5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Maklon Kosmetik, Apa Saja Ya?

hal yang harus diperhatikan sebelum maklon kosmetik

Hai Beautypreneurs! Kamu pasti sudah sering dengar soal maklon kosmetik, mengingat industry ini memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis kosmetik. Tapi, sebelum benar-benar mencobanya, tak ada salahnya untuk mempelajari 5 hal yang harus kamu siapkan sebelum maklon kosmetik berikut ini.

Membuat produk kosmetik lewat jasa maklon memang sangat praktis. Kamu bisa menghemat tenaga, modal, hingga mendapatkan berbagai fasilitas menarik untuk menjalankan brand kosmetikmu.

Begitupula saat akan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, termasuk pembuatan produk yang relative singkat, harga bersaing, serta berbagai layanan aftersales untuk mendukung proses promosimu.

Salah satu jenis pertanyaan yang kerap followers kami ajukan di media sosial tak melulu soal harga atau jenis produk. Melainkan, apa saja yang harus mereka siapkan sebelum maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Nah, sebagai gambaran dan persiapanmu, berikut ini ada 5 hal yang harus disiapkan sebelum maklon kosmetik. Apa saja?

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Maklon Kosmetik

Meski semua hal yang kamu butuhkan sudah kami siapkan, tak ada salahnya untukmu mengenal lebih jauh soal industry kosmetik juga.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan produk yang tepat dalam maklon kosmetik, strategi pemasaran dan branding, hingga menyiapkan modal yang kamu butuhkan.

Nah, memahami hal ini, kami memberikan gambaran dan rekomendasi mengenai 5 hal yan harus disiapkan sebelum akan maklon kosmetik. Seperti dalam penjelasan berikut ini:

Ide dan Konsep Produk

Hal yang harus disiapkan sebelum maklon kosmetika dalah menentukan ide dan konsep produk. Tentu saja, tim Business Development (BD) kami bisa membantumu dalam hal ini.

Kami memiliki tim yang kompeten, berpengalaman, dan ahli dalam bidang farmatologi. Sehingga, memahami bagaimana kaidah pembuatan kosmetik yang baik dan bahan apa saja yang aman untuk produkmu.

Meski begitu, akan lebih baik kalau kamu telah melakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa mencari informasi tentang tren industry kosmetik saat ini. Atau mungkin mengunjungi berbagai ritel kosmetik untuk melihat produk-produk best seller di sana.

Paling tidak, ketika datang dan berkonsultasi kamu sudah mengetahui jenis produk apa yang ingin kamu buat. Apa saja manfaat, fitur, dan kemasan yang ingin kamu gunakan dalam produkmu.

Ketika kamu memahami produkmu hingga pada detail terkecil, maka kamu akan lebih mudah mengatur strategi pemasarannya. Karena kamu tahu, apa yang membuat produkmu unik dan khas, bahkan jika kamu bandingkan dengan kompetitor.

Pelajari Mengenai Kontrak Kerja

Hal yang perlu disiapkan sebelum maklon kosmetik selanjutnya adalah mempelajari mengenai kontrak kerja. Tentu, kamu tak perlu harus menguasai tiap elemen kontrak kerja. Cukup dengan pemahaman dasar, seperti aturan, kesepakatan, hingga ikatan hukumnya.

Karena dalam kerja sama maklon kosmetik, di Mash Moshem Indonesia misalnya, kami menggunakan Memorandum of Understanding (MoU). Dengan begitu, kedua belah pihak bisa mendapatkan jaminan kerja yang professional sesuai dengan kesepakatan awal.

Selain itu ada beberapa kontrak kerja dan hukum lainnya yang setidaknya harus kamu tahu ketika akan menjadi brand owner kosmetik.

Kamu bisa cari tahu berbagai landasan hukum brand kosmetik tersebut di sini.

Memahami Sertifikasi dan Legalitas untuk Produk Kosmetik

Selanjutnya, kamu juga harus memahami apa saja sertifikat dan legalitas untuk produk kosmetik. Tentu, kamu sudah banyak mendengar soal kasus-kasus pabrik kosmetik abal-abal, illegal, dan berbahaya berkeliaran di televisi.

Di Indonesia sendiri, agar produkmu bisa dipasarkan secara sah dan legal, kamu setidaknya harus memiliki dua izin penting. Pertama, izin edar dari Badan POM; kedua, sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk melindungi brandmu dari tindakan plagiasi.

Semua sertifikat penting ini dapat kami uruskan untukmu. Tak hanya HAKI dan legalitas BPOM, kami juga bisa menguruskan sertifikat Vegan Kosmetik, Halal, serta HSA Singapura.

Siapkan Nama Merk Kosmetikmu

Nama merk memegang peranan yang sangat penting untuk brand kosmetikmu. Selain mencegah adanya duplikasi di sertifikat HAKI, pemilihan nama merk ini haruslah kamu pertimbangkan dengan matang.

Kamu harus bisa membuat nama merk yang menarik, berkesan, sederhana, namun memiliki karakter tertentu bagi konsumen.

Menentukan nama dengan terburu-buru sama sekali tidak disarankan, ya, Beautypreneurs. Anggaplah brand kosmetik ini anak kita, kamu tentu ingin sang buah hati memiliki nama yang indah dan bermakna, bukan?

Well, konsep yang sama juga terjadi pada brand kosmetikmu. Namun, ada nilai lain yang harus kamu perhatikan dalam pemilihan nama merk: wawasan target pasar.

Maksudnya, kamu harus memikirkan bagaimana reaksi masyarakat dengan nama merk tersebut, kesan seperti apa yang timbul, dan apakah nama tersebut mudah mereka ingat.

Strategi dan Media Promosi

Tak boleh ketinggalan, satu lagi hal yang harus disiapkan sebelum maklon kosmetik adalah perencaan promosi, baik strategi dan media yang kan kamu gunakan.

Kamu mungkin berpikir, langkah ini bisa dengan mudah kamu pikirkan ketika produk sudah ada di tanganmu. Nyatanya, hal ini sangat keliru.

Justru, saat mempromosikan merk dan produk kosmetikmu yang paling baik adalah bahkan sebelum kamu meluncurkannya di pasaran.

Tapi, bukannya aneh promosiin produk yang belum jadi?

Buang pikiran itu dari pikiranmu, ya. Karena produknya Cuma belum jadi, bukannya enggak akan pernah jadi.

Justru melakukan promosi pre-launching akan memberikan banyak manfaat. Misalnya menaikkan brand awareness merk kosmetikmu, menjangkau target pasar, menciptakan segmentasi pasar yang lebih luas, dan mengukur antusiasme calon konsumen.

Dari sana, selanjutnya kamu bisa mengatur strategi penjualan sesuai dengan data pre-launching tersebut. Contohnya, untuk menarik audience mencoba produkmu, kamu bisa berikan giveaway atau potongan harga pembelian produk baru.

Tak hanya itu, kamu bahkan bisa memberikan sample produkmu kepada audience. Kemudian memintanya untuk melakukan review jujur dari penggunaan produkmu.

Menemukan Partner yang Tepat untuk Brand Kosmetikmu

maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia

Berkonsep One Stop Cosmetic Manufacturing, Mash Moshem Indonesia berkomitmen untuk menjadi partner yang tepat bagi brand kosmetikmu.

Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dan pelayanan terlengkap buatmu. Tak hanya membantu dalam proses pengonsepan produk, pengurusan legalitas, pembuatan formula, hingga produksi massal. Tim kami juga menyediakan media promosi yang dapat mendukung kegiatan pemasaranmu.

Selain itu, Mash Moshem Indonesia juga menyediakan program Webinar Digital Marketing sebagai edukasi untuk para brand owner. Khususnya mengenai cara efektif memasarkan produk secara digital dan meningkatkan brand awareness merk.

Dengan begitu, kami berharap bisa menjadi bagian penting dan partner yang berharga untukmu. Because Your Success Is Our Greatest Achievement.

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment