan dalam skincare impor, tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit.
Selain dari teksturnya, aroma produk skincare lokal pun diklaim berbeda dengan yang impor. Kalau skincare impor biasanya memiliki bau yang lebih tajam, maka skincare lokal beraroma lebih lembut dan sesuai dengan selera mayoritas masyarakat Indonesia.
Harga Lebih Terjangkau
Harga produk tentunya menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan dengan matang sebelum menjalankan suatu bisnis, bukan? Yap! Begitu pula ketika kamu akan membuka bisnis skincare lokal.
Untungnya, dibandingkan dengan skincare impor, produk lokal cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau. Ini dikarenakan, bahan-bahan yang digunakan serta proses produksi pun dilakukan dalam negeri.
Meski begitu, sebenarnya produk lokal juga memiliki harga yang sangat beragam. Bergantung bahan, teknologi dan komposisi produk, juga kemasan yang digunakan.
Untuk memulai bisnis skincare lokal ini, kamu harus jeli memilih produk skincare yang bisa menarik perhatian public dan memiliki harga yang bisa bersaing.
Skincare dan Kosmetik yang Kian Inovatif
Salah satu hal yang membuat skincare lokal dulu kurang diminati adalah variasnya yang terbatas. Kamu mungkin mengingat merk skincare lama, yang hanya memproduksi beberapa jenis produk tanpa melakukan inovasi berarti.
Namun, kalau dibandingkan dengan saat ini pastinya sudah sangat berbeda. Perkembangan industri sudah sangat cepat, dan tiap produsen skincare lokal berlomba-lomba memberikan produk yang unik, fresh, dan memiliki khasiat yang kian hari kian beragam.
Legalitas dan Keamanan Produk pun Kini Kian Terjamin
Legalitas dan keamanan produk skincare yang akan dijual kembali adalah hal yang juga perlu untuk diperhatikan dengan baik. Sebab, enggak juga produsen skincare nakal yang masih nekat menjual produk kosmetik tanpa legalitas yang jelas.
Namun, kini regulasi produk skincare lokal telah cukup baik. Kamu bisa dengan mudah menemukan dan mengenali skincare lokal asli atau palsu lewat Cek BPOM Kosmetik.
Selalu pilih produk yang aman dan legal, ya. Dengan begitu, kepercayaan konsumen pada bisnis yang kamu jalankan akan meningkat dan menciptakan lingkaran bisnis yang sehat.
Distribusi Produk yang Tidak Terlalu Ribet
Tak bisa dipungkiri, proses distribusi atau proses pengiriman barang ke tangan konsumen jadi hal yang layak untuk kamu perhitungkan.
Mengingat, sebagian besar transaksi kini dilakukan secara online, begitu pula dengan proses jual beli. Sehingga akomodasi menjadi hal yang sangat penting.
Kemudahan lainnya dengan berbinis skincare lokal adalah kemudahan dalam pengiriman barang. Waktu yang dibutuhkan pun tak akan lama, kamu bisa mengirimnya kapan pun, bahkan tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengiriman atau produk yang membengkak akibat cukai.
Cara Mudah Memulai Bisnis Skincare Lokal
Setelah melihat keunggulan bisnis skincare lokal di atas, kamu pasti udah tergiur untuk mencoba usaha satu ini, bukan?
Nah, buat kamu yang mau coba bisnis skincare lokal, liat cara-cara mudahnya di bawah ini, ya!
Lakukan Riset dan Tentukan Target Pasar
Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis skincare lokal adalah melakukan risert dan menentukan target pasar terlebih dahulu.
Nah, hal ini akan memudahkanmu dalam menyusun strategi pemasaran, penjualan, dan menentukan harga jual produk dari toko kosmetik kamu.
Perbandingkan Harga Produk dari Suplier
Setelah menemukan target pasar yang ideal, hal selanjutnya adalah membuat daftar supplier produk skincare lokal yang kamu inginkan.
Cari sebanyak mungkin, kemudian lakukan perbandingan harga beli produk skincare yang akan kamu jual kembali. Pilih harga semiring mungkin, sehingga akan memudahkan kamu menentukan harga jual produk dan dapat bersaing di pasaran.
Pasarkan Produk Secara Masif Lewat Media Sosial
Sebagian besar proses bisnis pun dilakukan secara online, baik disebabkan oleh kondisi sosial yang berubah dan menuntut proses transaksi yang lebih praktis.
Pasar bisnis online pun mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Untuk itu, ada baiknya kamu juga memanfaatkan fenomena ini dengan memasarkan bisnis skincare lokal yang kamu lakukan secara massif.
Dengan demikian, promosi akan memungkinkan sampai pada target pasar yang kamu inginkan dan memeperbesar potensi adanya transaksi.
Kembangkan Bisnis Skincare Lokal Milikmu dengan Membuat Brand Sendiri
Setelah bisnis yang kamu jalankan berkembang dan lebih stabil, usahakan untuk selalu melakukan inovasi. Salah satunya dengan membuat dan memproduksi skincare dengan brand pribadimu sendiri.
Terlebih, kini membuat produk kosmetik dengan brand sendiri tidaklah susah. Kamu cukup maklon skincare dan kosmetik di Mash Moshem Indonesia.
Dengan harga pembuatan skincare yang terjangkau, tim yang handal, dan jumlah produksi masal yang tidak terlalu besar. Kamu bisa mewujudkan impianmu sebagai beauty preneur sukses dengan lebih mudah dan sederhana.
Mash Moshem Indonesia bisa membantumu menciptakan produk skincare dari berbagai sediaan, mulai dari cream, cairan, balm, dan masih banyak lainnya.
Bagaimana, menarik bukan? Kapan lagi kamu bisa memulai bisnis skincare lokal dengan brand sendiri secara mudah, praktis, dan sudah pasti aman?