19 Fitur Penting Toko Online untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

fitur penting toko online

Di era yang serba digital ini berjualan melalui online menjadi pilihan utama bagi para pebisnis. Selain lebih praktis, toko online juga mampu menjaring konsumen yang lebih luas, sebab tak kenal waktu dan jarak. Nah, sebagai poin tambahan, kamu bisa memasang fitur penting toko online untuk bisnismu.

Poin tampilan toko sering diabaikan oleh para pebisnis. Mereka sibuk memperbaiki produk tanpa melihat tampilan toko online mereka. Padahal tampilan toko online ini menjadi pionir utama dalam menjaring konsumen baru.

Menurut survey yang dilakukan oleh HubSpot, 61,5 persen pengunjung memilih meninggalkan website lantaran tampilan toko yang kurang menarik.

Selain itu tampilan toko yang asal-asalan juga meninggalkan kesan yang kurang professional di mata konsumen. Sehingga mereka memilih untuk pergi daripada melakukan aktifitas atau bahkan membeli.

Nah, agar tampilan tokomu lebih menarik lagi, berikut beberapa fitur yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Simak artikel ini hingga selesai ya. Happy reading!

19+ Fitur Penting Toko Online yang Harus Kamu Tahu

Jangan sampai hal sepele seperti tampilan toko online membuat bisnis yang kamu jalankan gulung tikar. Sebelum hal itu terjadi kamu perlu memahami beberapa fitur penting dalam toko online demi mendukung kelancaran bisnismu.

Dengan memahami fitur-fitur toko online, kamu juga akan mendapat banyak keuntungan lainnya. Salah satu yang terpenting adalah meningkatkan penjualan. Berikut daftar dan penjelasan dari fitur penting toko online:

Website User-Friendly

Fitur pertama yang harus kamu tahu adalah website user friendly. Website user friendly merupakan sebuah website yang didesain untuk memudahkan pengunjung ketika mengakses website. Mulai dari memperhatikan setiap desain dan menu, hingga memudahkan mereka untuk mencari apa yang mereka mau.

Menurut survey yang dilakukan oleh HubSpot, sebagian besar pengunjung website mengatakan bahwa desain terpenting dalam sebuah website adalah memudahkan. Jadi buatlah tampilan sesimple mungkin dan menarik.

Lantas bagaimana dong cara membuat tampilan website lebih user friendly? Nggak perlu khawatir, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, Beautypreneurs.

Tingkatkan Kecepatan Website

Jangan sampai website yang kamu jalankan lemot. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Ini merupakan poin utama yang harus kamu perhatikan jika ingin websitemu disebut dengan user friendly.

Tambahkan Menu Navigasi

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan menambahkan menu navigasi di website. Menu ini akan memberikan kemudahan dengan menuntun para pengunjung untuk menemukan apa yang sedang mereka cari.

Perhatikan Pilihan Warna

Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan warna. Meskipun terlihat sepele, hal ini harus sangat diperhatikan. Seesuaikan warna sesuai target audience yang sedang kamu tuju. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan komninasinya.

Website Mobile-Friendly

Nggak hanya memperhatikan website user friendly saja. Namun website mobile friendly juga harus kamu perhatikan. Sebab sebagian besar manusia saat ini menggunakan ponsel mereka untuk mengakses segala informasi.

Secara otomatis transaksi yang dilakukan melalui perangkat mobile perbandingannya lebih besar dari user friendly. Sehingga sangat penting bagi pebisnis untuk mengembangkan perangkat website mobile juga. Supaya konsumen bisa dimudahkan dalam melakukan aktivitasnya dalam membeli.

Logo Bisnis

Sebenarnya logo bisnis bukan merupakan fitur. Namun ini juga menjadi hal wajib yang harus dilakukan pebisnis demi kelancaran pemasaran. Logo bisnis menjadi sangat penting karena merupakan identitas dari sebuah produk atau perusahaan.

Dengan logo bisnis para konsumen akan dengan mudah mengenali tokomu. Apalagi jika mereka melihat toko online maupun websitemu. Logo akan menjadi identitas pertama yang mereka lihat. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk memperhatikan detail dari logo.

Tak hanya sebagai identitas saja. Logo juga bisa digunakan sebagai tombol home pada website. Dengan menggunakan logo sebagai home, itu akan memudahkan pengunjung untuk ternavigasi ke toko online. Sehingg lebih efektif.

Customer Login

Fitur selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah customer log in. Sebelum melakukan pembelian dalam sebuah website, calon pembeli harus membuat akaun atau log in terlebih dahulu.

Nah, dalam kasus ini banyak dari mereka yang memilih untuk tidak jadi membeli produk lantaran proses log in yang cukup ribet.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

Tombol Log In Harus Jelas

Jangan sampai para calon pembeli kesulitan untuk mencari tombol log in. Sebab hal ini akan sangat merugikan. Taruhlah posisi tombol log in yang bisa langsung dilihat oleh mata. Tak lupa desain dan warna juga perlu diperhatikan.

Pisahkan Log In dan Registrasi Akun

Dua hal tersebut memang sangat berbeda. Jangan sampai membuat para pengunjung kebingungan. Sebaiknya pisahkan dua tombol tersebut agar tidak terjadi tumpang tindih.

Tambahkan Fitur Social Log In

Saat ini sebagian besar orang mempunyai sosial media. Apalagi pengguna internet. Oleh karena itu memberi opsi log in dengan sosial media merupakan solusi yang tepat untuk memudahkan para pengunjung. Sehingga mereka tidak perlu ribet untuk membuat akun.  

Pencarian Produk

Fitur selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah pencarian produk. Fitur ini cukup penting karena memudahkan para pengunjung untuk mencari produk yang mereka inginkan tanpa harus melihat satu per satu. Bayangkan saja bila tokomu menjual ratusan atau bahkan ribuan barang.

Sangat tidak mungkin bagi mereka untuk mencari barang satu per satu di antara pilihan yang lain. Namun ketika memasukkan fitur pencarian dalam website, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan. Apa saja? Berikut daftarnya:

Pastikan Kolom Pencarian Mudah Ditemukan

Taruhlah fitur pencarian pada bagian atas halaman website. Sebab halaman atas pada website sangat berpotensi dilihat pertama oleh pengunjung. Sebab mata akan cenderung melihat sejajar atau ke atas daripada ke bawah.

Tambahkan Teks di Kolom

Kamu bisa menambahkan kalimat ‘cari di sini’ atau ‘telusuri di sini’ untuk membantu mereka mengetahui bahwa itu merupakan kolom pencarian. Tentu hal ini akan sangat membantu pengunjung.

Fitur Auto Complete

Dengan menambahkan fitur auto complete, pengunjung tidak perlu repot mengetik kata pencarian mereka hingga selesai. Sehingga tidak memakan banyak waktu.

Tempatkan Kolom Pencarian di Semua Halaman

Tidak hanya di homepage saja, kamu harus menambahkan fitur pencarian di semua halaman.

Fitur ini dapat membantu pengunjung mencari sesuatu berdasarkan filter tertentu. Yakni kategori produk, rentang harga, hingga ukuran.

Detail Produk

Tak hanya fitur pencarian, detail produk juga merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Detail produk ini berisi segala sesuatu atau informasi yang berkaitan dengan produk yang kamu jual. Mulai dari nama, bahan yang digunakan hingga informasi lainnya.

Ada beberapa informasi yang wajib kamu masukkan dalam kategori detail produk ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Nama Produk

Tuliskan nama produk yang kamu jual. Untuk lebih detailnya lagi kamu bisa memberi tambahan warna atau ukuran di dalam nama.

Gambar atau Video Produk

Ini menjadi bagian terpenting dalam menampilkan detail. Buatlah foto dengan resolusi yang cukup tinggi. Sehingga ketika pembeli melakukan zoom, gambar tidak akan pecah. Bila perlu tambahkan juga video di dalamnya. Video akan membantu produk terkesan lebih nyata.

Tambahkan Harga Produk

Setelah menambahkan gambar, kamu juga perlu mencantumkan harga. Agar terkesan lebih murah, kamu bisa memberi harga diskon. Yakni dengan mencoret harga asli dan menampilkan harga lebih rendah di sebelahnya.

Deskripsi Produk

Pada deskribsi ini kamu harus mencantumkan segala informasi yang berkaitan dengan produk. Mulai dari manfaat, ukuran hingga cara penggunaan.

Keranjang Belanja (Cart)

Setelah menjelaskan detail tentang detail produk, fitur selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah keranjang belanja. Cart ini berfungsi untuk menampung barang-barang yang ingin dibeli oleh pelanggan. Untuk lebih mudahnya kamu perlu menambahkan keranjang belanja ini ke dalam detail produk.

Sehingga ketika pengunjung akan melakukan pembelian, mereka bisa langsung menambahkannya ke keranjang belanja. Setelah itu baru mereka bisa melakukan pembayaran.

Wishlist

Tidak semua pengunjung akan langsung melakukan pembelian. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang menginginkan produk tersebut, tapi lebih memilih membelinya di lain waktu. Nah, bagaimana dengan kasus yang seperti ini? Tenang saja. Kamu bisa menambahkan fitur wishlist untuk memudahkan mereka.

Namun sebelum itu, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui jika ingin menambahkan fitur ini  ke dalam website.

  1. Yang pertama adalah kamu harus membebaskan pengguna untuk menambahkan wishlist mereka. Yakni dengan jumlah yang tidak terbatas.
  2. Selanjutnya adalah tambahkan tombol share. Hal ini agar pengguna bisa dengan mudah membagikan produk kepada teman, keluarga, pacar ataupun yang lainnya.
  3. Tambahkan wishlist ke halaman utama agar mudah di temukan oleh pengguna.
  4. Terakhir kamu harus memastikan bahwa wishlist tersebut harus tersedia di semua platform. Baik di website maupun mobile.

Rating dan Review Pelanggan

Menurut berbagai lembaga survey, rating dan review dari pelanggan mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan bisnis. Sebagian besar pengguna akan melihat review terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang yang mereka incar.

Nah, itu artinya rating dan review sangatlah penting. Untuk itu jangan sampai fiturmu ini menyusahkan para pelanggan. Sebab jika fitur ini ribet, mereka akan cenderung malas untuk memberikan umpan balik. Jadi, buatlah sesimpel mungkin supaya konsumen tidak memakan waktu yang cukup lama untuk memberi review.

Prediksi Ongkos Kirim

Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah predisksi ongkos kirim. Sebelum akan melakukan transaksi, para pengguna ini cenderung akan mengecek ongkos kirim ke kota yang dituju terlebih dahulu.

Hal ini untuk menimbang apakah harga barang dan ongkos kirimnya seimbang atau tidak. Sehingga mereka akan lebih bisa mengambil keputusan.

Nah untuk memudahkan mereka untuk mengecek ongkos tersebut, kamu bisa menambahkan fitur ongkos kirim pada website. Sehingga mereka tidak perlu keluar dari website untuk mengecek ongkir ke kota yang ingin mereka tuju. tentu hal ini akan memberikan kemudahan bagi konsumenmu.

Sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Itulah pepatah yang diharapkan oleh para pebisnis. Jika pengunjung bisa membeli lebih dari satu item, mengapa tidak? Hah, bagaimana caranya? Yakni dengan menambahkan fitur produk terkait.

Dengan menambahkan fitur ini kamu akan memberikan rekomendasi produk yang serupa dengan apa yang pengguna cari. Sehingga selaim memberikan rekomendasi lain, pengguna juga akan lebih banyak lagi menghabiskan waktu di website.

Selain itu, jika kamu menerapkan promo gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan, mereka juga akan berpikir lebih untuk membeli produk lebih dari satu.

Halaman Promo

Setiap orang pasti menyukai promo. Oleh karena itu untuk mengundang para pengguna tersebut untuk melakukan pembelian, kamu bisa menambahkan halaman promo. Di halaman itu kamu bisa mendisplay beragam barang yang sedang kamu diskon.

Namun sebelum melakukan hal itu, ada beberapa ide atau cara yang wajib kamu coba. Berikut daftarnya:

  1. Berilah pelanggan harga-harga khusus di hari tertentu. Misalnya pada hari perayaan tertentu atau di tanggal cantik.
  2. Berikan penawaran dengan potongan terbatas. Contohnya promo akan berakhir dalam satu jam.
  3. Kamu bisa memberikan gratis ongkir dengan minimal pembelian tertentu.
  4. Beri promo paket bundling. Misalnya kamu bisa menawarkan dengan membeli berapa barang gratis sesuatu atau gratis ongkir.

Informasi Produk Baru

Memberi informasi tentang produk baru kepada pengguna itu sangatlah penting. Kamu bisa menambahkan semua produk baru itu pada halaman tersendiri. Untuk lebih memudahkan pengguna, kamu bisa menamainya dengan “New Arrivals”, “New Collections”, atau “Latest Collections”.

Lantas bagaimana dengan toko online yang baru? Well, tenang saja, kamu juga masih bisa memberikan informasi produk terbaru namun dengan nama yang lain. Misalnya “Skincare Terlaris”, “Hair Care Terpopuler”, dan banyak lainnya.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan informasi yang lainnya. Seperti tag produk, misalnya “New”, “Hot”, atau “Best Seller”; nama dan spesifikasi singkat produk, foto produk, harga produk, rating pelanggan dan jumlah pembelian.

Tombol Call-to-Action (CTA)

Fitur penting toko online selanjutnya adalah call to action atau biasa yang disebut dengan CTA. Menurut beberapa penelitian, call to action memberikan dampak yang cukup signifikan dalam penjualan. Oleh karena itu jangan lupa untuk melengkapi toko online dengan call to action.

Lantas apa sih call to action itu? Call to action merupakan perintah atau intruksi dari penjual yang diberikan untuk pembeli. Call to action itu bisa berupa ajakan untuk membeli atau bahkan hanya untuk sekedar mengunjungi website dan mengisi data diri. Itu semua disesuaikan dengan kebutuhan pemilik.

Ingin tahu apa itu Call to Action dan bagaimana manfaatnya untuk bisnis? Cek di sini!

Payment Gateway

Untuk memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli di toko onlinemu, penting sekali untuk menambahkan fitur payment gateway. Apa sih fitur yang satu ini? Yakni adalah layanan yang memudahkan pembeli untuk bertransaksi dengan penjual.

Dengan menggunakan payment gateway, pembeli bisa bebas melakukan pembayaran melalui apa saja. Sebab metode ini mempunyai banyak opsi. Mulai dari transaksi bank ataupun transfet dompet online lainnya. Tentu ini akan sangat memudahkan.

Selain itu dengan menggunakan payment gateway, transaksi akan berjalan secara otomatis. Pembeli tidak perlu mengunggah bukti pembayaran. Sebab semua transaksi sudah terekam. Tentu hal ini juga akan sangat menguntungkan bagi toko onlinemu.

Kredibilitas toko onlinemu akan meningkat. Karena pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman berebelanja di toko online. Selain itu transaksi yang masuk juga akan diperiksa secara akurat. Jadi lebih bisa meminimalisir adanya penipuan.

Tak lupa juga untuk menambahkan link dan ikon penting lainnya. Pada bagian bawah website toko online pasti kamu sering menjumpai link yang membuat kita menuju halaman lainnya.

Ternyata dengan menambahkan link pada bagian bawab website atau yang sering disebut dengan footer bisa memudahkan para pengunjung untuk mengakses halaman lainnya.

Tak lupa juga untuk menambahkan ikon-ikon yang cukup penting. Seperti sosial media hingga ikon metode pembayaran. Selain memudahkan para pengguna untuk mengakses halaman tersebut, ini juga bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap toko onlinemu.

Kamu bisa menambahkan ikon-ikon tersebut dengan trust badge. Ada beberpa trust badge yang perlu kamu tambahkan. Di antaranya adalah garansi check out aman, jaminan produk asli, gratis ongkir dan biaya pengembalian, metode pembayaran yang didukung, hingga garansi uang kembali.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Fitur lain yang perlu kamu perhatikan adalah frequenly asked question atau biasa disebut dengan FAQ. Ini merupakan halaman yang berisi tentang seputar pertanyaan yang sering diajukan oleh pembeli. Beberapa di antaranya adalah seputar produk, pembayaran, pengiriman dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya halaman ini bisa membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tesebut. FAQ juga merupakan fitur yang cukup penting dan ada di toko online. Sebab pengunjung cenderung akan lebih menggali informasi seputar produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika tidak ada FAQ mereka akan kesulitan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. So, jangan sampai menyulitkan mereka ya.

Kebijakan Pengembalian (Return Policy)

Untuk meningkatkan kredibilitas dari toko online, kamu perlu menambahkan fitur kebijakan pengembalian. Dengan menambahkan fitur ini kamu memberi ruang bagi pembeli untuk mengajukan complain atau return jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Tentu saja kamu harus memberi mereka beberapa informasi terkait pengembalian produk. Inilah pentingnya halaman kebijakan pengembalian.

Ada beberapa cara menyampaikan informasi terkait kebijakan pembelian di toko online. Yakni dengan memberi jangka waktu pengembalian, informasikan batasan kondisi produk, jelaskan langkah-langkah pengembalian produk hingga tambahkan opsi pengembalian lain.

Live Chat (Customer Support)

Tak lupa juga untuk menambahkan fitur live chat di halaman website. Fitur ini sangat penting untuk membantumu berkomunikasi dengan pelanggan. Yakni kamu bisa secara langsung berinteraksi dengan mereka.

Mulai dari menjawab berbagai pertanyaan hingga menjawab beberapa masalah yang mereka alami. Lantas seberapa pentingkah fitur live chat ini?

Well, bisa dibilang fitur ini sangatlah penting. Sebab dengan adanya fitur ini juga diklaim dapat meningkatkan penjualan, membuat pelanggan merasa nyaman hingga menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan call center.

Baca Juga: Manfaat Fitur Live Chat Untuk Toko Online dan Cara Memasangnya

Fitur-Fitur Keamanan

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan sebelumnya, yang tak kalah penting adalah fitur keamanan. Tentunya pasti kamu tidak mau toko online yang kamu kelola menjadi sasaran empuk kejahatan. Seperti, infeksi malware, serangan spam, sampai pencurian data kartu kredit.

Oleh karena itu sangat penting bagi kamu untuk meningkatkan keamanan ini. Jangan sampai data pelanggan bocor dan digunakan sebagai tindak kejahatan. Yakni ada beberapa cara untuk mengamankan toko online.

Yakni dengan memasang sertifikat SSL, gunakan Two Factor Authentication (2FA), memasang plug in keamanan, gunakan payment gateway yang aman, update toko online secara berkala, lakukan back up.

Nah itulah beberapa fitur penting toko online yang wajib kamu ketahui. Menggunakan beberapa fitur ini dalam tokomu dan memaksimalkannya, akan membantu meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

Alhasil, mereka akan terus nyaman bertransaksi di tokomu dan tak menutup kemungkinan untuk kembali melakukan repurchase product. Secara tak langsung, melengkapi fitur penting toko online ini akan memberikan banyak keuntungan untuk bisnsi online-mu.

Sampai sini dulu tips bisnis digital yang kita bahas kali ini, kamu bisa menemukan berbagai tips digital marketing dan bisnis kosmetik lainnya lewat laman Berita Terkini. See you, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading

Leave a Comment