Cara Menghilangkan Kemerahan di Kulit Akibat Terlalu Sensitif

Banyak orang yang menginginkan warna kulit sebening kaca dan tampak putih hingga menggunakan produk dengan bahan keras, serta menghambat pembentukan melanin.

Padahal, hal ini justru membuat sensitifitas wajah menjadi lebih meningkat dari sebelumnya, Akhirnya iritasi kulit, noda hitam pada wajah, dan berbagai tanda penuaan lainnya akan lebih banyak muncul dari sebelumnya.

Untuk itu, di atikel kali ini kita akan membahas mengapa produk pemutih wajah tidak terlalu direkomendasikan untuk digunakan. Serta produk perawatan apa yang cocok digunakan merawat kulit yang terlanjur sensitif dalam uraian berikut ini.

Pada dasarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan wajah memerah dan iritasi dengan mudah. Mulai dari gaya hidup, produk perawatan kulit tertentu, hingga masalah kesehatan tubuh kamu pun dapat berpengaruh.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi ini kamu bisa mengunjungi dokter kulit terdekat dan menanyakan bagaimana langkah pertama terbaik untuk mengatasinya.

Dengan begitu, kamu akan tahu apa sih yang menyebabkan kulitmu menjadi sensitif dan sangat mudah mengalami peradangan. Sehingga di kemudian hari, kamu dapat bertindak lebih hati-hati.

Cara Menghilangkan Kemerahan di Wajah Berdasarkan Penyebabnya

Cara menghilangkan kemerahan di wajah sebenarnya sangat bergantung terhadap apa yang menjadi penyebab utamanya. Karena itu, kami merangkumkan berbagai cara menghilangkan kemerahan di wajah berdasarkan faktor penyebabnya berikut ini.

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat

Penyebab kemerahan di wajah yang perama adalah Jerawat. Masalah kecantikan kulit yang sangat umum terjadi ini memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan disertai dengan peradangan.

Nah, untuk dapat mengatasinya dengan cepat, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan asam salisilat atau glikolat. Kedua kandungan ini akan membantu meningkatkan pergantian sel untuk menghilangkan lapisan atas kulit.

Kandungan asam salisilat juga dapat menghilangkan jerawat, menghaluskan warna kulit, dan membuka serta mengecilkan pori-pori besar yang tersumbat.

Setelah bekas jerawat memudar, pastikan untuk menggunakan krim pelembab bebas minyak, untuk melindungi kulit yang rentan jerawat dari kekeringan (yang berpotensi menyebabkan lebih banyak kemerahan) tanpa menyebabkan lebih banyak jerawat.

Kemerahan Karena Terlalu Kering

Tak hanya jerawat, kondisi kulit yang terlalu kering dan tidak mendapatkan cukup kelembapan pun sangat rentan terhadap infeksi mikroorganisme. Lantas, akhirnya akan membuat ruam kemerahan pada kulit muncul.

Untuk menghentikan kemerahan terkait kulit wajah yang kering ini, kamu bisa mengurangi penggunaan produk eksfoliasi dan menambah produk yang dapat meningkatkan hidrasi kulit.

Agar perawatan lebih efektif, carilah pelembab wajah dengan bahan-bahan yang terbukti menghidrasi yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

Kulit Kemerahan Akibat Rosacea

Rosacea adalah kondisi peradangan kulit kronis yang membuat wajah tampak memerah dan merah. Jika kamu berhadapan dengan masalah kulit satu ini, kamu bisa menggunakan produk yang dapat menenangkan kulit.

Baca juga soal Skincare untuk Mengatasi Rosacea Berikut Ini.

Akan tetapi beberapa ahli menyarankan untuk selalu berkonsultasi langsung dengan dokter. Dengan begitu rosacea yang kamu alami pun akan lebih cepat diminimalisir dan tidak menimbulkan masalah pada kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Ruam Akibat Dermatitis Seboroik

Kondisi kulit ini, yang disebabkan oleh metabolisme Malassezia, dapat diobati dengan beberapa cara. Misalnya dengan membersihkan area kulit yang terkena secara menyeluruh menggunakan sabun lembut yang bebas pewangi.

Selain itu, beberapa dokter mungkin meresepkan agen antijamur topikal untuk mengurangi Malassezia atau kortikosteroid topikal ringan untuk mengurangi peradangan atau peningkatan [atau] obat topikal yang mengandung zinc pyrithione.

Kamu pun bisa menggunakan krim dengan kandungan Shea butter untuk mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

Akibat Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak terjadi ketika sesuatu menyentuh kulit dan mengiritasinya atau menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Sulit untuk mengobati gejala seperti kemerahan sampai penyebab dermatitis kontak telah diidentifikasi. Namun langkah pertama yang harus kamu ambil adalah menyingkirkan produk-produk yang berpotensi menimbulkan alergi.

Termasuk yang mengandung bahan-bahan seperti alcohol, pewarna, wewangian, atau jenis asam yang terlalu tinggi. Pada pemilik kulit sensitif kandungan ini bisa mengganggu dan menimbulkan reaksi alergi berupa ruam kemerahan.

Cara Menghilangkan Kemerahan di Kulit Dengan Bahan Alami

Selain pergi ke dokter dan memakai resep-resep obat topikal, kamu sebenarnya bisa mengurangi kemerahan di kulit ini di rumah, lho!

Yap! Hanya membutuhkan bahan-bahan alami dengan kandungan dan karakteristik tertentu, kemudian kamu bisa menggunakannya sebagai masker ataupun kompres wajah.

Setelah itu, secara perlahan kemerahan dan gejala alergi yang muncul akan dapat diminimalisir dengan baik.

Cara Menghilangkan Kemerahan di Kulit dengan Teh Chamomile

Cara menghilangkan kemerahan di kulit yang pertama menggunakan teh chamomile. Kamu bisa menyeduh teh ini dan kemudian membiarkannya dingin sejenak.

Setelah itu, rendam sapu tangan yang tidak terlalu besar ke dalam seduhan itu, kemudian jadikan sebagai kompres wajah.

Seperti yang kamu tahu chamomile mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi. Sehingga bahan aktif ini dapat bekerja untuk meringankan gejala peradangan yang kamu alami, termasuk kemerahan dan gatal-gatal.

Membuat Masker Wajah dari Mentimun

Resep alami sebagai cara menghilangkan kemerahan di kulit wajah selanjutnya adalah menggunakan masker mentimun.

Caranya sederhana, cukup haluskan timun kemudian campurkan dengan yogurt hingga merata. Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, terutama pada daerah yang terasa bengkak dan mengalami kemerahan.

Kedua bahan sederhana ini memiliki manfaat yang hampir serupa, mentimun dapat menghidrasi dan memberikan efek menyegarkan. Sementara, yogurt akan bekerja untuk menenangkan gejala peradangan tersebbut.

Menggunakan Sheet Mask dengan Bahan yang Menenangkan

Menggunakan sheet mask merupakan salah satu cara menghilangkan kemerahan di kulit yang bisa kamu coba di rumah. Produk perawatan ini cenderung dibuat dengan bahan-bahan yang menghidrasi, menenangkan, dan meyegarkan pada kulit.

Kamu bisa menggunakan sheet mask yang selalu kamu pakai dan cocok dengan jenis kulit wajah kamu. Namun, sebaiknya hindari produk dengan kandungan fragrance, pengawet berbahaya, atau alcohol yang terlalu tinggi.

Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Manfaat Menghidrasi

Selain sheet mask kamu pun dapat menggunakan moisturizer untuk mencegah kulit jadi kemerahan dan sensitif. Khususnya, gunakan produk pelembab yang mengandung niacinamide untuk meredakan peradangan.

Niacinamide adalah multitasker utama dalam perawatan kulit. Pada saat yang sama, kandungan ini menenangkan peradangan, meratakan warna kulit, dan membantu memperkuat kulit.

Asam hialuronat juga dapat digunakan untuk montok dan melembabkan. Jika digunakan secara bersamaan, kandungan-kandungan ini dapat bekerja sama sehingga membuat wajah kembali menjadi lebih sehat.

Tenangkan Peradangan dengan Mengaplikasikan Petroleum Jelly

Jika kamu mengalami masalah iritasi yang cukup parah, hingga ada bagian yang terkelupas atau terasa kasar, mengoleskan petroleum jelly ke area tersebut adalah hal yang tepat.

 Sebab, produk ini akan membantu mengembalikan kelembapan kulit, menenangkan berbagai gejala peradangan dan iritasi pada kulit, termasuk kemerahan.

Nah, itu adalah berbagai cara menghilangkan kemerahan pada kulit yang perlu kamu tahu. Selain merawatnya agar mudah sembuh, penting untukmu mencegah masalah ini kambuh dengan selalu menjaga pola hidup yang sehat dan tidak terlalu sering berganti skincare.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment