Cara Membuat Brand Guideline untuk Bisnis Kosmetik, Yuk Simak Baik-Baik!

cara membuat brand guideline

Sebagai seorang brand owner, kamu pasti ingin brand kosmetikmu memiliki citra yang baik di masyarakat, bukan? Karenanya, kamu harus bisa membuat konten promosi yang menarik dan dapat merepresentasikan bisnismu. Untuk itu, perhatikan cara membuat brand guideline untuk brand kosmetik berikut ini.

Memang apa pentingnya brand guideline ini? Sebelum membahas terlalu jauh soal manfaatnya dan cara membuatnya, kamu perlu mengenal terlebih dahulu definisi brand guideline ini, utamanya dalam membentuk identitas brand.

Adanya pedoman brand ini akan sangat membantu Beautypreneurs untuk mengenalkan brand kosmetikmu menjadi lebih luas dan konsisten di dalam dunia bisnis.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan brand guideline ini? Kemudian apa manfaatnya dan bagaiama cara membuat brand guideline untuk bisnis kosmetik berikut ini.

Apa Itu Brand Guideline?

Brand guideline merupakan sebuah pedoman untuk mengatur segala bentuk tampilan umum, komposisi dan desain dari suatu brand, salah satunya untuk brand kosmetik.

Suatu brand kosmetik akan lebih mudah untuk menentukan seperti apa bentuk konten media sosial, konten blog, iklan dan tampilan dari logonya kalau sudah memiliki pedoman brand tersendiri.

Selain itu, anggota tim kamu seperti tim konten, tim web developer, tim marketer, sampai tim desainer grafis akan sangat terbantu dengan adanya brand guideline, karena pastinya mereka membutuhkan satu pedoman yang sama.

Di sini brand guideline menjadi salah satu bentuk komponen yang dapat kamu gunakan untuk pedoman dasar. Khususnya ketika tim kamu saat akan membuat brand kosmetik dan merepresentasikan brand kosmetik.

Brand guideline akan merangkung kumpulan rules atau aturan yang di dalamnya mendiskripsikan strategi seperti apa nantinya brand kosmetik saat akan direpresentasikan di publik.

Dari kumpulan aturan tersebut kedepannya akan kamu jadikan refrensi untuk menjaga bentuk tampilan brand agar tetap efektif dan konsisten di mata masyarakat. Sehingga masyarakat akan semakin mudah mengingat brand atau produk kosmetik yang kamu tawarkan.

Lantas bagaimana cara membuat brand guideline untuk bisnis kosmetik? Serta apa manfaatnya untuk bisnis yang kamu jalankan tersebut? Langsung simak ulasan berikut ini, ya!

Manfaat Brand Guideline untuk Bisnis Kosmetik

Membuat brand guideline untuk bisnis kosmetikmu bisa memberikan banyak manfaat. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Menetapkan Standar

Menetapkan standar untuk brand adalah salah satu manfaat dari adanya brand guideline. Standar ini nantinya akan kamu gunakan sebagai referensi dan pedoman dalam membuat konten promosi tersebut.

Selain sebagai sarana branding, iklan juga memiliki tujuan untuk mengajak pelanggan menggunakan produk kosmetik yang kamu jual. Maka dari itu, menetapkan standar adalah salah satu kunci utama agar konten promosimu bisa tetap konsisten di pasar.

Perlu kamu ingat bahwa dalam proses pembuatan iklan, kamu wajib menyesuaikan aturan-aturan yang ada di dalam brand guideline mulai dari tone of voice, warna, sampai fontnya.

Brand Lebih Mudah Diingat

Membuat tagline yang unik atau membuat logo yang menarik adalah beberapa cara untuk meningkatkan brand awareness. Akan lebih efektif lagi jika strategi untuk meningkatkan brand awareness ini kamu sesuaikan dengan aturan dalam brand guidline buatanmu.

Contohnya seperti saat proses pembuatan tagnline ulasan kosmetik yang menarik, sangat memerlukan tone of voice dari brand yang akan kamu buat.

Atau misalnya di saat proses membuat logo, di sini bagian desainer grafis wajib mengamati dan menerapkan aturan yang sudah dibuat di dalam bran guideline.

Dari sini, setiap tampilan yang ada di dalam brand sudah di atur berdasarkan pedoman yang ada di dalam brand style guide, agar brand kosmetik yang buat bisa lebih efisien untuk diingat masyarakat.

Elemen dalam Brand Guideline

Brand guideline mengandung beberapa elemen-elemen penting untuk mendukung tampilan identitas pada suatu brand. Hal tersebut meliputi komponen tipografi, warna, dan logo.Berikut adalah beberapa komponen elemen di dalanm brand guideline.

Color Palette

Terciptanya elemen tampilan warna yang konsisten akan sangat terbantu dengan adanya palet warna. Dalam hal ini brand biasanya akan menentukan empat warna, atau bahkan bisa kurang dari empat.

Penentuan warna ini menyesuaikan dengan warna turunan yang ada di dalam logo perusahaan yang digunakanan.

Palet warna yang sudah ditentukan menjadi elemen brand, nantinya akan direproduksi untuk keperluan cetak maupun digital.

Jadi sistem reproduksinya harus akurat ya Beautypreneurs, dimana di dalamnya terdapat informasi warna dalam bentuk kode CMYK dan juga RGB untuk menyesuaikan medium reproduksi.

Typography

Tipografi merupakan bentuk elemen visual lainnya yang terkandung di dalam brand guideline.

Ukuran font, jeni font sampai petunjuk pemaikan font untuk desain brand merupakan pedoman dari elemen tipografi.

Logo Design

Pada bagian elemen brand guideline kali ini adalah desain logo. Dalam hal ini desain logo akan membantu perusahaan untuk memastikan logonya yang menyesuaikan dengan brand dan produk.

Warna yang akan digunakan, batasan ukuran dan ketentuan tampilan akan menjadi cakupan pedoman yang terdapat di elemen desain logo.

Cara Membuat Brand Guildline untuk Bisnis Kosmetik

Branding di dalam bisnis kosmetik akan sangat membantu untuk memperkuat konsistensi dan citra perusahaan bisnis kosmetikmu.

Maka dari itu, agar bisa lebih mudah untuk membuat brand guideline dalam bisnis kosmetik, berikut ini ada beberapa tahapan langkah agar kamu bisa menyusun brand guideline untuk bisnis kosmetik.

Kumpulkan Inspirasi dan Refrensi

Mengumpulkan inspirasi dan refrensi terlebih dahulu adalah langkah pertama untuk membuat brand guideline untuk bisnis kosmetik.

Karena ini untuk bisnis kosmetik, kamu harus mendiskusikan dengan tim untuk melihat peluang apakah sudah sesuai target pasar atau belum. Pendiskusian ini biasanya menentukan font, logo atau diksi dari brand kosmetik yang dirancang.

Kemudian kamu dan tim juga haru membandingkannya dengan pesaing bisnis kosmetikmu.

Disini nantinya kamu akan mengobservasi dan meriset apakah logo pesaing lebih unik atau tidak, dan model representasi pesaing pesannya kepada masyarakat lebih menarik atau tidak.

Dari sini kamu akan mendapatkan informasi dan refrensi baru setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari logo milik pesaing bisnis kosmetikmu.

Tentukan Elemen Penting dari Brand Guideline

Biasanya terdapat enam elemen penting yang wajib kamu sertakan untuk membuat pedoman brand ini, yaitu seperti font, typography, palet warna, pedoman logo dan brand story.

Dalam hal ini kamu dapat mendiskusikannya dengan tim untuk perancangan setiap elemen-elemen tersebut secara detail dan spesifik. Dari sini nantinya akan melahirkan pedoman yang dipergunakan untuk brand kosmetikmu.

Buat Pedoman untuk Setiap Produk Dari Brand

Untuk langkah selanjutnya kamu harus membuat pedoman dari setiap produk yang dimiliki pada brand kosmetikmu.

Misalnya membuat pedoman untuk perancangan desain packaging dari produk kosmetik, hal ini untuk membantu tim desainer grafis lebih mudah menyelaraskannya dengan brand kosmetik kamu.

Usahakan setiap bagian produk wajib untuk memiliki pedoman masing-masing ya Beautypreneurs. Hal ini agar brand kosmetik kamu bisa tetap konsisten dan efisien kedepannya.

Buat Outline dari Brand Guideline

Jika pedoman produk sudah kamu tentukan dan setiap elemen di dalam pedoman brand sudah didiskusikan, selanjutnya kamu wajib untuk membuat outline-nya Beautypreneurs!

Pembuatan outline ini berpedoman dari setiap elemen dari brand guideline yang sudah kamu buat, dan kedepannya bisa menjadi pedoman untuk tim kamu.

Contohnya di bagian elemen logo produk kosmetik, kamu bisa memberi ringkasan catatan perihal filosofi dari logo produk kosmetik yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Kemudian kamu juga harus memberikan aturan mengenai cara dan elemen pembuatan logo yang tepat. Jangan membuat logo yang terlalu susah untuk konsumen kenali, pasaran, dan berbagai peraturan lainnya.

Kamu bisa cari tahu soal cara membuat logo kosmetik yang baik dan menarik di sini.

Ingat ya, Beautypreneurs, untuk pembuatan outline ini kamu harus berpedoman dari setiap elemen yang ada di dalam guideline ya! Hal ini untuk memudahkan pehaman tim kamu.

Pentingnya dari outline ini mirip seperti SOP (standard operating procedure) di mana sangat timmu butuhkan untuk mengerjakan tiap tugas yang kamu berikan nantinya.

Penting untuk membuat brand outline serinci mungkin, agar tidak membingungkan tim kamu untuk memahaminya.

Kemudian setelah outline jadi, kamu wajib mendigitalkan atau mencetaknya untuk kamu bagikan kepada tim pemasaranmu. Karena pedoman brand ini merupakan sebuah dokumen kerja yang sangat penting untuk kamu dan tim.

Nah, itu adalah berbagai hal yang harus kamu tahu soal brand guideline, termasuk manfaat dan cara membuatnya untuk bisnis kosmetikmu. Dari penjelasan tersebut, apakah kamu sudah memiliki gambaran membuat pedoman konten satu ini?

About Author

Related posts

Leave a Comment