Merawat Kecantikan dan Kesehatan Kulit Saat Musim Hujan, Emang Perlu?

cara merawat kulit saat musim hujan (3)

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit merupakan hal yang harus kamu lakukan dengan teratur. Termasuk ketika memasuki musim hujan, perawatan kulit enggak boleh dilupakan atau bahkan tidak dilakukan sama sekali.

Tahukah kamu, saat musim hujan, kelembapan dan uap air akan secara konstan meningkat. Hal ini akan berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

Sebab, dalam kondisi tersebut kulit akan lebih rentan terhadap kotoran, bakteri, dan infeksi. Sehingga memicu kemunculan berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, jamur, hingga wajah yang berminyak.

Tak hanya itu, kelembapan udara pun akan berpengaruh pada kadar sebum kulit dan akhirnya membuat wajah jadi tampak kusam.

Nah, untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kecantikan di atas, ikut beberapa cara merawat kulit saat musim hujan agar tetap cantik dan sehat berikut ini.

Cara Merawat Kulit Saat Musim Hujan yang Perlu Diketahui

cara merawat kulit saat musim hujan (2)

Sebelum bersiap menghadapi musim hujan, kamu perlu mengetahui berbagai cara merawat kulit saat musim hujan agar wajahmu tetap cetar dan mempesona berikut ini.

Perhatikan Kebersihan Wajah Kamu

Menjaga kebersihan kulit wajah merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam merawat kulit saat musim hujan. Hal ini dikarenakan udara akan cenderung lebih lembap dari pada sebelumnya, akhirnya wajah pun kian berminyak.

Nah, jika tidak dibersihkan dengan baik, minyak berlebih ini akan memudahkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Kemudian akan memicu terbentuknya komedo serta jerawat di wajah.

Untuk menghindari masalah tersebut, kamu bisa membersihkan wajah setidaknya sebanyak 2 kali sehati dengan pembersih yang biasa kamu gunakan.

Bila perlu, kamu bisa melakukan double cleansing. Yakni teknik membersihkan wajah dengan dua cara, yang pertama menggunakan milk cleanser dan dilanjutkan dengan proses mencuci wajah dengan facial foam.

Aplikasikan Toner Setelah Membersihkan Wajah

Setelah membersihkan wajah, penting untukmu menjaga kadar air dalam kulit agar tidak mudah kering dan iritasi. Karenanya, langkah selanjutnya dalam merawat kesehatan kulit saat musim hujan adalah dengan mengaplikasikan toner.

Toner diyakini ampuh menjaga kulit wajah agar selalu bersih, menenangkannya setelah proseseksfoliasi, pun membuat wajah tampak lebih segar.

Penggunan toner pun bisa membantu mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare berikutnya. Hasilnya, proses penyerapan kandungan dan nutrisi dalam produk yang kamu gunakan akan jadi lebih optimal.

Gunakan Pelembap Wajah (Moisturizer)

Pelembap wajah merupakan salah satu jenis basic skincare yang mesti banget kamu miliki. Sebab, dalam satu produk ini biasanya banyak kandungan nutrisi dan bahan-bahan alami yang bisa bikin kulitmu kian sehat.

Selain menutrisi kulit, penggunaan pelembap akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, membuat teksturnya lebih kenyal, dan segar secara alami.

Perawatan ini tentunya saat penting untuk kamu lakukan di musim hujan, mengingat musim ini akan membuat udara lebih lembap dan akhirnya membuat wajah tampak kusam karena minyak berlebih.

Namun, sebelum menggunakan moisturizer, kamu perlu mengetahui jenis kulit wajahmu dan memilih produk yang cocok untuk merawatnya.

Misalnya, kalau kamu memiliki kulit cenderung kering, maka pilihlah produk berkandungan jojoba oil, madu manuka, atau ekstra kacang almond untuk mengembalikan kelembapan kulit. Bahan-bahan ini pun disebutkan tidak akan bikin kulit iritasi dan kering, lho.

Sementara, pemilik kulit berminyak, kamu dapat menggunakan moisturizer berbagan dasar air dengan kandungan non-comedogenik namun tetap menyegarkan bagi kulit. Misalnya, kandungan aloe vera, centella asiatica, green tea, dan lemon.

