Cara Membuat Balm Tanpa Aroma dengan Bahan Alami, Sederhana!

cara membuat balm tanpa aroma

Balm merupakan salah satu produk kecantikan yang memiliki banyak kegunaan. Produk ini dapat konsumen gunakan di bagian kulit manapun untuk melawan kondisi dehidarsi dan mengembalikan kelembapan yang hilang.

Kadang kala balm, seperti kosmetika pada umumnya, juga kerap diformulasikan menggunakan bahan-bahan aromatic. Bagi orang dengan kondisi kulit yang normal, tentu ini bukanlah masalah besar. Namun, bagi orang dengan kondisi kulit sensitive atau hypersensitive, pewangi berkemungkinan besar menimbulkan iritasi.

Nah, sebagai seorang brand owner, kamu pasti menyadari betapa pentingnya untuk memenuhi kebutuhan konsumenmu dan memastikan keamanan produk yang mereka pakai.

Menyadari hal ini, Mash Moshem Indonesia merangkumkan cara membuat balm serbaguna tanpa aroma dari bahan alami khusus untukmu.

Penasaran? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Perlukah Menambahkan Fragrance (Aroma) pada Kosmetika?

Penggunaan zat aromatic atau fragrance merupakan shal yang sangat wajar dalam industri kosmetik. Justru, zat ini memegang peranan penting sebagai daya pikat dan nilai unik dari suatu produk.

Namun, pertanyaannya apakah penggunaan fragrance dalam kosmetika memang seperlu itu? Terlebih, sekarang kosmetik dengan klain bebas pewangi terus menjadi tren. Karena konsumen lebih sadar untuk berusahan mengurangi kemungkinan adanya paparan terhadap allergen potensial.

Tentu, kalau hanya dari nilai figuratifnya, kamu bisa mengurangi atau menghilangkan fragrance dari dalam komposisi produkmu. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya paparan allergen pun akan berkurang.

Sementara, jika kamu baru memulai bisnis kosmetik indie-mu sendiri, balm tanpa pewangi adalah produk sederhana yang bisa kamu coba dengan mudah.

Sebab, ketika menggunakan minyak atsiri sebagai bahan pewangi, kamu perlu memperhatikan takaran dan komposisinya dengan bahan lain.

Misalnya, kamu perlu mengurangi persentase carrier oil, menghitung allergen total, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit konsumenmu.

Sebab, meski mengandung banyak manfaat dan beraroma menarik, minyak atsiri tak pernah dianjurkan untuk diolehkan secara langsung pada kulit. Bukan tanpa alasan, minyak ini bisa memberikan paparan allergen dan memicu iritasi pada kulit.

Sebagai gambaran, kamu bisa mengetahui berbagai hal tentang penggunaan minyak atsiri di sini.

Bahan Membuat Balm Tanpa Aroma dari Bahan Alami

Untuk membuat balm tanpa aroma sederhana sendiri di rumah, kamu bisa menyiapkan beberapa bahan berikut ini.

Minyak Buriti

Pertama ada minyak buriti, yang juga populer sebagai bahan alami dengan kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Sampai-sampai, bahan ini diklaim dapat bekerja maksimal dalam menyehatkan dan menjaga kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Minyak dengan warna merah cerah ini juga bisa memabntu melindungi sel kulit dan mencegah proses penuaan dini. Selain itu, minyak buriti juga merupakan salah satu jenis emolien alami yang fantastis, karena kaya akan asam lemak tak jenuh.

Untuk mengetahui apa saja manfaat minyak buriti untuk kulit, cek di sini.

Minyak Almond

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan minyak almond dalam cara membuat balm tanpa aroma. Karena sifatnya yang multifungsi, minyak almond ini juga bisa menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan memiliki aroma ringan.

Selain itu, minyak almond juga dapat mendukung fungsi skin barrier. Hal ini secara tak langsung juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi bekas luka, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini.

Menggunakannya pada formula balm alami milikmu, tentu akan dapat memberikan banyak manfaat penting pada produk tersebut. Seperti melembapkan, menenangkan, hingga mengurangi bekas-bekas luka.

Sebab bahan alami ini memilki konsnetrasi asam lemak yang cukup tinggi, yakni sekitar 20-30%. Seperti yang kamu tahu, asam lemak esensial ini merupakan komponen penting dalam lapisan penghalang kulit. Karenanya, jika kamu kehilangan senyawa ini dari kulitmu, maka fungsi skin barrier juga akan menurun.

Namun, minyak ini bukan satu-satunya pilihan yang bisa kamu gunakan. Bahkan, kamu bisa menggantinya, jika ingin, dengan minyak pembawa lainnya. Seperti minyak biji anggur, minyak apricot, dan lain sebagainya.

Illipe Butter

Selanjutnya ada butter (mentega), bahan ini merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia, lho!

Butter mengandung banyak asam lemak esensial dan nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, serta mendukung fungsi skin barrier.

Salah satu kandungan dalam butter adalah asam stearate, yang bisa membentuk 40-48% dari profil asam lemak dari mentega illipe. Asam lemak jenuh ini secara alami juga berada dalam minyak alami kulit kita.

Illipe butter merupakan bahan emolien alami yang luar biasa, khususnya dalam memberikan kelembapan pada kulit dan menjaganya agar tak mudah hilang sepanjang hari.

Cupuacu Butter

Bahan selanjunya yang bisa kamu masukkan dalam cara membuat balm tanpa aroma adalah cupuacu butter. Berkarakteristik serupa dengan cocoa butter, bahan ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan kulit.

Salah satu kandungannya adalah fitosterol, banyak ditemukan dalam tumbuhan, senyawa ini juga salah satu komponen utama dalam lipid pelindung kulit alami.

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa bahan ini membantu memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi skin barrier. Serta dapat memndukung fluiditas membrane sel, merangsang metabolism sel, serta mengurangi gejala-gejala inflamasi.

Sama halnya dengan Illipe butter, bahan ini juga termasuk dalam emolien alami terbaik. Karena mampu membantu mengembalikan kelembapan, elastisitas alami kulit, serta memiliki sifat penyerapan air yang unik.

Cupuacu butter bahkan diketahui mampu meningkatkan kadar air kulit dan meningkatkan elastisitas. Manfaat ini juga menimbulkan efek yang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dini dan memberikan kulit kering dengan hidrasi yang tahan lama.

Cara Membuat Balm Tanpa Aroma Sederhana dengan Bahan Alami

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, serta menyediakan alat-alat yang kamu perlukan nanti. Maka selanjutnya, kamu bisa langsung menyimak dan memahami langkah cara membuat balm tanpa aroma secara sederhana berikut ini.

Resep ini diperoleh dari Formula Botanica, dengan takaran sampel produk 50/100 gram saja. Yuk, simak baik-baik!

Siapkan Bahan Sesuai Takaran

Selain beberapa main ingredients di atas, kamu juga harus menyiapkan bahan-bahan lainnya dengan takaran yang tepat. Seperti:

  1. Lilin dedak padi, ​​9.50 gr
  2. A Illipe butter, 30 gr
  3. Mentega biji Capuacu, 30 gr
  4. Minyak Almond, 20 gr
  5. Minyak Buriti, 10 gr
  6. B Vitamin E Tokoferol, 0.50 gr

Siapkan Peralatan Pembuatannya

Selanjutnya siapkan berbagai perlatan yang akan kamu gunakan dalam cara membuat balm tanpa aroma sederhana nantinya. Beberapa alat tersebut antara lain:

  1. Gelas gelas
  2. Piring panas
  3. Air
  4. Batang kaca
  5. kocokan mini
  6. Pipet

Masukkan Bahan dalam Gelas Tahan Panas

Langkah pertama, illipe butter, minyak buriti, minyak almond, serta cupuacu butter ke dalam gelas (wadah) kacara yang tahan panas.

Panaskan Hingga Semua Bahan Meleleh

Langkah selanjutnya panaskan bahan dalam wadah tersebut hingga meleleh dan tercampur secara merata. Setelah itu, tunggu selama satu menit untuk memastikan balm benar-benar meleleh.

Campur dan Dinginkan

Kalau sudah, kamu bisa mengangkat gelas dari api dan aduk campuran hingga mulai dingin. Dalam prosesnya, kamu bisa mengaduk formula dengan pengocok mini dan terus kikis bagian sisi gelas yang mengering. Dengan begitu campuran bisa tercampur dan mendingin secara merata.

Masukkan Vitamin E

Setelah campuran agak dingin, tambahkan vitamin E dan aduk rata hingga teksturnya seragam.

Pindah ke Wadah

Pindahkan ke wadah pilihan musaat campuran masih bergerak dan kemudian ketuk untuk menghilangkan gelembung udara.

Setelah itu kamu bisa membiarkan balm dingin dan memadat dengan tanpa menutupnya. Langkah ini bisa mencegah pembentukan kondensasi di permukaan balm.

Biarkan balsem memadat tanpa penutup untuk menghindari pembentukan kondensasi di permukaan.

Beri Label dan Simpan

Jika sudah, kamu bisa menutup wadah tersebut. Kemudian beri label nama produk, tanggal pembuatan, dan simpan pada tempat yang jau dari cahaya dan panas secara langsung.

Membuat Skincare untuk Kulit Sensitif dengan Sertifikat BPOM

Kamu tentu memahami, meski mudah dilakukan sendiri di rumah, cara membuat balm tanpa aroma ini tak bisa begitu saja kamu pasarkan dengan bebas. Sebab untuk langkah pemasaran, kamu perlu mendapatkan sertifikasi BPOM terlebih dahulu.

Terlebih untuk produk dengan klaim yang bisa digunakan untuk kulit sensitive. Kamu perlu mewaspadai bagaimana produk tersebut nantinya akan bereaksi pada kulit konsumenmu, yang tentu tak bisa kamu control dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara membuat skincare untuk kulit sensitive dan menjadikannya bisnis secara legal dengan sertifikat BPOM?

Maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia adalah jawabannya. Tak hanya mampu memproduksi skincare, dan kosmetik lainnya, yang baik untuk kulit sensitive. Kami juga memberikan pelayanan lengkap dengan membantu pengurusan legalitas BPOM, HAKI, serta berbagai sertifikat penting lainnya.

Menarik, bukan? Langsung hubungi tim pemasaran kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal maklon kosmetik, ya. See you!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

heat protection spray apa itu

Manfaat Heat Protection Spray, Cara Penggunaan, dan Komposisi Produk

Rambut sering kali dianggap sebagai salah satu hal yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Baik buruknya kondisi rambut akan merubah looks seseorang secara signifikan. Oleh sebab itu, banyak orang berlomba-lomba untuk mempercantik tampilan rambutnya, mulai dari potongan rambut, warna rambut,...

Continue Reading