Mudahnya Cara Membuat Exfoliating Scrub, Yuk Terapkan!

Komposisi Bahan Aktif dalam Exfoliating Scrub

Kulit kamu terasa kasar dan kusam? Kalau iya, mungkin kamu perlu melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit baru. Lalu, bagaimana cara membuat exfoliating scrub sendiri? 

Sel-sel kulit mati ini bisa membuat kulitmu terlihat kusam, kasar, dan kering. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, kamu bisa membantu kulitmu untuk beregenerasi dan menjadi lebih halus, cerah, dan segar. 

Salah satu cara untuk melakukan eksfoliasi adalah dengan memakai exfoliating scrub. Exfoliating scrub bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur, seperti gula pasir, minyak kelapa, madu, kopi bubuk, dan oatmeal. 

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau kamu mau bikin exfoliating scrub sendiri melalui ulasan berikut ini! 

Apa Itu Exfoliating Scrub? 

Sebelum membahas tentang cara membuat exfoliating scrub, lebih baik kamu cari tahu dulu definisinya. Ngomong-ngomong, pernah nggak sih kamu mendengar istilah exfoliating scrub dalam produk perawatan kulit? 

Secara umum, exfoliating scrub adalah produk perawatan kulit yang diciptakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit kamu. Sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat kulit kamu jadi terlihat kusam, kasar, dan kering. 

Nah, exfoliating scrub ini bisa membantu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat dengan cara merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan begitu, kulit akan jauh lebih terasa halus, cerah, dan segar dari sebelumnya. 

Exfoliating scrub umumnya mengandung bahan-bahan abrasif seperti gula, garam, kopi, atau bubuk kacang. Bahan-bahan inilah yang akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati agar mengelupas saat kamu gosok-gosokkan ke kulit. 

Baca juga ”

Manfaat Lip Scrub & Cara Mudah Membuatnya

Komposisi Bahan Aktif dalam Cara Membuat Exfoliating Scrub

Berminat bikin produk exfoliating scrub sendiri? Sekarang, kamu bisa loh bekerjasama dengan jasa maklon skincare untuk membuatkan produk pakai brand kamu sendiri. Untuk membuat produk exfoliating scrub sendiri, perhatikan komposisi bahan aktif yang kamu pakai. 

Supaya khasiat dari produk exfoliating scrub kamu manjur, coba gunakan beberapa kandungan bahan aktif berikut ini. Apa saja? 

Retinol

Salah satu zat turunan dari vitamin A ini memang terkenal sebagai kandungan aktif yang ajaib di dunia skincare. Gimana nggak, retinol mampu merangsang produksi kolagen, memudarkan garis halus, dan mencerahkan penuaan dini pada kulit. 

Karenanya, kamu bisa pakai zat retinol di produk exfoliating scrub yang kamu buat. Kandungan aktif ini menawarkan solusi ganda untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan cara merangsang regenerasi kulit. Dengan begitu, sel kulit mati akan mengelupas dan terganti dengan yang baru. 

Cara Membuat Exfoliating Scrub dari Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk melawan jerawat. Bahan aktif ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan membantu membersihkan pori-pori. 

Bagi para pejuang jerawat, exfoliating scrub dengan kandungan benzoil peroksida bagaikan senjata pamungkas dalam pertempuran melawan musuh bebuyutan mereka. Dalam pembuatan exfoliating scrub, benzoil peroksida dapat ditambahkan sebagai bahan aktif untuk meningkatkan efektivitas scrub dalam melawan jerawat. 

Glycerin 

Glycerin merupakan salah satu bahan aktif yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit, termasuk exfoliating scrub. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya manfaat glycerin dan bagaimana cara kerjanya dalam scrub?

Pada dasarnya, glycerin adalah zat humektan. Artinya, zat ini akan menarik air dari udara dan mengikatnya pada kulit. Karenanya, glycerin sangat efektif untuk melembabkan dan menjaga kulit tetap terhidrasi sempurna. 

Cara Membuat Exfoliating Scrub dari AHA dan BHA 

Exfoliating scrub merupakan salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Scrub dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami, seperti gula, kopi, atau oatmeal. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menambahkan bahan aktif AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan BHA (Beta Hydroxy Acids).

AHA adalah kelompok asam yang berasal dari buah-buahan dan susu. AHA bekerja dengan cara melarutkan sel kulit mati di permukaan kulit. Sedangkan BHA adalah kelompok asam yang berasal dari salicylic acid. BHA bekerja dengan cara membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati di dalam pori-pori, sehingga cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Tutorial Cara Membuat Exfoliating Scrub Pakai Jasa Maklon Skincare 

Sekarang, punya produk exfoliating scrub sendiri bukan cuma sekadar mimpi! Dengan memanfaatkan jasa maklon skincare, kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut. Penasaran? Berikut adalah panduan lengkap pembuatan produk exfoliating scrub pakai brand sendiri! 

Tentukan Jenis Scrub 

Ada banyak jenis scrub yang beredar di pasaran saat ini. Mulai dari jenis scrub chemical exfoliating sampai physical exfoliating. Lalu, manakah jenis produk scrub yang mau kamu bikin?

Kalau kamu mau menghadirkan scrub wajah yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah, maka pilihlah jenis chemical scrub, begitupun sebaliknya. Pilihan inilah yang akan menentukan bahan baku dan bahan aktif yang kamu pakai nantinya.

Cara Membuat Exfoliating Scrub dengan Menentukan Formulasi Bahan

Gula, garam, kopi, bubuk kacang, dan oatmeal adalah beberapa contoh bahan baku organik yang umum dipakai dalam produk scrub. Kamu bisa memilih bahan baku yang paling cocok dengan tipe kulit target pasar yang kamu bidik. 

Selain bahan organik, kamu juga bisa menambahkan bahan aktif seperti AHA, BHA, retinol, atau niacinamide ke dalam produk exfoliating scrub. Bahan-bahan ini bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan kulit. 

Pahami Target Pasar

Orang seperti apa yang mau kamu bidik saat menjual produkmu? Apakah berasal dari kalangan remaja, wanita dewasa, pria, atau semua kalangan? Dengan memahami target pasar, hal ini bisa membantu kamu dalam menentukan formulasi, desain kemasan, dan strategi pemasaran yang tepat sasaran. 

Cara Membuat Exfoliating Scrub dengan Jasa Maklon Skincare

Demi mewujudkan mimpimu sebagai seorang BeautyPreneur sukses, kamu nggak perlu cara yang rumit dan muluk-muluk. Cukup memakai jasa maklon skincare dari Mash Moshem Indonesia, kamu sudah bisa membuat produk exfoliating scrub-mu sendiri. 

Dengan memakai jasa maklon skincare, kamu bisa membuat produk pakai brand sendiri. Bahkan, kamu bisa menentukan formulasi bahan yang mau kamu pakai. 

Perlu diingat, pilihlah jasa maklon skincare terpercaya dan bereputasi baik seperti Mash Moshem Indonesia. Di Mash Moshem, kamu akan mendapatkan layanan maklon lengkap mulai dari awal sampai akhir. Jadi, kamu nggak  perlu repot-repot mengurus bisnis exfoliating scrub-mu sendiri. 

Baca juga ”

Cara Membuat Face Scrub dan Memasarkannya dengan Brand Sendiri

Yuk, Bikin Brand Exfoliating Scrub Sendiri Bareng Mash Moshem Indonesia! 

Setelah mengetahui cara membuat exfoliating scrub beserta komposisi bahan aktifnya, sayang kalau kamu nggak bikin produk skincare pakai brand sendiri. Wujudkan keinginanmu lewat kerjasama bareng pabrik maklon Mash Moshem Indonesia. 

Di sini, kamu bisa membuat  berbagai produk skincare dengan formulasi bahan yang aman dan berkualitas seperti produk exfoliating scrub. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk maklon di Mash Moshem juga tergolong fleksibel loh. 

Artinya, berapapun biaya yang kamu punya, Mash Moshem siap menciptakan produk skincare dengan brand kamu sendiri. Makanya, kamu nggak perlu mencemaskan masalah biayanya, karena Mash Moshem bisa jadi partner terbaik untuk mewujudkan bisnis skincare-mu. 

Siap jadi BeautyPreneur selanjutnya? Yuk, jalin kerjasama bareng kami dengan cara klik tombol Whatsapp di bawah ini! 

About Author

Related posts

bahan moisturizer untuk kulit berminyak

Apa Saja Bahan Moisturizer untuk Kulit Berminyak? Cari Tahu di Sini!

BeautyPreneurs! Tahukah kamu? Produksi minyak berlebih pada wajah merupakan tantangan bagi banyak orang karena rentan menimbulkan masalah pada kulit. Oleh karena itu, memahami bahan moisturizer untuk kulit berminyak merupakan hal penting untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan kulit wajah. Moisturizer...

Continue Reading