Cara Meningkatkan Penjualan di Blibli dengan Efektif, Seller Wajib Tahu!

cara meningkatkan penjualan produk di blibli (1)

Hai, Beautypreneurs! Sebagai seorang pebisnis, kamu pasti menyadari bahwa ada persaingan yang sangat ketat dalam bisnis online. Termasuk dalam pasar e-commerce, seperti Blibli. Karenanya, kamu perlu belajar bagaimana cara meningkatkan penjualan di Blibli dengan efektif.

Melansir dari Databoks, Blibli tergolong e-commerce Tanah Air dengan jumlah kunjungan yang cukup besar dan stabil. Bahkan belakangan, lapak online ini menduduki posisi ke lima sebagai e-commerce yang banyak dikunjungi selama kuartal IV akhir 2021 lalu.

Sebanyak 22,41 juta pengguna secara konstan mengunjungi Blibli tiap bulannya. Jumlah yang cukup besar dan potensial untukmu menggali keuntungan di lapak online tersebut.

Meski begitu, tak semua pengunjung Blibli ini terdiri dari konsumen. Enggak sedikit juga penjual yang menjajakan produk mereka di lapak tersebut. Serta, tidak menutup kemungkinan produk kompetitor ini mirip atau bahkan identic dengan jualanmu.

Sebab itu, untuk memenangkan persaingan, kamu perlu menyiapkan strategi yang matang. Selain dapat bertahan di pasaran, kamu juga akan dapat memaksimalkan penghasilan dan keuntungan usaha.

Kalau sudah begini, kamu pasti penasaran bagaimana cara meningkatkan penjualan di Blibli yang efektif dan tepat, bukan?

Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Beautypreneurs!

8+ Cara Meningkatkan Penjualan di Blibli untuk Seller

cara meningkatkan penjualan produk di blibli (1)

Cara meningkatkan penjualan di Blibli bisa dengan mudah untuk kamu terapkan. Karena e-commerce satu ini juga memiliki banyak fitur yang menguntungkan, mulai dari iklan hingga berbagai jenis promosi menarik yang bisa kamu pakai di toko onlinemu.

Well, selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara meningkatkan penjualan di Blibli berikut ini.

Menambahkan Jenis Produk Agar Lebih Variatif

Langkah pertama dalam cara meningkatkan penjualan di Blibli untuk Seller adalah menambahkan lebih banyak variasi produk. Karena semakin banyak jenis produk yang kamu jual, maka konsumen merasa memiliki banyak pilihan saat akan membeli dari toko online-mu.

Nah, untuk menambahkan jenis produk ini kamu bisa menggunakan fitur menarik dari Blibli Seller Center. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengetahui produk yang sedang popular dalam pencarian Blibli, namun masih sedikit yang menjualnya.

Menarik, bukan? Dengan begitu kamu bisa menciptakan produk kosmetik sesuai dengan analisa peluang produk tersebut.

Untuk mengakses informasi ini, kamu bisa langsung klik Menu Analisa dan pilih Peluang Produk.

Meningkatkan Foto dan Deskripsi Produk

Tahukah kamu, ketika berbelanja online foto dan deskripsi produk bisa menjadi penentu konsumen dalam melakukan pembelian?

Yap! Karenanya kedua hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Sebab konsumen pertama kali menilai kualitas dan keaslian produk adalah dari gambaran visual serta deskripsi produk yang kamu cantumkan di Blibli.

Untuk itu, agar konversi penjualan dan kunjungan produk meningkat, kamu perlu memasang foto produk yang lebih menarik serta berkualitas tinggi.

Penting juga untuk menulis deskripsi yang rinci, tidak ambigu, hingga konsumen tidak mengalami kesalahpahaman ketika membeli produk. Selain itu, usahakan untuk membuat narasi yang lebih menyenangkan dan membuat pembaca betah.

Penasaran bagaimana langkah membuat deskripsi produk yang memikat? Simak di sini!

Berikan Harga Produk yang Kompetitif

Selain menyediakan jenis produk yang lebih variative, cara meningkatkan penjualan di Blibli selanjutnya bisa kamu lakukan dengan memberikan harga produk yang kompetitif.

Ingat ya, Beautypreneurs. Harga kompetitif yang dimaksud bukan berarti membanting harga sampai kamu mendapatkan keuntungan yang sangat kecil, sehinga terjadi perbedaan harga yang terlalu besar.

Langkah ini justru kurang efisien, apalagi kalau kamu menjual berbagai jenis produk kosmetik yang dari brand baru. Konsumen justru akan lebih waspada dan mempertanyakan keamanan produk.

Akan lebih baik buatmu untuk menciptakan selisih harga yang kecil. Dengan demikian, konsumen bisa menimbang produkmu lebih menguntungkan buat mereka, dari segi kandungan dan manfaat yang akan mereka dapatkan.

Kamu juga bisa mengukur harga yang ideal ini dengan mengeceknya lewat analisis harga di Blibli. Caranya sederhana, yakni lewat Menu Analisa dan pilih Daya Saing Harga.

Update Ketersediaan Stok Produk

Cara meningkatkan penjualan di Blibli selanjutnya adalah selalu meng-update ketersediaan produk jualanmu. Ini untuk mencegah konsumen merasa kecewa karena tidak bisa membeli produkmu sebab stok tidak mencukupi.

Pembatalan tiba-tiba ataupun mengganti barang yang tidak ada selama proses penjualan produk, hanya akan membuat kepercayaan mereka terhadap tokomu kian berkurang.

Sebaiknya lakukan pengecekan berkala mengenai semua stok produk yang kamu jual di Blibli Seller Center. Caranya mudah, kamu bisa pilih Menu Produk kemudian klik Stok Kosong.

Segera Proses Pengiriman Tepat Waktu

Salah satu alasan konsumen loyal dengan sebuah toko onlie adalah pelayanan dan pengirimannya yang tanggap. Well, Beautypreneurs, ini bisa jadi cara meningkatkan penjualan produk di Blibli yang efektif untuk kamu terapkan.

Saat mendapatkan pesanan baru, kamu bisa langsung menyiapkan produk dan mengatur proses pengiriman ke konsumen. Terlebih sebelum produkmu terkena batas pembatalan otomatis atau auto-cancel.

Konsumen yang puas dengan pelayanan dan pengirimanmu pun akan memberikan penilaian positif pada kolom review. Hasilnya, calon pembeli yang lain pun akan merasa aman dan percaya pada toko onlinemu di Blibli.

Untuk mengupdate pesanan yang masuk, kamu bisa melihat menu Pesanan dan pilih Pesanan Baru. Setelah itu akan muncul daftar pesanan yang baru masuk, kamu bisa memulai proses pengemasan dan pengiriman produk sesegeram mungkin.

Periksa Kesesuaian Pesanan dan Gunakan Kemasan yang Aman

Cara meningkatkan penjualan produk di Blibli selanjutnya adalah dengen memastikan kesesuain pesanan dan menggunakan kemasan yang aman.

Kedua langkah ini penting untuk memberikan jaminan keamanan produk pada konsumen. Tentu, mereka akan sangat kecewa dan marah bila pengiriman yang kamu lakukan tidak teliti, hingga menyebabkan kerusakan pada produk.

Meski ada menu retur, konsumen cenderung merasa malas dan enggan menambah ‘kerepotan’ mereka dengan melakukan aduan. Apalagi kalau aduan tersebut tidak ditanggapi dengan cepat. Akhirnya mereka meninggalkan review yang buruk dan komentar negative pada tokomu.

Karenanya selalu periksa kondisi, ketersediaan, dan gunakan kemasan yang aman untuk produk konsumen. Kamu bisa menggunakan Shipping Label yang tersedia di Blibli Seller Center untuk memastikan detail produk yang dipesan.

Aktif Memberikan Diskon yang Menarik

Langkah selanjutnya untuk membuat tokomu ramai pembeli adalah dengan aktif memberikan promo. Yap! Semua orang pasti suka dengan yang namanya, promo, diskon, ataupun potongan harga.

Nah, di Blibli Seller Center telah ada banyak pilihan promo yang bisa kamu gunakan untuk menarik minat beli konsumen. Mulai dari Promo Combo, Promo Grosir, Promo Diskon, dan banyak lainnya.

Selain keberagamannya, promo ini juga bisa dipasang dengan mudah tanpa menunggu persetujuan dari pihak Blibli. Karena kamulah yang berhak menentukan berapa besaran dan periode promo tersebut.

Berikut beberapa jenis 4 promo dari seller yang bisa kamu gunakan. Simak baik-baik, ya!

Promo Diskon

Jenis promo di Blibli yang pertama adalah Promo Diskon. Kamu bisa memberikan potongan langsung pada konsumen selama periode yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan harga produk yang kompetitif dan menarik. Tentu harga dan periode ini kamu sendiri yang menentukannya.

Promo Grosir

Jenis selanjutnya adalah Promo Grosir. Sistemnya, kamu bisa memberikan harga yang lebih murah untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Promo Grosir ini sangat cocok kamu gunakan untuk produk dengan stok besar, sehingga bisa menarik konsumen untuk membeli dalam jumlah yang besar. Sama seperti Promo Diskon, kamu pun bisa menentukan harga promo, panjang periode, hingga menentukan minimum pembelian sendiri.

Keuntungan penggunaan Promo Grosir lainnya adalah memungkinkan mencari produk dengan filter grosir. Artinya visibilitas produkmu pada pencarian Blibli pun juga akan bertambah.

Promo Combo

Selanjutnya ada Promo Combo, di mana kamu bisa mengabungkan lebih dari 2-3 produk sekaligus untuk dalam satu pembelian. Tentu harga yang ditawarkan pun harus memiliki selisih yang lebih murah daripada ketika produk dijual terpisah.

Strategi ini mirip dengan bundling product, sehingga kamu bisa menggabungkan produk-produk yang kurang diminati dengan produk unggulan di tokomu.

Ada banyak keuntungan menggunakan strategi bundling produk. Cari tahu lengkapnya di sini!

Selain bisa menentukan periode dan harga Promo Combo sendiri. Konsumen pun bisa menemukan produkmu dengan lebih mudah lewat filter Promo Combo di pencarian Blibli.

Promo Voucher

Terakhir ada Promo Voucher Belanja, yang bisa meningkatkan minat konsumen untuk membeli lebih banyak produk di toko online-mu.

Keuntungan menggunakan Promo Voucher ini adalah konsumen bisa lebih mudah menemukan halaman produkmu lewat filter promo yang kamu pasang. Selain itu, periode, harga, besaran potongan, hingga kuota voucher ini bisa kamu atur sendiri.

Tingkatkan Kualitas dan Manfaat Produk

Selanjutnya kamu bisa konsisten untuk melakukan riset dan meningkatkan kualitas produk yang kamu jual. Misalnya dalam industry kosmetik, kamu harus paham apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan tren kecantikan yang berkembang di pasar.

Nah, kalau buat produk lewat maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan produk kosmetik berkualitas tinggi dengan mudah, lho!

Enggak perlu takut akan mutunya, karena kami memiliki tim RnD yang selalu melakukan penelitian guna mengembangkan kualitas dan memberikan banyak inovasi produk kosmetik.

Penasaran gimana cara bikin produk kosmetik bareng Mash Moshem Indonesia? Lanjut di sini!

Promosikan Toko Online-mu di Media Sosial

Last but not least, promosikan toko online-mu di media sosial. Yap! langkah ini bisa membantumu menjangkau lebih banyak konsumen potensial.

Kamu bisa memberikan promo menarik untuk pembelian pertama mereka. Dengan begitu, aka nada kemungkinan besar bagi calon konsumen baru ini melakukan pembelian produk.

Nah, itu adalah berbagai cara meningkatkan penjualan produk di Blibli untuk seller yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu sudah siap untuk memasarkan produkmu lewat e-commerce ini?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment