10 Cara Jadi Influencer TikTok dan Tips Meningkatkan Followers

cara jadi influencer tiktok

Saat ini sosial media memegang peranan penting dalam digital marketing. Salah satunya adalah TikTok.  Aplikasi yang dibuat oleh Tiongkok ini per bulannya terdapat 900 juta pengguna aktif. Bahkan di Indonesia sendiri termasuk dalam jajaran tiga besar sosial media paling popular.

Tak heran bila sebagian besar orang tergila-gila dengan sosial media yang satu ini. Formatnya yang berbasis video pendek dinilai cukup informatif dan menghibur audience. Bahkan para penggunanya juga berbondong-bondong membuat video atau konten yang menarik.

Hal inilah salah satu alasan yang membuat TikTok jadi incaran para marketing untuk tempat promosi. Melalui konten-konten yang dibuat, promosi akan segera tersampaikan pada audience. Cara promosi yang biasa digunakan oleh para pelaku marketing adalah melalui Influencer TikTok.

Seperti pada influencer pada umumnya, influencer TikTok juga mempunyai massanya tersendiri. Mereka dinilai cukup efektif untuk memasarkan produk. Apalagi saat ini TikTok menjadi salah satu sosial media yang cukup popular.

Tak heran bila saat ini banyak yang ingin menjadi influencer TikTok. Sebab selain mendapat popularitas dan ketenaran, dengan menjadi influencer TikTok juga dapat mendatangkan pendapatan. Bahkan sebutan yang satu ini sekarang sudah bisa jadi profesi.

Nah, sebelum memutuskan untuk menjadi influencer TikTok. Alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara TikTok bekerja. Dengan begitu kamu bisa lebih tahu apa yang harus kamu lakukan untuk menjadi influencer TikTok. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bagaimana TikTok Bekerja?

TikTok saat ini dianggap menjadi sosial media yang cukup menguntungkun. Para creator dapat mengunggah video pendek sesuai dengan tema yang ditentukan. Algoritma TikTok akan bekerja sedemikian rupa untuk membawa video tersebut sampai ke audience yang lebih luas.

Algoritme TikTok diprogram untuk menilai video yang telah kamu sukai dan bagikan. Semakin sering kamu menyukai video dari creator yang sama, semakin sering pula TikTok akan menampilkan video tersebut ke halamanmu.

Ketika sebuah video diunggah, TikTok menunjukkannya kepada beberapa pengguna di sela-sela video viral. Kemudian algoritma menghitung jam menonton, jumlah suka, dan berbagi.

Algoritme dirancang sedemikian rupa sehingga jika keterlibatan pengguna pada video meningkat, maka akan diedarkan ke lebih banyak orang.

Ini akan menjadi peluang videomu akan disukai lebih banyak orang lagi. Juga lebih banyak dibagikan dan disukai oleh orang. Sebab saat pengguna TikTok cukup banyak dibandingkan dengan sosial media yang lain.

TikTok merupakan media hiburan tempat memposting video berdurasi 15 hingga 60 detik, tetapi dengan langkah yang tepat. Kamu dapat memonetisasi platform ini dan mulai menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri.

Ini karena, sumber utama untuk menghasilkan uang sebagai influencer TikTok adalah lewat iklan dan sponsor.

Kamu dapat memanfaatkan peluang tren yang sedang berkembang ini dan menghasilkan uang dengan menjadi influencer TikTok. Profesi ini menjadi salah satu impian para generasi Z dan Alpha. Mereka berlomba-lomba membuat video yang menarik dan konsisten untuk menjadi influencer TikTok.

Lantas apa sih keuntungan menjadi influencer TikTok? Mengapa orang banyak yang ingin menjadi influencer? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut sudah kamu rangkum beberapa keuntungan jika kamu menjadi influencer TikTok.

Keuntungan Menjadi Influencer di TikTok

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa saat ini TikTok menjadi salah satu sosial media yang cukup popular. Profesi influencer di TikTok pun akan sangat diperhitungkan. Sebab, profesi tersebut banyak dicari oleh pebisnis untuk memasarkan bisnis yang sedang dijalani.

Tak heran bila profesi yang satu ini cukup diperhitungkan. Sebab dinilai memiliki beragam keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah dapat menginfluence orang. Jika kamu memiliki banyak follower, secara tidak langsung kamu akan memberikan pengaruh besar kepada mereka.

Mulai dari gaya hidup dan kreatifitas konten yang kamu buat. Jika kamu konsisten dengan apa yang kamu buat, maka kamu juga akan mendapat keuntungan yang lebih dari hal tersebut. Hal itulah yang sering dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk bekerja sama.

Keberadaan banyak follower itu akan membantumu untuk mendapat banyak endorment dan juga sponsor. Dengan begitu kamu akan mendapatkan pendapatan dari TikTok. Kerjasama tersebut biasanya ditukar dengan konten.

Sebagai influencer TikTok kamu harus mempromosikan produk atau brand yang telah bekerja sama. Jika kamu mengemasnya ke dalam konten yang menarik dan mendapat engagement yang bagus, maka akan semakin besar pula potensimu untuk mendapat banyak endorsement lagi.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjadi influencer TikTok. Selanjutnya bagaimana sih cara menjadi influencer TikTok?

Cara Menjadi Influencer di TikTok

Setelah melihat beragam keuntungan tersebut, pasti kamu tertarik untuk menjadi influcer TikTok. Namun sebelum memulai sesuatu, pasti ada sesuatu yang harus kamu siapkan. Berikut adalah beberapa cara yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi influencer TikTok.

Tentukan Niche Konten yang Ingin Kamu Dalami

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan nitche konten. Jika kamu sudah menentukan nitche, selanjutnya akan dengan mudah menentukan konten apa yang kamu buat. Siapa target yang ingin kamu tuju.

Untuk menentukan target ini kamu bisa memilahnya berdasarkan beberapa hal. Yakni usia, gender, demografi, ataupun profesi. Tentukan dengan spesifik agar kamu bisa membuat konten dengan jelas.

Jika nitche sudah ditentukan, barulah kamu bisa memilih tema yang akan diusung. Untuk menjadi influencer TikTok, kamu bisa mengusung beberapa tema. Yakni komedi, pendidikan, parody, hingga daily life. Semua tema tersebut bisa kamu tentukan sesuai dengan nitche.

Selalu Jadi Otentik dan Unik

Usahakan jangan jadi pengekor. Jadilah diri sendiri dan menjadi sesuatu yang unik. Semakin unik dan otentik video yang kamu buat, akan semakin banyak disukai pula oleh audience. Sebab originalitas sangat diperhitungkan dalam TikTok.

Tentukan ciri khas dari dirimu sendiri, dengan begitu audience akan dengan mudah mengenali dirimu melalui konten. Namun jika kamu masih bingung dengan cirri khas yang akan kamu usung, kamu bisa melihat beberapa referensi melalui creator lain.

Lakukan riset konten-konten creator yang kamu suka. Tapi jangan langsung ditiru begitu saja ya. Ingat, kamu hanya menjadikannya sebagai referensi. Jika kamu meniru secara persis konten tersebut, maka akan terlihat plagiat. Dan kamu akan dicap sebagai orang tidak kreatif dan pencuri ide orang.

Jika kamu ingin membuat konten dengan tema yang sama tidak masalah. Namun perlu diingat bahwa kamu juga perlu memodifikasi konten tersebut menjadi versimu sendiri. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih otentik.

Kenali Audience

Mengenali audience juga merupakan tahapan yang cukup penting. Untuk membuat kontenmu viral, kamu juga perlu mengetahui siapa audience yang kamu tuju, bagaimana karakternya dan apa yang mereka sukai.

Kamu bisa mengetahui hal ini melalui riset konten-konten yang telah kamu buat. Lihatlah konten mana yang mendapat engagement terbanyak. Semakin banyak engagement yang kamu dapat, itu artinya konten tersebut cukup diminati oleh audience.

Perlu diketahui bahwa engagement TikTok dilihat berdasarkan beberapa hal. Yakni like, komen, share hingga save. Dengan mengetahui engagement terbanyak ini kamu bisa menilai konten mana yang selanjutnya akan kamu buat.

Ingin tahu bagaimana cara melakukan riset audience? Simak di sini!

Kenali Kompetitor-mu

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengenali kompetitormu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kamu harus melakukan beberapa riset sebelum memulai menjadi influencer TikTik. Salah satunya adalah dengan meriset kompetitor.

Jika kamu ingin menjadi beauty influercer, maka kamu harus riset tentang beauty infuencer yang lain. Melalui konten-konten yang mereka buat, kamu bisa menilai konten mana yang menarik dan diminati banyak audience.

Hal tersebut bisa kamu jadikan informasi untuk membuat konten dengan tema yang sama. Yakni dengan harapan kamu bisa mendapat lebih banyak engagement.

Baca Juga: Jangan Gengsi, Ini Pentingnya Riset Kompetitor untuk Brand Kosmetik Milikmu

Gunakan dan Maksimalkan Tools Video Editing TikTok

Salah satu benefit menjadi influencer TikTok adalah kamu tidak perlu editing video yang rumit. Sebab untuk kamu yang tidak memiliki dasar editing video pun bisa membuatnya. Ini karena TikTok juga telah menyediakan fitur edit video yang ringkas namun beragam untuk penggunanya.

Dengan fitur tersebut tersebut kamu tidak memerlukan tools edit yang lain. Mulai dari effect, music hingga durasi waktu bisa kamu atur di TikTok. Menggunakan tools edit video TikTok juga membuatmu terlihat lebih original.

Eksperimen dengan Berbagai Format dan Tema

Selain menggunakan tools edit video TikTok dengan maksimal, untuk menjadi influencer kamu juga perlu mencoba berbagai format dan tema. Seperti yang diketahui bahwa TikTok menyediakan berbagai format dan tema untuk para creator.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba berbagai macam format untuk mengetahui mana yang paling diminati oleh audience. Bereksperimen menggunakan beragam format juga membuatmu lebih variatif dan kreatif.

Konsisten Buat dan Upload Konten

Konsistensi adalah kunci dari kesuksesan. Kalimat tersebut juga sangat tepat diterapkan jika kamu ingin menjadi influencer TikTok. Untuk menjadi influencer TikTok, kamu perlu konsisten mengunggah konten.

Tentukan waktu mengunggah konten. Bisa setiap hari ataupun dua hari sekali. Namun untuk pemula, sangat penting untuk mengunggah konten setiap hari. Konsistensi ini tidak hanya akan jadi nilai lebih di mata audience, namun algoritma TikTok juga akan dengan mudah mengenalimu. Sehingga potensi untuk FYP dan dikenal banyak orang pun akan semakin tinggi. So, tetap konsisten ya.

Ciptakan Hashtag

Selain konsistensi, kamu juga perlu membuat hastag. Gunakan hastag sesuai konten yang kamu buat. Tak lupa pula untuk membuat hastag sebagai cirri khas dirimu sendiri. Dengan hastag tersebut kamu akan lebih mudah ditemukan audience.

Selain itu, dengan menciptakan hastag sendiri, orang juga akan langsung mampu mengenalimu. Bahkan jika mereka melakukan pencarian, akunmu pun akan sangat mudah ditemukan. Dengan begitu kamu pun akan semakin viral.

Bentuk Engagement Bersama Audience

Engagement bersama audience juga sangat penting untuk dilakukan. Kamu perlu dengan rajin untuk menanggapi mereka. Baik di kolom komentar maupun pesan. Engagement ini juga akan membangun kepercayaan dan kedekatan mereka denganmu.

Nah, untuk hal yang lebih menariknya lagi, TikTok menyediakan beragam fitur untuk membangun engagement bersama audience. Yakni kamu bisa membalas komentar mereka dengan video.

Dengan begitu kamu juga bisa membuat konten lagi untuk menanggapi mereka. Namun tetap ingat ya, tetap tanggapi komentar mereka dengan positif.

Promosikan Videomu

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjadi influencer TikTok adalah dengan cara mempromosikan videomu. Memang jika secara organic untuk masuk dalam FYP cukup sulit. Namun kamu bisa saja membuat promosi video berbayar.

Yakni dengan beriklan di TikTok. Dengan begitu kamu akan mendapatkan lebih banyak audience. Selain iklan berbayar, kamu juga bisa mempromosikan videomu dengan cara rajin membagikannya di berbagai platform sosial media yang lainnya.

Dengan begitu, followermu yang berada di sosial media lain akan mengetahui jika kamu mempunyai TikTok. Jadi potensi videomu untuk lebih dilihat dan mendapatkan engagement pun sangat tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi influencer TikTok. Lantas bagaimana sih tips jitu untuk menjadi influencer TikTok? Simak artikel penjelasannya di bawah, ya.

Tips Meningkatkan Followers dengan Cepat

Untuk menjadi influencer TikTok, kamu membutuhkan banyak follower. Lantas bagaimana cara mendapatkan follower dengan cepat? Ada beberapa tips yang perlu kamu ikuti. Pertama adalah melakukan kolaborasi.

Berkolaborasilah dengan konten creator yang sudah memiliki follower yang cukup banyak. Kolaborasi ini bisa berupa konten bersama ataupun live bersama. Dengan begitu follower mereka akan mengenalimu juga. Jika mereka tertarik denganmu, pasti akan memfollow.

Selain melakukan kolaborasi, kamu juga bisa mengunggah konten di jam-jam prime time. Dengan begitu videomu akan berpotensi dilihat oleh banyak orang.

Baca Juga: 14 Cara Meningkatkan Jangkauan Konten TikTok Secara Organik, Apa Aja?

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan follower. Bagaimana, sudah siap untuk menjadi influencer TikTok? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Selain cara jadi influencer TikTok serta tips meningkatkan followers-nya, kamu bisa menemukan berbagai artikel bisnis kosmetik dan pemasaran digital lainnya di laman Berita Terkini. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya, Gais!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment