13+ Rekomendasi Keyword Tools untuk Cari Kata Kunci Website Terbaik, Apa saja?

keyword tools terbaik

Kata kunci memiliki peranan penting dalam strategi pemasaran digital, karena berkaitan dengan visibilitas konten tersebut nantinya. Nah, saat melakukan riset, kamu tentu membutuhkan keyword tools terbaik agar bisa mendapatkan kata kunci yang tepat dan efektif untuk promosimu.

Pemilihan kata kunci yang tepat adalah langkah paling dasar untuk melakukan promosi digital. Kata kunci ini nantinya akan membuat konsumen atau target audience menemukan kontenmu dengan mudah di Internet, sosial media, hingga dalam pencarian e-commerce tertentu.

Karenanya keyword tools jadi software esesial yang harus kamu pelajari guna menemukan kata kunci potensial dan menjual untuk bisnis online-mu.

Selain itu, kata kunci ini pun bisa membantu meningakatkan potensi konten promosimu berada pada peringkat teratas pada mesin pencari.

Sayangnya, tak banyak pebisnis baru yang memahami manfaat menggunakan keyword tools ini untuk bisnis mereka.

Nah, supaya kamu tidak ketinggalan dan bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci pada konten promosimu. Simak 13 rekomendasi keyword tools terbaik dari yang gratis sampai berbayar berikut ini!

13+ Rekomendasi Keyword Tools Terbaik

Jika kamu memasarkan produkmu secara digital, baik di e-commerce, lewat Website, hingga berbagai jenis media sosial lain. Maka, memilih kata kunci yang tepat dan relevan adalah perkara yang tak bisa kamu remehkan.

Karenanya, simak 13+ rekomendasi keyword tools terbaik untuk riset kata kunci berikut ini, ya!

SEMRush

Rekomendasi keyword tools terbaik untuk riset kata kunci yang pertama adalah SEMRush. Alat riset keyword ini terbilang sangat popular di kalangan digital marketer, lho

Gimana enggak? SEMRush menyajikan berbagai fitur menarik dan sangat lengkap. Sehingga memudahkan penggunanya mendapatkan data-data real time yang mereka butuhkan.

Bahkan software ini menyajikan perbandingan keyword, tingkat kompetitif, juga kompetitor yang akan kamu hadapi nantinya ketika menggunakan keyword tertentu.

Fitur yang Ada dalam SEMRush

  1. Menganalisis tingkat kesulitan kata kunci dan menambah wawasan trafik organic
  2. Mendapatkan keyword trending yang up to date tiap tahunnya.
  3. Dapat memberikan data long tail maupun short tail keyword.
  4. Menyajikan tingkat kompetitif keyword yang akan kamu gunakan.
  5. Riset domain kompetitor.

Sayangnya, penggunaan SEMRush ini enggak gratis, kamu harus berlangganan agar bisa menggunakan semua fitur yang ada.

Tapi tenang, kalau kamu masih ingin coba-coba dulu, kamu bisa mulai masa percobaan 7 hari gratis. Dalam masa percobaan itu, kamu bisa belajar, memahami, juga menilai apakah SEMRush cocok dengan kebutuhanmu.

Ahrefs

Hampir sama populernya dengan SEMRuhs, Ahrefs jadi rekomendasi keyword tools terbaik kedua yang akan kita bahas.

Alat riset kata kunci ini memberikan laporan keyword yang luas dan merinci pada penggunanya. Sehingga, kamu dapat memilih keyword mana yang tepat dan potensial untuk kamu gunakan di media promosimu.

Fitur yang Ada pada Ahrefs

Ketika menggunakan Ahrefs, kamu bisa mendapatkan akses beberapa fitur berikut ini:

  1. Skor tingkat kesulitan kata kunci (keyword difficulty)
  2. Lebih dari 1000 rekomendasi kata kunci (keyword suggestion)
  3. Jumlah Klik metrik untuk membantu meningkatkan Click Through Rate (CTR)
  4. Data kompetitor dan tingkat kompetisi kata kunci

Karena fiturnya yang lengkap, Ahrefs pun mengharuskan penggunanya untuk berlangganan.

SECockpit

Rekomendasi keyword tools terbaik selanjutnya adalah SECockpit, yang terbilang cukup unik dan menarik untuk kamu coba.

Ini karena alat tersebut bisa memberimu data lengkap mengenai tren pencarian, kompetisi konten organic di area tertentu, juga perkiraan traffic yang akan kamu dapatkan.

Sehingga, banyak juga pengguna yang mengklaim kalau SECockpit ini memang khusus diciptakan untuk para SEO professional atau yang telah ahli dalam bidang ini.

Meski demikian, bukan berarti pemula enggak bisa mencobanya sama sekali. Justru karena informasinya yang rinci, pemula bisa mempertimbangkan keyword potensial yang akan mereka gunakan dengan lebih mudah.

SpyFu

Selanjutnya ada SpyFu, yang masuk dalam rekomendasi keyword tools terbaik kita selanjutnya. Karena selain membantu dalam riset kata kunci, alat ini pun mendukung kegiatan riset strategi SEO dari kompetitor bisnismu.

Pengguaaan alat riset kata kunci ini bisa membantumu mendapatkan keyword yang tepat. Sehingga dapat menjangkau target audience yang kamu inginkan, dan lewat konten yang berkualitas kamu bisa mendorong audience tersebut untuk melakukan transaksi.

Selain itu, SpyFu juga dapat menampilkan data ranking kata kunci yang kamu pilih, serta bagaimana perubahannya dari waktu ke waktu.

Namun, sama dengan Ahrefs dan SEMRush, untuk menggunakan fitur SpyFu secara lengkap kamu perlu berlangganan dan melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Moz Keyword Explorer

Meski sempat tersaingi oleh Ahrefs dan SEMRush, Moz adalah keyword tools yang cukup popular bagi orang yang telah lama menggeluti dunia SEO.

Alat riset keyword ini memberikan data kata kunci yang cukup unik dan beragam, sehingga ada banyak kemungkinan untukmu menyaingi konten promosi kompetitor.

Lantas seperti apa keyword unik ini? Well, keyword unik ini adalah kata kunci yang jarang digunakan tapi sangat potensial untuk diolah menjadi konten berkualitas.

Selain itu, melalui Moz, kamu juga mendapatkan berbagai pilihan dan rekomendasi keyword. Kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan pembuatan konten, misalnya apakah ingin menarik pembelian, hanya mengarahkan pembaca pada konten tertentu, atau ingin meningkatkan visibilitas Website.

Menariknya, Moz menawarkan masa percobaan yang cukup panjang, yakni selama satu bulan lamanya. Dalam periode gratis tersebut, kamu juga dapat mengakses 10 query gratis, lho.

Namun setelah masa trial berakhir, kamu harus berlangganan untuk mendapatkan akses fitur lengkap Moz Keyword Explorer.

Fitur dalam Moz Keyword Explorer

  1. Beragam rekomendasi kata kunci potensial (keyword suggestion)
  2. Adanya Click Trough Rate (CTR) dan skor prioritas
  3. Sistem demogradi untuk mengecek popularitas keyword pada wilayah tertentu.

Majestic

Bagi orang yang baru mulai memasarkan bisnisnya secara online, Majestic bisa jadi rekomendasi keyword tools yang tepat untukmu.

Mengingat alat riset kata kunci ini cocok untuk mengembangkan website atau blog bisnis yang masih baru. Apalagi jika usahamu belum memiliki anggaran promosi digital yang besar dan tidak memungkinkan membayar SEO tools.

Ini karena, Majestic menawarkan tiga layanan gratis untuk penggunanya, yang bahkan bisa kamu akses pada awal pendaftaran akun.

Namun, untuk menggunakan semua fitur yang ada secara maksimal, kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

Fitur dalam Majestic

  1. Satu toolkit untuk semua fitur SEO sekaligus.
  2. Menemukan frasa atau kata kunci yang mudah untuk kamu targetkan.
  3. Melakukan riset pada tiap kompetitor dan tingkat persaingan kata kunci.

Keywordtool.io

Rekomendasi keyword tools selanjutnya adalah Keywordtool.io, yang juga cukup popular. Sebab kamu bisa menggunakan alat kata kunci ini dengan mudah dan gratis.

Iya, GRATIS!

Selain itu, keywordtool.io juga memberikan rekomendasi kata kunci pada semua platform. Baik untuk Website, Instagram, YouTube, dan banyak lainnya.

Data yang diberikan pun diurutkan dari prosentase penggunaan kata kunci dan tingkat kompetisinya. Kamu bahkan bisa mendapatkan data long tail dan short tail keyword.

Sama halnya dengan jenis keyword tool yang kita sebutkan sebelumnya, alat ini pun punya fitur khusus untuk riset Website kompetitor, lho.

4 Tools Khusus dari Google

Selain berbagai alat riset kata kunci yang kita bahas di atas, kamu juga bisa menggunakan tools khusus dari Google. Yap! Google memberikan banyak alat riset dan analisis yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari kata kunci terbaik bagi website dan toko online-mu.

Beberapa tools Google yang bisa kamu gunakan untuk riset kata kunci antara lain:

Mesin pencarian Google bisa jadi keyword tools mungkin kerap diremehkan. Padahal lewat alat ini, kamu bisa memperoleh kata kunci utama dan turunan yang bisa kamu gunakan sebagai konten promosi.

Dengan memasukkan kata kunci atau topik yang kamu inginkan di kolom pencarian, maka secara otomatis mesin akan merekomendasikan berbagai kata kunci yang relevan dengan topik tersebut.

Rekomendasi kata kunci ini didapat dari history pencarian yang dilakukan oleh pengguna Google di seluruh wilayah. Serta disesuaikan dengan jumlah pencarian yang paling besar dan relevan dengan topik yang kamu masukkan.

Google Keyword Planner

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan Google Keyword Planner. Alat ini tergabung dalam fitur Google Ads yang berguna untuk melakukan perencanaan dan riset kata kunci kampanye di sistem Google.

Karenanya, penggunaan alat riset kata kunci ini akan terasa kian optimal ketika kamu memang berniat untuk memasang iklan pada laman pencarian Google.

Ketika menggunakan Google Keyword Planner ini, kamu bisa mengetahui berbagai hal, seperti:

  1. Jumlah pencarian kata kunci yang kamu targetkan.
  2. Tingkat kompetisi kata kunci dan persaingan dalam beriklan.
  3. Akumulasi biaya yang kamu keluarkan untuk beriklan pada kata kunci tersebut.
  4. Memungkinkan pencarian kata kunci baru dan melakukan prediksi melalui volume penggunaannya.

Google Search Console

Alat lain yang bisa kamu gunakan untuk riset kata kunci adalah Google Search Console, yang bisa meningkatkan peforma Website dan melakukan SEO.

Selain itu, dalam rekomendasi keyword tools terbaik ini, kamu dapat mengakses beberapa informasi berikut:

  1. Peringkat website dan keyword tertentu dari blog/website-mu.
  2. Jumlah penayangan dan CTR pada keyword tertentu.
  3. Konten terpopuler dari Website-mu.
  4. Kata kunci yang terindeks dan potensial untuk kamu kembangkan.

Riset keyword selanjutnya bisa kamu lakukan lewat Google Trends, yang sebenarnya kerap digunakan untuk memantau topik popular di mesin pencari.

Meski begitu, kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk beberapa keperluan berikut ini:

  1. Melihat jumlah atau volume kata kunci tertentu.
  2. Mendapat informasi mengenai topik dan kata kunci trending di mesin pencari Google.
  3. Mencari kata kunci spesifik pada demografi atau wilayah tertentu.
  4. Perkembangan kata kunci dari tahun ke tahun, serta memprediksi tren di masa mendatang.
  5. Topik turunan terkait kata kunci yang kamu targetkan.

KWFinder

Rekomendasi keyword tools selanjutnya ada KWFinder, yang bisa kamu gunakan untuk riset dan menemukan kata kunci dengan tingkat kompetisi rendah dengan mudah.

Selain itu, akses software ini cukup mudah untuk kamu gunakan. Karenanya cocok banget untuk kamu yang baru mulai belajar atau memahami dunia per-keyword-an.

Selain untuk menemukan kata kunci, kamu juga bisa mendapatkan data statistic cukup akurat tentang kompetisi kata kunci, overview mendalam seputar SERP, juga rekomendasi kata kunci terbaik untukmu.

GrowthBar

Selanjutnya ada GrowthBar, yang juga jadi rekomendasi kata kunci tools untuk kamu coba. Dalam alat ini, kamu bisa mengakses keyword suggestion dan tingkat kompetisinya.

Selain itu, kamu bisa melakukan riset kompetitor baik dari data backlink, kata kunci organic, informasi Google Ads dan Facebook Ads yang mereka gunakan, juga beragam insight menarik lainnya.

Selain itu, ada fitur unik tools ini juga yang bisa membantumu menyusun struktur konten, yakni fitur Outline Generation.

Nah, itu adalah berbagai rekomendasi keyword tools terbaik yang dapat kamu coba gunakan. Terlebih, keyword ini bisa kamu gunakan dalam tiap digital marketing campaign brand atau bisnis kosmetikmu.

Mulai dari pengguanaan kata kunci pada e-commerce, Website, Instagram dan Facebook, bahkan YouTube. Kata kunci yang tepat akan mengarahkan audience potensial untuk menemukan produk jualanmu dengan lebih mudah.

Selain rekomendasi keyword tool ini, kamu bisa juga cari tahu berbagai tips pemasaran digital dan tools lainnya dalam laman Berita Terkini, atau ikuti YouTube Official Mash Moshem Indonesia.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment