Manfaat Fitur Live Chat Untuk Toko Online dan Cara Memasangnya

manfaat fitur live chat untuk toko online

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak aktivitas jual beli juga semakin mudah untuk kita lakukan. Termasuk dalam proses negosiasi, tanya jawab, dan tawar menawar antara penjual-pembeli pun jadi lebih praktis.Khususnya, dengan menggunakan manfaat fitur Live Chat untuk toko online.

Fitur yang satu ini diklaim dapat memberikan banyak keuntungan untuk penjual dan juga pembeli. Komunikasi bisa terjalin dengan mudah. Sebab dengan menggunakan fitur Live Chat, kegiatan pembeli bisa langsung berinteraksi dengan penjual tanpa perantara.

Layaknya berbelanja di toko offline yang langsung melakukan negosiasi di tempat. Tentu hal ini sangat menguntungkan. Sebab pembeli bisa langsung menanyakan semua hal yang perlu ditanyakan kepada penjual.

Sedangkan bagi penjual sendiri, dengan menggunakan Live Chat juga bisa langsung melakukan penawaran. Sehingga lebih efektif.

Namun sebagai pemilik toko online, apakah fitur yang satu ini cukup penting? Jawabannya amat sangat penting. Untuk lebih mengerti tentang fitur jualan online yang satu ini, kamu perlu membaca ini hingga selesai. Selamat membaca!

Apa Itu Fitur Live Chat?

Live Chat merupakan sebuah layanan yang dibuat untuk mempermudah komunikasi antara satu orang atau lebih dalam sebuah platform digital. Secara singkatnya, layanan ini digunakan untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli.

Biasanya perusahaan yang menyediakan website tersediri bagi bisnis yang sedang dikembangkan akan menyediakan fitur yang satu ini. Tujuannya untuk memudahkann konsumen jika ada pertanyaan ataupun mengajukan complain.

Tanpa menunggu lama, penjual akan membalas chat tersebut dengan waktu yang cukup singkat. Tentunya hal ini dinilai cukup praktis. Sebab jika mengajukan pertanyaan atau complain menggunakan platform lain seperti email, ataupun telefon akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu juga menyulitkan konsumen karena dinilai cukup ribet. Semakin kamu memudahkan konsumen, maka mereka akan menganggap bisnismu semakin loyal. Sehingga pandangan positif akan terbangun. Bahkan kepercayaan mereka terhadap brandmu juga akan meningkat.

Itulah pengetian dari fitur Live Chat. Lantas apa saja sih manfaat dari fitur canggih yang satu ini? Simak penjelasannya berikut ya.

Manfaat Fitur Live Chat untuk Toko Online (Website)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa fitur Live Chat memang membawa beragam manfaat untuk toko online. Salah satunya adalah membuat pelanggan puas terhadap pelayanan yang diberikan. Namun selain itu masih banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Apa saja? Berikut daftarnya:

Memudahkan Komunikasi Dengan Pembeli

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari fitur live chat untuk toko online milikmu adalah memudahkan komunikasi dengan pembeli. Yep, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lebih dari 80 persen pembeli mengaku puas dengan fitur live chat.

Mereka merasa dihargai dan diperhatikan dengan respon yang sangat cepat tersebut. Tentu saja dengan pelayanan yang memuaskan seperti ini peluang penjualan semakin tinggi pun sangat besar. Sebab untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan tersebut diperlukan mempertahankan kepuasan pelanggan.

Memang biasanya sebuah perusahaan pasti akan mencantumkan email atau call center untuk menangani complain. Meskipun begitu pelayanan tersebut dinilai cukup ribet.

Sehingga banyak pembeli yang enggan menggunakannya. Apalagi jika menggunakan call center juga dibutuhkan pulsa dalam kinerjanya. Sehingga akan sangat kurang efektif.

Mengurangi Risiko Bounce Rate dan Cart Abandonment

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan fitur live chat untuk toko online adalah dapat mengurangi resiko bounce rate dan juga cart abandonment.

Bounce rate merupakan pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan apapun. Sedangkan cart abandonment adalah peninggalan keranjang belanja.