Jangan Lupa Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Meski mendung, bukan berarti kamu bisa menyepelekan dampak buruk radiasi sinar ultraviolet pada kesehatan kulit wajah kamu, lho.

Sebab, sinar matahari di musim hujan pun masih memiliki ultraviolet. Dan dalam jangka waktu yang panjang, radiasi uv bisa membuat kulit tampak kusam, memicu adanya bercak penuaan pada wajah, pun meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Nah, untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar ultraviolet tersebut, penting untukmu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30, ya.

Kalau kamu beraktivitas di luar ruangan dengan durasi yang lebih tinggi, sehingga lebih sering terpapar sinar matahari. Pilih sunscreen dengan kadar SPF yang lebih tinggi lagi, untuk mendapatkan perlindungan lebih optimal.

Lakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Untuk merawat kulit saat musim hujan, kamu bisa melakukan eksfoliasi secara teratur. Sebab, pada musim ini banyak masalah kecantikan yang kerap terjadi, seperti infeksi kuman, bakteri, dan jamur pada permukaan kulit.

Proses eksfoliasi ini memungkingkan berbagai kotoran, minyak berlebih, dan bakteri yang menyumbat pori-pori kulit untuk disingkirkan. Hasilnya, wajah akan jadi lebih bersih, sehat, dan lebih terawat.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi yang paling cocok dengan jenis kulit wajahmu. Gunakan juga produk dengan bahan-bahan yang bisa menenangkan dan melembapkan kulit, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit.

Yang perlu dicatat, eksfoliasi tidak bisa digolongkan sebagai bentuk perawatan wajah yang kamu lakukan tiap hari. Sebab melakukan terlalu sering hanya akan membuat kulit teriritasi, kering, dan lebih sensitif.

Masalah Kesehatan Kulit yang Kerap Muncul Saat Musim Hujan

cara merawat kulit saat musim hujan (1)

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa perlu memperhatikan baik-baik perawatan kesehatan dan kecantikan yang kita lakukan di saat musim hujan?

Well, langkah-langkah di atas memungkinkan kamu terhindar dari berbagai masalah kecantikan kulit yang biasanya muncul saat musim hujan, lho!

Penasaran apa saja masalah kecantikan yang dimaksud? Langsung cek beberapa daftanya berikut ini, ya, Guys!

Muncul Ruam Kulit

Pada beberapa orang, ruam kulit bisa saja muncul ketika musim hujan. Ini diakibatkan oleh tingkat kelembapan yang meningkat, yang bisa memicu infeksi bakteri dan jamur pada kulit.

Selain kulit tampak kemerahan, ruam bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan peradangan pada kulit.

Memicu Kemunculan Jerawat

Cuaca yang lembap enggak hanya berpotensi membuat kulit jadi teriritasi. Pada beberapa kasus hal ini pun bisa memunculkan jerawat di kulit, lho.

Kok bisa? Yap, nyatanya produksu minyak berlebih pada wajah yang kemudian menyebabkan penyumbatan pori, dan bisa bikin jerawat.

Membuat Kulit Tampak Kusam

Siapa sangka, kalau kelembapan udara yang tinggi malah bikin wajah jadi mudah kering dan tampak kusam?

Bahkan kalau tidak dirawat dengan baik, hal ini pun akan membuat kondisinya lebih parah dan memicu adanya iritasi pada kulit wajah.

Karenanya, kamu perlu melakukan cara merawat kulit saat musim hujan yang telah dianjurkan di atas secara rutin. Hal ini akan membuat wajah jadi lebih sehat, tampak cerah dan berseri secara alami.

Bibir Lebih Mudah Kering dan Pecah-pecah

Udara yang dingin saat musim hujan dan cuaca yang lembap akan membuat kulit bibir rentan kering. Tak jarang juga, akan membuatnya jadi pecah-pecah, mengelupas, hingga terluka.

Untuk mengatasinya, jangan lupa mengaplikasikan lip balm atau lip butter pada bibir agar selalu terhidrasi dengan baik dan tidak mudah kering.

Selain beberapa masalah di atas, beberapa orang pun bisa berpotensi mengalami eksim, jamur kulit, dan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan kulit lainnya.

Nah, itu adalah berbagai cara merawat kulit saat musim hujan yang perlu kamu tahu dan coba. Sebab, pada musim ini berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit bisa saja kamu alami.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantumu!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment