Kenali Strategi Buzz Marketing dan Cara Menerapkannya

buzz marketing adalah

Penggunaan media sosial sebagai salah satu sarana promosi bukanlah hal baru lagi. Justru, sejak beberapa tahun terakhir social media marketing jadi strategi favorit para pemasar. Salah satu teknik yang mereka terapkan dalam prosesnya adalah buzz marketing. Pernah dengar?

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai apa itu buzz marketing, bukan? Yap! Buzz ini menggambarkan keriuhan atau kondisi di mana brand kamu nantinya menjadi pusat perhatian masyarakat. Bahasa gaulnya tuh, viral.

Jadi singkatnya, strategi buzz marketing ini akan membantu brand kosmetikmu menjadi viral di kalangan masyarakat. Cara penerapannya bisa cukup fleksibel, menyesuaikan dengan jenis media yang kamu gunakan, target pasar, hingga bagaimana karakter bisnis atau brand kosmetik yang kamu kelola.

Nah, biar enggak penasaran, langsung aja kita bahas sama-sama mengenai apa itu buzz marketing. Juga berbagai manfaat dan cara menerapaknnya berikut ini.

Apa Itu Buzz Marketing?

Buzz marketing merupakan sebuah teknik pemasaran viral dengan tujuan untuk melakukan peningkatan campaign produk. Umumnya, strategi ini perusahaan terapkan dengan cara dari mulut ke mulut (Word of mouth), ataupun menggunakan berbagai jenis media sosial.

Dalam pelaksanaan buzz marketing hari ini, kinerjanya menggunakan teknik dari mulut ke mulut yang dibantu oleh jasa buzzer. Profesi buzzer sendiri adalah aktor yang berperan untuk menggiring opini di media sosial dengan bahasan topik tertentu.

Tujuan dari kinerja buzzer ini tidak lain adalah untuk membuat topik tertentu tersebut bisa menjadi isu dan pembicaraan utama oleh khalayak ramai di media sosial.

Buzz marketing menjadi bagian dari kegiatan strategi viral marketing. Karena kinerja buzzer disini akan terus membicarakan sebuah produk agar dapat menjadi viral dan tending di media sosial.

Dengan kegiatan tersebut, secara tidak langsung akan ada beberapa masyarakat yang tertarik untuk mengobrolkan produk yang sedang diviralkan, dan kemudian akan berlanjut menjadi pembicaraan dengan orang-orang terdekat mereka.

Hadirnya teknik ini diharapkan campaign bisa menjadi lebih dikenal, dan bisa melahirkan dampak untuk meningkatkan kenaikan traffic situs, followers, penjual dan juga prospek.

Buzz marketing adalah bagian dari viral marketing yang bisa menjangkau audien secara bertahap dan berpeluang menciptakan momentum yang bisa membuat brand atau produk tersebut menjadi viral.

Cara Kerja Buzz Marketing

Cara kerja buzz marketing adalah menggunakan cara menarik perhatian audiens dan media agar pada brand maupun produkmu. Dengan begitu, produkmu akan mendapatkan sorotan masyarakat dan jadi topik pembicaraan. Singkatnya, jadi viral.

Hal tersebut bisa terjadi jika produk kamu memiliki isu khusus, di mana memang produk yang kamu tawarkan dipasaran memiliki perbedaan dengan produk lainnya. Terutama masalah kualitas yang dimiliki oleh produk.

Selain itu kamu bisa juga melakukan kegiatan pemasaran dan penawaran produk kamu kepada publik. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Tung Desem Waringin saat akan mempromosikan bukunya dengan cara membagi-bagikan uangnya ke publik dari pesawat.

Tentu saja fenomena tersebut menimbulkan kehebohan di kalangan publik, dan secara otomatis fenomena tersebut akan menyebar dan menjadi berita hangat dimasyarakat.

Dengan contoh fenomena tersebut, masyarakat akan menjadi banyak memperbincangkan kejadian berkesan tersebut, kemudian dengan senang hati para pelangganmu akan mengabarkan berita itu kepada orang-orang terdekatnya.

Biasanya jika strategi buzz marketingmu berkesan bagi mereka, kemungkinan besar mereka akan melebih-lebihkan perbincangannya terkait kualitas produk yang kamu pasarkan.

Begitulah gambaran cara kerja buzz marketing. Jika kamu bisa berhasil menjalankan buzz marketing, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa memberikan timbal balik yang cukup positif pada bisnis kamu. Seperti terjadinya peningkatan penjualan produk dan jasa yang kamu pasarkan.

Selama kamu bisa mengawasi dan menjaga perkembangan kegiatan buzz marketing, bukan tidak mungkin produk yang kamu tawarkan bisa menimbulkan lonjakan distribusi dan pemesanan.

Pentingnya Menggunakan Buzz Marketing untuk Bisnis

Buzz marketing merupakan salah satu bagian dari kegiatan marketing, maka dari itu suatu brand sangat perlu untuk melaksanakan kegiatan buzz marketing.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa buzz marketing peru kamu terapkan dalam strategi pemasaran brand/bisnis-mu. Keep reading, Beautypreneurs!

Menekankan Perasaan Fear Of Missing Out (FOMO)

Buzz marketing dalam campaignnya selalu menekankan fear of missing out atau biasa disebut FOMO. FOMO ini adalah bentuk kekhawataran yang dirasakan oleh para audiens atau pelanggaan ketika ketinggalan oleh suatu tren yang sedang berlangsung.

Kinerja buzz marketing akan bekerja dengan sangat baik terhadap peran FOMO karena bisa merangsang setiap audiens yang terlibat di dalam pembicaraan yang sedang ramai tersebut.

Bagian Dari Fenomena Baader Meinhof

Beader meinhof merupakan sebuah fenomena ilusi frekuensi di mana seseorang akan mengalami ilusi keterkinian. Contohnya seperti di saat kamu membeli sebuah produk, kemudian dengan tidak sadar produk yang kamu beli tersebut juga ternyata juga orang lain beli.

Mencakup Semua Aspek Konten

Strategi buzz marketing mencakup banyak hal, alasan inilah mengapa brand sangat memerlukan apa itu buzz marketing.

Suksenya kegiatan buzz marketing dapat menghasilkan PR organik yang bisa meningkatkan ruang percakapan terkait brand di ruang publik baik online maupun offline. Peningkatan follower dan rujukan situs.

Kelebihan dan Kekurangan Buzz Marketing

Tentu saja dalam pelaksanaannya kegiatan buzz marketing akan memiliki beberapa kelebihan dan juga beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan yang terdapa di dalam buzz marketing.

Kelebihan Buzz Marketing

Pastinya saat menerapkan strategi buzz marketing kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa membantu kamu meningkatkan laju pemasaran bisnis.

Adapun beberapa kelebihan dalam menarapkan buzz marketing seperti berikut ini

  1. Banyak orang yang akan membicarakan brand dan produk yang kamu pasarkan
  2. Kamu bisa mendapatkan jangkauan pelanggan yang sangat luas
  3. Terjadinya peningkatan penjualan produk
  4. Harga dipasaran menjadi relatif terjangkau
  5. Bisa mendapatkan timbal balik yang memuaskan dari para pelanggan

Menggunakan kinerja buzzer untuk menerapkan strategio pemasaran akan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan memasang iklan secara offline pada sebuah billboar atau meddia offline lainya/

Selain itu, kamu akan mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas tanpa batas wilayah dan negara.

Kekurangan Buzz Marketing

Walaupun strategi buzz memiliki cukup banyak kelebihan dan keuntungan yang sangat banyak, akan tetapi buzz marketing juga tetap mempunyai sisi kelemahannya tersendiri.

Mengutip dari laman Marketing 91, terdapat kekurangan buzz marketing seperti saat menerapkan proses kerjanya yang terbilang cukup kompleks dan sulit.

Hal ini dikarenakan sangat tidaklah mudah untuk membuat produk menjadi viral dan dibicarakan oleh banyak orang walaupun kamu sudah menggunakan jasa buzzer sekalipun.

Sehingga di saat kamu menerapkan strategi pemasaran viral tersebut, kamu diwajibkan untuk melakukannya dengan maksimal dan sungguh-sungguh, dengan tingkat konsistensi yang tinggi.

Cara Melakukan Buzz Marketing yang Sukses untuk Bisnismu

Jika kamu sudah mengetahui sebarapa penting strategi ini untuk memajukan bisnismu, kamu pasti sudah tak sabar ingin menerapkannya untuk brand kosmeitkmu kan?

Tanpa banyak basa-basi, langsung simak cara menerapkan buzz marketing yang sukses berikut ini!

Buat Kampanye Iklan yang Menarik

Pertama-tama kamu harus berhati-hati saat menjalankan strategi pemasaran satu ini. Karena bisa saja uang yang kamu anggarkan untuk menyewa buzzer dan influencer menjadi sia-sia.

Hal ini karena kalau isi kampanye pengiklanan yang kamu suguhkan sangat tidak menarik dan sangatlah monoton. Karena bisa membuat audiens dan pelanggan kamu menjadi tidak akan memberikan perhatiannya keapada produk yang kamu viralkan.

Adapun salah satu cara yang cukup ampuh untuk memaksimalkan strategi buzz marketing seperti membuat konsep terlebih dahulu dan mematangkannya, kemudian membuat kampanye serta konten iklan.

Maka dari itu, kamu harus bisa berusaha untuk membuat kampanye iklan yang lebih menarik dari kompetitormu. Kamu juga harus bisa memastikan bahwa isi kampanye iklan yang kamu buat memuat pesan yang emosional dan memiliki kemampuan untuk menyentuh hati para audiens.

Ciptakan Program Refferal

Kemudian kamu wajib untuk membertimbangkan pembuatan program referal. Progam ini merupakan rujukan yang membuat audiens kamu mengajak keluarga, rekan dan orang-orang di sekitarnya untuk menggunakan produk dari brand bisnis kamu.

Sebagai bentuk imbalan dari rujukan yang telah mereka lakukan, kamu bisa memberikan hadiah berupa pemberian produk, akses ke produk eksklusif dan juga diskon.

Maksimalkan Social media Marketing

Kamu haru bisa memaksimalkan seluruh konten untuk keperluan sosial media yang kamu miliki memiliki isi yang berbobot dan sebaik mungkin di dalamnya. Hal ini agar setiap produk yang kamu tawarkan bisa menjadi viral dan mudah masyarakat kenali.

Kamu bisa membagikan hasil dari pembuatan konten tersebut ke berbagai macam sosial media seperti twitter, facebook, instagram dan lain sebagainya.

Jika kamu memaksimalkan setiap platfrom sosial media di atas, maka sangat memungkinkan produk yang kamu pasarkan bisa menjadi bahan perbincangan oleh banyak orang.

Meningkatkan Kualitas Produk

Kamu perlu menggaris bawahi, kalau kampanye iklan yang viral harus seimbang dengan produk yang berkualitas.

Jika kamu tidak bisa memenuhi kualitas produk yang calon konsmen harapkan, peluang produk tersebut untuk dibicarakan akan menjadi sangat kecil sekali. Hal ini membuat kampanye iklan yang kamu lakukan menjadi tidak berguna.

Maka dari itu kamu harus bisa mengimbangi kampanye iklan dengan kualitas produk yang baik. Sehingga kamu bisa memenuhi ekspektasi mereka terhadap produk tersebut.

Analisis Kampanye yang Dijalankan

Melakukan kegiatan analisis kampanye iklan yang sudah kamu akan menjadi hal terpenting untuk menerapkan strategi pemasaran viral ini. Kamu sangat wajib mengetahui sudah seberapa tinggi animo audiens terhadap produk yang kamu viralkan.

Selain itu, kamu juga wajib mengetahui hal apa saja yang harus ditambahkan dan harus dikurangi pada kampanye iklan selanjutnya.

Gandeng Influencer yang Tepat

Sosok figur yang memiliki banyak pengikut di sosial media secara otomatis akan memiliki pengaruh yang besar. Hal ini tentunya juga akan berdampak besar pada strategi sosial media marketing brand kosmetikmu.

Buzz marketing kerap kali menggunakan sosok figur seperti itu untuk membuahkan hasil penjualan produk yang menguntungkan.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk mengajak mereka melakukan kegiatan endorsement di sosial media mereka. Dengan begitu, akan semakin banyak dan beragam kalangan audience yang kamu raih.

Secara tidak langsung, influencer yang kamu ajak ini akan mengundang dan memicu minat audiens untuk mengikuti postingannya. Kemudian mereka akan mencoba mengenal lebih jauh tentang brand dan produk yang di unggahannya.

Dari sini konversi dalam bentuk penjualan akan terjadi dengan mudah kedepannya.

Buat Konsep Brand yang Unik

Menciptakan konsep bisnis yang berbeda dengan kompetitor akan menjadi poin plus untuk brand dan produk kamu.

Karena di dalam strategi buzz marketing akan menekankan untuk menciptakan sebuah konsep bisnis yang tidak familiar. Ini karena bisa meningkatkan daya tarik konsumen pada sebuah produk yang kamu tawarkan dari pada milik pesaing bisnis kamu.

Lantas bagaiaman sih, cara membuat konsep brand dan produk yang unik? Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dalam hal ini. Untuk itu kamu membutuhkan tim dan partner yang handal di bidangnya untuk membantumu.

Mash Moshem Indonesia misalnya, memiliki tim formulator yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidangnya. Tim kami selalu melakukan riset dan pengembangan produk, serta mengikuti tren kecantikan yang berkembang di pasaran.

Dengan demikian, kami bisa menciptakan berbagai formula produk terbaik dan unik untuk klien kami. Bersama tim kami, kamu juga bisa membuat konsep brand dan produk yang unik, sesuai dengan selera, karakter, juga target pasarmu.

Menarik, bukan? Kamu bisa langsung mendiskusikan keinginan dan rencana produkmu bersama tim pemasaran kami dengan klik Contact Us.

About Author

Related posts

Leave a Comment