Peluang Pasar Parfum Gel dan Cara Membuatnya dengan Brand Sendiri

cara membuat parfum gel

Tak cuma dalam bentuk minyak ataupun cairan, parfum juga bisa hadir dalam tekstur gel, loh. Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu juga bisa membuat dan memasarkan parfum gel dengan brand kosmetikmu sendiri. Penasaran bagaimana?

Keberadaan parfum gel dalam industri wewangian sendiri sebenarnya bukan hal baru lagi. Produk ini juga sudah ada di pasaran sejak awal 2000-an. Namun tak begitu ramai dibicarakan oleh publik.

Padahal parfum gel memiliki banyak keunggulan, tak hanya membuat wangi tapi juga memiliki kandungan tambahan yang dapat merawat kelembapan kulit.

Dari sisi produsen, tentu ada nilai ekonomis yang harus kamu pertimbangkan ketika akan membuat parfum gel dan memasarkannya dengan brand kosmetikmu sendiri.

Karena itu, melalui artikel ini kita akan membahas soal peluang bisnis, keunggulan parfum gel, dan cara membuat parfum gel dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia secara lengkap.

Happy reading!

Pertama, Apa itu Parfum Gel?

Sebelum membicarakan peluangnya, nggak ada salahnya untuk kita memahami dulu apa sih parfum gel ini? Sama seperti namanya, parfum gel merupakan jenis produk wewangian yang hadir dalam tekstur gel atau jelly.

parfum gel apa itu

Selain mengandung pewangi -tentu saja-, produk ini juga memiliki berbagai senyawa pelembap dan humektan yang dapat memberikan efek menyejukkan serta menenangkan di kulit. Karena memang dalam penggunaannya, parfum gel langsung dioleskan pada kulit.

Parfum gel umumnya dikemas dalam kemasan botol dengan atau tanpa pump. Sehingga memudahkan untuk konsumen bawa kemana pun, dengan kata lain produk ini bersifat travel friendly.

Peluang Pasar Berbisnis Parfum dengan Brand Sendiri

Membicarakan soal industri parfum dan kecantikan tentu tidak akan ada habisnya. Sebab dari tahun ke tahun, produk dalam segmentasi ini selalu berkembang dengan sangat cepat. 

Terlebih Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak atsiri terbesar di dunia. Melansir kabar dari Metro TV News pada 14 Agustus 2023, sebanyak 90 persen bahan baku parfum dunia merupakan hasil ekspor dari Indonesia.

Fenomena ini menunjukkan bahwa industri parfum di Indonesia sangat menjanjikan, apalagi jika pebisnis lokal dapat mengolah bahan baku ini menjadi produk kekinian sesuai dengan minat dan permintaan pasar.

potensi pasar parfum

Ini terbukti dengan banyaknya brand parfum lokal yang belakangan berkembang pesat dan berhasil menarik perhatian pasar, bahkan sampai ke luar negeri. Sebab wewangian Indonesia diperoleh dari ekstrak bunga-bungaan dan berbagai tanaman lain, yang memiliki aroma khas nan eksotis.

Nah, Beautypreneurs, kamu juga bisa memanfaatkan peluang dan mengembangkan potensi pasar berbisnis parfum ini dengan menciptakan produkmu sendiri. Terlebih masyarakat selalu tertarik dengan produk baru, yang dapat memberikan inovasi dan penawaran unik.

Parfum gel, meski memang bukan baru lagi, bukan berarti tak bisa dikembangkan. Bersama tim Mash Moshem Indonesia, kamu bisa meramu dan menambahkan berbagai nilai unik nan inovatif pada produk parfume gel yang mau kamu buat.

Seperti membuat desain kemasan yang eye catching, meramu aroma-aroma yang eksotis khas Indonesia, juga menambahkan banyak manfaat lain pada produk. 

Mengingat parfum gel langsung diaplikasikan di kulit, kamu bisa menambahkan bahan yang bersifat menutrisi, melembapkan, menutrisi, atau bahkan khusus membuat parfum gel yang cocok untuk kulit sensitif.

Menarik, bukan? 

Syarat dan Modal Membuat Perfume Gel

Mash Moshem Indonesia menawarkan jasa pembuatan parfum private label dengan layanan terlengkap dan langkah praktis. Brand owner juga dapat memilih jenis parfum seperti apa yang mau mereka buat, termasuk menentukan tekstur produk seperti minyak, padat, cair, maupun gel.

Untuk menggunakan jasa maklon parfum Mash Moshem Indonesia ini kamu harus menyiapkan beberapa syarat berikut:

Syarat Maklon Parfum

Bertekad untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku industri parfum Tanah Air, Mash Moshem Indonesia tak menuntut syarat yang rumit. Kamu hanya perlu melampirkan beberapa hal berikut ini:

  1. Syarat untuk perorangan, kamu hanya perlu melampirkan KTP.
  2. Syarat untuk perusahaan PT/CV, kamu perlu melampirkan akta pendirian perusahaan, alamat, kontak aktif, dan KTP direktur.

Modal Maklon Parfum

Modal merupakan hal paling krusial saat akan memulai usaha, begitu juga ketika kamu akan maklon parfum gel. Di Mash Moshem Indonesia sendiri biaya maklon ini relatif fleksibel, karena dapat kami sesuaikan dengan besaran budget atau modal yang brand owner miliki.

Penyesuaian biaya maklon ini bisa dengan memilih jenis bahan yang tepat, mempertimbangkan ukuran gramasi produk, menentukan jenis kemasan yang sesuai, hingga dari kuantitas parfum gel yang akan kamu produksi nantinya.

Kamu bisa menyimak video di bawah ini untuk melihat skema harga maklon di Mash Moshem Indonesia, ya:

Cara Membuat Parfum Gel dengan Jasa Maklon

Nah, untuk membuat parfum gel di Mash Moshem Indonesia ini kamu hanya perlu melewati beberapa langkah berikut ini:

Merencanakan Konsep Produk

Langkah pertama dalam membuat parfum gel di Mash Moshem Indonesia adalah mendiskusikan dan merancang konsep produk dengan tim pemasaran. Karena tim kami terdiri dari orang-orang yang paham dengan industri kosmetik dan up-to-date soal tren pasar, kamu bisa mendapatkan insight bermanfaat untuk produk yang akan kamu produksi.

Proses diskusi dan perencanaan ini akan menghasilkan beberapa hal berikut:

  1. spesifikasi parfum gel: berupa jenis aroma, bahan tambahan, manfaat pendukung, dan gramasi produk,
  2. nama brand dan produk,
  3. jenis kemasan parfum gel yang mau digunakan,
  4. kuantiti produksi parfum gel,
  5. dan besaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk membuat parfum gel.

Pembuatan Sampel Parfum Gel

Langkah kedua adalah pembuatan sampel parfum gel, yang akan tim formulator kami lakukan untukmu. Sampel parfum gel ini juga akan dibuat berdasarkan kesepakatan di tahap pertama.

Lama pembuatan sampel umumnya 2-4 minggu hari kerja. Bila sampel selesai kami buat, maka akan kami kirimkan kepadamu.

Dalam tahap ini kamu bisa bekerja sama secara aktif bersama tim kami dengan me-review sampel tersebut, apakah sudah sesuai dengan harapanmu atau belum. Bila belum, kamu bisa mengajukan revisi dan memberikan catatan pada bagian-bagian yang perlu ditingkatkan.

Tim formulator kami akan membuat sampel baru sesuai dengan masukan yang kamu berikan. Di Mash Moshem Indonesia, revisi pembuatan sampel ini juga bersifat gratis, loh.

Pengurusan Legalitas dan Pembuatan Desain Kemasan

Sampel sudah oke, maka kita akan beralih pada langkah ketiga, yakni pengurusan legalitas dan pembuatan desain kemasan produk. Yap! Dua proses ini berjalan beriringan dan juga akan diselesaikan oleh tim internal kami.

Adapun jenis legalitas tersebut adalah nomor notifikasi BPOM atau izin edar kosmetik. Fungsinya tentu saja sebagai syarat penjualan legal produk yang kamu buat, serta sebagai jaminan keamanan penggunaan parfum gel.

Menyadari bahwa mengurus legalitas produk ini bisa jadi sangat merepotkan untuk brand owner, Mash Moshem Indonesia membentuk tim Regulatory Officer (RO) yang membantu mengurus semua keperluan administratif dan legalitas produk.

Tak cuma izin edar BPOM, sebagai tambahan kamu juga bisa mengurus berbagai sertifikasi lain bersama kami. Seperti sertifikasi Halal dari MUI, Vegan dari BeVeg, hingga sertifikasi HSA kosmetik dari Singapura.

Sambil menunggu pengurusan legalitas selesai, kamu bisa berkolaborasi dengan tim desain kami untuk merancang desain kemasan produk. 

Kamu bisa mendiskusikan konsep/idemu dan memberikan desain acuan pada tim kami. Selanjutnya tim kami yang akan mengembangkan ide tersebut menjadi prototype yang bisa kamu nilai. 

Sama halnya dengan sampel formula, kamu juga bisa mengajukan revisi bila prototype desain ini belum sesuai dengan seleramu. Revisi ini juga bersifat gratis, loh!

Produksi Parfum Gel secara Masif

Setelah tiga proses di atas selesai, kita sudah sampai pada langkah keempat, yakni produksi parfum gel secara masif. Proses produksi ini akan berlangsung di pabrik kosmetik Mash Moshem Indonesia dan berada dalam pengawasan tim ahli kosmetik kami.

Kami memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang ketat, sehingga produk yang diproduksi pun akan memiliki kualitas unggulan dan dapat bersaing di pasaran. 

Selain itu, kami juga memiliki tim Quality Control (QC) yang membantu menyortir dan melakukan double checking untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya kesalahan produksi parfum gel.

Pasarkan Parfum Gel Buatanmu!

Setelah proses produksi massal, kami akan mengirimkan parfum gel tersebut ke alamat kantor atau rumah yang telah kamu daftarkan sebelumnya. Sehingga kamu bisa langsung memasarkan dan mendistribusikan produkmu ke konsumen.

Nah, selain pembuatan produk, Mash Moshem Indonesia juga menawarkan layanan pascapenjualan dalam bentuk pembuatan media promosi kreatif. Menarik, bukan?

Adapun jenis media promosi kreatif yang kami maksud meliputi foto produk, video produksi, brosur, hingga Frequently Asked Question (FAQ). Semua media promosi kreatif ini dapat kamu olah sebagai konten pemasaran yang bisa kamu distribusikan pada seluruh channel marketing yang kamu kelola.

Selain itu, Mash Moshem Indonesia juga bekerja sama dengan distributor kosmetik lokal yang bisa membantu menjual dan memasarkan produkmu di berbagai lapak online, loh.

Nah, itu adalah cara membuat parfum gel dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia. Mudah dan menarik, bukan?

Kamu bisa langsung menghubungi tim kami dengan klik tombol di bawah dan diskusikan konsep produk yang kamu mau. See you!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

    Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

      Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

      Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

        About Author

        Mash Moshem Indonesia

        PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

        Related posts

        Leave a Comment