4 Cara Membuat Eyeliner Sendiri dengan Mudah, Ide Bisnis Menguntungkan!

cara membuat eyeliner sendiri

Eyeliner merupakan salah satu jenis kosmetik mata yang memiliki banyak penggemar. Produk ini berfungsi mempercantik dan mempertajam bentuk mata, sehingga memberikan kesan yang kuat, besar, atau bahkan terlihat lebih bulat. Nah, tahukah kamu kalau cara membuat eyeliner sendiri cukup mudah?

Penggunaan eyeliner sendiri bisa membuat penamilian wajah jadi berbeda secara keseluruhan. Karena itu, mengaplikasikan makeup tanpa eyeliner terkadang terasa hambar bagi para beauty enthusiast.

Saking banyaknya penggemar eyeliner, produsen kosmetik berbondong-bondong menciptakan eyeliner dengan berbagai jenis dan warna. Harganya pun beragam, dari yang murah banget sampai ratusan ribu rupiah.

Nah, pertanyaannya: apakah cara membuat eyeliner sendiri memang segampang itu?

Tentu, Beautypreneurs! Cara membuat eyeliner sendiri dengan brand kosmetik pribadi kini semakin mudah karena adanya jasa maklon kosmetik.

Di Mash Moshem Indonesia misalnya, kamu bisa membuat berbagai tipe eyeliner sesuai keinginanmu. Syarat dan harganya pun sangat fleksibel, cocok untuk kamu yang baru mulai mengembangkan atau membangun brand kosmetik sendiri.

Enggak percaya? Simak cara membuat eyeliner sendiri dengan mudah berikut ini!

Berbagai Tipe Eyeliner yang Ada di Pasaran

jenis eyeliner

Sebelum membahas cara membuat eyeliner sendiri, kamu perlu mengetahui berbagai jenis atau tipe eyeliner yang ada di pasaran. Dengan begitu, referensi konsep dan ide produk yang akan kamu buat nantinya akan lebih kaya.

Cus, kita simak berbagai tipe eyeliner yang ada di pasaran berikut ini!

Eyeliner Spidol

Tipe pertama adalah eyeliner spidol. Jenis ini termasuk yang paling laris dan banyak digunakan oleh masyarakat, karena sifatnya yang praktis dan lebih mudah diaplikasikan.

Sama seperti namanya, eyeliner ini dikemas dalam bentuk spidol. Sehingga pengguna akan lebih mudah menggambar garis pada kelopak mata mereka.

Tak hanya itu, ukuran brush spidol ini pun cukup beragam. Ada yang kecil/lancip, sedang, dan ada yang tebal. Pengguna bisa menyesuaikan ukuran brush ini dengan kebutuhan makeup mereka.

Eyeliner Pencil

Tipe kedua adalah eyeliner pensil, yang memiliki tekstur lebih padat daripada spidol. Sama seperti namanya, eyeliner ini serupa pensil. Yap! Kamu bisa membayangkannya sebagai versi lain dari pensil alis.

Keunggulan produk ini adalah kamu bisa menyesuaikan ukuran eyeliner dengan menyerutnya sendiri. Selain itu, eyeliner pensil pun cukup praktis untuk diaplikasikan, bahkan bagi para pemula sekalipun.

Hasil akhir dari eyeliner pensil terbilang lebih alami jika dibandingkan dengan tipe eyeliner lainnya. Apalagi tipe eyeliner spidol, yang memiliki hasil akhir lebih gelap dan tampak berkilau.

Eyeliner Cair

Tipe eyeliner satu ini merupakan yang paling klasik. Bisa dibilang sebelum ada eyeliner spidol dan pen, produk inilah yang paling sering digunakan oleh para makeup artist ataupun pecinta kosmetik lainnya.

Eyeliner liquid adalah jenis eyeliner yang memiliki sediaan cair, umumnya produk ini dikemas bersama dengan aplikatornya yang serupa kuas runcing dan kecil.

Untuk pemula tipe eyeliner ini terbilang cukup sulit untuk diaplikasikan. Karena mereka harus ekstra teliti agar bisa menghasilkan garis lurus yang lentik.

Eyeliner Gel

Eyeliner gel merupakan jenis yang paling popular belakangan ini. Hampir mirip dengan eyeliner liquid, produk ini memiliki tekstur lebih kental, namun cukup ringan ketika diaplikasikan.

Pengaplikasian produk ini pun perlu menggunakan kuas. Namun, jika dibandingkan dengan eyeliner cair produk ini terbilah lebih mudah diaplikasikan, lho.

Eyeliner Retractable

Mirip dengan eyeliner pencil, jenis retractable ini memiliki fitur yang lebih menarik dan futuristic. Kamu tidak perlu merautnya jika habis, melainkan hanya perlu memutar bagian ujung bawahnya dan isi dari eyeliner tersebut akan keluar.

Penggunaan eyeliner retractable pun sangat mudah dan praktis, bahkan untuk orang yang baru belajar merias wajah sekalipun.

Eyeliner Cake

cara membuat eyeliner sendiri 2

Hampir mirip dengan blush on, eyeliner cake dikemas dalam bentuk padat atau press. Aplikator yang digunakan pun serupa kuas eyeshadow dengan bentuk datar.

Meski begitu teksturnya tidak kering, melainkan lebih mirip gel namun dalam konsentrasi yang lebih padat. Karenanya kamu enggak perlu takut belepotan ketika menggunakannya pada kelopak mata.

Eyeliner Cushion

Last but not least, ada eyeliner cushion yang teksturnya serupa bubuk padat. Pengaplikasian produk ini terbilang lebih mudah bagi para pemula.

Selain itu, karena teksturnya yang lebih ringan, hasil akhirnya pun tampak lebih tipis. Sehingga pengguna akan lebih mudah mengontrol dan mengreasikan riasan mata yang ingin mereka buat.

Cara Membuat Eyeliner Sendiri dengan Mudah

membuat brand kosmetik

Banyaknya inovasi dari eyeliner ini menunjukkan bahwa produsen terus berusaha membuat produk unggulan yang bisa bersaing di pasaran. Akhirnya mereka mencoba menarik konsumen yang mereka inginkan dengan menyediakan jenis eyeliner tertentu.

Nah, Beautypreneurs, apakah kamu sudah menentukan produk mana yang ingin kamu buat?

Lewat maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia kamu bisa membuat berbagai jenis produk kosmetik dengan sediaan yang beragam. Mulai dari cair, gel, cream, hingga padat.

Selain itu, cara membuat eyeliner sendiri ini juga cukup mudah. Misalnya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Membuat Ide dan Konsep Produk

Langkah pertama adalah membuat ide dan konsep produk yang ingin kamu buat. Cara membuat eyeliner ini termasuk dengan menentukan bahan yang ingin kamu gunakan, teksturnya, hasil akhir pengaplikasian, dan kemasan produk.

Kalau kamu masih belum memiliki ide yang jelas mengenai produk tersebut, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mendiskusikannya dengan tim Business Development (BD) kami.

Dari diskusi tersebut, kamu bisa memperoleh informasi mengenai bahan apa saja yang cocok, jenis eyeliner seperti apa yang populer di kalangan masyarakat, serta kemasan seperti apa yang paling ideal untuk kamu pilih.

Setelah kamu sepakat dengan spesifikasi eyeliner tersebut, maka kita bisa beralih pada langkah selanjutnya, yakni pembuatan sample produk.

Pembuatan Sample Eyeliner

Cara membuat eyeliner ini dilakukan oleh tim formulator kami, lho. Mereka telah berpengalaman di industry kosmetik selama bertahun-tahun, serta sudah menciptakan berbagai produk kosmetika dan dipasarkan secara massif.

Pembuatan sample ini bisa memakan waktu setidaknya dua minggu hingga satu bulan lamanya. Ketika sample telah berhasil tim kami buat, kami akan mendiskusikan ulang hasilnya denganmu.

Sehingga saat kamu merasa sample tersebut belum sempurna dan mencapai ekspektasimu, kamu bisa mengajukan revisi hingga formulanya sesuai keinginanmu.

Setelah sample sesuai, maka kita bisa melanjutkan cara membuat eyeliner sendiri ini ke tahap pengurusan legalitas, desain produk, hingga produksi massal.

Pengursan Legalitas, Desain Produk, dan Produksi Eyeliner Secara Massal

Tiga kegiatan ini berjalan dalam rentang waktu yang sama. Tenang, kamu tak perlu banyak turun tangan dalam proses ini. Karena tim kamilah yang akan mengurusnya untukmu.

Legalitas yang bisa kamu buat bersama kami antara lain registrasi BPOM, HKI, sertifikasi Halal, Vegan, hingga HSA kosmetik.

Sementara itu, desain akan dikerjakan oleh tim cosmetic designer Mash Moshem Indonesia. Tim kami dapat membantumu memvisualisasikan ide dan karakter brand-mu ke dalam gambaran yang trendi serta eye catching.

Kamu pun bisa berperan proaktif dengan memberikan saran atau permintaan khusus mengenai desain yang akan tim kami buat nantinya. Misalnya, memilih warna utama untuk brand-mu, memberikan referensi logo brand, dan banyak lainnya.

Di sisi lain, proses produksi eyeliner akan dilakukan di pabrik kosmetik kami. Proses ini berada di bawah pengawasan tenaga ahli yang telah berpengalaman dalam industry kosmetik.

Kami pun berkomitmen untuk selalu menjaga mutu sediaan produk, membuatnya selalu higenis, dan berusaha membuat proses produksi berjalan seefisien mungkin. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan eyeliner berkualitas dalam durasi yang relative cepat.

Cara Membuat Eyeliner Sendiri, Selesai!

Setelah eyeliner selesai diproduksi secara massal, maka kamu bisa langsung melakukan kampanye dan pemasaran.

Kabar baiknya, kami juga enggak akan meninggalkanmu sendiri dalam proses ini, lho!

Selain menyediakan fasilitas peracikan dan pembuatan eyeliner sendiri, kami pun memberikan layanan aftersales untuk memenuhi kebutuhan promosi dan pemasaranmu.

Seperti membuatkan FAQ produk, katalog dan brosur, company profile, foto produk, dan berbagai media promosi lainnya.

Well, cara membuat eyeliner sendiri di Mash Moshem Indonesia mudah, bukan?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment