Cara Mengintegasikan SEO dalam Inbound Marketing, Simak Ya!
Penggunaan SEO atau Search Engine Optimization dalam dunia digital marketing bukanlah hal baru lagi. Kini, hampir semua perusahaan menggunakan strategi ini untuk membuat bisnis mereka mampu bersaing dan memenangkan pasar.
Sayangnya pada beberapa perusahaan baru, banyak yang masih belum merasa perlu menggunakan SEO. Padahal, tak hanya meningkatkan awareness, SEO bisa membantumu menjaring calon konsumen baru yang potensial.
Karena ketika mampu menyusun Website dan artikel dengan optimal, maka brand dapat tampil di halaman utama pencarian organic Google. Ini memungkinkan konsumen baru untuk melihat konten promosi dan mengunjungi halaman toko online-mu.
Nah, karena sifat dan cara kerjanya inilah, SEO menjadi bagian penting dalam strategi inbound marketing. Kok bisa?
Terus baca sampai habis agar kamu tahu bagaimana hubungan dan cara mengintegrasikan seo dalam inbound marketing utnuk brand kosmetikmu, ya.
Sekilas Soal Inbound Marketing dan SEO
Sebelum membahas cara mengintegrasikan SEO dalam inbound marketing, mari kita bahas kedua aspek ini terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu memiliki gabaran mengenai keunggulan dan bagaiman konsep dasar dari SEO inbound marketing ini.
Inbound marketing sendiri merupakan sebuah teknik pemasaran yang menggunakan konten dan interaksi, yang sesuai dan bernilai solutif untuk membuat bisnismu konsumen temukan. Dalam hal ini, konsumen yang dimaksud adalah mereka yang telah tahu dan tertarik dengan produkmu.
Lantas bagaimana keterkaitan SEO dan Inbound Marketing?
Penggunaan SEO dalam inbound marketing adalah sebagai sebuah bentuk upaya untuk menarik perhatian audience, yang tertarik dengan topik sesuai dengan bisnismu. Baik itu dengan optimasi konten Website, melalui penanaman link ekternal, maupun memperkuat peforma social media marketing.
Dengan kata lain, SEO ini merupakan sebuah bentuk perpanjangan tangan secara internal dan teknis untuk mendorong berjalannya strategi inbound marketing.
Inbound marketing untuk situs web menggunakan informasi yang dipelajari dari audit SEO ekstensif untuk merumuskan rencana jangka panjang dan jangka pendek.
Saat menggunakan SEO, kamu dapat mempelajari dan mengedit informasi meta penting yang digunakan Google untuk menentukan peringkat situs web tersebut.
Strategi inbound marketing ini pun dapat mengarahkan target audience untuk masuk ke laman situs bisnismu, yang sebelumnya telah melalui proses optimasi menggunakan prinsip-prinsip SEO untuk menyusun konten dan data.
Cara Mengintegrasikan SEO dalam Strategi Inbound Marketing
Setelah memahami bagaimana keterkaitan dan pentingnya SEO dalam inbound marketing. Kamu pasti tertarik untuk menerapkannya pada strategi bisnis kosmetikmu.
Untuk itu, simak cara mengintegrasikan SEO dalam strategi inbound marketing berikut ini, ya!
Buat Website Terbaik untuk Brand-mu
Langkah pertama dalam cara mengintegrasikan SEO dalam strategi inbound marketing adalah dengan membuat website. Yap! Media ini berguna sebagai wadah semua konten promosi yang kamu lakukan di masa mendatang.
Agar bisa bekerja lebih optimal, kamu harus membuat Website ini dengan perencanaan yang matang dan memperhatikan tiap detail pentingnya.
Misal dengan memilih hosting terbaik, membuat desain yang menarik tapi juga mudah diakses dari berbagai perangkat, hingga menyediakan fitur-fitur penting untuk konsumen.
Untuk cara membuat Website bisnis, kamu bisa cek di sini.
Membuat Artikel dengan SEO
Setelah menciptakan wadah yang ideal, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat artikel yang ramah SEO dan mengunggahnya secara rutin.
Artikel ini tak hanya bekerja untuk ‘meramaikan’ Website-mu agar tampak professional. Melainkan dapat membantu meningkatkan jangkauan konsumen, menarik konsumen baru dengan tampil di halaman pertama, serta menjaga hubungan dengan pelanggan lama lewat konten edukatif.
Untuk membuat konten artikel yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.
Pilih Topik yang Relevan dan Sesuaikan Kata Kuncinya
Pertama adalah memilih kata kunci yang relevan, dalam artian kamu harus tahu apa yang menjadi daya tarik utama bisnismu dan konten seperti apa yang bisa memikat konsumen.
Ketika mendapatkan topik tersebut, kamu harus melakukan riset kata kunci yang sesuai. Perhatikan tingkat persaingan, nilai unik, hingga seberapa banyak kata kunci tersebut pelanggan cari.
Buat Kerangka Artikel yang Sistematis dan Lengkap
Selanjuta perhatikan kerangka artikel, kamu harus menyesuaikannya dengan keyword serta topik utama yang telah kamu pilih sebelumnya.
Kamu mungkin mengira bahwa artikel ini hanya harus panjang dan memiliki konten ‘lengkap’ hingga dapat memenangkan posisi pertama di Google.
Padahal yang terjadi justru sebaliknya, buat apa menulis banyak informasi jika kerangkanya tidak focus dan justru membuat artikel semakin tak menarik di mata konsumen.
Intinya, boleh dan sangat baik kalau kamu mau menulis artikel ini selengkap mungkin. Tapi tanpa menyaring informasi dan menyusunnya dalam kerangka yang jelas, tentu bukan langkah yang ideal untuk kamu lakukan.
Utamakan Heading
Hal ini akan mempermudah bagimu dan pembaca untuk mencermati struktur konten dengan baik. Selain itu, akan semakin mudah juga Google mencerna dan mengindeks informasi yang ada dalam konten buatanmu.
Riset dan Analisis Keyword: Intent Vs. Optimization
Kita telah menyinggung keberadaan keyword pada poin sebelumnya, dan memang sebegitu pentingnya peranan kata kunci ini sebagai cara mengintegrasikan SEO dalam Inbound marketing.
Namun, di sini enggak akan kita bahas soal riset berdasarkan topiknya. Melainkan, menganalisis kata kunci berdasarkan keinginan (intent) sesorang untuk melakukan pencarian topik tertentu di mesin pencari.
Langkah ini sangat penting untuk kamu lakukan, karena bisa membantu menyusun strategi dan pemilihan jenis topik Website-mu nantinya.
Selain itu, algoritma Google juga memperhitungkan bagaimana minat konsumen lewat riwayat pencarian dan berbagai ketertarikan mereka di media sosial.
Lantas bagaimana cara untuk mengetahui keinginan audience ini pada suatu keyword? Well, kamu bisa mulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini:
- Topik apa yang ingin mereka ketahui dari website bisnismu?
- Pertanyaan apa yang akan mereka tanyakan setelah membaca konten bisnismu?
- Bagaimana audience akan menilai kelayakan informasi dari konten tersebut?
Lakukan Optimasi
Setelah menemukan apa yang menjadi daya tarik dari Website bisnismu, maka selanjutnya kamu bisa mengoptimasi daftar kata kunci yang kamu susun.
Mengapa langkah ini perlu? Karena dalam SERP sistem akan menunjukkan konten-konten paling relevan dengan kata kunci yang audience masukkan. Dengan kata lain, kamu juga harus berkompetisi dengan artikel dari blog kompetitor.
Untuk itu, agar dapat memenangkan ranking Google ini, kamu perlu mengoptimasi kata kunci yang telah kamu pilih berdasarkan riset. Setelah memperhitungkan jumlah pencariannya, perhatikan juga tingkat kompetisi yang ada.
Selain itu, untuk memperkuat kata kunci ini lakukan pengoptimalan dengan menautkan konten dengan link dari dalam maupun luar website. Juga gunakan berbagai kata kunci turunan yang dapat mendukung informasi dari kata kunci utama.
Manfaatkan Sosial Media Marketing
Cara mengintegrasikan SEO dalam inbound marketing selanjutnya adalah dengan memanfaatkan social media marketing. Ah, kamu pasti sudah taka sing dengan strategi pemasaran digital ini. Pasalnya sudah beberapa kali kita membahasnya.
Social media maupun SEO memiliki ketertarikan yang cukup signifikan. Keduanya bisa mendukung satu sama lain dengan caranya tersendiri, paling sederhana dengan saling menautkan dan mempromosikan konten.
Selain itu, kedua media pemasaran digital ini pun memiliki kesamaan, yakni semakin baik dan relevan konten yang dibuat, maka semakin baik juga dampak yang berhasil diciptakan.
Tips Memaksimalkan Peran Social Media untuk SEO
Setelah mengetahui bagaimana peranannya terhadap SEO, kamu bisa menerapkan tips berikut ini untuk memaksimalkan fungsi media sosial:
Lebih Banyak External Link
Setelah kamu menggunakan media sosial untuk mengunggah konten-konten yang menarik dan relevan untuk audience, mereka tidak akan segan membagikannya secara personal pada lingkar sosial mereka.
Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menanamkan sebanyak mungkin (dalam batas wajar juga) external link pada kontenmu. Dengan begitu, akan semakin besar juga jangkauan audience yang kamu raih dan kian berpengaruh juga pada efektifitas SEO.
Perbanyak Jumlah Followers
Selanjutnya, tingkatkan jumlah followers pada akun media sosial bisnismu. Hal ini sangat penting, karena akun dengan tingkat pengkut yang tinggi akan semakin mudah untuk terbaca oleh Google. Sehingga akun tersebut pun akan masuk ke dalam rekomendasi utama SERP.
Kamu bisa menyimak berbagai tips menjalankan social media marketing dalam video di bawah ini:
Nah, Beautypreneurs, itu adalah cara mengintegrasikan SEO dalam inbound marketing yang mungkin belum kamu ketahui. Menerapkan strategi ini dalam pemasaran digitalmu bisa memberikan banyak manfaat, dengan meningkatkan brand awareness, hingga menjaring konsumen baru.
Selain tips ini, kamu juga bisa menyimak berbagai tips pemasaran digital dan branding lainnya di laman Berita Terkini.
Jangan lupa untuk membagikan ulasan dan pendapatmu di kolom komentar, ya!