Cara Membuat Brand Skincare Sendiri dengan Modal yang Terjangkau
Berbisnis skincare menggunakan brand sendiri dengan modal terjangkau bukanlah hal yang sulit untuk kamu wujudkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas step by step cara membuat brand skincare sendiri dengan modal terjangkau, namun tetap menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat bersaing di pasaran.
Bagi orang awam hal ini mungkin belum cukup populer dan terlihat sulit, namun apabila kamu sudah mengetahui caranya, tak ada hal sulit yang menghambatmu untuk memiliki produk skincare dengan brand sendiri. Tantangan utama dalam membuat sebuah produk skincare adalah modal besar yang harus tersedia. Tak dapat dipungkiri, banyak sekali tahapan yang harus dilakukan ketika mambuat produk skincare dengan brand sendiri dari nol.
Sebelum kamu membuat produk skincare dengan brand sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut antara lain terkait sumber daya yang kamu miliki, apakah modal yang kamu miliki cukup, memiliki waktu yang banyak untuk mengurus pembuatan produk dari nol hingga proses produksi produknya seperti apa. Kamu sudah harus memikirkan itu semua dari awal agar produk skincare yang tercipta juga berkualitas dan diterima oleh konsumen.
Apa Saja yang Harus Dipersiapakan untuk Membuat Brand Skincare Sendiri?
Agar cara memulai bisnis dan membuat brand skincare sendiri kamu lakukan dengan lancar. Penting untukmu mempersiapkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu.
1. Memiliki Cukup Pengetahuan Tentang Produk Skincare
Sebelum membuat produk skincare, setidaknya kamu juga memiliki cukup pengetahuan tentang produk tersebut. Kamu bisa belajar seluk beluk terkait produk skincare, mulai hal umum sampai hal detailnya. Misalnya dengan mempelajari bahan-bahan skincare, tren kecantikan yang sedang populer, cara dan proses produksi, pengemasan hingga trik pemasarannya.
Pengetahuan-pengetahuan ini dapat menjadi bekal untuk mempermudah cara memulai bisnis skincare dengan brandmu sendiri. Sebab, dengan begitu kamu bisa merumuskan konsep produk yang akan mudah masyarakat terima, serta dapat merancang strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk brand tersebut.
Bahan-bahan Skincare
Memiliki pengetahuan tentang bahan skincare adalah hal paling mendasar yang harus kamu punya. Meski tak harus secara mendalam, kamu juga harus mengerti mana bahan yang seharusnya bisa kamu gunakan dan tidak. Dengan begitu, kamu bisa merumuskan formulasi produk skincare terbaik untuk calon konsumenmu.
Langkah paling sederhana untuk menyelidiki bahan-bahan atau kandungan terbaik untuk skincare bisa kamu lakukan dengan mempelajari produk kompetitor, melakukan riset kecil-kecilan dengan membaca jurnal kecantikan, hingga berkonsultasi dengan ahlinya.
Tren Kecantikan
Indusrti kosmetik dan kecantikan sebenarnya sangat resistan dengan waktu. Artinya, kamu tak perlu takut industri ini akan tutup di musim-musim tertentu atau bahkan mengalami kemrosotan yang drastis.
Meski begitu, industri kosmetik sangat rentan dengan perubahan tren kecantikan yang populer di kalangan masyarakat. Karenanya, sebagai calon brand owner yang mau mulai bisnis skincare sendiri kamu harus paham dan up-to-date dengan tren kecantikan terbaru.
Dengan begitu, kamu bisa memberikan produk yang tengah masyarakat inginkan dan butuhkan. Hal ini juga akan mempermudah masyarakat untuk menerima dan membuka hati mereka pada brand maupun produk skincare yang kamu tawarkan.
Baca Juga: 4 Cara Riset Produk Kosmetik Lewat Google Trend, Begini Langkahnya!
2. Skincare Seperti Apa Yang Akan Kamu Buat
Langkah berikutnya adalah menentukan skincare apa yang akan kamu buat. Seperti banyak kita ketahui skincare memiliki jenis kegunaan dan fungsi yang berbeda-beda untuk perawatan kulit. Sebelum membuat produk tentukan terlebih dahulu jenis produk yang dibuat, akan difungsikan untuk apa produk tersebut.
Setelah menentukan fungsi sebuah produk, kamu juga harus mulai memikirkan komposisi atau kandungan produk skincare. Kamu juga perlu menentukan hasil seperti apa dari produk skincare yang akan diproduksi, sehingga bisa lebih mengoptimalkan produk skincare yang akan diproduksi dan konsumen bisa merasakan dampak positifnya setelah menggunakan brand skincare milikmu.
Baca Juga:
3. Konsultasikan Konsep Produk Kepada Ahlinya
Setelah mengetahui produk seperti apa yang akan dibuat langkah persiapan berikutnya adalah menkonsultasikan konsep produk yang akan dibuat pada ahlinya. Kamu bisa berkonsultasi pada praktisi kesehatan profesional, terkait konsep produk yang akan dibuat.
Konsep produk yang dibuat mulai dari bahan pembuatan produk apakah aman atau tidak, teknik atau cara pemakaian produk oleh konsumen seperti apa, waktu penggunaan produk berapa lama hingga konsumen bisa merasakan manfaat produknya. Banyak sekali hal yang bisa amda tanyakan pada ahlinya hingga kamu mendapatkan konsep yang jelas dan matang sebelum mulai membuat produk skincare.
4. Buat Sample Produk Sebelum Produksi Massal
Sebelum memproduksi masal produk skincare, kamu harus membuat sample produk terlebih dahulu. Setelah mendapatkan konsep yang matang tentang produk skincare yang akan dibuat, lakukan pembuatan sample produk skincare. Kamu bisa membuat sample produk skincare di laboratorium atau fasilitas yang menawarkan jasa pembuatan sample produk.
Tentu kamu membutuhkan bantuan ahli profesional agar mendapatkan sample produk skincare berkualitas dan aman. Dalam membuat sample produk juga dilakukan riset dan penelitian terhadap produk yang akan dibuat, Pembuatan sample produk merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum kamu memproduksi produk skincare secara masal.
5. Lakukan Uji Coba Kelayakan Produk
Jika kamu sudah memiliki sample produk skincare yang dibuat, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menguji kelayakan produk skincare. Kamu bisa melakukan uji kelayakan produk yang dibuat kepada beberapa orang terlebih dahulu. Uji kelayakan produk bertujuan untuk mengetahui apakah produk tersebut bisa bekerja sesuai fungsinya, efek positif dan khasiat produk bisa dirasakan dan tentunya produk tersebut aman tidak menimbulkan bahaya kesehatan.
Dalam melakukan uji kelayakan produk ada beberapa sample yang diujikan dengan studi kasus yang berbeda-beda, hal ini untuk mengetahui kefektifan produk. Mengingat konsumen yang menggunakan produk nanti juga memiliki kondisi kulit yang berbeda, semakin banyak uji kelayakan produk, maka produk tersebut juga memiliki jangkauan penggunaan yang lebih luas selain itu juga semakin layak produk tersebut digunakan oleh konsumen.
6. Daftarkan Ke Lembaga Kesehatan Terkait Untuk Legalitas
Jika uji kelayakan produk memberikan hasil positif, sebelum kamu berniat untuk memproduksi secara masal dan mengedarkanya di pasaran, daftarkan produk skincare tersebut pada lembaga kesehatan yang berwenang dalam memberikan ijin edar produk tersebut. Lembaga kesehatan yang ada di Indonesia dan berwenang menentukan ijin edar produk adalah BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ).
Pastikan produk skincare yang kamu buat memenuhi standart, regulasi dan peraturan yang ditetapkan oleh BPOM. Selain itu daftarkan produk skincare pada lembaga lain yang memberikan kelayakan produk, seperti memperoleh sertifikasi produk halal dari MUI. Jika produk skincare yang kamu buat memiliki legalitas yang jelas, maka konsumen tak akan ragu membelinya.
Meskipun skincare sangat laris manis di pasaran dan banyak sekali masyarakat yang ingin memiliki brand skincare sendiri. Akan tetapi banyak juga yang mundur karena butuh modal yang cukup besar terutama dalam produksi. Produksi skincare dengan brand sendiri memerlukan biaya yang cukup besar,apalagi jika memulainya dari nol.
Biaya melakukan riset, membeli bahan material dan proses produksi, hingga biaya mengurus legalitas produk jadi kendala yang besar. Kamu juga harus mencurahkan semua sumberdaya yang dimiliki agar bisa menhasilkan produk skincare berkualitas dengan brand sendiri.
Baca Juga : Produk Skincare Terbaik dari Brand Lokal dengan Kualitas Internasional
Dari kendala dan batasan yang ada, Muncul banyak pertanyaan,apakah bisa membuat brand skincare sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak modal besar, tenaga dan waktu yang lama ? tentu jawabannya ada dan bisa. Kamu bisa bekerjasama dengan orang lain untuk menutupi kendala yang ada, selain itu kamu juga bisa memanfaatkan jasa penyedia pembuatan kosmetik yang meberikan banyak sekali kemudahan.
Jenis Skincare yang Paling Banyak Dibeli oleh Masyarakat Indonesia
Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu pasti setuju cara memulai bisnis skincare dengan brand-mu sendiri cukup mudah bukan? Nah, untuk mempermudahmu menentukan produk skincare apa yang ingin kamu produksi nantinya. Berikut ini kami merangkumkan jenis skincare yang paling banyak di beli di E-commerce, apa saja?
Melansir dari Compas Market Insight, berikut lima jenis produk skincare terlaris di e-commerce.
1. Pembersih Wajah
Pertama ada produk pembersih wajah, yang terjual hingga 2 juta produk pada periode April hingga Juni 2022. Pembersih wajah atau cleanser sendiri memiliki banyak jenis dan tergolong sebagai produk basic skincare yang cukup wajib untuk konsumen miliki.
2. Serum Wajah
Tak kalah dengan pembersih wajah, serum wajah menyusul dengan angka penjualan fantastis, yakni sebesar 1,8 juta pembelian sepanjang kuartal II tahun 2022. Kamu bisa menciptakan berbagai jenis serum wajah sesuai dengan kebutuhan target konsumenmu.
Misalnya, jika kamu ingin menembak segmentasi pasar usia 30 tahun ke atas, jenis serum yang paling potensial adalah serum antiaging. Yang mampu mencegah penuaan dini dan mengembalikan keremajaan kulit.
Sementara untuk usia remaja dan dewasa, antara tahun 18-25 tahun, produk acne serum dan whitening serum bisa jadi pertimbangan terbaik. Karena pada usia ini permasalahan hiperpigmentasi dan jerawat adalah hal yang paling umum terjadi.
3. Pelembap Wajah
Produk yang juga populer dengan nama moisturizer ini memang tergolong skincare legendaris. Karena hampir semua orang punya dan menggunakan produk ini. Melansir dari Compas Market Insight, per April – Juni 2022, produk ini meraih angka penjualan hingga 1,7 juta, loh!
Namun, demi membuat produkmu kian standout, penting untuk menambahkan manfaat unik pada moiturizer ini. Misalnya dengan tambahan mencerahkan, mengencangkan, ataupun dengan aroma tertentu.
4. Masker Wajah
Meski tak digunakan setiap hari, masker wajah juga masuk dalam jajaran skincare terpopuler dan paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.
Masker wajah tercatat meraih angka penjualan sebesar 1,3 juta produk.
5. Sunscreen
Termasuk dalam skincare dasar, sunscreen adalah produk wajib yang harus dimiliki tiap orang. Produk ini berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar UV. Sepanjang Mei 2022, produk ini terjual lebih dari 882 ribu kali, lho!
Sekarang Juga Kamu Bisa Memiliki Brand Skincare Sendiri Dengan Modal Yang Terjangkau
Bila kamu memiliki keterbatasan modal dalam membangun brand skincare sendiri, salah satu jalan yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan jasa maklon kosmetik. Jasa maklon kosmetik adalah jasa penyedia pembuatan produk kosmetik, dari tahap riset atau pembuatan sample hingga produksi secara masal.
Jasa maklon kosmetik menawarkan jasa pembuatan banyak jenis kosmetik mulai skincare, produk sabun, dan kosmetik lainnya. Biaya yang ditawarkan oleh jasa produk kosmetik juga jauh lebih murah. Kamu juga tak perlu sibuk mengurus legalitas produk, karena jasa maklon kosmetik juga dapat membantu mengurusnya
Jasa maklon kosmetik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan bisnis kosmetik kamu. Carilah jasa maklon kosmetik yang berkualitas, reputasinya baik dan sudah berpengalaman memproduksi produk-produk kosmetik. Sekarang memiliki brand skincare sendiri dengan keterbatasan modal bukanlah halangan kamu untuk mengembangkan bisnis kosmetik.
Mempercayakan brand skincare terbaik kamu pada Mashmoshem Indonesia, menjadi salah satu pilihan tepat untuk memberikan kualitas dan jenis skincare yang bisa langsung kamu konsultasikan bersama kami.
Dengan jasa maklon kosmetik, memiliki brand skincare sendiri dapat diwujudkan dengan mudah. Kini kamu tinggal memasarkan produk brand skincare sendiri ke konsumen dan nikmati keuntungan produk skincare kamu.
Kamu bisa langsung konsultasikan dengan layanan konsumen kami melalui tombol whatsapp di bawah ini.