10 Manfaat Biji Pepaya untuk Rambut dan Kulit Kepala, Apa Saja?

manfaat biji pepaya untuk rambut

Penggunaan ekstrak buah pepaya sebagai bahan kosmetik, sebenarnya bukan barang baru. Kamu bisa dengan mudah menemukan produk berbahan dasar pepaya ini di pasaran dengan mudah. Tapi, tahukah kamu kalau manfaat biji pepaya untuk rambut juga tak kalah melimpah dari daging buahnya?

Beautypreneurs, belakangan masyarakat sedang gandrung dengan penggunaan bahan alami dan organic dalam kosmetik. Sebab, banyak ahli yang mengklaim bahwa bahan-bahan ini lebih aman dan tak menimbulkan efek jangka panjang untuk kulit.

Salah satu buah tropis yang cukup popular di industry kecantikan adalah buah pepaya. Kamu bisa menemukan banyak skincare dan produk perawatan rambut menggunakannya sebagai bahan dasar produk.

Namun, selain dagingnya, ternyata biji pepaya juga menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan rambut, lho.

Enggak percaya? Langsung simak penjelasan lengkap soal manfaat biji pepaya untuk rambut dan cara penggunaanya berikut ini!

Kandungan Biji Pepaya yang Baik untuk Kecantikan Rambut

Salah satu factor yang membuat manfaat biji pepaya untuk rambut sangat beragam adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Berikut ini beberapa kandungan biji pepaya yang baik untuk kecantikan rambut:

Vitamin A

Kandungan dalam biji pepaya yang baik untuk rambut adalah vitamin A. Nutrisi ini dapat bekerja sebagai antioksidan alami, sehingga mampu menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut.

Selain itu, vitamin A juga dikenal akan kemampuannya dalam merangsang produksi sel baru, sehingga dapat memicu pertumbuhan rambut yang sehat. Juga membuatnya jadi lebih kuat dan tampak bervolume.

Vitamin C

Selanjutnya ada kandungan vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan alami. Kandungan satu ini memang ahlinya dalam melawan radikal bebas, yang menyebabkan rambut mudah kering, berubah warna, dan tampak kusam.

Selain melindungi rambut dan kulit kepala dari radikal bebas, micronutrient ini juga membantu proses produksi kolagen. Sehingga dapat memperkuat struktur rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

Folat Acid

Selain dua vitamin tadi, biji pepaya juga mengandung asam folat yang bisa membantu proses pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Nutrisi ini juga bisa mendorong pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih subur, lho.

Asam Lemak Esensial

Kandungan selanjutnya dalam biji pepaya yang baik untuk rambut adalah asam lemak esensial. Bahan ini membantu melembutkan rambut, mempertahankan kelembapan alami yang ada, memberikan kilau alami dan menguatkannya.

Zat Besi

Micronutrient dalam biji pepaya selanjutnya adalah zat besi, yang dapat merangsang peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Karenanya, peran zat besi dalam tubuh kita sangatlag vital, termasuk untuk pertumbuhan rambutmu.

Kalsium

Tak hanya vitamin, biji pepaya juga kaya akan mineral, salah satunya kalsium. Mineral ini bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menjaganya agar selalu sehat.

Selain kandungan di atas, biji pepaya juga memiliki beberapa nutrisi lain. Seperti carpine, asam lemak, serat kasar, protein, benzil glukosinolat, enzim myrosin, zat besi, kalsium, magnesium, antioksidan, berbagai fitokimia yang mampu melawan kanker lainnya.

Beragam Manfaat Biji Pepaya untuk Rambut

Berikut ini beberapa manfaat biji pepaya untuk rambut, apa saja? Simak baik-baik, ya!

Agen Antioksidan

Karena adanya kandungan antioksidan pada biji pepaya, sehingga biji pepaya mampu melindungi tubuh penggunanya dari bakteri – bakteri berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Shigella dysenteriae, Salmonella typhi, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dan lain – lain.

Antioksidan sendiri merupakan suatu senyawa yang memiliki fungsi untuk membantu melawan atau menetralisir radikal bebas. Serta mengambat oksidari sehingga tubuh dapat terlindungi dari berbagai penyakit dan atau efek – efek buruk yang dapat menjangkit tubuh.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Karena menurut suatu studi, kadar protein yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan penipisan pada rambut dan mempengaruhi munculnya kerontokan rambut.

Biji pepaya memiliki kandungan asam folat yang mana mampu memperlancar sirkulasi folikel pada rambut. Kandungan ini lah yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Adanya likopen pada biji pepaya juga dapat menambah keefektifan penumbuhan rambut.

Oleh karenanya, bagi kalian yang memiliki rambut rontok dan atau rambut tipis, penggunaan biji pepaya sebagai masker untuk rambut adalah solusi yang amat bagus dan ekonomis.

Adanya antimikroba mampu membantu rambut untuk mencegah infeksi yang merusak kulit kepala. Sehingga kulit kepala dapat lebih sehat, sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat.

Mempertahankan Warna Alami Rambut

Bagi kamu yang memiliki rambut hitam, biji buah pepaya amat bagus untuk rambutmu loh. Karena kandungan glucoside cacirin dan carpain pada biji buah pepaya, banyak dipercaya dapat menjaga warna rambut hitammu.

Selain itu, biji pepaya juga dipercaya dapat menghitamkan rambut, sehingga rambut akan terjaga warnanya, tampak lebih sehat, dan tidak akan terlihat kusam.

Bagi mereka yang memiliki warna rambut selain hitam, baik secara alami maupun disengaja diwarnai, penggunaan biji pepaya dapat membantu untuk menjaga dan menutrisi rambut.

Asal biji buah pepaya ini diolah dan digunakan secara rutin secara secukupnya, tidak berlebihan, maka hasilnya akan sangat terlihat bagus di kemudian hari.

Mengatasi Masalah Ketombe

Selain menjaga warna dan kesehatan rambut, biji pepaya juga mampu membasmi ketombe. Salah satu faktor utama munculnya ketombe adalah adanya ragi seperti jamur yang dinal sebagai malassezia.

Karena kandungannya yang bersifat anti bakteri dan anti jamur, maka biji pepaya mampu mengendalikan, mencegah, dan membasmi ketombe.

Namun perlu diingat, apabila sehabis menggunakan biji pepaya sebagai masker rambut, maka rambut perlu dibilas hingga bersih. Agar mencegah kotoran dan munculnya ketombe.

Mencegah Rambut Rontok dan Kebotakan Dini

Seperti yang telah dijelaskan, bahwasannya biji pepaya kaya akan enzim papain, chymopapain, dan vitamin A dan C.  Sehingga biji pepaya mampu menutrisi rambut, menyehatkan rambut, merangsang sirkulasi fortikel, dan lain sebagainya.

Karena manfaat biji pepaya ini, rambut tentunya jadi lebih sehat dan lebih kuat. Sehingga dapat mencegah adanya kebotakan dini, mengurangi kerontokan, dan menumbuhkan rambut.

Membuat Rambut Tampak Berkilau

Penggunaan biji pepaya sebagai masker rambut, mampu membersihkan rambut, menjaga warna rambut agar tidak kusam, menutrisi rambut, dan membuat rambut berkilau.

Biji pepaya yang membantu produksi sebum serta kandungan yang menguatkan kutikula, dapat menjadi pemeran penting pada kilauan rambut dan pengembalian kesehatan rambut yang telah rusak.

Melembutkan Rambut

Biji pepaya mengandung antioksidan dan vitamin A, yang mana diketahui mampu meningkatkan produksi sebum rambut. Produksi sebum ini mampu menghidrasi rambut. Hal ini yang mampu melindungi rambut dari gesekan antar helai rambut sehingga rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Memperkuat Akar Rambut

Ekstra dari biji pepaya memiliki kandungan zat besi dan magnesium. Selain itu, biji pepaya juga memiliki kandungan yang mampu membantu produksi sebum. Kandungan tersebut mampu membantu menutrisi, melindungi, dan memperkuat akar rambut.

Mencegah Munculnya Uban

Banyak faktor yang mempengaruhi munculnya uban. Selain usia yang beranjak tua, uban juga dapat muncul akibat salahnya penggunaan produk perawatan rambut. Kandungan biji pepaya yang amat kaya dan menyehatkan, mampu merawat dan menyehatkan rambut yang rusak.

Merawat Rambut Kusut dan Rusak

Bagi mereka yang memiliki rambut kusut, kering, bercabang, dan rusak karena sering dicatok, penggunaan biji pepaya mungkin adalah solusinya. Dengan kandungan yang mampu melembutkan dan menutrisi rambut, mampu membantu memulihkan rambut yang rusak.

Biji pepaya yang mampu melancarkan sirkulasi folikel, yang mana memperbanyak produksi sebum, dapat menghidrasi rambut yang kering dan bercabang.

Selain itu, sebum dapat membantu melindungi rambut dari panas matahari dan sedikit membantu melindungi dari panas hair dryer dan catokan.

Sebum juga mampu membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur, sehingga mengurangi bahkan menyelesaikan permasalahan rambut kusut dengan tuntas. Biji pepaya juga mampu membantu penyembuhan pada kerusakan rambut dan rambut bercabang.

Membuat Produk Kecantikan dari Ekstrak Biji Pepaya

membuat produk hsair treatment di mash moshem indonesia

Menyadari kandungan dan manfaat biji pepaya untuk rambut sangat tinggi, kamu pasti setuju kalau bahan alami ini sangat cocok bila diformulasikan sebagai produk perawatan rambut.

Bersama tim formulator Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk hair treatment apapun yang kamu inginkan dengan ekstrak biji pepaya. Baik itu sampo, tonik rambut, minyak rambut, kondisioner, masker rambut, maupun vitamin.

Lewat belasan tahun pengalaman kami, sehingga dapat membuat produk kecantikan dari ekstrak biji pepaya dengan kualitas unggulan dan mampu bersaing di pasar kosmetik lokal, maupun internasional.

Tak hanya produksi, kami juga akan membantumu dalam pengonsepan produk, pendaftaran legalitas, dan desain kemasan. Selain itu, kami juga menyediakan layanan after sales pembuatan media promosi untuk menunjang proses marketing brand kosmetikmu.

Bentuk layanan aftersales ini antara lain pembuatan video produksi, foto produk hair treatment yang kamu buat, FAQ dan brand knowledge, pembuatan katalog, hingga Webinar Digital Marketing eksklusif sebagai pembelajaran promosi digital.

Menarik, bukan? Kamu bisa mencari lebih jauh soal budget, syarat maklon, dan tata caranya lewat Contact Us. Atau baca artikel lainnya di Berita Terkini.

About Author

Related posts

manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

Continue Reading

Leave a Comment