Branding Kosmetik

Cara Mencari Jasa Review Berkualitas untuk Meningkatkan Bisnis

cara mencari jasa review berkualitas (1)

Review atau ulasan adalah kegiatan memberikan penilaian terhadap produk setelah mencobanya. Adanya review terhadap produk kini sudah menjadi bagian penting dalam pemasaran. Untuk itu, berikut ini adalah pembahasan cara mencari jasa review berkualitas agar membantu meningkatkan bisnismu.

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini telah memungkinkan siapapun untuk memberikan review. Bahkan, pelanggan mendapat ruang khusus untuk menyematkan review singkat mereka terhadap produk atau jasa yang telah mereka coba.

Kumpulan review dari pelanggan tersebut menjadi tolok ukur calon pelanggan baru akan produk atau jasa yang akan mereka pilih. Selain, melihat pada kolom penilaian banyak calon pelanggan mencari review dari tenaga ahli sebelum menentukan pilihan.

Bukan hanya itu, meski tidak dalam keadaan butuh ataupun terdesak calon pelanggan merasa tertarik untuk mencoba sebuah produk atau jasa. Ini berkat pemaparan yang mereka dengar dari review influencer favorit mereka.

Oleh karena itu, menyewa jasa reviewer bisa menjadi juga bisa membantu meningkatkan bisnismu. Sebelum lebih lanjut membahas cara mencari jasa review berkualitas, simak pengertiannya berikut ini.

Pengertian Review

Sebelumnya telah disinggung secara singkat mengenai apa itu review. Lebih jelasnya, review adalah adalah penilaian terhadap suatu produk, jasa hingga karya yang dianalisis berdasarkan fakta.

Review harus bisa memberikan informasi bagi pemirsa agar mendapatkan pemahaman yang mendalam dengan sudut pandang tertentu. Sehingga dengan menyimak review tersebut pemirsa bisa mendapatkan pandangan mengenai suatu objek.

Tujuan dari review sendiri adalah memberikan gambaran, gagasan, hingga informasi. Penerapannya dalam bisnis biasanya akan memuat informasi berupa kelebihan dan kekurangan suatu produk atau jasa.

Perlu kamu tahu bahwa review berbeda dengan opini karena review memiliki nilai guna.  Salah satunya pada bidang pemasaran yang mana review terhadap produk atau jasa akan mengarah pada perbaikan.

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri review:

  • Isi review lebih fokus pada nilai guna baik pada produk atau jasa yang menjadi objek
  • Di dalamnya memuat ulasan yang panjang dan kompleks mengenai produk atau jasa dengan sudut pandang yang objektif
  • Memuat informasi seputar kelebihan dan kekurangan produk tanpa melebih-lebihkan ataupun menjekkan

Pentingnya Review untuk Bisnis Online

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa review memiliki peran penting untuk bisnis online. Terutama saat ini ketika setiap bisnis berlomba untuk menunjukkan kelebihan masing-masing di tengah ketatnya persaingan.

Lalu, apa sajakah manfaat review untuk bisnis online? Simak penjelasan berikut ini agar kamu bisa lebih mudah dalam menerapkan cara mencari jasa review berkualitas:

1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ada beberapa alasan bagi calon pelanggan untuk mencari review terhadap suatu produk atau jasa. Alasan pertama adalah agar pelanggan mengetahui secara pasti bagaimana suatu produk atau jasa bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Selanjutnya, memastikan bahwa produk atau jasa yang akan ia bayar tidak akan mengecewakan dari segi apapun. Alasan ketiga, membandingkan antara produk dan jasa yang sedang dicari untuk menentukan yang terbaik, dan alasan lainnya.

Melalui review, pelanggan bisa mendapatkan semua informasi yang ia butuhkan. Oleh karena itu, review harus berisikan fakta dan memuat informasi yang objektif sehingga bisa menarik rasa percaya pelanggan.

Kamu sebagai pelaku bisnis juga harus memastikan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan layak mendapatkan ulasan positif. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ulasan baik sebanyak-banyaknya dan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

2. Membantu Mendorong Penjualan Produk

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari review adalah membantu meningkatkan reputasi bisnis. Ini merupakan kelanjutan dari manfaat sebelumnya.

Ketika kamu mendapatkan banyak ulasan baik dari pelanggan-pelangganmu, maka nilai bisnismu akan semakin meningkat. Dengan demikian kamu juga bisa lebih mudah dalam memasarkan produk.

Ulasan baik dari banyaknya pelanggan bisa kamu jadikan senjata untuk mengundang pelanggan baru. Mereka akan lebih yakin untuk membeli karena kamu berhasil membuktikan kelebihan produkmu pada pelanggan lain yang sudah melakukan transaksi.

3. Meningkatkan Brand Reputation

Kamu juga bisa memanfaatkan ulasan-ulasan positif dari pelanggan untuk meningkatkan reputasi brand milikmu. Seperti pengemasan yang baik dan aman, pelayanan yang memuaskan, pengiriman dan faktor hasil penilaian lainnya.

Kamu bisa menjadikan penilaian-penilaian tersebut untuk kamu tampilkan di halaman tokomu atau di halaman strategis lainnya. Hasil ulasan positif itu akan meningkatkan citra brandmu di mata pelanggan dan calon pelanggan.

Hal ini berkaitan dengan sifat pelanggan yang selektif dan berhati-hati dalam memilih produk. Dengan banyaknya ulasan positif, reputasi brand akan terbangun dengan sendirinya dengan baik dan lebih cepat.

Reputasi brand yang baik memiliki peran besar di mata pelanggan untuk memilih. Jika kamu memiliki lebih banyak ulasan positif dan memiliki reputasi yang lebih baik dibanding kompetitor kamu akan memenangkan persaingan.

4. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Ternyata kamu juga bisa menjadikan review untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen lho! Konsumen atau pelanggan sangat senang ketika pendapat mereka didengar. Apalagi jika kamu melakukan perubahan berdasarkan kritik dan saran yang pelanggan berikan.

Memberikan ruang bagi pelanggan untuk berbagi kesan, penilaian, kritik dan saran mengenai produk, jasa dan layanan yang kamu berikan akan memberi dampak besar pada bisnis. Tentu saja ini berlaku jika kamu bersedia melakukan perbaikan pada kekurangan dalam bisnismu.

Berani berubah sesuai masukan dari pelanggan akan membuat mereka merasa dihargai dan merasa memiliki peran dalam bisnismu. Perasaan bangga tersebut berperan besar untuk menjadikan konsumen berubah menjadi pelanggan loyal.

Ketika pelanggan sudah menjadi loyal atau setia, mereka akan memberikan lebih banyak keuntungan untuk perusahaan. Misalnya, membawa pelanggan baru, memberikan masukan yang lebih baik, dan keuntungan lainnya.

5. Menaikkan Rating Media Sosial Bisnismu

Sosial media sudah menjadi salah satu media yang wajib dalam strategi pemasaran. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan review untuk meningkatkan rating sosial media bisnismu.

Rating yang tinggi dan bagus akan membuatmu bisa menjangkau lebih banyak audiens. Dengan begitu, kamu bisa mengenalkan produk dan jasamu pada kalangan yang lebih luas lagi.

Dengan memastikan bahwa jasa review menyebutkan akun sosial media dalam ulasan mereka, audiens bisa lebih mudah menemukan produkmu. Kamu bisa memanfaatkan audiens tersebut untuk lebih mengenal produkmu hingga tertarik untuk membeli.

Pastikan, akun sosial media tersebut kamu kelola dan dengan baik agar audiens tidak kecewa.

6. Sebagai Trik Promosi Murah

Promosi adalah salah satu bagian dari bisnis yang menghabiskan banyak tenaga dan biaya. Dengan memanfaatkan review, kamu bisa menekan biaya promosi sebanyak mungkin.

Promosi yang biasanya kamu lakukan dengan membuat iklan di berbagai platform, membayar jasa influencer hingga membayar artis mahal untuk menjadi brand ambassador memakan biaya yang tidak kecil.

Dengan usaha sebesar itu, tak jarang hasilnya tidak sebesar harapan karena berbagai alasan. Sedangkan dengan review, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya atau bahkan tanpa biaya.

Membayar jasa review tidak mahal, dan review dari pelanggan bisa kamu manfaatkan tanpa biaya sama sekali. Dengan cara yang tepat, kamu bisa mengolahnya untuk senjata promosi yang ampuh karena akan lebih mudah membuat calon pelanggan percaya.

Memanfaatkan review untuk promosi memang mudah jika sudah ada banyak pelanggan yang memberikan review mereka. Namun, jika kamu merasa review pelanggan belum cukup untuk menunjukkan kelebihan produkmu, kamu bisa menyewa jasa review.

Nah, berikut ini adalah cara mencari jasa review berkualitas yang bisa kamu terapkan agar tidak salah dalam memilih. Simak baik-baik ya!

Cara Mencari Jasa Review Berkualitas

Setelah memahami bagaimana pentingnya review yang berkualitas untuk meyakinkan pemabaca dan mendorong mereka melakukan pembelian. Kamu pasti penasaran bagaimana cara mencari jasa review yang tepat dan terpecaya untuk bisnis online-mu, bukan?

Berikut ini beberapa tips dan cara mencari jasa review berkualitas untuk bisnis online yang bisa kamu coba. Apa saja?

cara mencari jasa review berkualitas (1)

1. Perhatikan Layanan Review yang Ditawarkan

Sebelum kamu memilih siapa yang akan melakukan review terhadap produk atau jasamu, kamu harus terlebih dahulu melihat bagaimana penyedia jasa melakukan review. Apakah review yang yang dilakukan akan sesuai untuk produkmu atau tidak.

Pastikan bahwa hasil review dari penyedia jasa tersebut berkualitas dan bisa menunjukkan kelebihan produkmu seobjektif mungkin. Kamu harus menimbang apakah penyedia jasa sudah ahli dalam melakukan tugasnya.

2. Perhatikan Reputasi Penyedia Jasa

Selain pengalaman, kamu juga perlu menimbang reputasi penyedia jasa. Jika penyedia jasa memang profesional dan berkualitas, tentunya ia akan mendapatkan banyak ulasan positif dari pelanggannya.

Perhatikan baik-baik bagaimana ulasan yang ia dapat dari pelanggan. Simak juga apa saja kelebihan dan kekurangan yang dijelaskan pelanggan dalam ulasan mereka. Dengan begitu kamu bisa menimbang apakah penyedia jasa layak untuk membuat review produk milikmu.

3. Minta Portofolio Artikel Review

Ketika kamu sudah memastikan penyedia jasa memiliki layanan yang sesuai dan reputasi yang baik, kamu juga perlu mengetahui portofolio penyedia jasa tersebut. Pastikan sekali lagi bahwa layanan dan reputasinya sesuai dengan portofolio yang ia berikan.

Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin akan kemampuan penyedia jasa. Jika penyedia jasa yang pilih memang profesional, ia akan dengan senang hati membagikan portofolionya. Dengan membaca contoh review dari penyedia jasa akan terlihat kemampuannya.

4. Diskusikan Harga

Ketika kamu sudah memilih siapa penyedia jasa yang akan membuat review untuk produk atau jasamu, kamu harus mendiskusikan terlebih dahulu harga dari jasanya. Dalam hal ini kamu juga harus sudah mengetahui harga pasaran.

Sekali lagi kamu bisa mengetahui apakah penyedia jasa benar-benar profesional dari caranya menawarkan harga. Jika harga sesuai pasaran atau tidak jauh berbebda, maka kamu bisa yakin bahwa penyedia jasa tersebut adalah profesional.

Sedangkan jika harga yang ditawarkan tidak wajar, kamu patut curiga dan memperhitungkan ulang untuk mencari penyedia jasa lainnya.

5. Pilih Situs dengan Traffic Tinggi

Hasil terbaik akan datang dari tempat terbaik. Jika kamu ingin mendapatkan hasil terbaik dari penyedia jasa review online, kamu perlu memastikan situsnya memiliki trafik yang tinggi.

Namun, bukan berarti situs dengan trafik yang rendah tidak bisa memberikan review yang berkualitas. Trafik rendah bisa jadi karena situs tersebut masih baru.

Pertimbangkan dan bicarakan dengan penyedia jasa yang akan kamu pilih untuk mengetahui kualitasnya.  

6. Gunakan Situs dengan Keyword Sesuai Bisnismu

Ketika memilih situs untuk memberikan review terhadap produk atau jasa, salah satu cara terbaiknya adalah dengan memilih situs yang memiliki keyword serupa dengan bisnis yang kamu jalankan.

Kualitas hasil review akan lebih dipercaya jika datang dari orang yang sudah profesional, alias sudah ahli dalam memberikan review seputar industri, produk, atau jasa tertentu. Bahkan, biasanya situs seperti ini sudah memiliki audiens loyal yang akan membeli produk yang mereka review.

Selain itu, hasil review pada situs yang memiliki keyword khusus seperti ini cenderung lebih akurat. Alasannya adalah, penyedia jasa memiliki tenaga ahli yang memiliki pengetahuan luas pada bidang mereka.

7. Hindari Situs dengan Konten Mencurigakan

Jangan sampai kamu tergiur harga murah dan memilih situs abal-abal. Pastikan kamu tidak masuk ke situs dengan isi konten mencurigakan yang justru nantinya bisa memberikan dampak negatif pada bisnismu.

Nah, itu dia cara mencari jasa review berkualitas yang bisa kamu coba untuk mendukung bisnismu. Periksa dengan baik situs penyedia jasa yang akan kamu pilih dengan mempertimbangkan poin-poin di atas.

Selain tips mencari jasa review berkualitas ini, kamu juga bisa menemukan berbagai tips pemasaran digital dan branding produk kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Sementara itu, kamu juga bisa menemukan berbagai info menarik seputar maklon kosmetik di laman media sosial Mash Moshem Indonesia.

Well, semoga artikel ini bisa menjawab kebutuhanmu dan selamat mencoba, Beautypreneurs!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011