4 Cara Riset Keyword YouTube agar Video Promosi Viral!

Apakah kamu seorang YouTuber pemula dan masih sering merasa kebingungan cara riset keyword YouTube dengan benar agar banyak viewer dan subscriber? Keyword menjadi elemen utama yang perlu diperhatikan dalam membuat konten, tak terkecuali Youtube.
Tujuannya adalah agar konten yang dibuat berhasil sampai kepada target audiens yang telah ditentukan. Dengan begitu, viewer dan subscriber akan semakin meningkat karena konten video banyak yang nonton. Dalam hal ini, YouTube menjadi salah satu platform yang sangat bermanfaat bagi semua orang, terutama bagi pebisnis.
Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan YouTube untuk mengenalkan brand kepada target konsumen, sehingga membantu meningkatkan penjualan produk. Jadi, YouTube menjadi salah satu pilihan yang tepat sebagai platform marketing bagi pebisnis.
Nah, buat kamu yang tertarik untuk menggunakan platform ini dan masih bingung bagaimana cara riset keyword YouTube, tidak perlu khawatir lagi. Sebab, kami akan memberikan informasinya secara lengkap buat kamu pada artikel di bawah ini. Yuk, simak pembahasannya, ya!
Apa itu Riset Keyword YouTube?
Riset keyword YouTube merupakan aktivitas atau cara yang sering digunakan orang untuk mencari kata kunci yang sering dicari oleh user (pengguna) YouTube. Dengan melakukan riset kata kunci, kamu bisa mengetahui topik apa saja yang sedang booming atau trending.
Proses tersebut dapat membantu video muncul di hasil pencarian dan urutan pertama pada mesin pencarian YouTube. Tentu saja dengan menjadi pilihan di halaman pertama akan mendapatkan penonton yang lebih banyak. Sebab, orang akan cenderung untuk memilih konten pada halaman pertama daripada halaman-halaman selanjutnya.
Untuk melakukan riset keyword YouTube, biasanya dilakukan menggunakan beberapa tools tertentu, seperti YouTube Keyword Tool Ahrefs, VidiQ, Keywordtool.id, dan lainnya. Tools ini akan membantu kamu untuk menentukan keyword dengan search volume tinggi serta relevan dengan konten video yang akan dibuat.


Pentingnya Melakukan Riset Keyword untuk YouTube
Seberapa penting sih melakukan riset keyword YouTube? Jawabannya adalah sangat penting. Melakukan riset kata kunci ini akan membantu kamu untuk mengetahui topic apa saja yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini.
Selain itu, ternyata ada poin penting lain yang akan kamu dapatkan ketika melakukan riset keyword di YouTube. Berikut daftarnya:
Mendapatkan Lebih Banyak Viewers
Salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika melakukan riset kata kunci adalah konten video akan berpotensi mendapatkan banyak viewers. Sama halnya dengan Google, YouTube juga mempunyai rangking untuk hasil pencariannya.
Algoritma YouTube akan memilih video atau konten tertentu untuk dimasukkan ke halaman pertama. Jika kamu menggunakan kata kunci yang tepat, YouTube akan memunculkan videomu pada urutan pertama. Kamu bisa menuliskan kata kunci tersebut di judul maupun deskripsi.
Dengan begitu, YouTube akan dengan mudah membaca keyword tersebut. Jika kamu menggunakan keyword yang tepat dan sedang trending, maka video akan berpotensi untuk berada di rangking teratas, sehingga potensi dilihat banyak orang pun semakin tinggi.
Mengetahui Video Populer untuk Target Audiens
Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan melakukan riset keyword YouTube, kamu akan mengetahui video apa saja yang banyak dicari target audience. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten video sesuai dengan kebutuhan audiens, sehingga akan meningkatkan jumlah viewers.
Hal ini sangat bermanfaat bagi pebisnis karena bisa mengetahui konten yang dibutuhkan oleh target audiens mereka. Selain meningkatkan jumlah penayangan, keyword yang tepat juga membantu mengenalkan brand bisnis kamu kepada target audiens bisnis. Dengan begitu, dapat meningkatkan brand awareness.
Memudahkan Target Audiens Menemukan Video
Alasan selanjutnya kenapa riset keyword YouTube penting adalah memudahkan konsumen untuk menemukan konten video yang kamu buat. Menurut beberapa survey, setiap menitnya ada sekitar 500 jam video yang diunggah di YouTube.
Misalnya satu konten berdurasi 10 menit, maka akan ada 3000 konten yang diunggah untuk setiap menitnya. Cukup banyak sekali, bukan? Oleh karena itu, persaingan akan semakin ketat antara YouTuber satu dengan yang lainnya.
Dengan melakukan riset keyword YouTube yang tepat, maka akan membuat persaingan lebih kecil, sehingga peluang untuk mendapatkan klik dan tayangan juga semakin besar.


Cara Riset Keyword YouTube Channel
Setelah kamu mengetahui berbagai pentingnya riset keyword di atas, maka saatnya untuk memahami bagaimana cara riset keyword YouTube. Cara atau langkah-langkah ini sangat penting untuk meningkatkan jumlah viewer konten YouTube.
Nah, berikut ini beberapa cara riset keyword YouTube yang perlu kamu ketahui, terutama bagi para pebisnis. Yuk, simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini, ya!
Menggunakan Fitur Autocomplete YouTube
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur autocomplete YouTube atau suggestion. Fitur ini dirancang untuk menampilkan daftar pencarian populer yang langsung berkaitan dengan apa yang kamu tuliskan di kolom pencarian YouTube.
Dengan kata lain, kamu hanya perlu memasukkan kata kunci pada kolom pencarian YouTube. Setelah memasukkannya, maka otomatis YouTube akan memberikan saran atau rekomendasi keyword apa yang sedang kamu cari.
Misalnya kamu sedang memasukkan kata kunci ‘tutorial make up’. Nah, saat kamu memasukkan kata kunci tersebut, secara otomatis YouTube akan memberikan kata kunci yang sama. Seperti ‘tutorial make up natural’, ‘tutorial make up ala Korea’ dan masih banyak lainnya.
Rekomendasi keyword tersebut bisa kamu jadikan acuan atau ide untuk membuat konten. Sebab, suggestion itu dibuat oleh YouTube berdasarkan apa yang sering dicari oleh user atau pengguna.
Analisis Video Kompetitor
Perlu kamu ketahui, bahwa melakukan analisis video kompetitor menjadi salah satu cara riset keyword YouTube yang bisa dilakukan. Melalui cara ini, kamu bisa mendapatkan berbagai macam ide keyword maupun topik untuk konten.
Lantas bagaimana cara melihat video kompetitor yang paling popular? Cukup mudah. Kamu cukup mengunjungi profil dari kompetitor. Kemudian, pilih “Sort By” dan klik “Most Popular”. Secara otomatis, YouTube akan menampilkan video kompetitor mulai dari yang paling popular.
Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi kamu. Sebab kamu bisa ‘mencuri’ ide konten atau strategi pemasaran dari kompetitor tersebut. Namun, pastikan kamu melakukan modifikasi video konten agar tidak terkena plagiat.
Analisis Tag Video Kompetitor
Apabila sebelumnya, kamu diminta untuk menganalisis video kompetitor, maka cara riset keyword YouTube selanjutnya adalah analisis dan optimasi terkait judul, deskripsi, dan tag videonya.
Kamu bisa menganalisis ketiga aspek tersebut untuk mendapatkan ide keyword atau topik yang kompetitor gunakan. Pahami bagaimana mereka menuliskan judul, deskripsi, serta tag apa saja yang digunakan.
Memanfaatkan Aplikasi Riset Keyword YouTube
Tidak hanya melakukan riset keyword pada platform YouTube saja, melainkan kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Nah, berikut ini beberapa tools atau aplikasi yang bisa kamu gunakan:
KeywordTool.io
Aplikasi atau platform pertama yang bisa kamu gunakan untuk riset keyword YouTube adalah KeywordTool.io. Platform ini membantu untuk menampilkan keyword paling populer hingga satu tahun terakhir. Bahkan, tidak hanya riset keyword YouTube saja, melainkan juga bisa untuk Google, Bing, Amazon, dan Instagram.
Tidak hanya ide yang akan kamu dapatkan dari aplikasi ini, melainkan juga informasi trend, CPC, volume hingga persaingan keyword tersebut. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini versi gratis.
Selain gratis, KeywordTool.io juga ada yang berbayar. Perbedaannya jika kamu menggunakan yang gratis tidak bisa mengakses informasi terkait volume, persaingan hingga CPC. Namun, jika kamu menggunakan yang berbayar, secara otomatis kamu akan mendapatkan semua informasi tersebut.
WordTracker
Sebenarnya aplikasi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan KeywordTool.io. Penggunaannya pun cukup mirip. WordTracker juga bisa menyajikan informasi volume, trend, CPC hingga persaingan keyword tersebut.
Namun berbeda dengan KeywordTool.io yang hanya menyediakan informasi tersebut ketika berbayar saja, WordTracker bisa menyediakannya secara gratis. Namun, hanya berlaku untuk 10 kali riset keyword saja, selebihnya kamu harus melakukan pembayaran.
Google Trends
Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Google Trends. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada dasarnya pencarian keyword pada YouTube ini sama saja dengan mencari keyword pada Google ataupun mesin pencarian lainnya.
Jadi kamu juga bisa menggunakan Google Trends untuk mencari kata kunci populer untuk YouTube. Kamu juga bisa melihat perbandingan keyword tersebut dalam kurun waktu tertentu, yakni 1 tahun, 9 bulan, 6 bulan, atau 3 bulan terakhir.
Baca juga “Ide Bisnis Kosmetik yang Menguntungkan untuk Pemula“
Cara Memasarkan Produk Kosmetik dengan Youtube
Nah, melalui pembahasan di atas, pasti kamu sudah paham mengenai cara riset keyword YouTube, bukan? Jika sudah, maka selanjutnya silakan untuk mengimplementasikan pengetahuan tersebut untuk bisnis kamu sendiri.
Apabila kamu mempunyai bisnis di bidang kosmetik dan penasaran cara memasarkan produk melalui YouTube, berikut ini kami berikan pembahasannya:
Buat Konten Promosi yang Menarik
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat konten promosi yang mampu menarik perhatian konsumen. Pastikan konten promosi yang kamu buat itu unik dan kreatif, sehingga banyak user yang tertarik untuk melihatnya. Dengan begitu, jumlah tayangan untuk konten promosi produk kosmetik kamu semakin meningkat.
Cara ini dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu, sehingga memudahkan user untuk mengenal produk maupun merek bisnis yang sedang kamu bangun.
Kolaborasi dengan Channel Lain
Perlu kamu ketahui, bahwa salah satu cara yang paling ampuh agar produk kosmetik mudah dikenal oleh konsumen adalah melakukan kolaborasi dengan channel YouTube lain yang mempunyai subscriber dan penonton lebih banyak.
Dengan melakukan kolaborasi tersebut, dapat membuat produk kamu semakin dikenal oleh banyak orang. Namun, pastikan kamu memilih channel YouTube lain yang mempunyai prospek bagus kedepannya.
Promosi Ads
Untuk mendapatkan jangkauan lebih banyak, cara memasarkan produk kosmetik yang bisa kamu lakukan adalah dengan promosi menggunakan ads atau iklan di YouTube. Melalui promosi ads ini, kamu bisa menargetkan kata kunci dan demografi yang spesifik sesuai dengan target audiens bisnis.
Namun, cara ini memerlukan biaya yang cukup besar dan tidak bisa instan. Jadi, kamu harus bersabar untuk menunggu agar produk kosmetik yang sedang dipasarkan bisa sampai pada target konsumen.


Peluang Bisnis Kosmetik Brand Sendiri dan Cara Memulainya
Nah, melalui pembahasan di atas, tentu kamu sudah memahami bagaimana cara riset keyword YouTube untuk bisnis, bukan? Bahkan, kami juga sudah memberikan informasi cara untuk memasarkan produk bisnis kamu di bidang kosmetik.
Mengapa kosmetik? Ya, karena permintaan pasar produk kosmetik semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan, industri kosmetik di Indonesia diramalkan akan mengalami pertumbuhan rata-rata 5,35% per tahun dalam kurun waktu 2024-2028. Tentu, ini menjadi peluang yang sangat besar, bukan?
Lantas, bagaimana cara membangun bisnis kosmetik untuk brand sendiri? Penasaran dengan caranya? Berikut kami berikan langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan:
Tentukan Konsep Bisnis
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan konsep bisnis. Konsep bisnis berarti ide konkret yang digunakan untuk mewujudkan tujuan usaha. Adapun beberapa komponen dalam konsep bisnis adalah ide usaha, strategi, sumber daya, dan lain sebagainya.
Kenali Target Pasar Bisnis
Langkah kedua yang perlu kamu lakukan untuk membangun brand kosmetik adalah mengenali target pasar. Apakah produk kosmetik yang akan kamu buat ditunjukkan untuk pria atau wanita dewasa? Atau mungkin remaja perempuan?
Jadi, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu melalui internet atau survei langsung ke lapangan. Proses riset ini melibatkan analisis kebutuhan masyarakat, perilaku konsumen, hingga apa saja kelemahan dan kelebihan kompetitor.
Merencanakan Anggaran
Selanjutnya, cara membangun bisnis brand sendiri adalah dengan merencanakan anggaran. Anggaran ini meliputi beberapa modal, seperti biaya produksi, bahan baku, tenaga kerja, dan lain sebagainya.
Anggaran ini sangat penting demi keberlangsungan bisnis kamu. Sebab, semua proses aktivitas dalam sebuah bisnis membutuhkan anggaran. Jadi, pastikan kamu sudah melakukan perencanaan dengan tepat.
Menentukan Formula Produk
Hal yang tidak boleh dilewatkan saat ingin membangun bisnis kosmetik adalah menentukan formula produk sesuai dengan konsep dan target pasar yang telah ditentukan. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan kolaborasi dengan jasa maklon Mash Moshem Indonesia untuk berdiskusi terkait formula yang tepat untuk membuat produk sesuai kebutuhan konsumen.
Memastikan Legalitas Produk
Setelah semua aspek di atas sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa semua produk sudah mempunyai legalitas resmi atau izin edar dari BPOM. Legalitas ini menandakan bahwa produk kosmetik aman digunakan dan menjadi salah satu parameter konsumen.
Tidak perlu khawatir, apabila kamu bekerja sama dengan Mash Moshem Indonesia, kami akan membantu untuk mendaftarkan produk tersebut agar memenuhi izin edar dari BPOM dan mendapatkan sertifikasi halal.
Melakukan Pemasaran Produk
Langkah terakhir adalah melakukan pemasaran produk melalui strategi yang tepat. Mulai dari pemasaran lewat media sosial, marketplace, website, hingga influencer sekaligus. Tujuannya adalah agar produk kosmetik kamu mudah dikenal oleh target audiens.
Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri Bersama Mash Moshem Indonesia!
Membangun bisnis di era sekarang menjadi salah satu langkah yang tepat, terutama produk kosmetik. Pasalnya, permintaan pasar dan daya beli produk kosmetik semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga akan menjadi peluang besar buat kamu.
Namun, kamu masih bingung harus mulai dari mana untuk membangun bisnis kosmetik? Jika iya, tidak perlu khawatir lagi karena kamu hanya perlu melakukan kolaborasi bersama jasa pembuatan kosmetik di Mash Moshem Indonesia.
Mengapa harus Mash Moshem Indonesia? Ya, karena kami sudah berdiri sejak 2011 dan berhasil membantu lebih dari 1.731 brand serta 6.436 produk sudah terdaftar di BPOM.
Perusahaan kami akan membantu kamu untuk membangun bisnis kosmetik dengan sukses. Mulai dari diskusi konsep, pemilihan formula dan bahan baku, pembuatan sampel, desain kemasan, mendaftarkan legalitas BPOM dan sertifikasi halal, hingga proses pemasaran yang tepat.
Terkait kualitasnya, kamu juga tidak perlu khawatir lagi karena Mash Moshem Indonesia sudah mempunyai dukungan tim ahli dan fasilitas produksi berstandar Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Hal ini membuat kualitas dan keamanan produk sudah pasti terjamin.
Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan jasa maklon kami? Jika iya, langsung saja hubungi kami di bawah ini, ya!