Dengan menyediakan fitur live chat di website, secara otomatis konsumen akan berkunjung ke website ketika mereka akan mengajukan pertanyaan ataupun complain. Sehingga peluang mereka untuk berada di website dalam waktu yang cukup lama pun semakin tinggi.

Tentu saja dalam hal ini angka bounce rate pun akan semakin rendah. Apalagi jika pelayanan yang diberikan cukup memuaskan, mereka juga tidak akan segan untuk melakukan pembelian. Jadi cart abandonment juga akan semakin rendah.

Menekan Biaya Operasional

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan jika menggunakan fitur live chat untuk toko online adalah dapat menekan biaya operasional. Baik dari segi budgeting untuk operasional maupun karyawan. Sebab fitur yang satu ini tidak memerlukan biaya operasional sama sekali. Budgetingnya cukup ikut kinerja website.

Tentu saja ini sangat berbeda jauh dari saat kamu menggunakan layanan call center atau pun yang lainnya. Jika menggunakan call center kamu perlu mengeluarkan biaya listrik untuk setiap telfonnya. Selain itu dari efesiensi kerja karyawan pun akan sangat tidak efektif.

Bila kamu menggunakan fiur live chat, satu karyawan dapat menghandle beberapa chat sekaligus tanpa harus kebingungan. Sedangkan jika kamu menggunakan layanan call center, kamu butuh satu karywan untuk melayani satu konsumen. Tentu hal ini akan memakan budget yang lebih dan sangat tidak efisien.

Dapat Memberikan Pelayanan Yang Cepat Dan Tanggap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa live chat merupakan pelayanan yang menggunakan metode fast respond atau respon cepat. Tak berlu menunggu bermenit-menit atau jam untuk menunggu balasan dari penjual.

Hanya dalam hitungan detik kamu bisa mendapatkan balasan. Tentu saja pembeli akan merasakan kepuasan tersendiri dengan layanan seperti ini. Dengan begitu, pembeli akan merasa sangat dihargai. Sehingga citra perusahaanmu juga akan terbangun melalui fitur live chat ini.

Jika diihat dari sudut pandang penjual, live chat juga mendatangkan keuntungan tersendiri. Sebab kamu bisa dengan cepat mengetahui keluhan dari pelanggan. Lalu kamu bisa menjadikan keluhan tersebut sebagai perbaikan diri. Supaya bisnismu lebih baik untuk ke depannya.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain dapat memberikan kesan pelayanan yang cepat dan tangguh, live chat juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli berjalan dengan lancar, pasti para pelanggan tersebut akan merasa nyaman.

Jika timbul rasa nyaman ini, maka loyalitas pembeli juga akan semakin meningkat. Bahkan bisa jadi mereka akan selalu menunggu produk baru dari perusahaanmu. Tentu saja hal ini akan berdampak cukup besar bagi peningkatan penjualan.

Bahkan menurut survey yang dilakukan oleh e-Digital Customer Service Benchmark dengan melibatkan 2000 konsumen, 73 persen di antaranya mengaku cukup puas dengan layanan live chat. Mereka pun tidak ragu untuk menjadi pelanggan tetap jika layanan yang diberikan cukup baik.

Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan saja. Namun dengan menggunakan live chat juga dapat meningkatkan kredibilitas usaha yang sedang kamu bangun.

Perusahaanmu akan dinilai cukup terbuka terhadap kritik dan masukan yang diberikan. Respon yang cepat juga menjadi hal positif tersendiri bagi konsumen.

Mendorong Penjualan Produk

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan fitur live chat adalah meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan live chat kamu bisa melakukan negosiasi sekaligus merayu calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain itu, jika ada konsumen yang ragu terhadap produk, kamu juga bisa langsung meyakinkannya. Dengan begini secara tidak langsung kamu melakukan pendorongan terhadap konsumen tersebut untuk melakukan pembelian.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan fitur live chat. Lantas bagaimana sih cara membuat fitur live chat? Tenang, sebab kamu sudah menyediakan tutorialnya. Simak sampai habis ya.

Cara Membuat Live Chat di WordPress dengan Mudah

Jika kamu punya toko online dan website, wajib hukumnya untuk menyediakan fitur yang satu ini. Caranya pun cukup mudah. Tidak perlu website yang besar untuk membuat fitur live chat, sebab dengan menggunakan WordPress pun juga sangat bisa. Seperti apa? Berikut langkah-langkahnya:

Login ke Dashboard WordPress

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan log in terlebih dahulu ke dashboard WordPress. Jika kamu sudah punya akun, tinggal masukkan username dan juga password. Namun jika kamu belum mempunyai akun, berarti harus buat terlebih dahulu dengan cara Sign Up.

Install dan Aktifkan Plugin WP Live Chat

Setelah melakukan log in dan berhasil, langkah selanjutnya adalah kamu perlu menginsta dan mengaktifkan plugin WP Live Chat. Caranya dengan memilih menu Plug In, kemudian pilih Add New.

Kemudian kamu cari plug in WP Live Chat Support atau 3CX Live Chat di kolom pencarian. Setelah ketemu, baru pilih Install Now dan Activate.

Konfigurasi Plugin WP Live Chat

Setelah plug in WP Live Chat aktif, kemudian pilih menu Live Chat dan Setting. Setelah itu kamu akan diarahkan menuju General Setting. Kemudian pilih channel apa saja untuk menggunakan fitur live chat. Setelah itu klik next.

Kemudian masukkan nama nama dan agentmu yang akan membalas chat tersebut. Setelah itu tinggal masukkan username, nama dan juga alamat email. Kemudian klik next. Setelah itu pilih warna tampilan chat, kemudian klik next. Tunggu beberapa saat hingga live chat berhasil di muat.

Lakukan Pengaturan Tambahan

Setelah live chat berhasil tampil, kamu juga perlu melakukan pengaturan tambahan. Pilih menu live chat di dashboard, kemudian pilih setting. Pada bagian ini jika ingin mengaktifkan chat, kamu perlu mengklik Yes di kolom Chat Enabled.

Kemudian kamu juga bisa menginput user ketika memulai chatting. Seperti nama dan email. Apabila Jika ada  user yang mungkin sudah login ke member area website, kamu bisa atur supaya mereka tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum chatting.

Selain itu kamu juga bisa mengaktifkan notifikasi pada website di mobile. Supaya notifikasi bisa langsung masuk.

Konfigurasi Tampilan Live Chat Box

Selanjutnya adalah mengkonfigurasi tampilan live chat box. Kamu bisa mengubah tampilan dengan bentuk yang kamu suka melalui Live Chat > Settings, kemudian pilih tab Chat Box.

Dengan begitu kamu perlu mengikuti langkah-langkah yang muncul secara otomatis dari sistem. Kamu juga bisa mengatur tampilan tema sesuai apa yang kamu mau di chat box.

Pantau dan Balas Pesan Live Chat

Kemudian kamu perlu memantau dan membalas pesan live chat. Jika kamu mengaktifkan plug in ini, chat akan secara otomatis masuk. Kemudian kamu bisa membalasnya dengan cara klik menu Live Chat, kemudian pilih chat pada daftar yang sesuai, kemudian klik tombol Join Chat. Jika sudah selesai tinggal pilih End Chat.

Cek History Live Chat

Fitur ini juga menyediakan history. Sehingga kamu bisa melihat chat pelanggan sebelumnya. Jejak terebut akan terekam. Caranya dengan memilih tab History.

Itulah beberapa manfaat fitur Live Chat untuk toko online, serta cara memasangnya pada Website jualanmu. Beautypreneurs, kamu bisa menggunakan fitur ini pada toko kosmetik online yang kamu miliki, juga pada Website brand kosmetikmu.

Dengan menggunakan fitur ini, akan semakin mudah bagimu menjalin komunikasi dan bernegosiasi dengan calon konsumen. Selain itu, kamu juga bisa menyaring komentar spam, tak pantas, dan mendapatkan pembelian potensial.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Jenis-Jenis Maklon Cushion

Kenali Jenis-Jenis Maklon Cushion untuk Jadi Ide Bisnis Kosmetik Pemula

Sekarang ini produk kosmetik terutama yang terinspirasi dari tren kecantikan Korea Selatan seperti cushion sedang digandrungi. Peminatnya yang tinggi, terutama dari kalangan remaja dan perempuan muda menjadikan bisnis kosmetik ini menggiurkan banget. Nah, BeautyPreneurs yang tertarik di industri kosmetik...

Continue Reading

Leave a Comment