Ketahui Tren Digital Marketing di Tahun 2022, Apa Saja?

tren digital marketing

Ketika mengembangkan bisnismu secara online, tentu salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah perkembangan tren digital marketing dari tahun ke tahun. Sebab, perilaku dan minat masyarakat sangat berpengaruh pada efektivitas konten pemasaran yang akan kamu hasilkan nantinya.

Pengguna Internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Plus, adanya pandemic yang mengharuskan pembatasan sosial besar-besaran, membuat kebiasaan masyarakat juga berubah. Misalnya, dari yang belanja langsung menjadi melakukan transaksi online.

Nah, melihat fenomena ini, tentu akan sangat disayangkan kalau kamu tak mengembangkan dan memasarkan bisnismu secara online.

Meski begitu, ketika membuat konten pemasaran online, kamu enggak boleh asal-asalan. Semuanya perlu disesuaikan dengan karakter brand, tujuan pemasaran, hingga tren digital marketing yang sedang berlangsung saat ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal tren digital marketing terbaru di tahun 2022 ini, simak dulu penjelasan singkat soal digital marketing berikut.

Sekilas Tentang Digital Marketing dan Peranannya untuk Bisnis

Kalau kita artikan namanya saja, kamu pasti sudah menebak apa yang dimaksud dengan Digital Marketing ini, bukan?

Yap! Digital marketing adalah sebuah upaya atau strategi untuk memasarkan produk/jasa yang kamu jual secara digital (online).

Ada banyak media dan cara yang bisa pebisnis eksplorasi saat memasarkan produk mereka lewat digital marketing. Misalnya, membuat Website atau toko online, menggunakan berbagai jenis media sosial, juga mengoptimalkan Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO).

Karena banyaknya pilihan berpromosi ini, plus biayanya yang bisa kamu atur sesuai dengan budget. Kamu bisa memaksimalkan strategi pemasaranmu dan menjangkau target pasar yang lebih luas. Namun, di sisi lain juga dapat menargetkan konsumen potensial secara spesifik.

Sebagai Alternatif Beriklan selama Pandemi

Sebenarnya pasar online telah lama aktif, bahkan jauh sebelum pandemic terjadi. Sayangnya, sebagian besar pebisnis, baik yang sudah berkembang maupun baru, merasakan urgensi untuk memasarkan bisnis mereka secara online. Setidaknya secara massif dan professional.

Namun, sejak adanya pandemic pada akhir 2019 hingga 2021 lalu, banyak perusahaan yang gulung tikar karena pendapatan mereka menurun drastis. Pemberhentian karyawan juga banyak dilakukan demi menjaga kestabilan perusahaan.

Nah, di sinilah kemudian digital marketing menjadi hembusan angin segar dan jawaban dari kebutuhan pebisnis. Bahkan, masyarakat secara umum merasa terbantu karena mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari lewat lapak online.

Akantetapi, Beautypreneurs, bukan hanya kamu atau beberapa orang lain yang menyadari potensi digital marketing ini. Ada banyak pengusaha yang mungkin bergerak dalam industry yang sama denganmu, telah go digital.

Karena itu, agar kamu bisa bertahan dalam kompetisi pasar digital ini, simak beberapa tren digital marketing di tahun 2022 berikut.

7 Tren Digital Marketing di Tahun 2022

tren digital marketing

Memahami tren digital marketing terbaru di tahun 2022 bisa memberikan banyak keuntungan buatmu. Khususnya dalam menciptakan konten pemasaran yang relevan dan up to date dengan kebutuhan pasar atau target audience-mu.

Berikut ini kami merangkumkan berbagai tren digital marketing di tahun 2022, yang bisa kamu simak dan terapkan dalam strategi pemasaran bisnismu.

Apa saja? Baca terus penjelasannya sampai habis, Beautypreneurs!

Konten Video Tetap Jadi Idola

Ketika membicarakan konten yang paling popular di kalangan masyarakat, video pendek menduduki peringkat pertama dalam kategori tersebut. Hal ini dapat

Melansir dari Databoks, Indonesia merupakan negara dengan penonton streaming video terbesar di dunia. Laporang yang juga disadur dari App Annie dengan judul State of Mobile 2022 tersebut, menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia mencapai total peningkatan waktu tonton hingga 140% sejak tahun 2019 hingga 2021.

Konten streaming yang dimaksud dalam hal ini ada YouTube, Netflix, Disney Plus, dan banyak lainnya. Bahkan media sosial yang menampilkan video pendek juga menjadi lapangan yang menjanjikan untuk para pebisnis, sebut saja TikTok, Reels Instagram, hingga YouTube Short.

Konten video pendek ini memungkinkan Audience untuk mengamati konten sampai akhir, juga membuat mereka melihat lebih banyak konten dalam sekali waktu membuka smartphone mereka.

Bahkan, penikmat video pendek ini sangatlah besar. Sebagai gambaran, Databoks juga menyajikan data pengguna TikTok yang kian tinggi dari tahun ke tahun, sejak pertamakali rilis pada tahun 2016. Hingga kini, jumlah penggunanya bahkan sudah mencapai 1,39 miliar pengguna aktif.

Influencer Marketing

Tren digital marketing terbaru di tahun 2022 juga tak terlepas dari peranan influencer marketing. Kalau kita melihat fenomena di TikTok, Instagram, dan media sosial lainnya, banyak influencer dengan pengikut besar membuat konten mereka di sana.

Dengan sosok berpengikut besar ini, proses pemasaran produk dapat berjalan lebih efisien dan ampuh menjangkau audience yang kamu targetkan. Saking banyaknya influencer yang ada di media sosial, kamu bisa dengan bebas memilih mana yang cocok dan paling potensial sebagai perantara promosi brand-mu.

Namun, ada hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menerapkan tren pemasaran digital ini. Bahwa, kamu harus bisa memilih dan memilah baik-baik influencer mana yang akan kamu ajak kerja sama.

Misalnya dengan memperhitungkan jumlah followers, riwayat endorsement, melakukan riset followers aktif dan relatiblitasnya dengan brand kosmetikmu.

Ketahui lebih banyak soal influencer marketing dan strateginya di sini.

Omnichannel Marketing Masih Unggul

Melansir dari Omnisend, pemasaran menggunakan berbagai channel yang terpadu bisa memberikan keuntungan lebih besar dari channel tunggal. Sebagai gambaran, simak data infografik berikut ini:

Dari data di atas, kita dapat melihat bahwa tingkat pembelian dari penggunaan campaign omnichannel 287% lebih tinggi daripada kampanye lewat saluran tunggal.

Ingin tahu lebih banyak soal Omnichannel Marketing? Kamu bisa cari tahu di sini!

Personalisasi Email Marketing

Tren digital marketing tahun 2022 selanjutnya adalah personalisasi email marketing. Yap! Menggunakan email ternyata masih sangat relevan untuk promosi bisnismu.

Bedanya, dalam email ini kamu enggak sembarangan mengirimkan pesan-pesan promosi, yang justru akan konsumen anggap sebagai spam.

Justru, akan ada baiknya melakukan personalisasi email marketing. Di mana kamu bisa menjalin hubungan baik dengan konsumen, lewat penawaran yang lebih halus dan menguntungkan bagi mereka secara personal.

Bahkan, kadang kamu tak perlu melakukan penawaran langsung, lho. Melainkan menunjukkan kepedulian kamu terhadap mereka, kemudian menghadirkan produkmu sebagai solusi atau pilihan yang bisa menjawab kebutuhan mereka.

Misalnya, saat dalam pandemic, semua orang akan merasa waspada dan lelah secara mental. Karena pembatasan sosial yang panjang, ketidakpastian informasi, juga berbagai hal yang membuat masyarakat gelisah sendiri.

Kamu, misalnya memproduksi dan menjual produk aroma terapi. Untuk membuat email marketing dengan personalisasi, kamu bisa menunjukkan ‘rasa perhatianmu’ terhadap konsumen. Misalnya:

“Kami menyadari rasa lelah dan stress yang kamu alami. Di saat sulit begini, yang bisa diandalkan memang hanya diri sendiri dan kadang kala itu memang melelahkan.

Tapi tak ada salahnya untuk mengistirahatkan bahu yang tegang dan punggung yang tegap itu sejenak. Lewat aroma-aroma menenangkan dari Calmly Aroma Therapy, dengan berbagai referensi aroma sesuai dengan kebutuhan dan kesukaanmu,”

Untuk memaksimalkan terjadinya konversi, jangan lupa untuk menyematkan tombol Call To Action (CTA) di akhir email yang kamu kirim.

Live Streaming Shopping

Karena hampir semua kegiatan belanja dilakukan secara online, maka perubahan strategi pemasaran juga menyesuaikan. Apalagi banyak platform media sosial dan e-commerce menawarkan fitur live streaming, yang bisa kamu gunakan untuk menjual dan menawarkan produk.

Minat masyarakat terhadap live streaming shopping ini juga terbilang sangat tinggi. Karena mereka bisa mengetahui lebih detail mengenai informasi produk, termasuk bahan yang digunakan, warnanya, ukurannya, khususnya dapat bertanya langsung dengan penjual.

Lewat fitur ini, kamu bahkan bisa meyakinkan konsumen untuk membeli produk, menjawab permasalahan mereka, serta mempromosikan berbagai kegiatan atau produk baru yang akan kamu rilis nantinya.

Baca Juga: Live Shopping, Tren Jualan Online Baru yang Menjanjikan dan Menguntungkan!

Penggunaan Artificial Intelligence (AI)

Nah, kalau kamu mau memaksimalkan ROI lewat pemasaran digital, penggunaan Artificial Intelligence (AI) ini adalah pilihan yang tepat buat kamu coba.

Apakah kamu sudah pernah dengan soal AI ini sebelumnya? Well, AI adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang kerap digunakan dalam dunia pemasaran digital. Bahkan, karena popularitasnya, AI jadi salah satu tren digital marketing di tahun 2022 ini, lho.

Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk mempelajari, memeriksa, serta membuat kesimpulan dan strategi berdasarkan data yang tersaji.

Dengan demikian, strategi pemasaran digital yang akan kamu lakukan nantinya dapat lebih efisien dan menghasilkan tujuan yang kamu inginkan.

Gunakan Data Real Time untuk Promosi

Masyarakat kini sangat terbuka pada tiap informasi, sehingga mereka cenderung lebih selektif dalam memilih layanan atau produk yang mereka inginkan.

Karenanya, tren digital marketing di tahun 2022 ini juga menunjukkan bahwa ada keperluan besar bagi para bisnis untuk menggunakan data real time pada konten promosi mereka.

Melansir dari Harvard Business Review, ilmu (analisis) data menjadi salah satu pekerjaan paling potensial di tahun 2021. Bukan tanpa alasan, ini karena masyarakat yang memiliki akses informasi lebih besar bisa membandingkan, menganalisis, dan mencari konten tervalid versi mereka.

Karena itu, untuk membuat konten promosimu mendapatkan banyak kunjungan dan umpan balik. Akan lebih baik menyajikan data real time yang akurat sebagai penguat argument dan penawaran.

Dengan begitu, konsumen akan mempertimbangkan penawaran yang kamu buat dan tertarik untuk melakukan ‘penyelidikan’ lebih jauh mengenai brand/produkmu.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai tren digital marketing tahun 2022 yang bisa kamu pelajari dan terapkan dalam strategi promosimu. Dengan begitu, promosi yang kamu jalankan akan berjalan dengan lebih efektif dan menjangkau konsumen yang tepat.

Selain tren ini, kamu bisa mencari tahu berbagai tips promosi digital lainnya lewat Berita Terkini, atau ikuti Webinar Digital Marketing Eksklusif Mash Moshem Indonesia tiap bulannya, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment