Blue Ocean Strategy: Definisi, Kelebihan, dan Tips Penerapannya

blue ocean strategy adalah

Di tengah persaingan usaha yang semakin ketat, para pelau bisnis harus pandai mencari ide dan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif. Salah satunya dengan menerapkan blue ocean strategy, apakah kamu sudah pernah dengar sebelumnya?

Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu menerapkan inovasi yang tidak pernah terkonsep dalam pikiran kompetitormu. Salah satu strategi yang bisa kamu terapkan adalah blue ocean strategy. Pernahkah kamu mendengar tentang blue ocean strategy sebelumnya?

Analogi blue ocean digunakan untuk membuka potensi yang lebih luas, uat, dan tak terbatas di ruang pasar yang belum dijajaki sama sekali. Strategi yang menghindarkan kamu dari persaingan ketat yang tidak sehat ini menuntut kamu untuk menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Hal tersebut dilakukan tidak lain tidak bukan adalah untuk menarik perhatian konsumen. Dengan begitu, selain nilai penjualan meningkat, kamu mungkin dapat mengungguli kompetitormu di pasar dengan lebih mudah daripada harus bersaing dengan ketat.

Jadi apakah blue ocean strategy? Simak materi tersebut dalam artikel ini.

Apa Itu Blue Ocean Strategy?

Blue ocean strategy adalah strategi untuk merancang dan memperoleh target pasar yang potensial dengan memunculkan permintaan baru.

Strategi pemasaran ini pada dasarnya menekankan perusahaan untuk tidak menerapkan strategi head to head dengan kompetitor dalam upaya memenangkan persaingan bisnis.

Dengan kata lain, blue ocean strategi melepaskan perusahaan dari kondisi red ocean. Kondisi read ocean adalah kondisi di mana terdapat persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkan pasar yang sama dengan kompetitor.

Adapun pada blue ocean strategy, nyaris tidak ada persaingan karena dari awal bisnis dimulai, perusahaan tersebut telah berani tampil berbeda dari kompetitornya. Strategi jenis ini memenuhi permintaan baru dengan mengadakan produk unik dengan fitur-ditur canggih yang berbeda dari keluaran perusahaan lain.

Hal ini terjadi karena keunikan yang dimiliki perusahaan membuat pasar lebih tertarik dengan produk yang perusahaan tawarkan, termasuk segmen yeng khusus. Pada akhirnya, hal tersebut akan mendorong munculnya permintaan yang lebih tinggi.

Pendekatan blue ocean ini menghindarkan perusahaan dari ideologi untuk mengungguli persaingan dan menegaskan untuk menciptakan kembali batas-batas pasar serta beroperasi dalam ruang baru.

Pola kepemimpinan dan manajemen yang diperlukan dalam blue ocean strategy tentu berbeda dari manajemen perusahaan yang memiliki ambisi jangka pendek. Blue ocean strategy dapat diterapkan pada semua sektor bisnis dan tidak terbatas hanya pada satu sektor saja.

Implementasi blue ocean strategy memang tidak mudah. Hal tersebut karena perusahaan harus memiliki kreativitas dan kecerdasan dalam menganalisis pasar. Selain itu, biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mengimplementasikannya juga tidak dapat disebut murah.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis kamu harus memperhitungkan kemampuan finansialmu dengan baik. Di balik strategi ini, terdapat aktivitas perusahaan, yaitu promosi, edukasi, dan lain-lain yang dilakukan secara madiri tanpa adanya dukungan dari pihak lain yang berkepentingan.

4 Tindakan dalam Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy menjadi solusi bagi perusahaan saat penawaran melebihi permintaan di pasar. Terlebih ketika terdapat ruang terbatas yang bisa perusahaan gunakan untuk mengembangkan bisnis lebih jauh.

Perusahaan mencoba mencari cara vertikal untuk menemukan lini bisnis baru di mana perusahaan dapat menikmati keuntungan dari pangsa pasar yang tidak terbantahkan (blue ocean).

Dalam upaya menemukan dan mengidentifikasi blue ocean yang menarik, kamu perlu mempertimbangkan empat tindakan untuk merancang aspek nilai pembeli dalam membuat kurva nilai baru.

Empat tindakan dalam blue ocean strategy ini meniru keberhasilan dan panduan strategus menuju jalur peluncuran prakarsa strategi ini. Apa saja?

Eliminate

Dalam dunia bisnis, akan selalu ada hal yang sebenarnya dianggap baik namun tidak berguna bagi konsumen. Oleh karena itu, ada baiknya kamu harus mengeliminasi atau menghapus hal-hal yang tidak memiliki value dari produk jualanmu. Hal tersebut dilakukan agar produk mampu memaksimalkan fitur dan bagian yang tersedia.

Pengeliminasian produk tertentu bertujuan untuk memangkas biasa dan juga membuat pasar yang benar-benar baru. Dalam hal ini, kamu tidak perlu merasa ada yang kurang ketika menghilangkan produk tersebut. Kamu justru harus bisa menonjolkan karakter dari produk utama yang menjadi andalan bisnismu.

Reduce

Berbeda dengan eliminate, reduce atau mengurangi berarti kamu harus mengurangi unsur-unsur yang valuenya kurang tetapi tetap diperlukan. Kalau kamu tidak mau menghilangkan fitur yang tidak berguna secara keseluruhan, setidaknya kamu bisa menguranginya di bawah standar industri. Dengan begitu, pengeluaran perusahaanmu tidak akan membengkak.

Akan tetapi, jika fitur tersebut tidak memberikan banyak kontribusi sekaligus value pada konsumen, ada baiknya kamu hilangkan saja. Dengan menghilangkannya, setidaknya bisnismu akan lebih terarah sekaligus menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Raise

Kalau kamu sudah mengurangi fitur yang kurang memberikan value untuk konsumen, maka kamu perlu meningkatkan standar dan fitur yang memiliki keunggulan. Hal tersebut dapat menjadi opportunity atau peluang yang baik agar produkmu menjadi pembeda dari produk kompetitor.

Hal ini mencakup poin-poin yang harus kamu kembangkan dengan mengacu pada lini produk, label harga, dan kualitas layanan. Selain itu, kamu juga harus menganalisis pro dan kontra dari perusahaan lain berikut dengan strategi mereka untuk menemukan aspek utama pembedaan.

Create

Dalam tindakan keempat ini, tindakan yang harus kamu lakukan adalah melahirkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ada dan dilakukan oleh industri lain.

Dengan lahirnya inovasi baru, maka akan tercipta terobosan baru yang mampu menarik minat para konsumen. Dalam hal ini, kamu harus menciptakan fitur yang terbukti mampu memberikan value dan manfaat lebih untuk para konsumenmu.

Sehingga, usaha kamu lebih mudah diterima oleh konsumen secara luas. Hal ini akan mendorong bisnismu untuk menciptakan produk dan layanan yang luar biasa. Adanya produk dan layanan baru tersebut akan mengarahkanmu pada pembentukan padar baru dan titik diferensiasi.

Kelebihan dan Kekurangan Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum menerapkannya, kamu harus terlebih dahulu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan blue ocean strategy.

kelebihan dan kekurangan blue ocean strategy

Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan penerapan blue ocean strategy pada bisnismu.

  1. Strategi ini bekerja sama dengan perusahaan untuk menemukan pasar yang tidak tersaingi.
  2. Blue ocean juga berpotensi menghindarkan perusahaan pada pasar yang kompetitif dan jenuh.
  3. Dapat membantu perusahaan berpindah dari hambatan persaingan dalam industri dan struktur biaya secara bertahap kea rah peningkatan nilai yang konstruktif.
  4. Penerapan strategi ini mengeluarkan perusahaan dari pasar yang sudah ramai dan menciptakan pasar baru.
  5. Blue ocean strategy menjadikan produk atau layanan yang dikeluarkan pertama kali sukses dan melekat di hati konsumen.
  6. Selain itu, strategi ini juga membuka peluang mendapatkan keuntungan besar di pasar baru.
  7. Strategi ini dapat memperluas profitabilitas dan permintaan industri.
  8. Juga membantu menciptakan nilai atau permintaan baru bagi konsumen serta memperluas peluang potensi pertumbuhan perusahaan.
  9. Penggunaan strategi ini memungkinkan transformasi mendasar dalam pola pikir dan mengembangkan cakrawala mental serta membantu mengenali peluang.
  10. Penerapan strategi blue ocean dengan pendekatan praktis yang terbukti berhasil selama eksekusi pasar langsung.
  11. Strategi ini menciptakan produk atau layanan yang tidak membuat konsumen memilih antara nilai dan keterjangkauan.

Kekurangan

Berikut ini beberapa kekurangan penerapan blue ocean strategy pada bisnismu.

  1. Strategi ini membutuhkan investasi dan biaya yang cukup besar.
  2. Blue ocean strategy mengharuskan edukasi kepada konsumen agar tidak ada kesalahpahaman mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.
  3. Dalam penerapannya, strategi ini mengharuskan perusahaan untuk menjelajah ke pasar pada fase awal disertai dengan beban risiko. Ada kemungkinan besar bahwa konsumen tidak memahami produk dan layanan akar rumput karena tidak adanya teknologi yang dikembangkan sepenuhnya.
  4. Tidak mudah dalam menemukan ide-ide futuristic dan mengidentifikasi pasar kolosan yang belum tersentuh.
  5. Produksi pasar baru tidak mudah karena perusahaan harus cerdas dan jelas mengenai basis konsumennya dan cara untuk memberukan edukasi tentang ide-ide, produk, dan solusi baru. Hal ini memerlukan kejelasan tentang trade-off, hambatan, dan tenaga kerja.

Tips Menerapkan Strategy Blue Ocean

Berikut ini beberapa tips dalam menerapkan blue ocean strategy untuk mengatasi persaingan pasar.

Fokus Pada Ceruk Pasar

Pertama-tama, kamu harus menciptakan ceruk pasar baru yang tidak pernah diinisiasi oleh kompetitor. Misalnya, dengan menjadikan hobi yang kamu miliki menjadi sebuah lading bisnis yang potensial.

Sebagai contoh, hobimu adalah merias dan kamu memiliki studio foto. Kamu bisa membuka usaha make-up artist dan myediakan jasa foto.

Ini bisa menjadi daya pikat yang baik untuk menarik perhatian konsumen. Tidak menutup kemungkinan, tapa melakukan promosi, usaha kamu akan ramai karena menghadirkan konsep unik dan banyak dibicarakan oleh orang-orang.

Menciptakan Inovasi

Dengan menerapkan blue ocean strategy pada bisnismu, kamu diharuskan menciptakan sebuah produk yang kreatif dan inovatif. Produk yang kreatif dan inovatif akan memberikan nilai plus yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Misalnya produk sunscreen berbentuk stick kecil yang praktis dibawa ke mana-mana.

Slogan yang Unik

Dengan mengusung slogan yang unik, kamu bisa menciptakan kesan tersendiri di hati para konsumen. Strategi ini juga banyak dilakukan untuk memperkuat brand sehingga slogan bukan hanya sekedar tagline, tetapi juga memiliki tujuan jangka panjang.

Baca Juga: 15+ Contoh Tagline Brand Kosmetik dan Cara Buatnya dengan Mudah!

Pentingnya Mempelajari Strategi Blue Ocean

Berikut ini beberapa tujuan mempelajari strategi blue ocean untuk mengembangkan bisnismu.

Mengetahui Pasar

Sebelum kamu terjun ke suatu segmen pasar, kamu perlu tahu jenis pasar apa yang bisa kamu masuki. Hal ini ada kaitannya dengan riset pasar, strategi pemasaran, jenis kompetisi, hingga cara memenangkan hati konsumen.

Mencapai Target dan Segmentasi Pasar

Jika kamu menjual produk atau layanan tanpa mengetahui ke mana produk tersebut harus dijual, maka akan banyak stok yang menumpuk di Gudang.

Mungkin banyak stok beredar di pasaran, tetapi dengan mengetahui target dan segmentasi yang tepat kamu akan tahu ke pada siapa produk atau layanan kamu akan dijual.

Untuk dapat mengetahui target dan segmentasi pasar, simak bagaimana cara risetnya di sini.

Mengetahui Peluang Sukses & Gagal

Dengan mempelajari blue ocean strategi, kamu akan mengetahui seberapa besar kemungkinanmu sukses dan gagal pada strategi pemasaran yang kamu pilih.

Menjadi Pemimpin Pasar

Ketika menginjakkan kaki di dunia bisnis, tujuanmu bukan lagi sekadar memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga berusaha untuk memimpin pasar dan memberi pengaruh di atas kompetitor.

Dalam hal ini, kamu harus cermat dalam menangkap apa yang menjadi kebutuhuan dan keinginan konsumen serta memberikan solusi untuk mengatasi masalah mereka.

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean

Seperti penjelasan di atas bahwa blue ocean adalah sebuah strategi bisnis di mana perusahaan menghindari persaingan yang ketat. Sedangkan red ocean adalah sebuah startegi bisnis di mana perusahaan ingin bersaing untuk memperebutkan posisi yang pertama di pasar.

Selain itu, masih banyak lagi perbedaan antara blue ocean dan red ocean. Perbedaan di antara keduanya dapat kamu simak dalam penjelasan berikut ini.

Blue Ocean

  1. Strategi ini menjadikan kompetisi tidak relevan.
  2. Pada proses penerapannya menciptakan pasar yang belum memiliki kompetitor.
  3. Strategi blue ocean mendobrak pertukaran nilai biaya.
  4. Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dalam mencapai diferensiasi dan biaya rendah.
  5. Dapat dan perusahaan gunakan untuk menciptakan dan menerima permintaan baru.

Red Ocean

  • Strategi red ocean memerangi kompetisi.
  • Red ocean memungkinkan perusahaan bersaing dalam pasar yang telah ada.
  • Dalam penerapannya, red ocean memilih antara nilai biaya.
  • Red ocean memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dengan pilihan strategis antara diferensiasi atau biaya rendah.
  • Strategi ini mengeksploitasi permintaan yang ada.

Untuk lebih jelasnya lagi, red ocean berarti target pasar dengan tingkat kompetisi yang tinggi. Dalam red ocean, ada Batasan industri yang jelas yang diketahui secara terbuka untuk semua.

Dengan adanya pengenalan aturan kompetitif dan penerimaan batas yang ditarik, ruang pasar menjadi ramai serta berakibat pada penurunan pertumbuhan dan profitabilitas.

Saat produk berada di bawah beban tekanan harga, akan selalu ada kemungkinan operasi perusahaan berada di bawah ancaman yang nyata.

Perusahaan tersebut harus berusaha mengungguli kompetitornya dengan meraih propordi yang lebih tinggi dari pangsa pasar yang ada saat perusahaan lain mengalami kemunduran.

Dalam upaya mempertahankan diri di pasar, para pelaku strategi red ocean harus berkonsentrasi pada penciptaan keunggulan kompetitif dengan memeriksa cetak biru rekan atau kompetitor mereka.

Dalam hal ini, ruang pasar yang jenuh seperti itu membuka jalan bagi persaingan tidak sehat dan saling menjatuhkan.

Target pasar semacam ini diilustrasikan sebagai lautan merah yang dipenuhi hiu yang bercucuran darah. Karenanya, banyak pelaku bisnis yang akhirnya melepaskan diri dari red ocean dan beralih untuk menciptakan lautan birunya sendiri.

Menciptakan pasar baru dan mengembangkan blue ocean strategy memang tidak mudah. Kamu membutuhkan kerja keras, data yang akurat, dan modal yang besar.

Namun, jika strategi ini berhasil, akan ada potensi bagi kamu untuk menciptakan produk atau layanan baru yang memiliki nilai keuntungan yang tinggi.

Jadi, apakah kamu siap keluar dari red ocean dan membangun blue oceanmu sendiri?

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment