17 Rekomendasi Aplikasi Kasir Andorid untuk UMKM, Apa Saja?

rekomendasi aplikasi kasir

Menjadi seorang kasir bukanlah pekerjaan sepele. Seperti kamu ketahui, tugas kasir adalah untuk mencatat semua transaksi dengan konsumen. Ini tentu sangat penting, karena dari catatan tersebut penjual bisa mengetahui berapa keuntungan yang mereka peroleh dengan lebih mudah. 

Semisal jika barang jualanmu sedikit, mungkin kasir akan dengan mudah mengingatnya, tapi jika barang begitu banyak dan beragam, tentu akan menjadi PR tersendiri.

Beruntung di era digital saat ini, semua hal ini terasa lebih mudah dengan adanya teknologi, termasuk transaksi penjualan yang dilakukan oleh petugas kasir.

Sudah tidak zaman lagi melakukan transaksi secara manual, kurang efektif dan tidak tepat dalam perhitungannya. Terlebih jika toko yang menyediakan barang atau pun jasa itu ramai pengunjung. Kasir pasti akan kebingungan dalam mencatat dan menghitung semua transaksi yang ada.

Namun tenang, para pelaku bisnis bisa memanfaatkan sebuah aplikasi kasir atau yang lebih dikenal dengan sebutan software POS (point of sale). Berikut ada 17 aplikasi kasir android yang bisa menjadi solusi bagi pelaku bisnis. Tapi sebelum itu, kenali dulu apa yang dimaksud dengan aplikasi kasir.

Kenali Lebih Jauh Soal Aplikasi Kasir untuk UMKM

Jika sebelumnya para pelaku bisnis menggunakan mesin kasir biasa alias manual, kini program aplikasi kasir menjadi alternatif pilihan yang lebih praktis.

Pada dasarnya sistem POS adalah kombinasi software dan hardware yang dapat pelaku usaha manfaatkan untuk sentralisasi manajemen bisnis. Pekerjaan mereka menjadi lebih mudah karena hanya perlu membuka satu aplikasi untuk mengelola keseluruhan operasional bisnis.

Perlu kalian tahu, aplikasi kasir ini tidak hanya berguna untuk memproses transaksi penjualan layaknya cash register tradisional, tapi juga membantu pemilik usaha mengelola inventori, karyawan, serta konsumen sekali pun.

Jika kamu bertanya seberapa penting kegunaan aplikasi kasir ini untuk bisnis, maka jawabannya sangat penting. Aplikasi kasir ini menyediakan data dan laporan real time yang akan memudahkanmu dalam melakukan berbagai hal.

Terutama untuk bisnis yang menjual suatu produk. Mulai dari mengelola stok barang, penyampaian laporan, pembelian barang, dan lain sebagainya.

Pekerjaanmu mengelola bisnis pun menjadi lebih cepat. Pun tidak ada lagi antrian panjang pengunjung di meja kasir.

Tak heran jika banyak perusahaan ritel yang memilih aplikasi kasir untuk membantu pekerjaan mereka, karena software lebih banyak memberikan keuntungan daripada kelemahan.

Selain hal-hal di atas, ada pula beberapa tujuan pemilik usaha mengapa pada akhirnya tertarik menggunakan aplikasi kasir, misalnya untuk:

  1. Mencetak nota penjualan.
  2. Mengontrol ketersediaan stok (khusus untuk bisnis yang menghasilkan produk, bukan jasa).
  3. Mengetahui pembelian dan penjualan produk sesuai dengan periode yang kamu atur.
  4. Mengetahui laba bulanan.
  5. Mengetahui secara pasti jumlah barang atau uang yang konsumen bayarkan padamu.
  6. Mengetahui profit margin di setiap transaksi.

17 Rekomendasi Aplikasi Kasir Android yang Bisa Kamu Coba

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem POS atau aplikasi kasir memberi banyak keuntungan untuk para pelaku bisnis.

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi kasir ini, disarankan untuk memilih dengan hati-hati dan teliti. Kamu bisa menyesuaikan aplikasi kasir ini dengan bisnis yang kamu jalankan.

Namun, kamu tidak perlu repot karena di bawah ini ada 17 rekomendasi aplikasi kasir berbasis android yang bisa digunakan. Kebanyakan aplikasi ini digunakan untuk bisnis yang menghasilkan produk, bukan jasa. Simak detailnya berikut ini:

Jurnal Touch

Aplikasi kasir pertama yang sangat recommend adalah Jurnal Touch. Selain gratis, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur yang menguntungkan untuk para penggunanya. Diantaranya seperti:

  1. Sinkronisasi data otomatis
  2. Proses transaksi di multi store
  3. Proses transaksi secara online
  4. Kustomisasi nota pembelian (struk) dengan mudah

Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur lain yang ada dalam aplikasi kasir ini seperti fitur laporan keuangan, kas & transaksi, akuntansi, perpajakan, invoice, biaya & anggaran, serta produk & inventory.

Keuntungan lainnya, aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk mobile app sehingga memudahkan pelaku usaha untuk mengatur dan mengontrol bisnis dimana pun serta kapan pun.

Ada pula penawaran menarik lainnya, yakni calon pengguna akan mendapat kesempatan uji coba gratis selama 14 hari. Bagaimana, tertarik?

Kasir Pintar

Selanjutnya ada aplikasi Kasir Pintar yang juga tak kalah menguntungkan jika dimanfaatkan para pelaku bisnis. Untuk aplikasi ini, kamu bisa memilih antara versi yang gratis atau berbayar. Tentunya ada perbedaan, karena versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, untuk versi gratis, fitur yang ada dalam aplikasi ini juga sudah cukup lengkap. Pekerjaanmu tetap bisa dimudahkan dengan menggunakan fitur-fitur seperti harga barang, pencatatan stok barang, dan scan barcode produk.

Yang paling penting, aplikasi kasir pintar ini juga menyediakan fitur backup otomatis sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data sewaktu-waktu. Menariknya lagi, versi gratis ini juga memiliki fitur pembuatan laporan. Dari situ, kamu bisa membuat laporan harian, bulanan, sisa stok barang, hingga alur kas. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa keuntungan dan  kerugian hingga omset penjualan melalui aplikasi kasir pintar ini.

Mesin Kasir

Aplikasi kasir lainnya yang juga tak kalah berkualitas adalah Mesin Kasir. Sudah memiliki kualitas bagus, aplikasi ini juga tidak berbayar, lho alias gratis. Menariknya lagi, aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa perlu terkoneksi dengan internet.

Jadi, aplikasi mesin kasir ini sangat cocok digunakan untuk para pemilik usaha yang berada di tempat minim jaringan seluler atau daerah yang listruknya tidak stabil. Meski gratis, tapi aplikasi kasir android ini juga menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda dengan lainnya.

Keuntungan lain yang akan kamu rasakan jika menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memasukkan data transaksi dan data barang sebanyak mungkin dalam jumlah yang tak terbatas.

Pun jangan terkecoh dengan kata gratis, lantaran aplikasi ini juga dilengkapi fitur canggih untuk membuat laporan penjualan, laporan laba, dan perhtungan stok otomatis.

POS Ireap Lite

POS Ireap Lite termasuk aplikasi kasir android yang tidak berbayar. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunduh di Play Store.

Bicara soal aplikasi, tentunya POS Ireap Lite juga memiliki beberapa fitur yang menarik dan akan sangat menguntungkan untuk para pemilik usaha yang memanfaatkannya.

Seperti pada umumnya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penjualan seperti pengembalian barang jika terdapat retur, kategori barang, pencacatan barang, dan jumlah barang.

Terdapat pula fitur manajemen stok, berisi pengaturan untuk stok barang masuk dan keluar. Kamu juga bisa jumlah profit, audit stok, serta penjualan terbanyak di bagian menu laporan.

Olsera POS

Jika ingin mencari aplikasi kasir dengan fitur super lengkap, maka jawaban salah satunya adalah Olsera POS (point of sale). Itu dikarenakan aplikasi kasir yang satu ini memiliki sistem yang berbasis cloud dan handal.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi yang sistemnya cloud ini adalah bisa memantaunya di manapun dan kapanpun. Bahkan ketika kamu offline pun, aplikasi nantinya akan melakukan update secara otomatis jika tersambung dengan koneksi internet. Sefleksibel itu memang.

Sama halnya seperti aplikasi Jurnal Touch, Olsera POS juga memberi penawaran untuk mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 14 hari.

Olsera memiliki tiga pilihan harga yang berbeda, bergantung pada bisnis yang sedang kamu jalankan, apakah toko online, toko fisik, atau keduanya.

Moka POS

Aplikasi kasir android yang satu ini juga menawarkan fitur yang tak kalah lengkap seperti lainnya. Bisa digunakan untuk memantau bisnis di mana pun dan kapan pun lantaran sistemnya berbasis cloud, aplikasi ini memiliki beberapa rekomendasi bisnis yang cocok memanfaatkan Moka POS.

Beberapa diantaranya seperti salon kecantikan, barbershop, restoran, spa, ritel, toko pakaian, serta masih banyak lagi.

Ada satu fitur yang menjadi andalan aplikasi ini, yaitu Moka Back Office. Keuntungannya, kamu bisa memantau kerja para kasir di cabang-cabang toko tanpa harus pergi langsung ke sana.

Namun sayang, aplikasi ini termasuk yang berbayar, karena tawaran menggunakan secara gratis hanya berlaku selama 14 hari. Setelahnya jika ingin menikmati versi lengkapnya kamu harus membayar.

Pawoon

Sejauh ini, Pawoon menjadi aplikasi kasir android yang memiliki tampilan paling modern. Selain memanjakan mata, Pawoon juga cukup populer karena interface-nya yang sederhana. Para pelaku bisnis akan mudah menggunakan aplikasi kasir yang satu ini.

Mengingat aplikasi ini juga menggunakan sistem berbasi cloud, makan keunggulannya pun sudah bisa kita tebak. Kamu bisa memantau semua transaksi yang terjadi di seluruh cabang toko tanpa harus datang langsung. Selain itu, Pawoon juga bisa kamu gunakan saat online maupun offline.

Aplikasi Qasir

Qasir termasuk dalam aplikasi kasir android yang cukup sederhana. Meski begitu, aplikasi ini bisa kamu gunakan dalam mengatur berbagai macam bisnis.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga tak kalah menarik seperti pencatatan transaksi, pencatatan transaksi kasbon yang lengkap dengan fitur pengingat waktu, pendataan outlet dan karyawan sampai tersambung dengan printer. Sistem pembayarannya pun tidak ribet, yakni secara digital (seperti Go-Pay, Ovo, dan lain-lain).

Program Kasir Vend

Rekomendasi aplikasi kasir selanjutnya adalah Vend. Aplikasi yang satu ini bisa dikatakan terbatas karena dirancang khusus untuk iPad. Vend biasanya digunakan oleh bisnis ritel untuk mengelola persediaan, penjualan, dan pelanggan dengan biaya terjangkau.

Meski begitu, aplikasi ini ternyata juga fleksibel karena bisa memasukkan data dengan layar sentuh atau keyboard dan mouse.

Layar POS ini juga dapat kamu tingkatkan, sehingga memungkinkanmu untuk mendapatkan jangkauan akses ke proses hingga item popular.

Vend bahkan bisa bekerja secara offline, tapi perlu kamu ingat jika itu hanya khusus pengguna iPad.

True POS

Rekomendasi selanjutnya adalah True POS yang merupakan aplikasi kasir buatan oleh perusahaan India. Aplikasi ini memiliki ciri khas, yakni ada dua versi, yang mana dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Versi pertama adalah versi gratis, yang mana sangat cocok kamu gunakan sebagai pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah). Aplikasi ini memiliki satu mesin kasir yang jumlah transaksinya 100 per bulannya.

Versi kedua adalah versi berbayar yang menawarkan fitur jauh lebih lengkap ketimbang yang gratis. Aplikasi berbayar ini bisa kamu gunakan di semua skala bisnis hingga ritel enterprise dengan ketersediaan fitur yang lebih lengkap.

Keunggulan lainnya, True POS memiliki sistem yang terintegrasi sehingga bisa kamu akses dari beberapa perangkat di mesin kasir, PC, maupun mobile.

Walaupun berbasis web, tapi aplikasi kasir ini masih bisa menyimpan penjualan saat offline. Jadi, ia tidak terlalu bergantung juga dengan koneksi internet seperti aplikasi lainnya.

Connect POS

Lanjut ke Connect POS yang merupakan penyedia aplikasi kasir terkemuka di seluruh dunia, termasuk menjadikan Indonesia jadi salah satu target pasarnya. Tercatat sudah leih dari 2000 bisnis retail di dunia yang menggunakan aplikasi kasir ini.

Meski standarnya sudah internasional, namun aplikasi kasir ini tetap memasang harga terjangkau bagi siapa yang ingin bergabung, dengan imbalan fitur-fitur terbaik tentunya.

Salah satu fitur yang paling menonjol adalah mendukung pengalaman belanja omnichannel, sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk membeli secara online sekaligus mengambil di toko.

Square Register

Square Register adalah pilihan tepat jika kamu mencari aplikasi kasir yang gratis sekaligus mudah untuk kamu gunakan. Masih sama dengan aplikasi-aplikasi kasir sebelumnya, di mana square register juga menawarkan fitur yang meliputi pengelolaan barang, penjualan realtime dan pelacakan stok barang.

Sebuah hal yang patut kita apresiasi juga, karena aplikasi kasir ini berhasil memberikan transaksi yang lebih cepat dalam menghasilkan laporan penjualan, mengelola produk di gudang, dan menyimpan penerimaan digital. Program aplikasi ini nyatanya juga bisa membuat keputusan bisnis yang cerdas.

Oktopus Solution

Aplikasi kasir ini menawarkan fitur lengkap yang khusus dirancang untuk bisnis retail skala kecil dan menengah. Oktopun Solutiion menerima transaksi pembayaran yang tidak ribet, yakni bisa dari beberapa kartu kredit.

Dengan begini, para pelaku bisnis termasuk kamu bisa melihat secara langsung pengelolaan inventaris, display produk yang mudah digunakan, dan laporan akurat tentang penjualan.

EQUIP POS

EQUIP terbilang masih baru di Indonesia. Tapi jangan salah, rekomendasi aplikasi kasir ini sudah melayani banyak usaha kecil dan menengah (UKM).

Salah satu keuntungan dari aplikasi ini adalah karena sistemnya yang berbasis cloud, digabung dengan manajemen multi-lokasi.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa akses ke staf yang berbeda tanpa biaya tambahan. Sehingga mudah bagi pengusaha jika ingin menyinkronkan produk dan harganya di berbagai lokasi toko.

Omega POS

Selanjutnya adalah aplikasi kasir Omega POS yang memiliki keunggulan dalam hal manajemen stok toko.

Aplikasi ini punya cara jitu yang bisa membantu pelaku bisnis meningkatkan penjualannya. Yaitu dengan menganalisa karakter para konsumen, sehingga data yang kamu dapatkab tetap maksimal. Fitur yang ada dalam rekomendasi aplikasi kasir ini pun cukup beragam, termasuk eMember Card dan eVoucher.

Majoo

Hampir sama dengan aplikasi-aplikasi kasir sebelumnya. Rekomendasi aplikasi kasir satu ini juga bertujuan untuk membantu para pengusaha menjalankan bisnisnya. Mudah digunakan, interface menarik, banyak terdapat fitur, serta biaya terjangkau jadi keunggulan dari Majoo.

BukuWarung

Terakhir, rekomendasi aplikasi kasir yang tak boleh kamu lewatkan adalah BukuWarung (tidak terpisah). BukuWarung datang menawarkan berbagai fitur menarik yang berguna untuk membantu pelaku usaha mencatat pembukuan usahanya.

Aplikasi ini juga memiliki system dan database yang saling terhubung, sehingga bisa menghasilkan laporan yang akurat dan dalam waktu singkat.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir untuk Bisnismu

Setelah mengatahui macam-macam aplikasi kasir, kamu juga wajib tahu manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan nantinya. Dengan mengetahui manfaat penggunaan aplikasi kasir, mungkin kamu bisa semakin tercerahkan untuk memilih yang mana. Simak beberapa manfaatnya berikut ini:

Transaksi Penjualan Lebih Efisien dan Terdokumentasi dengan Baik

Aplikasi kasir bisa membantu memproses setiap transaksi dengan cepat. Kamu tidak perlu lagi menggunakan mesin kasir manual saat meladeni pelanggan.

Tentunya hal ini akan sangat membuang-buang waktu, dan bahkan bisa membuat konsumen tidak nyaman karena pelayanan yang lambat.

Dengan adanya aplikasi kasir ini, transaksi akan menjadi lebih cepat sebab produk sudah terekam di sistem dan staf kasir hanya tinggal meng-klik item yang konsumen beli.

Bukan hanya itu, transaksi yang terjadi juga akan didokumentasikan oleh sistem POS secara real time. Data penjualan itu nantinya tersimpan di cloud sehingga bisa kamu akses dari mana saja.

Memperoleh Data dan Laporan Secara Real Time

Tidak akan rugi bagimu untuk menggunakan aplikasi kasir, agar penjualan bisnismu semakin meningkat. Ini berhubungan dengan data yang akurat yang ada di dalam aplikasi kasir tersebut.

Nantinya, kamu bisa mengetahui mana produk yang best seller, produk yang kurang populer, peak hour, sampai jumlah bahan yang habis.

Itu semua berkat data dan laporan yang terdapat pada aplikasi kasir. Kamu pun bisa mengambil keputusan yang tepat, tanpa membuang resource yang ada dalam bisnismu.

Pengelolaan Inventori Jadi Lebih Baik

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa aplikasi kasir juga berguna untuk mengelola stok produk bisnismu lewat android. Berhubung data inventori tersimpan di cloud, pemantauan bisa kamu lakukan di mana saja.

Fitur ini sangat berguna apabila kamu memiliki cabang bisnis di beberapa daerah. Tanpa perlu datang ke lokasi satu per satu secara langsung, kamu tetap bisa mengontrol stok usai mendapat notifikasi dari aplikasi tersebut.

Manajemen Karyawan Lebih Mudah

Sudah jelas dengan bantuan aplikasi kasir, kamu bisa mudah memantau dan mengevaluasi kerja para karyawan, terutama staf kasir.

Mulai dari pengelolaan data karyawan, pemantauan jam kerja, hingga jumlah penjualan dari tokomu oleh karyawan bisa kamu lihat di aplikasi tersebut.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan berhubungan dengan pelanggan. Kamu bisa mengetahui yang mana pelanggan setia bisnismu dengan melihat histori transaksi mereka yang terekam dengan baik di aplikasi kasir.

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan loyalitas konsumen, kamu bisa membuat program promosi khusus bagi para pelanggan setia.

Tidak perlu bingung, aplikasi kasir ini menyediakan fitur email atau SMS blast yang bsia kamu gunakan untuk memberi tahu terkait promosi tersebut.

Beautypreneurs, itu adalah 17 rekomendasi aplikasi kasir yang bisa kamu gunakan untuk toko kosmetik, salon, maupun bisnis kosmetik lainnya yang sedang kamu jalankan.

Memperbarui layanan tokomu tak hanya bisa membantu pekerjaan lebih mudah, namun bisa membuat konsumen lebih nyaman saat berbelanja dan melakukan pembayaran. Hal ini tentu bisa membuat nilai tokomu di mata karyawan semakin baik dan mereka akan betah untuk menggunakan jasa atau membeli produk dari tokomu.  

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading