Evening Primrose Oil, Bahan Skincare Alami yang Kaya Manfaat!

manfaat evening primrose oil untuk kecantikan (2)

Belakangan ini, penggunaan bahan alami dalam insdustri kecantikan sangatlah marak dilakukan. Misalnya dengan menggunakan carrier oil atau essential oil, seperti evening primrose oil.

Banyak dari kamu yang belum terlalu akrab dengan minyak alami ini. Evening primrose oil dibuat dari biji tanaman evening primrose, dan sebelum marak digunakan sebagai bahan dasar skincare, minyak alami ini dikemas sebagai suplemen makan.

Evening primrose oil memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit, misalnya mengatasi masalah eksim, psoriasis, pun manfaat kecantikannya juga tak kalah banyaknya.

Karena itu pulalah, banyak brand skincare yang menggunakan evening primrose essential oil ke dalam formula perawatan kecantikan kulit.

Well, langsung baca ulasan berikut ini untuk tahu apa saja manfaat evening primrose oil untuk kecantikan kulit. Jangan sampai terlewat, ya!

Manfaat Evening Primrose Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat evening primrose oil untuk kecantikan (1)

Kamu bisa dengan mudah menemukan produk perawatan wajah yang mengandung evening primrose oil. Apalagi yang bekerja untuk menenangkan kulit, mengatasi msalah jerawat, dan penuaan.

Gimana enggak? Manfaat evening primrose oil untuk kecantikan kulit ini sangat beragam. Mulai dari menyembuhkan, hingga mempercantik kulit wajah kamu, lho!

Membantu Merawat Kulit Berjerawat

jenis bekas jerawat (1)

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang umum terjadi, baik pada remaja, maupun pada orang dewasa. Penyebab masalah ini terbilang sangat beragam, begitupula dengan tingkat keparahannya.

Pada beberapa orang, jerawat mungkin bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bukan berarti kamu bisa menyepelekan jerawat, ya.

Karena dengan merawatnya sembarangan, suka memencet-mencet jerawat dengan tangan, hanya akan menyebabkan kondisinya memburuk.

Nah, untungnya manfaat evening primrose oil untuk kecantikan yang pertama adalah mampu membantu mengatasi jerawat.

Kandungan asam lemak esensial yang dimilikinya, dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan jumlah sel kulit yang menyebabkan adanya lesi.

Meningkatkan Hidrasi Kulit Wajah

kandungan melembapkan dalam skicnare

Tak hanya bisa membantu menenangkan kulit berjerawat, sebenarnya kandungan asam lemak esensial yang ada dalam evening primrose oil bisa membantu meningkatkan hidrasi kulit.

Karenanya, banyak produk kecantikan yang berkandungan evening primrose oil akan mengklaim manfaat melembapkan atau menghidrasi untuk kulit.

Nah, manfaat evening primrose oil untuk kecantikan ini penting banget buat kamu yang bermasalah dengan kulit kering, bersisik, ataupun terasa kasar.

Menenangkan dan Meredakan Eksim

Telah disinggung sebelumnya, bahwa evening primrose oil mampu membantu menenangkan dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh eksim.

Beberapa hasil penelitian terdahulu menyebutkan bahwa asam lemak esensial yang ada dalam evening primrose oil mampu membantu memperbaiki kondisi epidermis kulit. Khusunya jika digunakan secara topical, atau dioleskan kepermukaan kulit.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Secara Menyeluruh

mencerahkan kulit wajah

Dilansir dari Healthline, sebuah studi pada tahun 2005, menyebutkan bahwa suplemen evening primrose oil bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Minyak alami ini pun diklaim dapat membuat kulit wajahmu jadi lebih lembut, mempertahankan elastisitasnya, menjaganya agar tetap lembap, dan tampak selalu segar.

Lagi-lagi, kandungan asam lemak esensial-lah yang membantu mendukung manfaat evening essential oil untuk kecantikan kulit satu ini.

Terlebih, sebenarnya kulit tidak bisa memproduksi asam GLA sendiri secara alami, para peneliti meyakini bahwa konsumsi suplemen evening primrose oil akan memenuhi kebutuhan nutrisi ini dan membantu menjaga kesehatan kulit wajah secara menyeluruh.

Membantu Mengatasi Masalah Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Salah satu cara meningkatkan kesehatan kulit adalah dengan membantu mengatasi berbagai masalah kecantikan yang kamu alami sebaik mungkin.

Minyak evening primrose dikenal sebagai bahan alami yang mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan pada kulit, seperti psoriasis dan eksim.

Menurut beberapa ahli, kandungan asam lemak omega-6 yang tingi dalam evening primrose oil mampu membantu meringankan gejala-gejala peradangan dari kedua masalah kulit tersebut.

Melembutkan Kulit dan Mengatasi Kerutan Halus

Asam gamma-linolenat (GLA), yang ditemukan dalam minyak evening primrose, diketahui memiliki banyak manfaat kulit termasuk membuat kulit jadi lebih lembut dengan menghaluskan kerutan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak alami ini pun bisa menetralkan radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat melindungi kulti dari oksidasi dalam sel-sel kulit.

Karenanya, penggunaan evening primrose oil ke dalam skincare akan membantu perawatan kecantikan kulit semakin optimal. Khususnya membuat kulit jadi lebih halus, lembut, dan menyamarkan tanda penuaan yang muncul.

Manfaat evening primrose oil ini pun bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen, sebanyak dua kali sehari secara rutin. Dengan demikian kulit wajah akan tampak lebih sehat, bersih, dan selalu awet muda.

Meredakan Masalah Rambut Rontok

jenis vitamin untuk cegah rambut rontok

Tak hanya baik untuk merawat kecantikan kulit, rupanya evening primrose oil pun bisa digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut kamu, lho!

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan minyak evening primrose secara topikal dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan mengatasi masalah kerontokan rambut.

Salah satu studi ilmiah menyebutkan bahwa penggunaan minyak evening primrose dengan rutin akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuatnya agar tidak mudah rontok.

Untuk mendapat manfaat ini dengan optimal kamu bisa menggunakan evening primrose oil bersamaan dengan minyak rosemary. Kemudian aplikasikan secara teratur pada rambut kamu, jadikan sebagai masker rambut alami, dan bilas hingga bersih.

Kandungan Dalam Evening Primrose Oil yang Baik untuk Kecantikan

manfaat evening primrose oil untuk kecantikan (3)

Mengetahui banyaknya manfaat evening primrose oil untuk kecantikan di atas, tentu perkenalanmu dengan bahan satu ini enggak akan lengkap tanpa tahu apa saja kandungan yang dimilikinya.

Kandungan atau komponen nutrisi yang ada dalam evening primrose essential oil inilah yang akan membantu meningkatkan kesehatan dan merawat kecantikan kulit wajah kamu.

Penasaran apa saja komponen nutrisi yang dimaksudkan? Langsung cek ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Guys!

Asam Lemak Omega-6

Asam linoleat (Omega-6) memiliki sifat anti-inflamasi, meningkatkan retensi kelembaban di kulit, membantu menenangkan dan mencegah jerawat, memfasilitasi penyembuhan luka dan membantu mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit untuk membantu mengurangi efek penuaan.

Asam Gamma-Linolenic (Omega-6) memiliki sifat anti-inflamasi dan menyehatkan kulit dengan bantuan lemak. Mereka membantu mempromosikan kulit yang kuat dan sehat, mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit, dan menjaga kesehatan dan fungsi sel-sel kulit.

Asam Lemak Omega-9

Kandungan lain yang dapat kamu temukan dalam evening primrose oil adalah asam lemak omega-9. Kandungan yang juga dikenal dengan nama asam oleat ini bisa membantu merawat keremajaan kulit wajahmu, lho.

Asam oleat dapat bertindak sebagai antioksidan alami, sehingga dapat menangkal dampak buruk radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda penuaan dini.

Minyak ini pun bisa merawat kelembapan kulit, mengembalikan vitalitas sel yang bermasalah, sehingga dapat menjaga kelembutan dan kekenyalan kulit wajah kamu.

Stearic acid

Stearic acid dikenal untuk melembutkan kulit dan memiliki sifat pembersihan yang membantu menghilangkan kotoran, keringat, dan sebum berlebih dari kulit.

Selain bertindak sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif, dan membersihkan kulit, komponen utama minyak evening primrose juga membantu meningkatkan konsistensi dan potensi produk perawatan kulit.

Bahan alami, seperti primrose oil memang memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Penggunaannya sebagai formula kosmetik pun diklaim lebih aman dan tidak akan menimbulkan reaksi iritasi berlebihan pada kulit.

Setelah mengetahui berbagai manfaat evening primrose oil di atas, apakah kamu berminat untuk menggunakan produk perawatan kecantikan kulit berkandungan bahan alami ini.

Ataukah kamu ingin membuat brand kosmetik sendiri dengan primrose essential oil sebagai bahan dasarnya?

Well, impianmu untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri bisa kamu dapatkan lewat jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia.

Kami akan mempermudah langkahmu dalam mewujudkan brand kosmetik impian yang baik, ramah untuk kulit, dan mampu bersaing di pasaran.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment