Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Tingkatkan Traffic Website
Banyak orang mengira bahwa artikel hanyalah sebuah bahan bacaan saja. Padahal, kalau dapat menerapkan cara menulis artikel SEO friendly dengan tepat. Konten Website ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis, termasuk branding dan penjualan produk. Enggak percaya?
Peranan konten artikel dalam pemasaran digital ini memang tak bisa perusahaan rasakan secara instan. Melainkan perlu beberapa rangkaian proses untuk dapat benar-benar membuahkan hasil, seperti penjualan produk.
Namun, tak bisa dipungkiri bahwa artikel yang dibuat dengan tepat bisa membawa pengaruh besar bagi bisnis. Sebab, artikel ini nantinya akan terindeks oleh Google dan menarik minat konsumen ketika melihatnya pada halaman utama.
Dengan kata lain, menulis artikel dengan topik yang baik belumlah cukup. Kamu juga dituntut artikel yang telah ditulis bisa ramah dengan mesin pencari (Search Engine). Dengan begitu, artikel yang sudah kamu upload di website bisa dibanjiri pengunjung dan lebih mudah jadi nomor satu di Google.
Penasaran bagaimana cara membuat artikel SEO friendly? Serta apa saja manfaatnya untuk bisnismu? Sikat baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya, Beautypreneurs!
Pentingnya Artikel Website untuk Bisnis
Walaupun hanya berupa laman web yang berisi informasi, ternyata artikel website memiliki peran penting dan juga bermanfaat untuk sebuah bisnis terutama sebagai salah satu bentuk platfrom bisnis pemasaran digital.
Dengan adanya artikel website, bisnis kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti yang pertama dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan (branding).
Di dalam dunia bisnis branding merupakan hal yang sangat penting. Karena tanpa adanya branding bisnis yang akan kamu jalankan akan sulit mendapatkan kepercayaan dan sulit dikenali oleh pelanggan.
Kehadiran website dapat membantu kamu untuk melakukan kegiatan branding. Dengan adanya website, kegiatan bisnis yang kamu jalankan bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu dan membuat bisnis kamu menjadi terlihat profesional.
Kemudian artikel website juga bisa menjadi sebagai media promosi kamu. Sebagai salah satu platform digital marketing, penggunaan website sangat berperan penting sebagai media promosi bisnis.
Selain itu artikel website juga dapat berperan penting sebagai sarana edukasi bisnis untuk calon pelanggan kamu yang tertarik dengan produk perusahaanmu.
Biasanya masih banyak pelanggan yang bingung mengenai manfaat dan cara penggunaan produk yang kamu jual, apakah produk tersebut bisa membantu masalah mereka atau tidak.
Di sini kamu bisa memanfaatkannya dengan cara membuat artikel website yang berisi penjelesan rincian produk. mulai dari manfaat sampai cara penggunaannya.
Akan tetapi perlu kamu ingat, disini tidak semua calon pelanggan kamu bisa mengetahui artikel-artikel website yang berkaitan dengan kebutuhan mereka. terdapat trik dan cara tersendiri agar artikel website kamu bisa muncul di halaman pertama Google.
Caranya yaitu dengan menulis artikel SEO Friendly, berikut ini adalah tips dan trik menulis artikel SEO yang bisa kamu pelajari dan praktikkan. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!
Cara Menulis Artikel SEO Friendly
Setidaknya terdapat dua puluh tips perihal bagaimana cara membuat artikel yang baik agar bisa mendapatkan posisi tertinggi di laman Google seperti berikut ini;
Lakukan Riset Kata Kunci
Menggunakan kata kunci yang tepat seperti kata volume pencariannya besar, sesuai dengan niche blog kamu dan persaingannya kecil merupakan langkah pertama agar artikel kamu bisa SEO Friendly.
Menggunakan kata kunci dengan volume pencarian besar akan menunjukkan bahwa kata kunci tersebut sudah banyak dicari oleh audiens. Hal ini akan berpotensi menarik banyak pembaca jika kamu menulisnya.
Pemilihan kata kunci yang kamu sesuaikan dengan niche blog bisa membantu konten kamu tetap relevan. Dengan ini artikel yang kamu tulis bisa sesuai dengan kebutuhan pengunjung blog kamu.
Contohnya seperti menggunakan kata kunci skincare terbaik, tips kecantikan dan lain sebagainya.
Kemudian kata kunci yang persaingannya kecil akan lebih memudahkan kamu untuk memenangkan posisi tertinggi di laman Google.
Kamu bis amelakukan kegiatan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan kata kunci yang tepat. Berikut ini terdapat beberapa tools riset kata kunci gratis yang dapat kamu pergunakan seperti KWFinder, Ubersuggest dan Google Trends.
Baca Juga: 13+ Rekomendasi Keyword Tools untuk Cari Kata Kunci Website Terbaik, Apa saja?
Pahami Intent Pengguna
Intent merupakan informasi yang sangat diinginkan calon pelanggan saat mengetikkan kata kunci tertentu di search engine Google.
Perlu sekali kamu perhatikan saat kamu menulis artikel SEO, karena search intent merupakan salah satu faktor penilaian SEO Google.
Hal ini dikarenakan intent yang tepat bisa menjawab kebutuhan pencari konten yang relevan dengan keyword yang di tulis.
Google akan menggap artikel yang telah kamu tulis pantas mendapatkan ranking tinggi jika pengunjung akan berlama-lama di artikel website milikmu.
Cara untuk memahami intent pengguna terbilang cukup mudah. Disini kamu hanya perlu melihat aritkel milik kompetitor kamu di hasil pencarian Google (SERP).
Ambil Sudut Pandang yang Unik
Sudut pandang yang berbeda tercipta dari sebuah kata kunci yang diungkan. Menerapkan langkah ini akan menjadi cukup efektif untuk membuat artikelmu menjadi lebih menonjol.
Akan tetapi, kamu perlu memastikannya dengan intent pengguna dulu ya!
Contohnya seperti ketika kamu menginginkan kata kunci “cara menghindari kulit kusam” jika kompetitor kamu memiliki artikel panduan cara menghindari kulit kusam, kamu bisa menulis tentang “Cara Membuat Kulit Menjadi Cerah Dan Tidak Kusam”.
Selain artikel yang kamu buat unik, pembaca akan menjadi lebih tertarik karena kemudahan yang ditawarkan.
Karena sudut pandang yang unik bisa memastikan artikel kamu bisa menjadi lebih original, dan pastinya hal ini akan lebih disukai oleh Google untuk memberimu rangking tertinggi di search engine.
Perhatikan Struktur Artikel
Jika kamu sudah menentukan sudut pandang, selanjutnya kamu harus menyusun struktur artikel yang baik. Hal ini bertujuan untuk memperlancar proses penulisan yang kamu lakukan, dengan cara memilih topik apa yang akan kamu sampaikan di artikel.
Kemudian, struktur artikel yang baik akan lebih memudahkan pengunjung website kamu untuk memahami artikel yang kamu tulis.
Pada umumnya, struktur artikel akan dibagi memnjadi 3 bagian seperti berikut.
- Pembuka (Prolog), yang menjelaskan latar belakan serta tujuan artikel,
- Isi yang berisi penjelasan topik utama secara rinci dan,
- Kesimpulan (Epilog) sebagai penutup yang berisi rangkuman.
Perhatikan Bagian Pembuka
Menulis bagian pembuka yang baik merupakan salah satu cara membuat artikel SEO Friendly seperti menjawab intent pemabaca serta memuat kata kunci.
Hal pertama dibagian pembuka yang tidak menjawab intent cenderung membuat pembaca akan meninggalkan artikel kamu.
Kemudian yang kedua penempatan kata kunci pada bagian pembuka dapat membantu Google merekomendasikan artikel kamu kepada pembaca yang sesuai.
Terdapat rumus AIDA yang bisa kamu gunakan untuk membuat bagian pembuka menjadi lebih menarik seperti Attention yang dapat memancing perhatian pembaca yang berisi kalimat pertanyaan, statistik atau candaan singkat, Interest yang dapat menarik minat para pembaca dengan cara menyinggung permasalahan yang sedang mereka hadapi, Desire yang menjelaskan kalau artikel kamu bisa jadi solusi untuk mereka dan Action yang mengajak para pembaca kamu untuk membaca artikelmu sampai selesai.
Gunakan Paragraf Singkat
Untuk membuat pembaca nyaman usahakan kamu membuat paragraf yang singkat di artikel kamu.
Seorang pembaca artikel online seringkali tidak membaca kata per kata, melainkan dengan cara scanning berpola huruf “F” (F-Shaped Pattern).
Setiap pembaca cenderung membaca secara lengkap hanya di bagian pembuka, kemudian mereka lebih sering melakukan scanning kalimat/kata yang menarik secara vertikal.
Hal ini berlangsung seterusnya sampai di akhir artikel. Nah dari sini kamu bisa menggunakan tiga kalimat di setiap paragraf untuk membuat pembaca menjadi lebih santai. Khususnya ketika memahami penjelasan dan mempermudah pembaca untuk menemukan kalimat/kata yang mereka butuhkan.
Gunakan Teknik Piramida Terbalik
Piramida terbalik merupakan sebuah teknik penulisan di mana kamu akan menaruh informasi paling penting pada bagian awal. Kemudian penulis akan melanjutkan dengan penjelasan yang lebih detail dan diakhiri dengan informasi tambahan.
Metode ini akan lebih membuat artikel kamu menjadi tidak bertele-tele, serta akan memudahkan para pembaca menjadi lebih mudah mendapatkan informasi yang diinginkan dengan waktu yang efisien.
Penggunaan teknik piramida terbalik dapat kamu gunakan pada penjelasan artikel secara keseluruhan, sub heading sampai sebuah paragraf.
Tulis Artikel yang Berfokus
Yang terpenting dari cara membuat artikel SEO Friendly adalah menentukan fokus pada penjelasan dan menentukan satu topik artikel.
Informasi yang disampaikan lebih runut pastinya akan memuat topik artikel yang jelas, diamana hal ini tidak membingungkan pembaca.
Contohnya seperti saat menyusun artikel “cara memasarkan produk baru”. Kamu haru bisa fokus pada panduan cara memasarkan produk baru.
Jika ingin membahas strategi pemasaran produk, kamu bisa menulis artikel yang berbeda. Hal ini untuk memudahkan kamu membahas lebih lengkap dan lebih mendalam.
Kemudian fokus pada satu topik tertentu juga akan membuat penggunaan kata kunci menjadi saling berhubungan.
Pada akhirnya web crawler Google bisa menjadi lebih mudah ketika akan memahami struktur artikel.
Sebar Kata Kunci Sewajarnya
Penggunaan kata kunci yang berlebihan (keyword stuffing) bisa menjadi salah satu faktor kesalahan pemula saat membuat artikel.
Keyword stuffing merupakan praktik spam yang jauh dari kata standar tata cara menulis artikel SEO Friendly.
Alasanya karena Google menganggap keyword stuffing digunakan sebagai spam. Dan ini tentunya dapat menurunkan kualitas artikel kamu kemudian membuat pembaca menjadi tidak nyaman.
Jika kamu tetap menggunakan keyword stuffing, hal ini akan menyebabkan ranking kamu menjadi turun serta berpeluang terhapus dari hasil pencarian.
Sangat disarankan untuk kamu menyebar kata kunci yang sewajarnya saja, yang sesuai dengan kebutuhan.
Pakai Kata Konjungsi
Kata konjungsi merupakan kata sambung yang menghubungkan antar kalimat serta paragraf. Penggunaan kata konjungsi ini untuk mempermudah pembaca ketika akan memahami hubungan antar ide yang terdapat di dalam artikel.
Berikut ini adalah contoh kata sambung yang dapat kamu gunakan;
- Jenis kata Sambung Pertentangan: sebaliknya, namun, tetapi, sedangkan
- Kata Sambung Pembetulan: hanya, melainkan
- Jenis kata Sambung Penegasan: Jangankan, malah, apalagi, bahkan, lagipula
- Kata Sambung Batasan: hanya, kecuali
- Jenis kata Sambung Urutan: Selanjutnya, lalu, kemudian
- Kata Sambung Persamaan: Ialah, bahwa, yaitu, adalah, yakni
- Jenis kata Sambaung Penyimpulan: Oleh sebab itu, jadi, karena itu
Sisipkan Internal Link dan External Link
Internal link merupakan link dari halam satu ke halaman lainnya yang terdapat di dalam satu website yang sama. Artikel SEO sangat memerlukan penggunaan internal link karena bisa bermanfaat untuk membantu Google saat memahami konteks artikel, serta mengindeks website kamu.
Kehadiran internal link akan sangat membantu pengunjung ketika ingin membaca topik di dalam artikel menjadi lebih jauh. Hal tersebut berpeluang membuat pengunjung menjadi lebih lama berada di dalam website kamu.
Kemudian external link merupakan link yang menautkannya dengan website lain. External link dapat membantu kamu menyisipkan sumber guna meyakinkan pembaca dan memperkuat penjelasan.
Contohnya seperti link hasil penelitian, kutipan, statistik dan referensi dari media lain.
Tambahkan Konten Visual
Konten visual seperti ilustrasi, gambar, bagan, infografis, meme hingga GIF merupakan cara pemuatan artikel SEO Friendly.
Perlu kita pahami, bahwa otak manusia lebih cepat memproses data visual 60 ribu kali lebih cepat daripada tulisan. Maka dari itu memasukan data dalam bentuk vsual di dalam artikel kamu akan sangat membantu pengunjung lebih mudah memahami isi artikel.
Kamu bisa memperolah konten visual dari penyedia gambar gratis untuk website seperti Unsplash dan Pixabay. Selain itu kamu juga bisa kok membuat konten visualmu sendri dengan cara menggunakan Canva.
Optimasi Gambar
Memang sangat penting menambahkan konten visual untuk menulis artikel SEO. Akan tetapi sebelum itu kamu perlu memperhatikan dahulu langkah optimasi.
Hal ini bertujuan untuk menghemat sumber daya penyimanan, kenyamanan pengunjung lebih terjaga dan website bisa menjadi lebih cepat.
Kemudian apa saja sih yang diperlukan untu mengoptimasi gambar di dalam artikel? Berikut ini adalah beberapa tipsnya seperti:
- Nama File: Kamu cukup memberikan nama file gambar yang tepat, singkat dan sesuai dengan kata kunci artikelmu.
- Alt Text: Kamu harus mendiskripsikan alt tect gambar dengan lengkap agar Google bisa membantumu untuk mengidentifikasi topik yang sudah kamu bahas.
- Format Gambar: Kamu harus memilih format gambar yang pas dan sesuai dengan jenis gambar di artikelmu seperti PNG untuk gambar penuh, JPEG untuk foto dan GIF untuk gambar bergerak.
- Kompres Gambar: Mengkompres gambar kamu untuk mengecilkan ukuran gambar dengan tidak menurunkan kualitasnya. Hal ini akan membuat gambar menjadi lebih cepat ketika ditampilkan.
Gunakan Heading dan Subheading
Heading merupakan judul dari sebuah artikel yang akan menjelaskan informasi tertentu. Menggunakan heading akan menjadi sangat penting saat menulis artikel SEO.
Alasanya karena setiap pembaca kan lebih mudah menemukan pokok dan garis besar bahasan artikel kamu. Terutama untuk mereka yang lebih sering melakukan scanning informasi di dalam artikel.
Kemudian Google lebih menyukai artikel jenis ini karena lebih terstruktur dengan baik. Jadi tidak heran kalau artikel yang sesuai inten pembaca dan memiliki struktur yang jelas bisa mendapatkan featured snippets.
Usahakan Panjang Artikel Optimal
Seorang pembuat artikel plugin SEO terbaik bernama Yoast menyarankan menggunakan minimal panjang artikel berisi 300 kata.
Hal tersebut untuk membantu Google memahami topik dari artikel yang telah kamu buat. Jadi paling tidak kamu bisa menulis artikel dengan rata-rata 1000-2500 kata.
Dengan menggunakan rata-rata diatas, kamu akan memiliki artikel yang ringkas dan bisa memberikan manfaat kepada pembaca karena penjelasannya yang lengkap.
Selain itu SEO Friendly lebih banyak memiliki heading, link dan gambar yang disisipi kata kunci. Hal ini akan berefek SEO artikel menjadi lebih baik.
Jika panjang artikel bisa optimal dan informasi yang diberikan relevan, akan sangat mungkin artikel kamu bisa menduduki peringkat teratas pencarian Google.
Perhatikan Komponen Teknis Blog
Tidak hanya berhenti pada kalimat dan paragraf, membuat artikel SEO Friendly juga harus memperhatikan komponen teknis blog.
Tujuannya adalah untuk membuat artikel kamu bisa menjadi lebih menarik, serta dapat bersaing di laman pencarian Google.
Berikut ini adalah komponen teknis blog seperti:
- Title Tag/SEO Title: adalah judul halaman yang akan muncul pada hasil pencarian Google. Selain itu untuk membuat SEO Friendly, usahakan title tag kamu bisa menggambarkan garis besar artikel dan mengandung satu kata kunci.
- Permalink: Permalink ini akan diambil dari judul artikel yang telah kamu buat.
- Meta Description: Adalah deskripsi singkat dari artikel yang telah kamu tulis di hasil pencarian Google.
Jika kamu memperhatikan betul komponen teknis blog, akan sangat membantu SEO kamu menjadi lebih baik. Hasilnya artikel yang telah kamu buat akan menjadi lebih cepat untuk naik ke rangking yang lebih tinggi di hasil pencarian Google.
Manfaatkan Plugin SEO
Plugin SEO akan memberikan saran dengan otomatis agar SEO di artikel yang kamu tulis bisa optimal.
Kamu harus memastikan telah menggunakn satu plugin untuk memudahkan dalam menulis artikel SEO yang baik dan tepat.
Pastikan Tak Ada Kesalahan Penulisan
Kamu harus memastikan sudah tidak ada lagi kesalahan penulisan di dalam artikelmu. Seperti typo, tanda baca dan tata bahasa yang tidak pas.
Jika hal ini terjadi akan menyebabkan penurun kualitas artikal dan membuat pengalaman pembaca menjadi rusak hanya karena kesalahan penulisan.
Seringlah melakukan pengecekan artikel dengan teliti sebelum menerbitkannya di website.
Konsisten Menerbitkan Artikel
Salah satu hal terpenting dalam cara menulis artikel SEO Friendly adalah bentuk konsisten saat menerbitkan artikel. Dengan ini kamu bisa memberikan manfaat lebih kepada pembaca artikelmu berupa informasi yang aktual.
Kemudian juga akan memberikan sinyal positif kepada Google bahwa blog kamu aktif dan konsisten. Dari sini Google tidak akan ragu lagi untuk merekomendasikan konten kamu di halaman pencarian Google lho!
Simak juga, 11 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Menjual dan Menarik, Cobain Yuk!
Jangan Lupa Promosikan Artikel
Bagian ini adalah bagian paling penting. Melakukan promois artikel akan membuat kamu mendapatkan pembaca dengan cepat dan bisa menjaring trafik yang cukup relevan. Hal ini juga akan membantumu memberikan sinyal positif kepada Google karen artikel kamu memang terbaca dan sangat dibutuhkan.
Nah, Beautypreneurs, setelah membaca ulasan soal cara menulis artikel friendly di atas, apakah kamu siap menerapkannya? Jangan lupa untuk bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!
Selain tips dan cara menulis artikel SEO friendly di atas, kamu bisa menemukan berbagai tips dan strategi digital marketing lainnya di laman Berita Terkini. See you!