Manfaat Citric Acid dalam Skincare dan Cara Aman Menggunakannya

manfaat citric acid

Penggunaan asam alfa-hidroksi dalam dunia perawatan kulit menjadi begitu populer belakangan ini. Dimulai sejak adanya pengaruh K-beauty ingredients dan terus berkembang sepanjang waktu, AHA menjadi bahan yang sangat banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

AHA merupakan kelompok bahan aktif yang memiliki sifat eksfoliatif, mencerahkan kulit, hingga membantu mendorong produksi kolagen dalam kulit.

Karena disebut kelompok, maka jenis AHA pun sangat beragam. Salah satunya adalah citric acid atau yang juga dikenal dnegan asam sitrat.

Bagi para pecinta kosmetik pasti udah enggak asing dong, dengan jenis bahan satu ini? Well, apalagi banyak ahli kecantikan yang juga mengatakan bahwa citric acid memang sangat layak digunakan ke dalam rangkaian perawatan kulit harian.

Well, lantas apa sih manfaat citric acid untuk kecantikan kulit, sampai-sampai bahan ini sangat disukai? Yuk, cek berbagai faktanya di bawah ini!

Apa itu Citric Acid?

Citric acid atau asam sitrat adalah sejenis asam alfa hidroksi (AHA), yang diekstraksi dari buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti, jeruk, lemon, jeruk nipis, jeruk limau, dan buah anggur, serta berbagai jenis buah berry.

Bahan-bahan ini  juga merupakan bahan yang sangat umum, berlimpah tidak hanya di banyak jenis perawatan kulit tetapi juga hal-hal seperti makanan dan pembersih rumah tangga. Dan bahkan tak sedikit juga yang menggunakan sebagai pengawet dan tambahannya.

Citric acid bisa digunakan dalam berbagai jenis produk skincare, termasuk toner wajah, essence, serum wajah, krim wajah, dan masih banyak lainnya.

Kandungan ini diklaim bisa memberikan banyak manfaat untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Termasuk mengatasi masalah kusam, mengangakt sel kulit mati, dan banyak lainnya.

Berbagai Manfaat Citric Acid untuk Kecantikan Kulit

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, citric acid termasuk ke dalam kelompok AHA. Karena itu sifat dan manfaat yang ada dalam kandungan ini pun hampir sama dengan berbagai jenis kandungan AHA lain.

Nah, kira-kira apa saja manfaat citric acid untuk kecantikan kulit wajah? Scroll terus untuk tahu jawabannya!

Bertindak sebagai Chemical Exfoliant

Semua jenis asam alfa-hidroksi, termasuk citric acid dapat bertindak sebagai chemical exfoliant. Dengan kata lain salah satu manfaat citric acid untuk kecantikan kulit adalah membuat sel-sel kulit mati terangkat dari permukaan kulit kamu.

Citric acid mendorong pergantian sel dan membantu sel-sel mati ini mengelupas, ini membantu membuka pori-pori, meratakan warna kulit, dan memperbaiki tekstur kulit wajah kamu secara keseluruhan.

Namun, perlu dicatat bahwa yang paling membedakan asam sitrat dari AHA lainnya adalah ukuran molekulnya. Sebab, ukuran dari asam sitrat cenderung lebih besar daripada asam glikolat.

Sekilas info nih, asam glikolat merupakan jenis AHA yang memiliki ukuran paling kecil, namun memiliki ukuran sedikit lebih besar dari asam laktat, asam piruvat, dan asam tartarat.

Itu berarti kulit lebih sulit menyerap asam sitrat, yang berarti lebih lemah dan kurang kuat. Tetapi hasilnya adalah mungkin lebih mudah bagi seseorang untuk mentolerir asam sitrat daripada asam glikolat.

Memiliki Sifat Astringent

Orang dengan kondisi kulit berminyak cenderung lebih mudah mengalami masalah jerawat, komedo, dan infeksi jamur. Karena sebum yang berlebihan cenderung menyumbat pori-pori, membuat kotoran dari polusi dan make up terperangkap di atas kulit.

Nah, kalau kamu memiliki jenis kulit satu ini, asam sitrat bisa menjadi salah satu bahan yang membantu. Well, manfaat citric acid untuk kecantikan kulit ini didapat dari sifat astringent yang dimilikinya.

Asam sitrat adalah zat alami, membantu mengeringkan minyak berlebih dan membuat kulit terasa nyaman dan bersih.

Mengandung Senyawa Antioksidan yang Tinggi

Tahukah kamu, dibandingkan dengan jenis asam yang lain, citric acid terbilang cukup unik. Karena, jenis AHA satu ini memiliki sifat antioksidan yang cukup tinggi.

Seperti yang kamu ketahui, polusi, paparan sinar matahari, dan zat-zat kimiawi yang tertinggal di kulit bisa memicu molekul radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini memiliki dampak yang buruk pada sel kulit, membuatnya lebih cepat menua, menghambat regenerasi dan metabolismenya, juga memicu adanya kanker kulit.

Nah, untuk itu, akmu memerlukan perawatan kecantikan yang mengandung senyawa antioksidan. Misalnya, antioksidan seperti asam sitrat dapat membantu memerangi beberapa stres oksidatif itu untuk membuat kulit tampak lebih cerah.

Membantu Menjaga pH Kulit Wajah

Salah satu manfaat citric acid untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu menjaga keseimbangan kulit wajah kamu secara alami. Dilansir dari Byrdie, pH alami dari asam sitrat bisa membantu menjaga keseimbangan pH di kulit wajah kamu.

Menjaga pH kulit merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan dan perhatikan. Karena dengan begitu kamu dapat menjaga fungsi normal kulit, serta membuat kulit lebih mudah menerima kandungan dalam produk skincare yang digunakan.

Tak hanya itu, pH kulit yang seimbang pun akan membuat skin barrier tetap sehat. Akhirnya, perlindungan kulit akan berjalan lebih optimal dan kesehatan wajah akan kian terjamin.

Adakah Efek Samping Asam Sitrat terhadap Kesehatan Kulit?

Meski asam sitrat dikatakan memiliki sifat yang lebih lembut dan ringan dibandingkan jenis AHA lainnya, sifat asam dalam kandungan ini masih memiliki potensi iritasi jika digunakan pada orang dengan jenis kulit tertentu.

Misalnya, ketika kamu memiliki kulit hypersensitive, tentu kamu perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Untuk melihat bagaimana reaksi kulit terhadap kandungan satu ini.

Selain itu orang dengan kondisi kulit yang sedang mengalami luka peradangan, seperti rosacea atau jerawat yang cukup parah, disarankan untuk lebih berhati-hati.

Asam sitrat juga akan membuat kulit kamu lebih rentan terhadap sinar matahari, jadi sangat penting untuk menjadi ekstra di atas permainan SPF harian setiap kali kamu menggunakan produk skincare berkandungan citric acid.

Cara Menggunakan Skincare Berkandungan Citric Acid dengan Aman

manfaat citric acid dalam skincare

Nah, karena masih memiliki risiko menimbulkan iritasi, penggunaan citric acid untuk kecantikan kulit pun harus lebih diperhatikan.

Berikut beberapa cara menggunakan skincare berkandungan citric acid dengan aman untuk mencegah terjadinya iritasi. Simak baik-baik, ya, Guys!

Lakukan Patch Test Terlebih Dahulu

Sekali lagi, seperti halnya dengan banyak asam lainnya, para ahli mengungkapkan bahwa yang terbaik adalah dengan melakukan patch test atau uji tempel terlebih dahulu.

Yang dimaksud uji tempel ini adalah dengan mengoleskan sedikit dari produk yang akan dibeli ke kulit lain, misalnya pada belakang siku atau pergelangan tangan.

Patch test ini penting untuk mengetahui bagaimana reaksi kulit terhadap kandungan citric acid. Kalau sampai beberapa waktu tak ada reaksi negative yang muncul, maka kamu boleh menggunakannya sebagai perawatan wajah harian.

Perhatikan Petunjuk Penggunaan Produk

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan petunjuk penggunaan produk yang telah ada dalam kemasan. Mengapa ini penting dilakukan?

Well, setiap produk mungkin memiliki bahan-bahan yang hampir sama, namun takarannya pun pasti berbeda-beda. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan betul petunjuk yang ditulis dalam kemasan produk tersebut.

Karena, pasti produsen tahu betul berapa takaran, kombinasi apa saja yang digunakan selain kandungan citric acid dalam produk tersebut.

Hindari Kombinasi AHA/BHA kalau Kulitmu Sensitif

Asam sitrat sering dipasangkan dengan asam lain—baik AHA maupun BHA—karena keduanya bekerja secara sinergis bersama, tetapi lanjutkan dengan hati-hati jika a memiliki kulit sensitif.

Dan hindari menggunakan segala jenis pengelupasan fisik, seperti scrub atau alat abrasif, pada saat yang sama. Hal ini akan menimbulkan over exfoliating, dan dapat berpotensi meningkatkan iritasi kulit serta membuatnya jadi lebih sensitif.

Sebaliknya, kamu bisa menggunakan produk dengan sifat hydrating dan calming untuk menyeimbangi sifat eksfoliatif dari citric acid.

Jangan Gunakan Citric Acid dengan Retinoid di Waktu yang Sama

Hal lain yang perlu kamu lakukan ketika menggunakan skincare berkandungan citric acid adalah tidak menggunakan skincare retinoid dalam waktu yang bersamaan.

Ada baiknya untuk menggunakan asam sitrat di pagi hari dan retinoid di malam hari, atau bergantian hari. Karena kedua kandungan ini sama-sama bersifat photosensitive, jika digunakan bersamaan akan membuat wajahmu 2x lebih sensitif di bawah paparan sinar matahari.

Gunakan Sunscreen untuk Menghindari Photosensitive

Kendati manfaat citric acid untuk kecantikan kulit sangatlah beragam. Tak bisa dipungkiri, bahan aktif ini pun sedikit memiliki efek iritasi pada kulit, apalagi dibawah paparan sinar matahari yang berlebihan.

Untuk itu, akan ada baiknya buatmu menggunakan sunscreen atau tabir surya ketika menambahkan skincare citric acid dalam rejimen kecantikanmu.

Dengan demikian, kulit akan jadi lebih terlindungi dari sifat photosenitif citric acid dan terhindar dampak buruk sinar matahari.

Itu adalah berbagai hal tentang citric acid yang mungkin belum kamu tahu. Termasuk apa saja manfaatnya buat kulit, efek samping citric acid, juga bagaimana cara aman menggunakan skincare berkandungan citric acid ini.

About Author

Related posts

Leave a Comment