Sering Dipakai dalam Hair Product, Ini Manfaat Xanthan Gum untuk Rambut!

Tanya dong, kamu tuh tipe yang suka liat daftar produk atau justru asal pilih produk perawatan rambut?

Mungkin kadang melelahkan, tapi memahami apa yang ada dalam produk yang perawatan yang akan kamu gunakan setiap hari sangatlah penting.

Karena hal ini akan dapat membantumu mengetahui bahan aktif apa yang paling bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala kamu. Saat mulai mengenal label-label ini, satu bahan yang dijamin akan kamu lihat berkali-kali dalam daftar produk perawatan rambut adalah xanthan gum.

Digunakan dalam segala produk perawatan rambut, mulai dari kondisioner, sampo maupun hair mask, xanthan gum sayangnya terbilang tidak begitu populer.

Tetapi untuk sesuatu yang kebanyakan dari kita gunakan (dan makan) setiap hari, apakah kita benar-benar tahu apa itu xanthan gum? Lantas apa saja manfaat xanthan gum untuk kecantikan rambut dan kesehatan kulit kepala?

Sekilas soal Xanthan Gum

Meski terdengar sangat ilmiah, rupanya xanthan gum adalah bahan yang bisa didapatkan secara alami. Biasanya bahan ini berasal dari jagung, gandum, kedelai, ataupun susu. Nah, karenanya xanthan gum dapat dimasukkan ke dalam produk-produk berlabel organic.

Xanthan gum terbuat dari zat gula, sehingga diklaim dapat memberikan manfaat pelembap pada rambut. Sehingga helaian rambut dapat memiliki sinar yang sehat dan lebih mudah diatur.

Xanthan gum adalah stabilizer yang terbuat dari gula dan menyebabkan formulasi saling menempel dan tidak berantakan. Xanthan gum pun membantu mengentalkan dan menciptakan tekstur yang rata dan halus, sehingga konsentrasinya akan bervariasi tergantung pada produknya.

Tak hanya itu, bahan alami ini pun bisa bekerja sebagai pengemulsi yang dapat membuat kandungan lain dalam produk bekerja lebih optimal.

Berbagai Manfaat Xanthan Gum untuk Rambut

Meski banyak digunakan dalam kandungan hair care product, tak bisa dipungkiri popularitas bahan alami ini tak setenar kandungan lain. Padahal, xanthan gum pada dasarnya memberikan banyak manfaat untuk rambut dan kulit kepala kita, lho!

Nah, lantas apa saja manfaat xanthan gum untuk rambut dan kulit kepala yang dimaksud di atas? Langsung simak daftarnya di bawah ini, ya!

Membantu Mengentalkan Formulasi Hair Care Product

Xanthan gum merupakan salah satu bahan emulsi yang dapat bekerja untuk membantu mengentalkan produk perawatan rambut. Hal ini juga memungkinkan sebuah brand kosmetik membuat produk perawatan rambut yang konsisten dan halus.

Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Salah satu manfaat xanthan gum untuk rambut adalah membantu membuat rambut lebih mudah diatur. Karena bahan alami ini dapat meningkatkan kelembapan dan menjaga minyak alami pada rambut kamu.

Akhirnya, helaian rambut akan tampak lebih berkilau dan tidak mudah kering. Dengan begitu, rambut pun  akan jauh lebih mudah diatur.

Menjaga Kelembapan Alami Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat xanthan gum untuk rambut selanjutnya adalah menjaga kelembapan alami rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, kulit kepala akan jadi lebih ternutrisi dan mudah menerima kandungan yang ada dalam produk hair care.

Karena itu, kalau kamu memiliki rambut kering atau kulit kepala kering, penggunaan shampoo atau produk perawatan rambut lainnya dengan kandungan xanthan gum dinilai cukup membantu, lho.

Meski begitu, beberapa ahli pun memperingatkan bahwa tidak banyak penelitian telah dilakukan di balik penggunaannya dalam perawatan kulit dan rambut.

Menstabilkan Formulasi Produk Perawatan Rambut

Tidak seperti bahan aktif atau bahan utama dalam produk perawatan kecantikan, xanthan gum dalam produk perawatan rambut selalu bekerja untuk menstabilkan formulasi. Sehingga setiap bahan-bahan yang digunakan dalam produk bisa tetap menyatu dengan stabil.

Tanpa penggunaan xanthan gum, formulasi produk-produk ini mungkin terpisah antara produksi dan berakhir di rumah konsumen.

Jenis Rambut yang Cocok Menggunakan Produk dengan Kandungan Xanthan Gum

Banyak ahli mengatakan bahwa xanthan gum cocok digunakan oleh semua jenis rambut dan kulit kepala. Karena, bahan alami ini tidak banyak berpengaruh pada rambut ataupun kulit kepala kamu.

Meski begitu, mungkin xanthan gum akan lebih bagi mereka yang memiliki kulit kepala kering atau kering, rambut tipis, serta mereka yang memiliki rambut keriting.

Sebab kondisi-kondisi tersebut dapat diringankan dengan menggunakan produk yang mampu melembapkan dan mengunci minyak alami.

Akan tetapi, ketika kamu memiliki rambut yang mudah berminyak dan sangat lepek, tentu ini bukanlah hal yang baik.

Penggunaan produk berkandungan xanthan gum dinilai dapat menyebabkan minyak berlebih, sehingga kulit kepala akan lebih rentan terkena masalah ketombe.

Meskipun ada sedikit risiko pada rambut itu sendiri, asal-usul xanthan gum membuatnya menjadi alergen potensial.

Siapa pun dengan alergi jagung, gandum, kedelai, atau susu mungkin mengalami kepekaan atau reaksi terhadap produk yang mengandung xanthan gum.

Karena biasanya berasal dari sumber-sumber ini. Setiap produk baru harus diuji tempel sebelum digunakan untuk menghindari iritasi, dan dokter kulit harus dikonsultasikan jika terjadi.

Nah, itu adalah berbagai hal mengenai xanthan gum yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya, Kandungan ini, meski memiliki peranan yang besar tetapi tidak begitu mendapat banyak perhatian di kalangan beauty enthusiast.

Lantas, bagaimanakan pendapatmu? Jangan lupa untuk memeberi tahu komentarmu soal xanthan gum dalam kolom di bawah ini!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment